Senin, 24 Maret 2014

Trik Membuat Presentasi Power Point Menjadi Video terbaru

Guraruers hangat menganggap, keinginan terbaik untuk semua kita, lagi hari ini saya memiliki kesempatan untuk menuliskan tips tentang belajar video sesuai dengan topik kami bulan ini. Setelah perjuangan yang panjang untuk bekerja pada data fortofolio Adiwiyata sekolah membantu kita, karena sekolah kami akan menjadi tingkat Adiwiyata independen, maka kami wajib untuk membangun setidaknya 10 sekolah. Syukur, karena sekolah kami mampu membangun sekolah diusulkan untuk menjadi sekolah 14 Adiwiyata tingkat nasional dan Provinsi Sumatera Utara.
Nah, sekarang aku punya ide, bagaimana membuat presentasi Power Point kami ke dalam bentuk Video pembelajaran. Ide ini muncul dan kami mencoba sharingkan karena di BLH (Badan lingkungan) Sumatera Utara kemarin, video instruksional atau video yang mampu memberitahu tentang profil sekolah kami mendapat penilaian tertinggi. Syarat utama, bahwa sekolah harus mampu membuat presentasi di sekolahnya masing-masing sebaik mungkin, dan mungkin mampu interaktif se meringkas apa infrastruktur, kegiatan dan keunikan yang ada di sekolah, khususnya yang yang bertema pada lingkungan.
Setelah saya buat dalam bentuk video dan saya presentasikan di depan kelas untuk para peserta didik, ternyata video ini mampu meningkatkan kesadaran mereka dalam hal mencintai lingkungan sekolah. Presentasi yang telah di videokan ini mampu meningkatkan wawasan anak-anak akan lingkungan hidup sekolah kita. Mereka melihat dan menyimak video yang saya buat dan sadar betapa banyak keunikan dan kejadian atau kegiatan mereka yang terekam dengan baik dan mampu didokumentasikan untuk disajikan sehingga waktu belajar tidak membosankan. Video pembelajaran ini dapat ditayangkan sebelum proses belajar mengajar, untuk menenangkan peserta didik dan untuk menarik perhatian peserta didik. Sehingga para peserta didik selalu ingat untuk membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah tepat sesuai dengan jenis sampah yang dibuang, misalnya: jika sampah yang mau dibuang berjenis Anorganik, maka dibuang pada tong sampah Anorganik, jika sampah yang ditangannya berjenis Organik maka dibuang pada tong sampah Organik, demikian juga jika sampah yang ditangannya berjenis Kertas, maka dibuang pada tong sampah untuk Jenis Kertas. Video ini juga mengingatkan betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup kita, sebab Pelajaran Lingkungan Hidup (PLH) sejak dini diajarkan disetiap sekolah sangat bermanfaat bagi kita semua dan untuk kelestarian lingkungan kita. Proses daur ulang (3R) dengan cara memilah sampah dan menjadikannya menjadi bahan yang bermanfaat adalah salah satu upaya kita untuk menjaga bumi kita ini. Jika bukan dari sekarang, kapan lagi kita mengajarkan anak didik agar mau dan terbuka pemikiran mereka akan pentingnya menjaga lingkungan hidup, dimulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana.
Langkah Pembuatan Video dari Power Point Presentasi kita
Adapun langkah-langkah untuk membuat Power Point Presentation menjadi Video adalah :
1. Aktifkan Microsoft Power Point 2010 Anda, karena sudah jarang menggunakan Ms. Office 2007 atau 2003.
2. Agar video kita terlihat lebih menarik, alangkah baiknya kita sertakan file audio, agar saat video yang ditayangkan kepada peserta didik ada suara atau musiknya sehingga video tidak terkesan membosankan.
3. Pilih Save As yang ada di Tab Ribbon File > lalu pada kotak isian File Name, isikan nama file Video Presentasi Anda. Pada kotak dialog Save as Type, pilih pilihan Windows Media Video.
4. Tunggu beberapa menit, Presentasi Anda sedang dibuat menjadi Video.
5. Selamat bekerja.
Semoga trik ini bermanfaat untuk Anda, selamat weekend……!!!!
 

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami