• Peta pembelajaran
“Pengantar Manajemen”
“Pengantar Manajemen”
• Pengertian Manajemen
• Manajemen adalah proses melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dan pengalokasian sumber-sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
• Manajemen : Ilmu dan Seni dalam proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengendalian dalam mengelola sumber daya yang terbatas secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan
• MANAJEMEN
• Manajemen adalah sebuah
ilmu dan seni
ilmu dan seni
• Ilmu
– Pengetahuan yang didapatkan dari pengalaman terdahulu
– Memahami, mengerti, atau mengetahui
– Ilmu bersifat ilmiah : Objektif, Metodis (cara mengetahuinya), Sistematis (rangkaian yang runtut), dan universal.
• Seni
– Sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan
– Dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang berbeda, (beda kondisi, beda orang, dll)
• Ilmu dan Seni dalam Manajemen
(Contoh)
(Contoh)
• Manajemen
• Manajemen juga dibutuhkan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisasikan dan dalam semua tipe organisasi.
• Dalam praktek, manajemen dibutuhkan dimana saja orang-orang bekerja bersama (organisasi) untuk mencapai tujuan bersama
• Ilmu pengetahuan manajemen dapat diterapkan dalam semua organisasi manusia. seperti perusahaan, pemerintah, pendidikan, sosial, keagamaan, dan lain-lain
• Seorang manajer harus cukup fleksibel untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru dan perubahan lingkungan
• Manajemen : Kaidah, Prinsip, dan Konsep
• Mengapa kita perlu mempelajari Manajemen?
• Mengapa Manajemen Dibutuhkan ?
• Untuk mencapai tujuan.
– Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan pribadi
• Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
– Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan kegiatan-kegiatana yang salang bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi.
• Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas.
• Fungsi-Fungsi Manajemen
• Fungsi-fungsi manajemen adalah universal. Sifat ini merupakan hasil dari kenyataan bahwa fungsi-fungsi manajemen adalah sama saja dimana saja, dalam seluruh organisasi dan pada waktu kapan saja.
• Efisiensi
• Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar.
• Perhitungan rasio antara keluaran (output) dengan masukan (input).
• Seorang manajer efisien adalah seorang yang mencapai keluaran (output) yang lebih tinggi (Hasil, produktivitas, performance) dibanding dengan masukan (hasil kerja, bahan, uang, mesin dan waktu) yang digunakan
• Efektifitas
• Efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
• Seorang manajer efektif dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metoda (cara) yang tepat untuk mencapai tujuan.
• EMPAT KONDISI EFEKTIF DAN EFISIEN
• Efisiensi dan Efektivitas
• Menurut ahli manajemen Peter Drucker, efektifitas adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right things), sedangkan efisiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right)
• MANAJER SEBAGAI PROFESI
• Profesional membuat keputusan atas dasar prinsip umum
• Para profesional mendapatkan status mereka karena mencapai suatu prestasi tertentu.
• Para profesional harus ditentukan oleh suatu kode etik tertentu
• APLIKASI-APLIKASI YANG BERBEDA DARI ISTILAH MANAJEMEN
• Pengelompokan pekerjaan
– Berdasarkan fungsi-fungsi manajemen
• Seorang individu
– Fungsi manajemen yang diterapkan oleh individu
• Suatu disiplin akademik
– Menjadi cabang ilmu
• Suatu proses
– Rangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan
• SEKIAN
TERIMAKASIH
TERIMAKASIH
• Latihan
• Jelaskan mengapa dalam sebuah definisi, manajemen disebut ilmu dan seni ?
• Jelaskan mengapa dalam suatu proses manajemen harus efektif dan efisien ?
• Kaidah, Prinsip, Konsep
• Kaidah (atau dalil/aturan) : Adalah rumusan asas yang menjadi hukum dan aturan yang sudah pasti yang selanjutnya menjadi patokan
• Prinsip : Adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak
– Dasar-dasar dan nilai yang menjadi inti dari keberhasilan sebuah manajemen.
– 14 Prinsip manajemen (Herny Fayol)
• Konsep (pemikiran) : suatu abstraksi yang menggambarkan ciri-ciri umum sekelompok objek, peristiwa atau fenomena lainnya.
– Era pemikiran manajemen
0 komentar:
Posting Komentar