n KECERDASAN BUATAN
(ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
(ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
n PERTEMUAN 1
n PENGANTAR KECERDASAN BUATAN
n Pembahasan
n Kontrak Perkuliahan
n Pemahaman Tujuan Perkuliahan
n Pengantar Kecerdasan Buatan
- Definisi kecerdasan buatan
- Kecerdasan buatan vs kecerdasan alami
- Sejarah kecerdasan buatan
- Perkembangan dan aplikasinya
n Kontrak Perkuliahan
n Kontrak kuliah AI.doc
n GBPP Kecerdasan Buatan.doc
n Berisi:
-Materi kuliah
-aturan perkuliahan
-aturan penilaian
-daftar pustaka
n Pemahaman Tujuan Perkuliahan
Kuliah ini memberikan prinsip-prinsip dasar dan metode utama dari Kecerdasan Buatan, menyiapkan mahasiswa untuk membangun sistem yang kompleks dalam kaitan kemampuan dalam pemrosesan pintar informasi.
n Definisi
Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Buatan
n Pengantar
n Bisakah mesin berpikir?
n Jika bisa, bagaimana caranya?
n Dan jika tidak bisa, kenapa tidak?
n Dan apa yang dikatakan sebagai pikiran (mind)?
n Arti Kecerdasan
kemampuan untuk …
n belajar atau mengerti dari pengalaman,
n memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu,
n menanggapi dengan cepat dan baik atas
situasi yang baru,
n menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya dengan efektif
(Winston dan Pendergast, 1994)
n Apa itu AI?
n Merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal - yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas (H. A. Simon [1987])
n Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Rich and Kinight [1991])
n Kategori Definisi AI
n Dikelompokkan menjadi 4 macam :
n Detail Kecerdasan Buatan
n Sudut Pandang Kecerdasan
Kecerdasan buatan mampu membuat mesin menjadi cerdas (berbuat seperti yang dilakukan manusia)
n Sudut Pandang Penelitian
Kecerdasan buatan adalah studi bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan manusia
n Sudut Pandang Bisnis
Kecerdasan buatan adalah kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah bisnis
n Sudut Pandang Pemrogram
Kecerdasan buatan meliputi studi tentang pemrograman simbolik, problem solving, dan pencarian (searching)
n 2 Bagian Utama AI
n Basis Pengetahuan (knowledge base)
berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan komponen satu dengan yang lainnya
n Motor Inferensi (inference engine)
Kemampuan menarik kesimpulan berdasar pengalaman. Berkaitan dengan representasi dan duplikasi proses tersebut melalui mesin (misalnya, komputer dan robot).
n Konsep Kecerdasan Buatan
n Turing Test
Metode Pengujian Kecerdasan (Alan Turing).
Proses uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) dan dua obyek yang ditanyai.
n Pemrosesan Simbolik
Sifat penting dari AI adalah bahwa AI merupakan bagian dari ilmu komputer yang melakukan proses secara simbolik dan non-algoritmik dalam penyelesain masalah.
n Heuristic
Suatu strategi untuk melakukan proses pencarian (search) ruang problem secara efektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar.
n Inferensi (Penarikan Kesimpulan) AI mencoba membuat mesin memiliki kemampuan berpikir atau mempertimbangkan (reasoning), termasuk didalamnya proses (inferencing) berdasarkan fakta-fakta dan aturan dengan menggunakan metode heuristik, dll
n Pencocokan Pola (Pattern Matching) à Berusaha untuk menjelaskan obyek, kejadian (events) atau proses, dalam hubungan logik atau komputasional
n “State of the Art” AI
n Deep Blue mengalahkan Kasparov, juara dunia Catur.
n PEGASUS, suatu sistem memahami ucapan yang mampu menangani transaksi seperti mendapatkan informasi tiket udara termurah.
n MARVEL: suatu sistem pakar real-time memonitor arus data dari pesawat Voyager dan setiap anomali sinyal.
n Sistem robot mengemudikan sebuah mobil dengan kecepatan yang cepat pada jalan raya umum.
n Suatu diagnostik sistem pakar sedang mengkoreksi hasil diagnosis pakar yang sudah punya reputasi.
n Agent pintar untuk bermacam-macam domain yang bertambah pada laju yang sangat tinggi .
n Subjek materi pakar mengajar suatu learning agent penalarannya dalam pusat penentuan gravitasi.
n Tujuan Kecerdasan Buatan
n Membuat komputer lebih cerdas
n Mengerti tentang kecerdasan
n Membuat mesin lebih berguna
n Kecerdasan Buatan
VS
Kecerdasan Alami
VS
Kecerdasan Alami
n Perbedaan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Alami
n Lebih permanen
n Menawarkan kemudahan duplikasi dan penyebaran
n Lebih murah daripada kecerdasan alami
n Konsisten dan menyeluruh
n Dapat didokumentasikan
n Dapat mengeksekusi tugas tertentu lebih cepat daripada manusia
n Dapat menjalankan tugas tertentu lebih baik dari banyak atau kebanyakan orang.
n Kelebihan Kecerdasan Alami dibanding AI
n Bersifat lebih kreatif
n Dapat melakukan proses pembelajaran secara langsung, sementara AI harus mendapatkan masukan berupa simbol dan representasi-representasi
n Menggunakan fokus yang luas sebagai referensi untuk pengambilan keputusan. Sebaliknya, AI menggunakan fokus yang sempit
n Sejarah
Kecerdasan Buatan
Perkembangan dan
Aplikasinya
Kecerdasan Buatan
Perkembangan dan
Aplikasinya
n Sejarah Kecerdasan Buatan
n Awal kerja JST dan logika
n Teori Logika (Alan Newell and Herbert Simon)
n Kelahiran AI: Dartmouth workshop - summer 1956
n John McCarthy’s memberi nama bidang: artificial intelligence
n Awal antusias, harapan besar
(1952-1969)
(1952-1969)
n McCarthy (1958)
- mendefinisikan Lisp
- menemukan time-sharing
- Advice Taker
n Pembelajaran tanpa pengetahuan
n Pemodelan JST
n Pembelajaran Evolusioner
n Samuel’s checkers player: pembelajaran
n Metode resolusi Robinson.
n Minsky: the microworlds (e.g. the block’s world).
n Banyak demonstrasi kecil ttg perilaku “intelligent”
n Prediksi over-optimistic Simon
n Masa Gelap (1966-1973)
n AI tidak mengalami perkembangan: ledakan perkembangan combinatorial
n Fakta bahwa suatu program bisa mendapatkan suatu solusi secara prinsip tidak berarti bahwa program memuat beberapa mekanisme yang dibutuhkan untuk mendapatkannya secara praktis.
n Kegagalan dari pendekatan terjemahan bahasa alami berbasis pada grammars sederhana dan kamus kata.
n Penterjemahan kembali yang populer English->Russian->English
n Penemuan untuk pemrosesan bahasa natural dihentikan.
n Kegagalan perceptron untuk belajar dari fungsi sederhana sebagaimana disjunctive/eksclusive OR.
n Penelitian pada JST dihentikan.
n Realisasi dari kesukaran dalam proses learning dan keterbatasan dari metode yang dieksplorasi
n Konsep pembelajaran simbolik (Winston’s influential thesis, 1972)
n Renaissance (1969-1979)
n Perubahan pada paradigma penyelesaian:
n Dari penyelesaian masalah berbasis “search-based” menjadi penyelesaian masalah berbasis pengetahuan.
n Sistem pakar pertama
n Dendral: menginferensi struktur molecular dari informasi yang disediakan oleh spektrometer massa.
n Mycin: diagnoses blood infections
n Prospector: merekomendasikan eksplorasi pengeboran pada lokasi geologi yang menyediakan suatu deposit mineral molybdenum.
n Era Industrial
(1980-sekarang)
(1980-sekarang)
n Sukses pertama Sistem Pakar secara komersial.The.
n Many AI companies.
n Eksplorasi dari strategi pembelajarqan yqang bermacam-macam (Explanation-based learning, Case-based Reasoning, Genetic algorithms, Neural networks, etc.)
n Kembalinya neural networks
(1986-sekarang)
(1986-sekarang)
n Penggalian kembali algoritma learning back propagation untuk neural networks yang pertama dikenalkan dalam tahun 1969 oleh Bryson and Ho.
n Banyak aplikasi sukses dari Neural Networks.
n Kehilangan respek terhadap sulitnya membangun sistem pakar (macetnya knowledge acquisition).
n Kematangan
(1987-sekarang)
(1987-sekarang)
n Perubahan dalam cakupan dan metodologi penelitian bidang Kecerdasan Buatan:
n Membangun di atas teori yang ada, bukan cuma mengusulkan teori baru;
n berbasis klaim pada theorema dan eksperimen, bukan pada intuisi;
n menunjukkan relevansi ke aplikasi nyata, bukan pada contoh “mainan”.
n Agent Cerdas (1995-sekarang)
• Realisasi yang pada mulanya dipisahkan dalam sub dari Kecerdasan Buatan (speech recognition, problem solving and planning, robotics, computer vision, machine learning, knowledge representation, etc.) perlu direorganisasi bilamana hasil-hasilnya diikat bersama-sama kedalam suatu desain agent tunggal.
n Suatu proses reintegrasi dari sub-area yang berbeda dari KB untuk membentuk “whole agent”:
n “agent perspective” of AI
n agent architectures (e.g. SOAR, Disciple);
n multi-agent systems;
n agent untuk aplikasi tipe-tipe yang berbeda, web agents.
n Domain Yang Sering Dibahas
n Mundane Task
- Persepsi (vision & speech)
- Bahasa alami (understanding, generation & translation)
- Pemikiran yang bersifat commonsense
- Robot control
n Formal Task
- Permainan / Games
- Matematika (Geometri, logika, kalkulus integral, pembuktian)
n Expert Task
- Analisis finansial
- Analisis medikal
- Analisis ilmu pengetahuan
- Rekayasa (design, pencarian kegagalan, perencanaan
manufaktur)
n Tugas
n Cari contoh aplikasi kecerdasan buatan, dan jelaskan fungsi dari aplikasi tersebut di masyarakat !
n Summary
n Kecerdasan buatan terdiri dari knowledge base dan motor inference
n Digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan manusia
n Kecerdasan buatan mengalami perkembangan terus menerus sampai saat ini
n Semakin banyak objek yang mampu diselesaikan oleh Kecerdasan buatan
n Daftar Pustaka
n Sri Kusumadewi, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu, 2003, Yogyakarta
n William Siler and James J. Buckley, “Fuzzy Expert System and Fuzzy Reasoning”, Wiley-Interscience, 2005
n Laurene Fauset, “Fundamental of Neural Network”, Prentice Hall, 2000
0 komentar:
Posting Komentar