Senin, 10 Maret 2014

materi manajemen strategis



MANAJEMEN STRATEGIS
PENGANTAR
A. PENGERTIAN
  Manajemen Strategis menurut Fred R David adalah Seni dan Pengetahuan untuk merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang membuat organisasi mampu mencapai obyektifnya.

  Manajemen strategis menurut Hunger dan Wheelen adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.
Lanjutan..
  Menurut Pierce dan Robinson :
     Manajemen strategis didefinisikan : satu set keputusan dan tindakan yang menghasilkan formulasi dan implementasi rencana yang dirancang untuk meraih tujuan perusahaan.
  Manajemen Strategik adalah proses perencanaan, implementasi dan pengendalian satu strategi organisasi dan juga menentukan misi dan tujuan perusahaan/organisasi berkaitan dengan lingkungan eksternalnya

  RELEVANSI MENSTRA UNTUK ORGANISASI
  Sebelum tahun 1970-an, manajer membuat perencanaan jangka panjang mengandalkan asumsi, masa depan akan selalu lebih baik sehingga perencanaan masa depan sekedar perpanjangan apa yang telah dilakukan di masa lalu.
  Perubahan lingkungan dan kejutan seperti krisis energi, deregulasi industri, percepatan teknologi, meningkatnya persaingan global membuat perencanaan harus berubah.
  Kondisi tersebut memaksa manajer perlu menyusun pendekatan secara sistematis untuk analisa lingkungan baik internal maupun eksternal

  Sebuah survey terhadap pemilik bisnis di Amerika serikat menemukan, 60 % pebisnis telah mengadaptasi menstra atau memiliki strategic planning. Dari angka tersebut, 89% mengatakan bahwa rencana mereka itu efektif. Data menunjukan bahwa perusahaan yang telah adaptasi sistem manajemen strategis mempunyai pendapatan finansial lebih tinggi
  Saat ini, menstra tidak hanya digunakan untuk organisasi bisnis yang mencari laba tapi juga badan pemerintah, swasta, pendidikan, rumah sakit, organisasi nirlaba lainnya
Proses Manajemen Strategis
Ada 8 (Delapan) langkah dalam proses manajemen strategis :
                           Identifikasi Misi dan Sasaran organisasi
                           Analisa Lingkungan Luar
                           Identifikasi Peluang dan Ancaman
                           Analisa Lingkungan Internal/Sumber Daya Organisasi
                           Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan
                           Merumuskan Strategi
                           Melaksanakan Strategi
                           Evaluasi Strategi 
  Gambar Proses Menstra
  1) Identifikasi Visi dan Misi
  Apakah Visi itu ?
     Visi : “What we believe we can be” atau Apa yang kita yakini kita bisa capai, impikan.
  Apakah Misi itu ?
     Misi : “what we believe we can do “ atau Apa yang kita yakini bisa kita lakukan
     Misi adalah purpose (maksud) yang fundamental dan unik dari suatu perusahaan yang membedakan dengan perusahaan lain.
     Misi menjelaskan area of emphasis dari produk, pasar, teknologi sehingga mencerminkan nilai dan prioritas.


  Pernyataan Misi yang baik memberikan karyawan rasa memiliki akan arah, tujuan, peluang perusahaan. Pernyataan Misi menjadi “tangan gaib” yang memandu semua karyawan agar bekerja secara kolektif untuk mencapai tujuan perusahaan.
  Misi terbaik adalah dipandu oleh Visi, “impian yang hampir mustahil”..

2. Analisa Lingkungan Eksternal
       Dalam membuat perencanaan, manajer harus memperhitungkan apa yang mungkin terjadi pada periode mendatang. Faktor yang mempengaruhi perencanaan berasal :

a. Dari Luar/Eksternal adalah faktor lingkungan luar baik langsung maupun tidak langsung. Faktor ini bisa berdampak positif dan negatif. Diantaranya : keadaan, preferensi konsumen, pesaing, pemasok, kebijakan pemerintah, teknologi
 b. Dari Dalam/Internal adalah faktor yang ada dalam lingkungan perusahaan itu sendiri


3. Identifikasi Peluang dan Ancaman
  Peluang atau Opportunities adalah faktor eksternal yang positif
  Ancaman atau threats adalah faktor eksternal yang negatif
  Keduanya perlu diidentifikasi dan dianalisa dengan cermat agar dapat dimanfaatkan (O) dan dihindari (T) dalam menyusun perencanaan
  Alat bantu atau metode yang lazim digunakan, Metode Analisa SWOT
        4. Analisa Lingkungan Internal/Sumber Daya Organisasi


Faktor Internal yang perlu diperhatikan :
                           Para pemilik perusahaan; sikap, pandangan, perilaku dan kepentingan
                           Para direksi dan dewan komisaris; sikap, pandangan, perilaku, kepentingan
3.        Para karyawan ; sikap, pandangan, perilaku, kepentingan


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami