• Organisasi dan Manajemen
ÞManajemen dalam Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu (a group of people working together in a structured and coordinated fashion to achieve a set of goals). (Griffin, 2002)
• Bagaimana kerja sama dpt dilakukan ketika karakteristik orang2/kelompok orang yg ada dari dlm organisasi sangat berbeda2, didorong oleh motif yg berbeda2 dan latar belakang yg berbeda2 pula ?
Menurut Griffin paling tdk organisasi memiliki berbagai sumber daya seperti :
. Sumber daya manusia (Human resources)
. Sumber daya alam (Natural resources)
. Sumber daya dana (financial resources)
. Sumber daya informasi (information resources)
Menurut Griffin paling tdk organisasi memiliki berbagai sumber daya seperti :
. Sumber daya manusia (Human resources)
. Sumber daya alam (Natural resources)
. Sumber daya dana (financial resources)
. Sumber daya informasi (information resources)
• Manfaat Organisasi :
• Organisasi melayani masyarakat
• Organisasi mencapai tujuan
• Organisasi memberi karir
• Organisasi memelihara ilmu pengetahuan
• Pengertian Manajemen
Ø Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
Ø Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujud kan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengara-han, & pengendalian orang-2 serta SD organisasi lainnya (Nickels, McHugh & McHugh ,1997)
Ø Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie & Kurniawan, 2005)
• Pengertian Manajemen
Ø Manaj sbg suatu bidang ip (science) yg berusaha secara sistematis utk memahami mengapa & bgmana manusia bekerja bersama utk mencapai tujuan & membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagi manusia (Luther Gulick)
Ø Merupakan proses perencanaan, pengorgsasian, pengarahan & pengawasan usaha para anggota org & penggunaan sd organisasi lainnya agar mencapai tujuan org yg telah ditetapkan (James A.F Stoner)
• ALASAN MENGAPA MANAJEMEN DIBUTUHKAN
q Untuk mencapai tujuan
q Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yg saling bertentangan
q Untuk mencapai efisiensi & efektivitas
• Peran manajemen dalam organisasi “efektif” dan “efesien”
• Mengapa manjemen diperlukan? Agar tujuan dari organisasi dpt dicapai secara efektif dan efesien
• Efektif adlh mengerjakan pekerjaan yg benar (doing the right things). (Peter Drucker)
• Efesien adlh mengerjakan pekerjaan yang benar (doing things right) (Peter Drucker)
• MANAJEMEN
ada 3 pengertian
ada 3 pengertian
• Manajemen sebagai suatu proses,
• Manajemen sebagai suatu kolektivitas orang- 2 yg melakukan aktivitas manaj.
• Manajemen sebagai suatu seni & ilmu
• Manajemen: Sains atau Seni ?
Manajemen sebagai Sains
• Pendekatan melalui tahapan sistematis berdasarkan keilmuan
• Umumnya memerlukan keahlian teknis, diagnostik dan pengambilan keputusan
Manajemen sebagai Seni
• Pendekatan melalui intuisi dan perasaan berdasarkan pengalaman
• Umumnya memerlukan keahlian konseptual, kreatifitas dan komunikasi interpersonal
• SARANA MANAJEMEN à 6 M
• Man
• Money
• Material
• Machines
• Methods
• Markets)
• FUNGSI - FUNGSI MANAJEMEN
• Louis A. Allen
Leading, Planning, Organizing, Controlling
• Prajudi Atmosudirdjo
Planning, Organizing, Directing, Controlling
• Henry Fayol
Planning, Organizing, Commanding, Coordina-ting Controlling
• John Robert Beishline, Ph. D
Perencanaan, Organisasi, Komando, Kontrole
• Luther Gullick
Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordi-nating, Reporting, Budgeting.
• Kootz & O’Donnel
Organizing, Staffng, Directing, Planning, Controlling
• William H. Newman
Planning, Organizing, Assembling, Resources, Directing, Controlling
• Dr. Siagian, MPA
Planning, Organizing, Motivating, Controlling.
• Wilim Sprigel
Planning, Organizing, Controlling
• GR. Terry
Planning, Organizing, Actuating, Controlling
• Lindal F. Urwick
Forcasting, Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling
• The Liang Gie
Planning, Decision making, Directing, Coordina-ting, Cotrolling, Improving
• Proses Kegiatan dlm Fungsi-2 Manajemen
• Fungsi Perencanaan
Proses yg menyangkut upaya yg dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yg akan datang & penentuan strategi & taktik yg tepat untuk mewujudkan target & tujuan organisasi.
• Kegiatan dlm Fungsi Perencanaan
• Menetapkan tujuan & target bisnis
• Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan & target bisnis tersebut
• Menentukan SD yg diperlukan
• Menetapkan standar / indikator keberhasilan dlm pencapaian tujuan & target bisnis
• Fungsi Pengorganisasian
Proses yg menyangkut bagaimana strategi & taktik yg telah dirumuskan dlm perencanaan didesain dlm sebuah struktur organisasi yg tepat & tangguh, sistem & lingkungan organisasi yg kondusif, & dapat memastikan bahwa semua pihak dlm organisasi dapat bekerja secara efektif & efisien guna pencapaian tujuan organisasi
• Kegiatan dlm Fungsi Pengorganisasian
• Mengalokasikan SD, merumuskan & menetapkan tugas, & menetapkan prosedur yg diperlukan
• Menetapkan struktur organisasi yg menunjukkan adanya garis kewenangan & tanggungjawab
• Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan & pengembangan SDM / tenaga kerja
• Kegiatan penempatan SDM pada posisi yg paling tepat
• Fungsi Pengarahan & Implementasi
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dlm organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawab nya dg penuh kesadaran & produktifitas yg tinggi.
• Kegiatan dlmFungsi
Pengarahan & Implementasi
Pengarahan & Implementasi
• Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, & pemberian motivasi kpd tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif & efisien dlm pencapaian tujuan
• Memberikan tugas & penjelasan rutin mengenai pekerjaan
• Menjelaskan kebijakan yg ditetapkan
• Fungsi Pengawasan & Pengendalian
Proses yg dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yg telah direncana kan, diorganisasikan & di implementasikan dapat berjalan sesuai dg target yg diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dlm lingkungan dunia bisnis yg dihadapi.
• Kegiatan dlm Fungsi Pengawasan & Pengendalian
• Mengevaluasi keberhasilan dlm pencapaian tujuan & target bisnis sesuai dg indikator yg telah ditetapkan
• Mengambil langkah klarifikasi & koreksi atas penyimpangan yg mungkin ditemukan
• Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yg terkait dg pencapaian tujuan & target bisnis
• SD Organisasi, Tujuan, & Fungsi Manajemen
• Perbedaan pandangan dlm
Fungsi-fungsi Manajemen
Fungsi-fungsi Manajemen
• Fungsi Operasional dlm Manajemen
Ø Manajemen Sumber Daya Manusia
Ø Manajemen Pemasaran
Ø Manajemen Operasi/Produksi
Ø Manajemen Keuangan
Ø Manajemen Informasi
• MSDM
Manajemen Sumber Daya Manusia :
Penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh SDM yg terbaik bagi bisnis yg kita jalankan & bagaimana SDM yg terbaik tersebut dapat dipelihara & tetap bekerja bersama kita dg kualitas pekerjaan yg senan-tiasa konstan ataupun bertambah
• Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran :
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yg pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yg dibutuhkan oleh konsu-men, & bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan
• Manajemen Produksi
Manajemen Produksi :
Penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yg sesuai dg standar yg ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dg teknik produksi yg seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yg dihasilkan dlm proses produksi
• Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan :
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yg pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yg dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, & dg cara bagaimana modal yg telah diperoleh dialokasikan secara tepat dlm kegiatan bisnis yg dijalankan
• Manajemen Informasi
Manajemen Informasi :
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yg pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yg di jalankan tetap mampu untuk terus bertahan dlm jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yg terkait dg kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yg dapat mendorong kegiatan bisnis yg dijalankan tetap mampu beradaptasi dg perubahan yg terjadi di masyarakat
• Slamat Belajar !
TRIMAKASIH
• Dr. Yana Suryaman, MM
• Hp. 081211693639
0 komentar:
Posting Komentar