Minggu, 09 Maret 2014

Download Materi Metode Penyelesaian Masalah



n MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
n  BY MEI
n  Sistem kecerdasan buatan
n  Sistem yang menggunakan kecerdasan buatan akan memberikan output berupa solusi dari suatu masalah berdasarkan kumpulan pengetahuan yang ada.
n  Membangun suatu sistem yang mampu menyelesaikan masalah

    Mendefinisikan masalah dengan tepat. Pendefinisian ini mencakup spesifikasi yang tepat mengenai keadaan awal dan solusi yang diharapkan.
    Menganalisis masalah tersebut serta mencari beberapa teknik penyelesaian masalah yang sesuai.
    Merepresentasikan pengetahuan yang perlu untuk menyelesaikan masalah tersebut.
    Memilih teknik penyelesaian masalah yang terbaik

n   MENDEFINISIKAN MASALAH SEBAGAI SUATU RUANG KEADAAN

n   Misalkan permasalahan yang dihadapi adalah permainan catur, maka harus ditentukan :
1. posisi awal pada papan catur
        posisi awal setiap permainan catur selalu sama, yaitu semua bidak diletakkan di atas papan catur dalam 2 sisi, yaitu kubu putih dan kubu hitam.

2. aturan – aturan untuk melakukan gerakan
        aturan – aturan ini sangat berguna untuk menentukan gerakan suatu bidak, yaitu melangkah dari satu keadaan ke keadaan lain. Misalkan untuk mempermudah menunjukkan posisi bidak, setiap kotak ditunjukkan dalam huruf (a,b,c,d,e,f,g,h) pada arah horisontal dan angka (1,2,3,4,5,6,7,8) pada arah vertikal. Suatu aturan untuk menggerakkan bidak dari posisi (e,2) ke (e,4) dapat ditunjukkan dengan aturan :
n  if bidak putih pada kotak(e,2),
n  and kotak(e,3) kosong,
n  and kotak(e,4) kosong
n  then gerakkan bidak dari (e,2) ke (e,4)
3. tujuan (goal)
        tujuan yang ingin dicapai adalah posisi pada papan catur yang menunjukkan kemenangan seseorang terhadap lawannya. Kemenangan ini ditandai dengan posisi raja yang sudah tidak dapat bergerak lagi.

n   Mendeskripsikan masalah dengan baik harus :

1. Mendefinisikan suatu ruang keadaan (state space)
2. Menetapkan satu atau lebih keadaan awal (initial state)
3. Menetapkan satu atau lebih tujuan (goal state)
4. Menetapkan kumpulan aturan

n  Representasikan Ruang Keadaan
n  GRAPH KEADAAN
n  POHON PELACAKAN / PENCARIAN
n   POHON AND/OR
n  GRAPH KEADADAAN
n  POHON PELACAKAN/PENCARIAN
n  POHON AND / OR

n  MASALAH EMBER
n  Ada 2 ember masing-masing berkapasitas 4 galon (ember A) dan 3 galon (ember B). Ada pompa air yg akan digunakan untuk mengisi air pada ember tersebut. Bagaimana dapat mengisi tepat 2 galon air ke dalam ember berkapasitas 4 galon?

n   Penyelesaian :
1. Identifikasi ruang keadaan (state space)
Permasalahan ini dapat digambarkan sebagai himpunan pasangan bilangan bulat :
x = jumlah air yg diisikan ke ember 4 galon (ember A)
y = jumlah air yg diisikan ke ember 3 galon (ember B)
Ruang keadaan = (x,y) sedemikian hingga x Î{0,1,2,3,4} dan y Î{0,1,2,3}
2. Keadaan awal & tujuan
Keadaan awal : kedua ember kosong = (0,0)
Tujuan : ember 4 galon berisi 2 galon air = (2,n) dengan sembarang n

3. Keadaan ember
Keadaan ember bisa digambarkan sebagai berikut
4. Aturan-aturan Diasumsikan kita dapat mengisi ember air itu dari pompa air, membuang air dari ember ke luar, menuangkan air dari ember yang satu ke ember yang lain.
Kita buat beberapa aturan-aturan yang dapat digambarkan sebagai berikut :



0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami