PENYUSUNAN PERSONALIA ORGANISASI
Penyusunan personalia adalah “fungsi manajemen yang berkenaan dengan penarikan, penempatan, pemberian latihan, dan pengembangan anggota-anggota organisasi”
LANGKAH-LANGKAH
PENYUSUNAN PERSONALIA ORGANISASI
PENYUSUNAN PERSONALIA ORGANISASI
Langkah-langkahnya:
• Perencanaan SDMè Menjamin kebutuhan personalia organisasi
• PenarikanèYang berhubungan dengan pengadaan calon-calon personalia segaris dengan rencana SDM
• SeleksièMencakup penilaian dan pemilihan diantara calon-calon personalia
• Penyediaan dan orientasiè yang dirancang untuk membantu individu-individu yang terpilih menyesuaikan diri dengan lancar dalam organisasi
• Latihan dan pengembanganè Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan sekarang dan kelompok untuk mendorong efektifitas organisasi
• Penilaian pelaksanaan kerjaè dilakukan dengan membandingkan antara pelaksanaan kerja perseorangan dan standar –standar atau tujuan-tujuan yang dikembangkan bagi posisi tersebut
• Pemerian balas jasa dan penghargaan yang disediakan kepada karyawan sebagai kompensasi pelaksanaan kerja diwaktu yang akan datan
• Perencanaan dan pengembangan karirè termasuk didalamnya (promosi, demosi, lateral) penugasan kembali, pemecatan, pemberhentian dan pensiun.
PERENCANAAN SDM
* Penentuan jabatan-jabatan yang harus diisi, kemampuan yang dibutuhkan, karyawan untuk melaksanakan tugas tersebut, jumlah karyawan yang dibutuhkan è Job desk & Job spec
* Pemahaman pasar tenaga kerja dimana karyawan potensial ada
* Pertimbangan kondisi permintaan dan perawatan karyawan.
TAHAP PENYUSUNAN PERSONALIA
• Penentuan tujuan dan rencana-rencana organisasi. Misalnya rencana pelaksanaan produk baru yang akan diperkenalkan akan mempengaruhi jumlah dan jenis karyawan yang akan ditarik
• Penentuan job specification
• Pengestimasian jumlah karyawan total yang dibutuhkan selama periode tertentu dimasa mendatang
• Organisasi mempertimbangkan karyawan yang tersedia untuk melaksanakan berbagai pekerjaan
TAHAP PENYUSUNAN PERSONALIA
Deskripsi jabatan adalah pernyatan-peryataan tertulis yang meliputi tugas-tugas, wewenang, tanggung jawab dan hubungan-hubungan lini (baik keatas maupun kebawah)
TAHAP PENYUSUNAN PERSONALIA
Spesifikasi jabatan adalah pernyataan-peryataan tertulis yang menunjukkan kualitas minimum karyawan yang dapat diterima agar mampu menjalankan suatu jabatan dengan baik.
Spesifikasi jabatan terdiri dari:
• Identifikasi jabatan
• Kondisi-kondisi pekerjaan suatu jabatan
• Kualifikasi personalia yang diperlukan bagi seseorang untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan sukses
PENGEMBANGAN SUMBER-SUMBER PENAWARAN PERSONALIA
3 Sumber internal penarikan karyawan
* Penataran (upgrading)è karyawan dididik dan dilatih
* Transfering (pemindahan)
* Promoting (Pengangkatan)
PENARIKAN DAN SELEKSI KARYAWAN
(Sumber External)
(Sumber External)
* Penarikan (recruitment) berkenaan dengan pencarian dan penarikan sejumlah karyawan potensial yang akan diseleksi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan organisasi
* Seleksi adalah pemilihan seseorang dari kelompok karyawan-karyawan untuk melaksanakan suatu jabatan tertentu
PROSEDUR SELEKSI
Prosedur seleksi karyawan
• Wawancara pendahuluan
• Pengumpulan data-data pribadi (biografis)
• Pengujian (testing)
• Wawancara yang lebih mendalam
• Pemeriksaan referensi-referensi (prestasi, orang yang mereferensi, pekerjaan terdahulu, dll)
• Pemeriksaan kesehatan
• Keputusan pribadi
• Orientasi jabatan
LATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN
Metoda On the job
* Coachingè atasan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas rutin mereka
* Planned progressionè pemindahan karyawan-karyawan dalam saluran-saluran yang telah ditentukan melalui tingkatan-tingkatan organisasi yang berbeda
* Realisasi jabatanè Pemindahan karyawan melalui jabatan yang bermacam-macam dan berbeda-beda
* Penugasan sementara è bawahan ditugaskan sementara dibagian tertentu
* Sistim-sistim penilaian prestasi formal
LATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN
Metoda-metoda off the job
* Program pengembangan eksekutif di universitas-universitas atau lembaga-lembaga lainnya
* Latihan laboraturiumè untuk melatih kepekaan karyawan
* Pengembangan organisasiè yang menekankan perubahan, pertumbuhan dan pengembangan keseluruhan organisasi
KOMPENSASI
“Pemberian kepada karyawan dengan bayaran finansial sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilaksanakan dan sebagai motivator untuk pelaksanaan kegiatan diwaktu yang akan datang”
KOMPENSASI
KOMPENSASI
Penentuan kompensasi
* Kesediaan membayarè Suatu pekerjaan sesuai dengan upah yang diterima
* Kemampuan membayarè Berdasarkan kemampuan perusahaan membayar
* Persyaratan-persyaratan yang ditentukanè misalnya UMR
Sekian dan Terimakasih
Contoh Job Desk
Job Spec
Contoh Konfirmasi Lamaran Kerja
0 komentar:
Posting Komentar