Kamis, 20 Maret 2014

download buku tentang realistik matematika

Pendidikan matematika realistik nya realistis matematika pendidikan (RME), sebuah pendekatan belajar matematika dikembangkan Freudenthal di Belanda. Check Gravemeijer (1994:87)
Pendidikan matematika realistik berakar dalam Freudenthal's interpretasi matematika sebagai suatu kegiatan.
Ekspresi di atas Gravemeijer menunjukkan bahwa belajar matematika dikembangkan berdasarkan pandangan realistis Freudenthal menyatakan matematika sebagai suatu kegiatan. Lebih Gravemeijer (1994:81) menjelaskan bahwa yang dapat digolongkan sebagai kegiatan-kegiatan tersebut meliputi kegiatan pemecahan, mencari masalah dan mengatur materi subjek. Menurut Freudenthal's kegiatan disebut matematisasi.
Berkaitan dengan konsep matematika belajar realistis atas Gravemeijer (1994:91) Serikat
Matematika dipandang sebagai suatu kegiatan, cara kerja. Belajar matematika berarti melakukan matematika, yang memecahkan masalah kehidupan sehari-hari adalah bagian penting.
Gravemeijer menjelaskan bahwa dengan matematika sebagai suatu kegiatan kemudian belajar matematika berarti bekerja dengan matematika dan pemecahan kehidupan sehari-hari adalah bagian penting dalam belajar.
Konsep-konsep lain dari pembelajaran Matematika di realistis dinyatakan Treffers (Fauzan, 2002: 33-34) dalam pernyataan berikut
Gagasan utama RME adalah bahwa anak-anak harus diberikan kesempatan untuk menemukan kembali matematika di bawah bimbingan orang dewasa (guru). Selain itu, pengetahuan matematika formal dapat dikembangkan dari pengetahuan informal anak-anak.
Dalam ungkapan di atas ide-ide kunci Treffers menjelaskan pembelajaran Matematika yang menekankan perlunya realistis kesempatan bagi siswa untuk menemukan kembali matematika dengan bantuan orang dewasa (guru). Selain itu disebutkan pengetahuan matematika itu resmi dapat dikembangkan (ditemukan kembali) berdasarkan informal pengetahuan yang dimiliki oleh siswa.
Pernyataan-pernyataan yang termaktub di atas menggambarkan cara memandang ke arah belajar matamatika yang ditempatkan sebagai proses bagi siswa untuk menemukan sendiri berbasis pengetahuan informal pengetahuan matematika. Dalam pandangan ini adalah matematika disajikan tidak sebagai barang "Jadi" yang dapat dipindahkan oleh guru kepada siswa dalam pikiran.
Terkait dengan aktivitas matematisasi belajar matematika, Freudenthal (dalam Panhuizen, 1996:11) menyebutkan dua jenis matematisasi yaitu matematisasi horisontal dan vertikal dengan penjelasan seperti ini
Horisontal mathematization melibatkan pergi dari dunia kehidupan ke dunia simbol, sementara vertikal mathematization berarti bergerak dalam dunia simbol.
Pernyataan di atas membuat jelas bahwa kekhawatiran horisontal matematisasi proses transformasi nyata masalah/hari ke dalam bentuk simbol. Sementara matematisasi vertikal adalah proses yang terjadi dalam lingkup simbol-simbol matematika itu sendiri. Contoh horisontal matematisasi adalah identifikasi, perumusan dan pemvisualisasian masalah dengan cara yang berbeda oleh para siswa. Misalnya matematisasi vertikal adalah presentasi hubungan dalam formula, halus dan menyesuaikan model matematika, menggunakan model yang berbeda, perumusan pemodelan matematika dan penggeneralisasian.
Merujuk kepada dua jenis kegiatan di atas matematisasi de Lange (1987:103) mengidentifikasi empat pendekatan yang digunakan dalam pengajaran matematika, yaitu mekanistik pendekatan, empiristik, strukturalistik dan realistis. Ini adalah keempat pendekatan tersebut didasarkan pada keberadaan dua aspek penekanan atau matematisasi (horisontal atau vertikal) masing-masing pendekatan ini, seperti yang digambarkan dalam tabel 2.1. di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami