Senin, 28 April 2014

Download Materi ELASTISITAS PERMINTAAN DAN ELASTISITAS PENAWARAN

Dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat atau negara menunjukkan bahwa kegiatan permintaan dan persediaan sangat dipengaruhi oleh ketinggian rendah harga barang. Dengan demikian perubahan harga akan mempengaruhi besarnya jumlah barang yang diminta (demand) dan jumlah barang pada tawaran (tawaran). Seberapa besar adalah pengaruh perubahan harga pada jumlah item yang dapat dihitung dengan menggunakan rumus dari elastisitas.


1. definisi elastisitas

Elastisitas (pemuluran) adalah pengaruh perubahan harga pada jumlah item yang diminta atau ditawarkan. Dengan kata lain elastisitas adalah tingkat sensitivitas (perubahan) gejala ekonomi untuk perubahan dalam fenomena ekonomi lainnya.

Elastisitas dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.
a. elastisitas (elastisitas)
Itulah perubahan persentase jumlah barang yang diminta atau tawaran, yang disebabkan oleh perubahan persentase harga barang.
b. salib-elastisitas (salib elastisitas)
persentase perubahan dalam jumlah item x diminta, disebabkan oleh perubahan persentase harga barang-barang lainnya (y).
c. elastisitas pendapatan (penghasilan elastisitas)
itu adalah persentase perubahan permintaan untuk item yang disebabkan oleh perubahan persentase konsumen pendapatan riil (pendapatan).


2. elastisitas permintaan

Elastisitas permintaan (elastisitas) adalah pengaruh perubahan harga pada sejumlah besar atau kecil yang diminta atau tingkat sensitivitas terhadap perubahan dalam jumlah barang yang diminta perubahan harga barang.

Besar ketiadaan sementara perubahan-perubahan ini dinyatakan dalam koefisien elastisitas atau angka elastisitas disingkat untuk E, yang dinyatakan dengan rumus berikut ni.





Keterangan:
Jumlah permintaan perubahan: ΔQ
CAIRAN: perubahan dalam harga barang
T: harga pertama
T: jumlah permintaan awal
Ed: elastisitas permintaan

Contoh:
Pada saat harga Rp400, 00 jumlah item yang dibutuhkan 30 unit, maka harga turun ke Rp360, 00 jumlah item diminta 60 unit. Menghitung koefisien elastisitas yang sangat bagus!
Jawaban:



a. macam-macam elastisitas elastisitas permintaan terdiri dari lima jenis.




b. kurva elastisitas permintaan




c. menghitung elastisitas permintaan untuk secara matematis



Contoh 1:
Fungsi permintaan item ditunjukkan oleh persamaan Q = P-50-besar elastisitas. menentukan permintaan di level harga P = 80!




Contoh 2:
Fungsi permintaan tidak diketahui P = 100-2Q. Menghitung elastisitas permintaan pada tingkat harga P = 50!
Jawaban:





3. elastisitas pasokan

Elastisitas penawaraan (elastisitas pasokan) adalah pengaruh besar perubahan harga kecil jumlah barang yang ditawarkan atau tingkat sensitivitas terhadap perubahan dalam jumlah barang ditawarkan terhadap perubahan harga barang.

Sedangkan yang dimaksud dengan koefisien elastisitas pasokan adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara jumlah barang menawarkan perubahan dengan perubahan harga. Besar ketiadaan koefisien elastisitas dapat dihitung dengan rumus Penawaran sebagai berkut.





Contoh:
Pada saat harga Rp500, 00 jumlah item yang ditawarkan 40 unit, maka harga turun ke Rp300, 00 jumlah item yang ditawarkan 32 unit. Menghitung besarnya koefisien elastisitas Penawaran!
Jawaban:






a. macam-macam elastisitas Penawaran
Serta elastisitas permintaan, ada pasokan elastisitas lima jenis, yaitu:





b. elastisitas harga kurva pasokan




Cara praktis untuk menentukan besarnya elastisitas tanpa menemukan turunan dari Q atau Q1, yaitu:

1) jika persamaan fungsi menunjukkan P = a-bQ (permintaan fungsi) dan P = + b q (fungsi penawaran), maka formula elastisitas adalah sebagai berikut.






Contoh 1:
Fungsi permintaan tidak diketahui P = 100-2Q. Menghitung elastisitas permintaan pada tingkat harga P = 50!
Jawaban:





Contoh 2:
Unknown fungsi transaksi P = 100 + 2Q. Menghitung elastisitas penawaran di tingkat harga P = 500!
Jawaban:







Contoh 3:
Unknown fungsi transaksi P =-100 + 2Q. Menghitung elastisitas penawaran di tingkat harga P = 400!
Jawaban:





2) jika persamaan fungsi menunjukkan Q =-bP (permintaan fungsi) dan Q = + bP (memetik fungsi), maka formula adalah elastisitas sebagai berkut.



0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami