Selasa, 25 Maret 2014

download aplikasi matematika ekonomi



GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN

Mata Ajar                     :  Matematika Ekonomi
Nomor Kode / SKS      :       /    Sks
Deskripsi                     :  Mata ajar ini berisikan tentang Matematika ekonomi yang pembahasannya meliputi materi mengenai fungsi, Derivatif dan integral serta aplikasi dari materi-materi tersebut didalam bidang ekonomi. Apabila Variabel ekonomi dinyatakan dengan lambang-lambang dan nilainya dinyatakan secara matematis, matematika menyediakan teknik untuk menganalisis nisbah diantara lambang-lambang tersebut, yang berarti juga nisbah dari variabel-variabel yang diwakilinya.

Tujuan Mata Ajar         : Agar mahasiswa dapat memahami dan menguasai matematika yang berperan sebagai ilmu pengetahuan yang ampuh bagi ilmu pengetahuan yang lainnya termasuk ilmu ekonomi.

No

TIU
Pokok
Bahasan
Sub Pokok Bahasan

Est
WAKTU
Sumber Kepustakaan
1
Mahasiswa mempunyai bayangan mata kuliah yang kan dijalani, bagaimana sistem penilaian, ketentuan-ketentuan yang harus ditaati selama kuliah berlangsung dan pengenalan fungsi dan grafik
Penjelasan matematika ekonomi dan masuk ke materi Fungsi dan Grafik
1.1.  Peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh mahasiswa selama kuliah berlangsung
1.2.  Sistem penilaian
1.3.  Penjelasan satuan acara pembelajaran (Pengertian matematika ekonomi dan apa saja yang akan dipelajari)
1.4.  Defenisi fungsi
1.5.  Fungsi Komposisi
1.6.  Soal-soal untuk latihan
4 x 50
menit
Pertemuan I dan 2
Desmizar,2000, Matematika untuk ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta, Hal 1-10
2
Mahasiswa mampu memahami menegnai teori fungsi dan Grafik serta dapat melakukan perhitungan dengan baik
Fungsi dan Grafik
1.1    Fungsi Linier
1.2    Fungsi Kuadrat
1.3    Fungsi Pecah
1.4    Soal-soal untuk latihan
4 x 50
menit
Peretmuan 3 dan 4
Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta.
3
Mahasiswa mampu memahami menegnai teori fungsi dan Grafik serta dapat melakukan perhitungan dengan baik
Fungsi dan Grafik
1.1    Fungsi Eksponensial
1.2    Fungsi Logaritma
1.3    Fungsi Invers
1.4    Soal-soal untuk latihan
4 x 50
menit
Peretmuan 5 dan 6
Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta.
4
QUIZ
5

Mahasiswa mampu memahami mengenai aplikasi teori fungsi dan Garfik dalam bidang ekonomi serta dapat melakukan perhitungan dengan baik
Aplikasi Fungsi dalam ekonomi
1.1    Fungsi dan Kurva permintaan
1.2    Fungsi dan kurva penawaran
1.3    Keseimbangan Pasar
1.4    Soal-soal untuk latihan
4 x 50
menit
Pertemuan 8 dan 9
Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta..
6
Mahasiswa mampu memahami mengenai aplikasi teori fungsi dan grafik dalam bidang ekonomi serta dapat melakukan perhitungan dengan baik
Aplikasi fungsi dan ekonomi
1.1    Pengaruh pajak pada keseimbangan pasar
1.2    Pajak persentase
1.3    Pengaruh subsidi terhadap keseimbangan pasar
1.4    Analisis titik impas
1.5    Soal-soal untuk latihan
4 x 50
menit
Pertemuan 10 dan 11
Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta.
7
Mahasiswa mampu memahami mengenai tori derivativ serta dapat melakukan perhitungan dengan baik
Derifativ (Hasil yang diperoleh dari proses diferensial)
1.1  Pengertian Derivatif
1.2  Notasi derivatif
4 x 50 menit
Pertemuan 12 dan 13

Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta.
10
MID
11
Mahasiswa mampu memahami mengenai tori derivativ serta dapat melakukan perhitungan dengan baik
Derifativ (Hasil yang diperoleh dari proses diferensial)
1.3  Teknik diferensial
1.4  Soal-soal untuk latihan
4 x 50 menit
Pertemuan 15 dan 16

Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta.
12

Mahasiswa mampu memahami mengenai tori derivativ serta dapat melakukan perhitungan dengan baik
Derifativ (Hasil yang diperoleh dari proses diferensial)
1.5  Rumus berantai
1.6  Diferensial Implisit
1.7  Derifativ dari derifativ
1.8  Soal-soal untuk latihan
4 x 50 menit
Pertemuan 17 dan 18

Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta.
13
Mahasiswa mampu memahami kegunaan Mengenai Derifativ serta dapat melakukan perhitungan dengan baik dalam bidang ekonomi
Kegunaan Derifatif
1.1   Elastisitas Permintaan
1.2   Elastisitas Penawaran
1.3   Soal-soal Latihan
4 x 50 menit Pertemnuan 19 20
Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta.
14
QUIS
15
Mahasiswa mampu memahami kegunaan Mengenai Derifativ serta dapat melakukan perhitungan dengan baik dalam bidang ekonomi
Kegunaan Derifatif
1.4   Biaya Total, Niaya rata-rata dan biaya Marginal
1.5   Laba maksimum pada monopoli
1.6   Soal-soal Latihan
4 x 50 menit Pertemnuan 22 dan 23
Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta.
16
Mahasiswa mampu memahami mengenai teori Integral serta dapat melakukan perhitungan dengan baik
Matematika Integral
1.1   Integral tertentu dan tidak tertentu
1.2   Luas dan Integral
1.3   Luas dibawah Kurva
1.4   Soal-soal latihan
4 x 50 menit
Pertemuan
24 dan 25
Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta.
17
Mahasiswa mampu memahami kegunaan mengenai matematika Integral serta dapat melakukan perhitungan dengan baik dalam bidang ekonomi
Kegunaan Matematika Integral
1.1  Fungsi dan biaya
1.2  Fungsi Penerimaan
1.3  Fungsi Produksi
1.4  Soal-soal latihan
4 x 50 menit pertemuan 26 dan 27
Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta.
18
Mahasiswa mampu memahami kegunaan mengenai matematika Integral serta dapat melakukan perhitungan dengan baik dalam bidang ekonomi
Kegunaan Matematika Integral
1.5  Fungsi Utilitas
1.6  Surplus Konsumen
1.7  Surplus Produsen
1.8  Soal-soal latihan
4 x 50 menit pertemuan 28dan 29
Desmizar, 2000, Matematika Ekonomi dan bisnis, Rineka Cipta.
19
UAS



SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   :  
Sks                                    :
Pertemuan Ke                   : Ke satu dan dua

(a) Pokok Bahasan            :  Mengenai bagaimana kuliah semester ini kan berlangsung, penjelasan 
                                            Matematika Ekonomi dan masuk ke materi Fungsi dan Grafik Diskusi
                                            mengenai kuliah ini
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Pearturan-peraturan yang harus ditaati oleh mahasiswa selama kuliah berlangsung
2.      Sistem Penilaian
3.      Penjelasan mengenai Garis Besar program pembelajaran ( Penjelasan secara garis besar Matematika Ekonomi dan apa saja yang akan dipelajari)
4.      Defenisis fungsi
5.      fungsi-fungsi komposisi
6.      Soal-soal untuk latihan

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa mampu memahami system kegiatan belajar mengajar yang akan berlangsung selama satu semester kedepan serta memahami tentang Matematika Ekonomi dan pengertian fungsi
       2. TIK                        : 
1.      Mahasiswa mengetahui peraturan-peraturan yang harus mereka taati selama kuliah berlangsung
2.      Mengetahui materi apa saja yang akan mereka dapat dari mata kuliah Matematika Ekonomi
3.      mahasiswa mengetahui system penilaian
4.      Mahasiswa mengetahui bahan bacaan/referensi
5.      mahasiswa memahami difnisi dari fungsi
6.      Mahasiswa memahami dan mengerti fungsi komposisi
7.      Agar mahasiswa dapat memahami mengenai tentang protocol dan arsitektur protocol
                          
(d). Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Perkenalan antara dosen dan mahasiswa
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan satuan acara perkuliahan (SAP)
-          Menjelaskan mengenai system penilaian
-          Menjelaskan tugas-tugas yang harus dikerjakan selama satu semester kedepan
-          Mencatat daftar buku bacaan/referensi
-          Menjelaskan peraturan-peraturan yang disepakati bersama antara mahasiswa dan dosen

-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal

 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     

(e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,
       2. Salinan berkas-berkas SAP yang sesuai dengan ISO 9001




SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   : 
Sks                                    : 
Pertemuan Ke                   : Ke tiga dan empat 

(a) Pokok Bahasan            :  Fungsi dan Grafik
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      F ungsi Linier
2.      Fungsi Kuadrat
3.      Fungsi Pecah
4.      Soal-soal latihan

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat memahami fungsi dan grafik lebih mendalam dengan baik
       2. TIK                        : 
1.      mahasiswa dapat mgenal bermacam macam fungsi
2.      Mahasiswa dapat memahmi dan membedakan fungsi linear, kuadrat dan fngsi pecah
3.      Mahasiswa mampu melakukan perhitungn-perhtungan dari ketiga fungsi tersebut dengan baik
                          
(d). Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Menjelaskan konsep umum dari berbagai macam fungsi
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan fungsi linier dan memberi contoh beberapa fungsi linier
-          Menjelaskan fugsikuadrat dan memberi contoh beberapa fugsi kuadrat
-          Menjelaskan fungsi pecah dan memberi contoh beberapa fungsi pecah
-          Contoh soal
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal

 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     

(e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,
       2. Salinan berkas-berkas SAP yang sesuai dengan ISO 9001


SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   : 
Sks                                    : 
Pertemuan Ke                   : Ke empat dan lima 

(a) Pokok Bahasan            :  Fungsi dan Grafik
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Fungsi Eksponensial
2.      Fungsi Logaritma
3.      Fugsi Invers
4.      Soal-soal latihan

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat lebih memahami fungsi dan grafik lebih mendalam dengan baik
       2. TIK                        : 
1.      Mahasiswa dapat memahami dan membedakan fungsi eksponensial, fungsi logaritma, Fungsi Invers
2.      Mahasiswa mampu melakukan pehitungan dengan tepat dan benar melalui pengerjaan soal-soal
                          
(d). Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Selintas mengenai kuliah fungsi dan Grafik yang telah dipelajar minggu sebelumnya
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan fungsi eksponensial dan memberi contoh beberapa fungsi logaritma
-          Menjelaskan fungsi Invers dan memberi contoh beberapa fungsi Invers
-          Contoh soal
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal

 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     


(e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,
       2. Salinan berkas-berkas SAP yang sesuai dengan ISO 9001



SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                :
Sks                                    : 
Pertemuan Ke                   : Ke tujuh / 100 Menit

(a) Pokok Bahasan            :  Ujian Harian (Quis)
(b) Sub Pokok Bahasan           :

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Agar mahasiswa dapat mengukur sejauh mana ilmu yang diterima dengan menjawab soal-soal.

       2. TIK                        : Agar mahasiswa dapat mengevaluasi diri terhadap mata kuliah yang telah diberikan
                                   
(d). Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Pendahuluan
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          Komputer
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diberikan pada soal Quis
-          Mendengarkan
-          Mencatat
-          Menjawab pertanyaan
 Media :
-          Komputer
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
-          Menutup Pelajaran
Mendengar tanya jawab
Media :
-          Komputer
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     

(e).  Evaluasi
      
(f).  Referensi



SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   :
Sks                                    : 
Pertemuan Ke                   : Ke delapan dan sembilan

(a) Pokok Bahasan            :  Aplikasi Fungsi dalam Ekonomi
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Fungsi dan kurva Permintaan
2.      Fungsi dan kurva penawaran
3.      Keseimbangan Pasar
4.      Soal-soal latihan

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami penggunaan fungsi dalam bidang ekonomi
       2. TIK                        : 
1.      Mahasiswa dapat memahami Fungsi dan Kurva Permintaan
2.      mahasiswa dapat memahami Fungsi dan Kurva Penawaran
3.      Mahasiswa dapat lebih memahami dan mampu menjelaskan mengenai keseimbanga pasar
4.      Mahasiswa dapat lebih memahami dan melakukan perhitungan dengan baik melalui pengerjaan latihan soal
                          
(d). Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Menjelaskan secara garis besar (sebuah pengantar) mengenai aplikasi fugsi dan grafik dlam bidang ekonomi
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan dan memberi contoh fugsi dan kurva permintaan
-          Menjelaskan dan memberi contoh fungsi dan kurva penawaran
-          Menjelaskan dan memberi contoh keseimbangan pasar
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal

 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
(e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,
       2. Salinan berkas-berkas SAP yang sesuai dengan ISO 9001



SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   : 
Sks                                    : 
Pertemuan Ke                   : Ke sepuluh dan sebelas

(a) Pokok Bahasan            :  Fungsi dalam ekonomi
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Pengaruh Pajak pada keseimbagan pasar
2.      Pajak persentase
3.      Pengaruh subsidi terhadap keseimbangan pasar
4.      Analisis titik impas
5.      Soal-soal latihan

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami penggunaan fungsi dalam bidang ekonomi
       2. TIK                        : 
1.      Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang pengaruh pajak pada keseimbagan pasar
2.      Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pajak persentase
3.      Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengaruh subsidi terhadap keseimbangan pasar
4.      Analisis titik Impas
5.      Mahasiswa mampu melakukan perhitungan melalui pengerjaan contoh soal
                          
(d). Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Selintas mengenai Kulih aplikasi Fungsi dan Grfik yang telah dipelajari minggu sebelumnya
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan dan memberi contoh bagaimana pajak dapat berpengaruh pada keseimbagan pasar
-          Menjelaskan dan memberi contoh pajak persentase
-          Menjelaskan dan memberi contoh bagaimana dapat berpengaruh pada keseimbangan pasar
-          Menjelaskan dan memberi contoh analisis Titk Impas
-          Pengerjaan contoh soal oleh mahasiswa
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal

 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
(e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,
       2. Salinan berkas-berkas SAP yang sesuai dengan ISO 9001



SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   :  141.12.13
Sks                                    : 4 sks
Pertemuan Ke                   : Ke duabelas dan tigabelas

(a) Pokok Bahasan            :  Derivatif ( Hasil yang diperoleh dari proses diverensial )
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Pengertian Derifativ
2.      Notasi derivative

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan derifativ dan mampu melakukan perhitungan dengan baik
       2. TIK                        : 
1.      Mahasiswa dapat memahami pengertian Derivativ
2.      Mahasiswa mengetahui notasi derivative

(d). Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Pengantar Diferensial (Pegenalan secara garis besar apa yang dimaksud dengan diferensial )
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan mengenai pengertian dari derifativ
-          Menjelaskan dan mencatat notasi dari derifativ
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal
 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     

e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,
       2. Salinan berkas-berkas SAP yang sesuai dengan ISO 9001



SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                :
Sks                                    : 
Pertemuan Ke                   : Ke empat belas / 100 Menit

(a) Pokok Bahasan            :  Ujian Tengah Semester  (MID)
(b) Sub Pokok Bahasan           :

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Agar mahasiswa dapat mengukur sejauh mana ilmu yang diterima dengan menjawab soal-soal.

       2. TIK                        : Agar mahasiswa dapat mengevaluasi diri terhadap mata kuliah yang telah diberikan
                                   
(d). Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Pendahuluan
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          Komputer
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diberikan pada soal Ujian Tengah Semester
-          Mendengarkan
-          Mencatat
-          Menjawab pertanyaan
 Media :
-          Komputer
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
-          Menutup Pelajaran
Mendengar tanya jawab
Media :
-          Komputer
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     

(e).  Evaluasi
      
(f).  Referensi





SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   : 
Sks                                    :
Pertemuan Ke                   : Ke limabelas dan enambelas

(a) Pokok Bahasan            :  Derivatif ( Hasil yang diperoleh dari proses diverensial )
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Teknik Diferensial

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan derifativ dan mampu melakukan perhitungan dengan baik
       2. TIK                        : 

1. Mahasiswa mengetahui teknik Diferensial dengan baik
2. Mahasiswa dapat lebih memahami dan mampu melakukan perhitungan-
    perhtungan dengan baik melalui latihan soal-soal

 (d). Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Pengantar Diferensial (Pegenalan secara garis besar apa yang dimaksud dengan diferensial )
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan dan memberi contoh Teknik Diferensial
-          Contoh Soal
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal

 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     

e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,
        2. Salinan berkas-berkas SAP yang sesuai dengan ISO 9001

SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   : 
Sks                                    : 
Pertemuan Ke                   : Ke tujuh belas dan delapan belas

(a) Pokok Bahasan            :  Derivatif ( Hasil yang diperoleh dari proses diverensial )
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Rumus berantai
2.      Diferensial Implisit
3.      Derifativ dan derifativ
4.      Soal-soa latihan

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami derefativ dan mampu melakuka perhitungan dengan baik
       2. TIK                        : 
1.      Mahasiswa dapat memahami dan menggunakan Rumus berantai dengan tepat dan benar
2.      Mahasiswa dapat memahami dan mengerti  Diferensial Implisit
3.      Mahasiswa dapat memahami dan mengerti derifativ dan derifativ
4.      Mahasiswa dapat lebih mengerti dan mampu mengerjakan erhitungan melalui latihan soal

(d). Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Mengulangi kuliah minggu yang lalu sebagai penyegaran
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan dan memberi contoh pemakaian rumus berantai
-          Menjelaska Pengertian dan Diferensial Implisit
-          Menjelaskan pengertian derifativ dari derefativ
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal
 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     

e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,
       2. Salinan berkas-berkas SAP yang sesuai dengan ISO 9001





                                                      

































SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   : 
Sks                                    : 
Pertemuan Ke                   : Ke sembilan belas dan dua puluh

(a) Pokok Bahasan            :  Kegunaan Derifativ ( Aplikasi Derifativ dalam bidang ekonomi )
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Elastisitas Permintaan
2.      Elastisitas Penawaran

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami kegunaa derefativ dalam bidang ekonomi
       2. TIK                        : 
1.      Mahasiswa dapat memahami   hubungan antara Elastisitas permintaan dan derifativ
2.      Mahasiswa dapat memahai bagaimana hbungan antarara Elastisitas penawaran dan derifativ

(d). Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Mengulangi kuliah minggu yang lalu sebagai penyegaran
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan dan memberi contoh bagaimana hubungan antara Elastisitas penawaran dan derifativ
-          Memberikan contoh dan penjelasan bagaimana hubunga antara Elastisitas permintaan dan derifativ
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal
 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     




e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,
      

SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                :
Sks                                    : 
Pertemuan Ke                   : Ke dua puluh satu / 100 Menit

(a) Pokok Bahasan            :  Ujian Harian (Quis)
(b) Sub Pokok Bahasan           :

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Agar mahasiswa dapat mengukur sejauh mana ilmu yang diterima dengan menjawab soal-soal.

       2. TIK                        : Agar mahasiswa dapat mengevaluasi diri terhadap mata kuliah yang telah diberikan
                                   
(d). Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Pendahuluan
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          Komputer
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diberikan pada soal Quis
-          Mendengarkan
-          Mencatat
-          Menjawab pertanyaan
 Media :
-          Komputer
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
-          Menutup Pelajaran
Mendengar tanya jawab
Media :
-          Komputer
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     

(e).  Evaluasi
      
(f).  Referensi





SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   : 
Sks                                    :
Pertemuan Ke                   : Ke dua puluh dua dan dua puluh tiga

(a) Pokok Bahasan            :  Kegunaan Derifativ ( Aplikasi Derifativ dalam bidang ekonomi )
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Biaya Total, Biaya rata-rata dan biaya marginal
2.      Laba Maksimum pada monopoli

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami kegunaa derefativ dalam bidang ekonomi
       2. TIK                        : 
1.      Mahasiswa dapat memahami bagaimana hubungan antara biaya total,biaya rata-rata dan biaya marginal
2.      Mahasiswa dapat lebh memahami denga latihan soal-soal

(d). Kegiatan Belajar Mengajar

Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Mengulangi kuliah minggu yang lalu sebagai penyegaran
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan dan memberi contoh bagaimana hubungan antar biaya total, biaya rata-rata dan biaya marginal
-          Menjelaskan dan memberi contoh bagaimana hubungan antara laba maksimum pada monopoli
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal
 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     




e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,










SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   : 
Sks                                    : 
Pertemuan Ke                   : Ke dua puluh empat dan dua puluh lima

(a) Pokok Bahasan            :  Matematika Integral
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Integral tertentu dan tidak tertentuu
2.      Luas dan Integral
3.      Luas dibawah kurva
4.      Latihan soal

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami teori Integral serta dapat melakukan prhitungan dengan baik
       2. TIK                        : 
1.      Mahasiswa dapat memahami dan mengerti konsep Integral tertentu dan tidak tertentu
2.      Mahasiswa dapat lebh memahami  pengertian dari Luas Integral
3.      Mahasiswa dapat lebih memahami pengertian dari Luas di bawah integral
4.      Mahasiswa dapat lebih memahami dan melakukan perhitungan dengan baik melalui pelatihan soal-soal

(d). Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Pengantar Integral  (pengenalan secara garis besar apa yang dimaksud dengan integral )
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan dan memberi contoh bagaimana pengertian dari Integral  tertentu tidak tertentu
-          Menjelaskan dan memberi contoh luas dan integral
-          Menjelaskan dan memberi contoh luas di bawah kurva
-          Contoh soal
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal
 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     

e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,
SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   : 
Sks                                    :
Pertemuan Ke                   : Ke dua puluh enam dan dua puluh tujuh

(a) Pokok Bahasan            :  Kegunaan Integral
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Fungsi biaya
2.      Fungsi penerimaan
3.      Fungsi produksi

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami kegunaan Integral serta dapat melakukan prhitungan dengan baik
       2. TIK                        : 
1.      Mahasiswa dapat memahami bagaimana hubungan antara fungsi biaya dan integral
2.      Mahasiswa dapat memahami bagaimana hubungan antara fungsi penerimaan integral
3.      Mahasiswa dapat memahami bagaimana hubungan antara fungsi produksi dan integral

(d). Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Mengulangi mata kuliah minggu yang lalu sebagai penyegaran dan member gambaran secara garis besar tentang hubungannya dengan bidang ekonomi
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya


Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan dan memberi contoh bagaimana hubungan antara fungsi biaya dan integral
-          Memberian contoh dan penjelasan bagaimana hubungan antara fungsi penerimaan dan integral
-          Menjelaskan dan memberi contoh bagaimana hubungan antara fungsi fungsi integral dan prodksi
-          Contoh soal
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal
 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     

e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,



SATUAN  ACARA  PEMBELAJARAN

Mata Ajar                          : Matematika Ekonomi
Kode Mata Ajar                   :  141.12.13
Sks                                    : 4 sks
Pertemuan Ke                   : Ke dua puluh delapan dan dua puluh sembilan

(a) Pokok Bahasan            :  Kegunaan Integral
(b) Sub Pokok Bahasan           :
1.      Fungsi Utilitas
2.      Surplus Konsumen
3.      Surplus Produsen

( c) Tujuan
       1. TIU                        : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami kegunaan Integral serta dapat melakukan prhitungan dengan baik
       2. TIK                        : 
1.      Mahasiswa dapat memahami bagaimana hubungan antara fungsi utilitas  dan integral
2.      Mahasiswa dapat memahami bagaimana hubungan antara surplus Konsumen dan integral
3.      Mahasiswa dapat memahami bagaimana hubungan antara surplus Produsen dan integral

(d). Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajaran
Kegiatan
Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
Mengulangi mata kuliah minggu yang lalu sebagai penyegaran dan member gambaran secara garis besar tentang hubungannya dengan bidang ekonomi
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya


Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     
Penyajian
-          Menjelaskan dan memberi contoh bagaimana hubungan antara fungsi utilitas dan integral
-          Memberian contoh dan penjelasan bagaimana hubungan antara surplus konsumen dan integral
-          Menjelaskan dan memberi contoh bagaimana hubungan antara surplus produsen dan integral
-          Contoh soal
-          Mencatat
-          Mendengarkan
-          Bertanya
-          Mengerjakan soal-soal
 Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol , penghapus    
Penutup
Tanya jawab
-          Bertanya
-          Mencatat Jawaban

Media :
-          White Board
-          Buku panduan
Alat :
- Spidol, penghapus     

e).  Evaluasi
       membuat pertanyaan tentang materi yang telah dijelaskan
(f).  Referensi
       1. Desmizar, 2000. Matematika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta,



0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami