Kamis, 24 April 2014

Download Materi Masalah perhitungan pendapatan nasional

a. perhitungan PDB dan analisis kemakmuran

Perhitungan PDB akan memberi Anda gambaran tentang tingkat kemakmuran negara kompak, dengan cara membagi dengan jumlah penduduk.Angka yang dikenal sebagai angka GDP per kapita.Biasanya semakin tinggi PDB dianggap semakin tinggi rakyat kemakmuran.

Kelemahan dari pendekatan di atas terutama tidak membayar perhatian kepada aspek-aspek distribusi pendapatan. Faktor utama memicu gejalas di atas adalah masalah distribusi pendapatan.

b. perhitungan PDB dan kesejahteraan sosial masalah

Perhitungan PDB atau GDP per kapita juga dapat digunakan untuk menganalisis tingkat kesejahteraan sosial masyarakat.Umumnya ukuran tingkat kesejahteraan yang digunakan adalah tingkat pendidikan, kesehatan dan gizi, kebebasan pilihan kerja dan menjamin masa depan yang lebih baik. Masalah mendasar dalam perhitungan PDB bukanlah diperhatikannya dimensi nonmaterial.Karena PDB hanya menghitung output dianggap memenuhi kebutuhan fisik bahan dapat diukur dengan nilai uang.

c. masalah produktivitas dan PDB Per kapita

Sampai batas tertentu, PDB per kapita dapat mencarminkan tingkat produktivitas negara. Untuk memperoleh produktivitas perbandingan antara negara, ada beberapa hal untuk dipertimbangkan:

1. jumlah dan komposisi penduduk: jika populasi lebih besar, komposisi, sedangkan mayoritas penduduk usia kerja (15-64thn) dan berpendidikan (mengatakan SLA), maka tingkat output dan produktivitas bisa menjadi lebih baik.

2. nomor dan struktur kerja: jumlah peluang kerja yang lebih besar memperbnyak populasi usia kerja yang dapat terlibat dalam proses produksi.Tetapi komposisi pekerjaan juga mempengaruhi tingkat produktivitas.

3. nonekonomi faktor: tercakup dalam nonekonomi faktor termasuk etika kerja, nilai-nilai, budaya dan sejarah.

d. kegiatan perhitungan PDB dan ekonomi tidak tercatat (ekonomi bawah tanah)

PDB Indonesia Statistik angka dilaporkan BPS hanya catatan kegiatan-formal kegiatanekonomi.DInegara-negara berkembang, keterbatasan kapasitas perekaman lebih disebabkan oleh kelemahan struktur administratif dan kegiatan ekonomi masih didominasi oleh kegiatan pertanian dan informal.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami