Minggu, 13 April 2014

Download Materi ILMU EKONOMI DAN RUANG LINGKUPNYA



ž  ILMU EKONOMI DAN RUANG LINGKUPNYA
ž  HEn
ž PEMAHAMAN TENTANG MANUSIA
ž  Manusia merupakan makhluk yang terbatas.
ž  Manusia memiliki cita-cita dan keinginan yang tidak semuanya bisa terpenuhi.
ž  Manusia perlu melakukan pilihan-pilihan dalam hidupnya dalam rangka memenuhi kebutuhannya.
ž  Menentukan pilihan bukan hal yang mudah, perlu pertimbangan-pertimbangan tertentu.
ž  Manusia perlu belajar bagaimana menentukan pilihan.
žILMU EKONOMI
ž  KELANGKAAN (SCARCITY).
ž  PILIHAN-PILIHAN (CHOICES).
ž  BIAYA KESEMPATAN (OPPORTUNITY COST).

ž  Opportunity Cost
Pak Ahmad berbisnis jual beli mobil bekas.
di  awal tahun dia membeli mobil bekas
senilai Rp.80 jt, mobil tsb kemudian diperbaiki
dengan total biaya Rp.10jt. Maka total biaya
perolehan mobil tsb menurut konsep akuntansi
adalah Rp. 90 jt. Di akhir tahun mobil tsb dijual
dengan harga Rp. 92 jt, Pak Ahmad untung Rp.
12 jt. Benarkah demikian?
Jika uang sebesar Rp. 80 jt dimasukkan dalam
deposito dengan bunga 20% per tahun, dikahir tahun
uang Pak Ahmad menjadi berapa?
žDEFINISI ILMU EKONOMI
ž  Ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan untuk menggunakan sumber daya-sumber daya yang langka (dengan dan tanpa uang), dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya.

ž  MASALAH-MASALAH EKONOMI
Masalah ekonomi adalah masalah pilihan
alokasi sumber daya yang langka!

ž  Barang apa yang harus diproduksi dan berapa banyak?
ž  Bagaimana cara memproduksinya?
ž  Untuk siapa barang dan jasa diproduksi?
žBARANG DAN JASA
ž  Barang
          Benda- benda yang berwujud, yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat.
ž  Jasa
          Sesuatu yang tak berwujud tetapi memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
ž BARANG EKONOMI DAN BARANG BEBAS
ž  Barang Ekonomi (economic goods).
          -           Memiliki kegunaan dan langka (jumlah  yang           tersedia lebih sedikit daripada jumlah yang             dibutuhkan masyarakat).
          -           Memiliki harga.
          -           Perlu pengorbanan untuk memperolehnya.
ž  Barang Bebas (free goods).
          -           Barang tersedia dalam jumlah melimpah     (tidak langka) dan tidak memerlukan             pengorbanan untuk memperolehnya.
ž  BARANG AKHIR, BARANG MODAL, DAN BARANG ANTARA
ž  Barang akhir (final goods).
          -           Barang  tahan lama (durable goods) contoh             : TV, radio, perabot RT dll.
          -           Barang yang tidak tahan lama (non-durable             goods), contoh : sayur mayur, buah-  buahan, makanan segar dll.
ž  Barang modal (capital goods) : mesin traktor, bangunan pabrik.
ž  Barang antara (intermediate goods) :besi baja, tekstil.
žMANFAAT STUDI EKONOMI
ž  Memperbaiki cara berfikir yang membantu dalam pengambilan keputusan.
ž  Membantu memahami masyarakat.
ž  Membantu memahami masalah-masalah internasional.
ž  Bermanfaat dalam membangun masyarakat demokrasi.
ž METODOLOGI ILMU EKONOMI
žMETODOLOGI ILMU EKONOMI
žMETODOLOGI ILMU EKONOMI
ž  Teori Ekonomi.
          Pernyataan tentang sebab-akibat, aksi -reaksi. Daya guna serta validitas sebuah teori ekonomi diukur dari kemampuannya menjelaskan dan memprediksi gejala-gelaja yang diamati.
ž  Model Ekonomi yang baik (Circular Flow of Economic Activity).
ž  Metode Deduktif dan Induktif.
ž  Ceteris Paribus dan Fallacy of Composition.
ž  Ekonomi Positif dan Ekonomi Normatif.
ž  Metode Deduktif & Metode Induktif
ž  Metode Deduktif , metode pengambilan kesimpulan untuk hal-hal khusus dari kesimpulan yang bersifat umum.
ž  Metode Induktif, metode pengambilan kesimpulan untuk hal-hal umum dari kesimpulan yang bersifat khusus.
ž  Ceteris Paribus
Permintaan jasa transportasi Bus antar kota
akan turun jika harga tiketnya naik,
didasarkan pada asumsi bahwa harga
tiket jasa transportasi alternatif (kereta api)
tidak berubah.  (Ceteris Paribus berlaku)
Tetapi bila harga tiket kereta api juga
mengalami kenaikan, maka
kesimpulannya belum tentu sama.
ž  RUANG LINGKUP ILMU EKONOMI
Teori Ekonomi Mikro
§  Interaksi di pasar barang.
§  Tingkah laku pembeli dan penjual.
§  Interaksi di pasar faktor produksi.
Teori Ekonomi Makro
§  Penentuan tingkat kegiatan perekonomian negara.
§  Pengeluaran agregat.
§  Mengatasi pengangguran dan inflasi.


           


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami