Minggu, 13 April 2014

Download Materi KEUNGGULAN MUTLAK DAN KOMPARATIF



¨   KEUNGGULAN MUTLAK DAN KOMPARATIF
¨   .
¨   Perdagangan Internasional
           Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan suatu negara dengan negara lain atas dasar saling percaya dan saling menguntungkan.
¨   Alasan Terjadinya Perdagangan Internasional
                     Pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri.
                      Setiap negara membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya agar dapat hidup makmur dan sejahtera.
                     Setiap negara tidak dapat menghasilkan semua barang dan jasa yang dibutuhkan oleh rakyatnya.
                     Adanya perbedaan sumber daya yang dimiliki, iklim, letak geografis, jumlah penduduk, pengetahuan, dan teknologi. erdagangan internasional ini dilakukan melalui kegiatan ekspor impor.
¨   Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
                     Perbedaan Sumber Daya Alam yang Dimiliki
           Barang kebutuhan yang dapat dihasilkan oleh suatu negara tergantung pada sumber daya alam yang dimiliki. Perbedaan sumber daya ini juga tergantung pada kondisi wilayah di negara tersebut.
           Misalnya di Indonesia sangat cocok untuk pertanian, yang sebagian besar hasil produksinya berupa kelapa sawit, karet, kopi, dan sebagainya. Sedangkan negara Singapura wilayah daratannya relatif sempit, sehingga kegiatan pertanian atau perkebunan cukup sedikit. Singapura dikenal sebagai negara industri yang menghasilkan beraneka ragam barang, salah satunya adalah alat-alat elektronik. Kebutuhan hasil-hasil pertanian dipenuh dengan cara mengimpor dari negara lain.


b . Teknologi
Setiap negara memiliki teknologi yang berbeda, sehingga barang yang dihasilkannya juga berbeda. Perbedaan-perbedaan inilah yang mendorong kegiatan pertukaran barang antarnegara.
 c . Penghematan Biaya Produksi
Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara memproduksi barang dalam jumlah besar sehingga biaya produksi menjadi rendah. Misalnya Indonesia banyak menghasilkan barang-barang seperti padi, minyak kelapa sawit, kayu lapis, dan sebagainya. Namun, yang paling menguntungkan Indonesia bila memproduksi tekstil dan kayu lapis untuk diekspor ke berbagai negara, karena dapat menghemat biaya produksi.




                        Perbedaan Selera
Misalnya Jepang dan Korea Selatan samasama
menghasilkan barang-barang elektronik dan ikan tuna dalam jumlah yang hampir sama, tetapi orang Jepang lebih suka ikan tuna dan orang Korea Selatan lebih suka produk elektronik. Pada kondisi tersebut, negara Jepang lebih baik mengekspor barang-barang elektronik, sedangkan Korea Selatan lebih baik untuk mengekspor ikan tuna. Dengan demikian, kepuasan dari setiap negara dapat terpenuhi.

¨   Manfaat Perdagangan Internasional
¨    Meningkatkan Hubungan Persahabatan Antarnegara.
¨    Kebutuhan Setiap Negara dapat Tercukupi
¨    Mendorong Kegiatan Produksi Barang secara Maksimal
Salah satu tujuan suatu negara melakukan perdagangan internasional yaitu untuk memperluas pasar di luar negeri. Semakin luasnya pasar di luar negeri dapat mendorong peningkatan produksi barang di dalam negeri. Dengan demikian akan mendorong para pengusaha untuk menghasilkan barang produksi secara besar-besaran.
¨    Mendorong Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Adanya perdagangan antarnegara memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efisien. Perdagangan luar negeri memungkinkan negara tersebut mengimpor mesin-mesin atau alat-alat modern untuk melaksanakan teknik produksi dan cara produksi yang lebih baik.
¨    Setiap Negara dapat Mengadakan Spesialisasi Produksi
Perdagangan internasional dapat mendorong setiap negara untuk mengadakan spesialisasi produksi dengan memanfaatkan sumber daya
alam, tenaga kerja, modal, dan keahlian secara maksimal. Dengan demikian suatu negara akan memiliki produk-produk unggulan sehingga dapat bersaing dengan produk-produk dari luar negeri.

¨    f . Memperluas Lapangan Kerja

¨    Semakin luasnya pasar di luar negeri, maka barang atau jasa yang dihasilkan juga semakin bertambah. Dengan meningkatnya hasil produksi, maka perusahaan akan semakin banyak membutuhkan tenaga kerja. Hal ini dapat membuka kesempatan kerja baru. Semakin luasnya kesempatan kerja maka pengangguran dapat dikurangi.

¨   Setiap Negara dapat Mengadakan Spesialisasi Produksi
Perdagangan internasional dapat mendorong setiap negara untuk mengadakan spesialisasi produksi dengan memanfaatkan sumber daya
alam, tenaga kerja, modal, dan keahlian secara maksimal. Dengan demikian suatu negara akan memiliki produk-produk unggulan sehingga dapat bersaing dengan produk-produk dari luar negeri.

¨   Memperluas Lapangan Kerja
Semakin luasnya pasar di luar negeri, maka barang atau jasa yang dihasilkan juga semakin bertambah. Dengan meningkatnya hasil produksi, maka perusahaan akan semakin banyak membutuhkan tenaga kerja. Hal ini dapat membuka kesempatan kerja baru. Semakin luasnya kesempatan kerja maka pengangguran dapat dikurangi.

¨   Keunggulan Absolut
¨   Suatu negara dikatakan mempunyai keuntungan mutlak dalam memproduksi suatu jenis barang apabila negara tersebut dapat memproduksi barang dengan biaya yang lebih murah dibandingkan jika barang itu diproduksi di negara lain.
¨   Gambar 1
¨   Keunggulan Komparatif
¨   Perdagangan internasional akan terjadi dan menguntungkan jika setiap negara yang terlibat memiliki keunggulan absolut yang berbeda-beda. Jika hanya satu negara yang memiliki keunggulan absolut untuk barang yang dihasilkan, tidak akan terjadi perdagangan internasional yang menguntungkan.I nilah kelemahan pola pikir keunggulan absolut. Namun, kelemahan teori Adam Smith ini disempurnakanoleh David Ricardo dengan teori comparativeadvantage/keunggulan komparatif.
¨   Keunggulan Komparatif
           Teori keunggulan komparatif (theory of comparative advantage) merupakan teori yang dikemukakan oleh David Ricardo. Ia berpendapat bahwa keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada negara lainnya.
           Contoh, Indonesia dan Malaysia sama-sama memproduksi kopi dan timah. Indonesia mampu memproduksi kopi secara efisien dan dengan biaya yang murah, tetapi tidak mampu memproduksi timah secara efisien dan murah. Sebaliknya, Malaysia mampu dalam memproduksi timah secara efisien dan dengan biaya yang murah, tetapi tidak mampu memproduksi kopi secara efisien dan murah. Dengan demikian, Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi kopi dan Malaysia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi timah
¨   Gambar 2

           Tabel di atas menunjukkan bahwa negara A memiliki keunggulan mutlak dalam dua jenis barang (mobildan televisi) karena keduanya diproduksi lebih efisien di negara A daripada di negara B. Dalam keadaanseperti ini, bukan berarti negara A akan mengekspor mobil dan televisi ke negara B. Dalam situasi seperti ini, relative tidak akan terjadi perdagangan. Agar terjadi perdagangan yang saling menguntungkan makadapat dilakukan dengan membandingkan harga antara produk tersebut, sebagai berikut.
¨   Di negara A harga 1 unit mobil = 8 unit televisi
¨   Di negara B harga 1 unit mobil = 5 unit televisi
           Dengan demikian, harga 1 unit mobil di negara B lebih murah dibandingkan dengan negara A.Berdasarkan data ini, negara A lebih efisien dalam menghasilkan televisi dan negara B menghasilkan



0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami