Selasa, 08 April 2014

Memahami dan mengeerti Pasar Oligopsoni dengan benar

Oligopsoni pasar adalah salah satu pasar persaingan jenis tidak sempurna dikelompokkan berdasarkan jumlah pembeli di pasar, dalam pembahasan yang sebelumnya telah dibahas tentang monopsoni pasar pasar di mana ada hanya satu pembeli, dalam diskusi tentang pasar oligopsoni akan dibahas secara tepat. Oligopsoni pasar adalah pasar yang didominasi beberapa pembeli. Dalam sejumlah oligopsoni pasar Penjual atau produsen banyak, tetapi ada hanya beberapa pembeli. misalnya pasar wortel di township. Di desa wortel petani hanya dapat menjual wortelnya untuk beberapa pedagang menjual ke kota. Dalam contoh ini jelas bahwa para petani wortel sebagai produsen yang account untuk banyak hanya dapat menjual kepada perantara (pembeli) yang akan kemudian dijual kembali ke kota.
Oligopsoni pasar adalah ciri-ciri
Untuk memahami bentuk pasar oligopsoni yang mana ianya perlu untuk mengetahui karakteristik dari pasar oligopsoni. Secara rinci Karakteristik dari pasar oligopsoni dapat dipahami dalam pemaparan:
a. ada hanya beberapa pembeli.
b. pembeli ini umumnya tidak langsung konsumen menggunakan produk untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi pedagang yang akan menjual kembali atau produsen yang akan memanipulasi produk pertama.
c. barang umumnya diperdagangkan bahan baku bukan barang jadi yang dibuat di pabrik-pabrik.
d. harga cenderung mudah menguap. Karena ketika satu pembeli menurunkan harga Penjual segera beralih ke pembeli lain. Tapi ketika pembeli bersedia untuk menaikkan harga untuk membeli Penjual akan kepanikan menjual kepadanya. Untuk menghindari hal ini, harga pada pasar ini umumnya cenderung untuk tidak mengubah (stabil).




Keuntungan dari pasar oligopsoni
Pasar oligopsoni memiliki keuntungan, sebagai berikut:
a. Penjual lebih beruntung daripada pada monopsoni pasar karena Penjual bisa beralih ke pembeli lain jika merasa dirugikan dengan harga atau membeli perjanjian.
b. pembeli tidak ringan menekan Penjual karena pembeli saingan lain.

Kurangnya pasar oligopsoni
Selain memiliki keuntungan, pasar oligopsoni memiliki kerugian, sebagai berikut:
a. jika antarpembeli memegang kerjasama kemudian itu akan berkembang menjadi bentuk monopsoni yang merugikan Penjual.
b. kualitas barang yang kurang meyakinkan daripada di pasar monopsoni, sebagai penjual masih dapat dijual kepada pembeli lain membuat kurang optimal dalam menjaga kualitas produk-produknya.

Jadi pembahasan tentang pasar oligopsoni diskusi ini mungkin mampu mendukung keberhasilan Anda dalam memahami pasar oligopsoni. Dengan diskusi berahirnya oligopsoni ini pasar berahir juga sebuah diskusi tentang pasar barang atau pasar luar meletakkan, untuk meningkatkan pemahaman tentang pasar dalam konsep ekonomi sipil yang disarankan untuk memahami artikel berikutnya tentang pasar input atau produksi faktor pasar.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami