Kamis, 17 April 2014

Download Materi teori perilaku konsumen



       Bab 7 : teori perilaku konsumen
(teori nilai guna)
       Teori perilaku konsumen menjelaskan :
             Konsumen akan membeli lebih banyak pada saat harga rendah dan mengurangi pembelian pada saat harga tinggi
             Bagaimana seorang konsumen menentukan jumlah dan  komposisi barang yang akan dibeli dari pendapatan yang diperoleh.


       2 (dua) macam pendekatan
teori perilaku konsumen :
           Pendekatan nilai guna (utilitas) kardinal
           Pendekatan nilai guna (utilitas) ordinal

       Pendekatan kardinal : konsep utilitas ini menganggap bahwa setiap barang mempunyai dayaguna/kepuasan kepada konsumen yang mengkonsumsi barang tersebut. Kepuasan yang diperoleh konsumen dapat dinyatakan secara kwantitatif/dapat diukur.
       Pendekatan ordinal : menyatakan bahwa kepuasan konsumen digambarkan dalam bentuk kurva (indifference curve)
       Teori nilai guna (utilitas)
       Nilai guna dibedakan :
             Nilai guna total (total utility/tu) : jumlah seluruh kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumlah barang tertentu
             Nilai guna marginal (marginal utility/mu) : pertambahan kepuasan sebagai akibat dari pertambahan penggunaan satu unit barang tertentu.                         
Rumus : mu = ∆ tu
                                    ∆ x
       Tabel total utility dan marginal utility
       Kurva total utility dan marginal utility
        Kurva total utility  -  kurva marginal utility
       Pendekatan kardinal
       Syarat maksimumkepuasan :
             Kepuasan marginal dari barang tertentu (mu barang x) dibagi dengan harga barang tersebut (px) sama dengan 1 (satu), atau kepuasan marginal (mux) sama dengan harga barang tersebut (px).
             Jika jumlah barang lebih dari satu maka kepuasan maksimum terjadi pada  :
             Mux     muy
       px        py



       Syarat kepuasan konsumen dalam pendekatan kardinal :
       Contoh
       Jika konsumen a mempunyai pendapatan rp. 13.000,- ingin mengkonsumsi dua macam barang yaitu barang x dan barang y. Harga barang x rp. 1.000 per unit dan barang y rp. 1.000 per unit. Berapa banyak barang x dan barang y yang dapat dibeli konsumen a dengan anggaran yang ada, agar utilitasnya maksimal.
       Tabel jumlah barang yang dikonsumsi dan tambahan kepuasan (mu)
       Marginal utility barang x dan barang y

       Kepuasan maksimum akan dicapai pada saat :
       syarat i :
   dicari perbandingan yang sama antara mux dan px  serta muy dan py, karena px dan py sama:




       syarat ii :
         b     = px. X + py. Y
13.000 = 1000 (7) + 1000 (6)
13.000 = 13.000
       Latihan soal 1 :
Diketahui :
        Tabel kombinasi durian dan mangga

       jika diketahui :
       Harga  durian = 500
       Harga mangga = 500
       Budget = 4000
       pertanyaan :
       berapa durian dan mangga yang dibeli dengan anggaran yang ada.
       Soal 2:
       Hitung :
              mu makanan dan mu pakaian
             Jika diketahui :
           budget/pendapatan = rp. 27.000
           harga makanan = rp.600
           harga pakaian = rp. 6.000
           berapakah makanan dan pakaian yang dibeli?
C. Jika budget rp.38.500. Harga (p) pakaian naik menjadi rp.12.000 dan  harga makanan tetap rp. 600. Berapa makanan dan pakaian yang dibeli

       Pendekatan ordinal
       Pendekatan ordinal = pendekatan kurva indiferen (indifference curve)
       Misalkan seorang konsumen mengkonsumsi 2 jenis barang yaitu x dan y. Dengan pendapatan yang terbatas maka konsumen harus dapat menentukan kombinasi kedua jenis barang tersebut sehingga mencapai kepuasan yang optimal.

       Langkah-langkah :
             Membuat urutan preferensi yang lebih menguntungkan bagi dirinya
             Urutan tersebut berdasarkan utilitasnya, sehingga kombinasi barang yang mempunyaii nilaiguna yang lebih tinggi akan lebih disukai.
             Pilihan kombinasi barang x dan y tergantung dari jumlah pendapatan konsumen.


       Menurut gambar di atas, tingkat kepuasan seseorang pada waktu mengkonsumsi kombinasi barang x sebesar x1 dan barang y sebesar y1(kombinasi di titik a) sama dengan tingkat kepuasannya kalau ia mengkonsumsi kombinasi barang x sebanyak x2 dan barang y sebanyak y2(kombinasi di titik b), atau sama dengan tingkat kepuasannya jika ia mengkonsumsi dengan kombinasi barang x sebanyak x3 dan barang y sebanyak y3 (kombinasi di titik c).
       Keseimbangan konsumen
       Konsumen menghendaki kombinasi barang yang dikonsumsi akan menghasilkan kepuasan tertinggi, yang berarti konsumen selalu berusaha untuk mencapai kurva indifferen yang paling tinggi.
       Suatu keadaan dimana konsumen mencapai kepuasan maksimum dengan menghabiskan anggaran tertentu untuk mengkonsumsi suatu barang disebut keseimbangan konsumen
        
      Jika harga barang (p)dan pendapatan konsumen (b) sudah diketahui, maka konsumen dapat mengkonsumsikan barang x sebanyak b/px, jika konsumen membelanjakan pendapatannya untuk barang y, maka dapat mengkonsumsi barang sebanyak b/py.

    
       Kurva keseimbangan konsumen
       Soal :
       Halaman 185 dan 186 (buku mikro ekonomi) karangan : sadono sukirno.
       Ralat no. 2 (hal. 186) :
    pada tabel i – pakaian
                                  2
                                  5
                                10
                                20


       Soal :
1. Seorang konsumen membeli durian dan  mangga dengan nilai guna total/total utility :                    durian                                      mangga
       jumlah            tu                       jumlah        tu
           1                 250                             1            370
        2                 460                             2            650
        3                 630                             3            850
        4                 760                             4            980
        5                 850                             5          1050
        6                 900                             6          1070


2. Seorang konsumen menganggarkan pengeluarannya sebanyak rp. 90.000 untuk membeli makanan dan pakaian. Misalkan harga makanan adalah rp. 6.000 setiap unit dan harga pakaian adalah rp. 9.000 per unit. Tunjukkan beberapa gabungan makanan dan pakaian yang dapat dibeli oleh konsumen dengan anggaran tersebut serta gambarkan dalam sebuah kurva.



0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami