Sabtu, 22 Maret 2014

definisi pengembangan karir



            EMPLOYEE DEVELOPMENT
(PENGEMBANGAN PEGAWAI)
        Oleh :
Dr. H. Deddy Mulyadi, M.Si.

            Training merupakan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, kompetensi, sebagai hasil dari pengajaran vocational dan latihan keahlian dan pengetahuan yang berhubungan dengan penggunaan keahlian yang spesifik.

            Dahulu, bentuknya dapat berupa magang. Namun sekarang sering diartikan sebagai pengembangan profesional/jabatan
            Membentuk dan merubah mind set (KSA)
            Pengembangan berorientasi pada individu dikelola bersama-sama dan rentang waktu panjang

             Training diartikan sebagai aktivitas bersama antara ahli (expert) dan pembelajar (learner) bekerja sama dalam rangkaian metransfer information secara efektif dari ahli kepada pembelajar (learner) untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keahlian pembelajar sehingga si pembelajar dapat menampilkan pengerjaan tugas dan pekerjaan lebih baik lagi untuk selanjutnya.


             Dalam aplikasinya, kini training sering dikaitkan dengan development. Secara umum pengertian keduanya ini adalah sebuah bidang studi yang peduli dengan pembelajaran di dunia kerja untuk meningkatkan prestasi kinerja.


          PENGEMBANGAN
          MENGACU KEPADA KEMAJUAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, KOMPETISI, DAN PENINGKATAN PERILAKU MANUSIA DALAM ORGANISASI BAIK UNTUK KEGUNAAN PRIBADI MAUPUN KEGUNAAN PROFESIONAL
              KONSEP PENGEMBANGAN KARIER
DAN
PENGEMBANGAN  SKILL
KARIER (Career) :

Menurut Weher dan Davis (1996), sebuah karir adalah semua pekerjaan  yang pernah dijalani seseorang sepanjang kehidupan kerjanya.

Mondy dan Noe (1990) mendefenisikan Karir sebagai “a general course that a person choose to pursue throughout his or her working life”. 
Sebuah Latihan Umum yang dipilih seseorang yang telah melekat dalam kehidupan pekerjaannya sehari-hari.

JALUR KARIR (Career Path)
Menurut Werther dan Davis (1996), Jalur Karir  adalah   pola pekerjaan yang berkesinambungan yang membentuk kehidupan karir seseorang.

Menurut Mondy dan Noe (1990), jalur karier adalah “a  flexible line of progression through which an employee typically moves during employment  with a company” Garis fleksibel yang menunjukkan sejauhmana seorang pegawai secara spesifik berubah selama bekerja dalam suatu perusahaan.

           5 (Lima) Motif Cara Seseorang
Dalam Menempuh Karier
1.         Kompetensi Manajerial
          3 KOMPONEN PENTING
HRD
         PENGEMBANGAN PRIBADI
         PENGEMBANGAN PROFESIONAL
         PENGEMBANGAN ORGANISASI
         POKOK-POKOK STRATEGIS PENGEMBANGAN SDM
         PENYEMPURNAAN SISTEM PERENCANAAN PEGAWAI
         PENYEMPURNAAN SISTEM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
         KLASIFIKASI JABATAN, PENGELOMPOKAN PEGAWAI MENURUT JENIS PROFESINYA
         PENYEMPURNAAN ADMINISTRASI DENGAN DIDUKUNG OLEH SISTEM INFORMASI YANG TERPERCAYA
         PERBAIKAN DALAM TINGKAT KESEJAHTERAAN PEGAWAI
           KONSEP DIKLAT
             PENDIDIKAN DAN PELATIHAN JABATAN PEGAWAI NEGERI YANG SELANJUTNYA DISEBUT DIKLAT ADALAH PENYELENGGARAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PNS DALAM MELAKSANAKAN JABATANNYA (LAN)
             KEIKHLASAN MENYAMPAIKAN KETERAMPILAN YANG SIFATNYA MOTORIK DAN MEKANISTIS (CHARLES E. WATSON)
             PENGALIHAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DARI SESEORANG KEPADA ORANG LAIN (ROBERT L. GRAIGH)
       ANALISIS PEKERJAAN
        SUATU PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK MENENTUKAN DAN MENGGAMBARKAN ISI PEKERJAAN SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA GAMBARAN YANG JELAS MENGENAI PEKERJAAN ITU DAPAT DISAMPAIKAN KEPADA ORANG YANG MEMERLUKAN INFORMASI UNTUK TUJUAN MANAJEMEN
          TAHAPAN DALAM PROSES ANALISIS PEKERJAAN
           ANALISIS PEKERJAAN
             IDENTIFIKASI PEKERJAAN
             JALUR PELAPORAN
             ISI PEKERJAAN
             UKURAN DAN STANDAR KERJA
             KARAKTERISTIK PRIBADI
             BATASAN-BATASAN
             DATA STATISTIK YANG RELEVAN
             KONDISI KERJA INFORMASI YANG LAIN
           PRINSIP ANALISIS PEKERJAAN
         ANALISIS , BUKAN DAFTAR TUGAS
         PEKERJAAN, BUKAN ORANG
         TIDAK DINILAI
         PEKERJAAN SEPERTI APA YANG ADA PADA SAAT INI

          KONDISI OBYEKTIF BIROKRASI
Hambatan Pengembangan Pegawai :
      a.       Dihadapkan oleh keterbatasan kemampuan keuangan negara.
      b.       Dihadapkan oleh sistem kerja lama “old public administration”
      c.       Yang tidak kompeten atau tidak mampu, tidak punya keahlian/ketrampilan akan tersingkir atau risih sendiri, karenanya resistensi pasti sangat tinggi
      d.       Bahwa dengan hanya menaikan gaji seperti yang selama ini berlaku, tidak membawa dampak, atau efek bagi peningkatan kinerja, apalagi selalu diikuti tingginya tingkat inflasi/peningkatan inflasi.
      e.       Sudah saatnya kita bertekad :
                a) mengakhiri PGPS
                b) mengakhiri 8.0.2
                c) mengakhiri ketidakadilan
                d) mengakhiri disguise un employment
                e) mengakhiri perilaku koruptif
     PENGEMBANGAN PEGAWAI MELALUI DIKLAT APARATUR
        Untuk menciptakan aparatur yang kompeten dan profesional maka disusun suatu sistem diklat aparatur yang komprehensif dan integral
        PP 101 Tahun 2000 adalah dasar sistem diklat aparatur yang berlaku saat ini.
        PERSIAPAN PELATIHAN
UJILAH KEBUTUHANNYA
IDENTIFIKASI TRAINERNYA
PERSIAPKAN SESI PELATIHAN
RENCANAKAN SESI
KEMBANGKAN PERKENALAN
KEMBANGKAN PRESENTASI PELATIHAN
PERSIAPKAN HANDOUT DAN ALAT BANTU VISUAL
KEMBANGKAN PENERAPAN EVALUASI DAN KEGIATAN PENGULANGAN
KEMBANGKAN EVALUASI DAN KEGIATAN PENGULANGAN
LATIHLAH DAN TANGANI PERMASALAHAN SESI PELATIHAN.

        Alat Bantu Visual
        Apa manfaat bagi pegawai
        Pertanyaan Untuk Mengetahui pengetahuan/pengalaman yang sudah dimiliki pegawai berkenaan dengan topik tersebut
3. Kembangkan Presentasi Pelatihan
        Pertanyaan untuk melibatkan dan mengetahui pemahaman pegawai
        Pertanyan yang mungkin ditanyakan pegawai

              Waktu Presentasi Trainer
              Persiapkan Handout dan alat bantu visual
4. Kembangkan penerapan/kegiatan praktek
5. Kembangkan evaluasi dan kegiatan review
              Waktu Evaluasi & Review



0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami