Rabu, 12 Maret 2014

Rangkuman Teori Ekonomi Mikro sadono sulirno

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

A. pemahaman
Struktur pasar persaingan sempurna adalah yang paling ideal, karena dianggap sebagai sistem pasar adalah struktur dari pasar yang akan menjamin pelaksanaan aktivitas memproduksi barang atau jasa (optimal) dengan efisiensi tinggi.
Kemudian, dapat didefinisikan bahwa persaingan sempurna adalah struktur pasar pasar atau industri mana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap Penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
B. Karakteristik

· Perusahaan adalah harga
Harga atau harga pengambil berarti suatu perusahaan yang ada di pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar.
· Perusahaan mudah keluar atau masuk
Jika perusahaan menderita kerugian, dan ingin meninggalkan industri, langkah-langkah ini dapat dilakukan dengan mudah. Sebaliknya, jika ada produsen yang berharap untuk melakukan kegiatan industri, maka ini dapat dengan mudah dilakukan.
· Menghasilkan barang-barang sejenis
Ada tidak ada perbedaan yang nyata antara barang-barang yang diproduksi oleh perusahaan dengan produksi perusahaan lain. Istilah barang tsb adalah identicial atau barang-barang yang homogen
· Ada banyak perusahaan di pasar
Perusahaan tidak memiliki kekuatan untuk mengubah harga. Jumlah perusahaah sangat banyak dan masing-masing perusahaan relatif kecil dibandingkan dengan jumlah keseluruhan perusahaan di pasar.
· Pembeli memiliki pengetahuan sempurna tentang pasar
Pembeli tahu tingkat harga yang berlaku dan perubahan harga ke atas.

C. permintaan dan hasil penjualan
Dalam menganalisis bisnis sesuatu perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan, ada 2 hal untuk mencari:
1. biaya produksi perusahaan yang dikeluarkan
2. hasil penjualan barang-barang yang diproduksi oleh perusahaan

Sifat biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan yang pada saat yang sama, meskipun dalam struktur pasar itu diklasifikasikan (persaingan sempurna, monopoli pasar, membangun Oligopoli, kompetisi atau monopolistis).

) pasar permintaan dan perusahaan
Tidak peduli berapa banyak barang yang diproduksi dan dijual oleh produsen, ia tidak akan mampu mengubah harga yang ditentukan di pasar, karena jumlah yang diproduksi hanya sebagian kecil dari jumlah yang dibeli diperdagangkan di pasar.

b) rata-rata hasil penjualan
Ketika dimisalkan harga barang yang diproduksi oleh perusahaan adalah $ 3.000, maka d = AR MR adalah kurva permintaan yang dihadapi oleh perusahaan.
c) hasil penjualan marjinal (MR marjinal pendapatan)
Hasil penjualan marjinal adalah hasil penjualan sangat penting untuk diketahui dalam analisis harga dan produksi oleh perusahaan (MR marjinal pendapatan) memperoleh hasil tambahan dari menjual satu unit perusahaan lagi diproduksi barang.
d) hasil Total (TR/Total pendapatan)
Total hasil penjualan adalah seluruh jumlah penghasilan yang diterima oleh perusahaan dari menjual barang yang diproduksinya.

D. Pemaksimuman keuntungan jangka pendek
Cara menentukan keuntungan pemaksimuman oleh perusahaan:
a. persyaratan Pemaksimuman keuntungan
Dalam jangka pendek, pemaksimuman keuntungan oleh perusahaan dapat dijelaskan dalam dua cara:

· Membandingkan hasil penjualan total oleh total biaya
-ditentukan oleh menghitung hasil penjualan total dan membandingkan dengan biaya total.
· Menunjukkan bentuk yang sama hasil biaya marjinal sebelumnya marjinal
Menggunakan bantuan kurva atau data biaya rata-rata dan biaya marjinal

E. kurva biaya marjinal dan menawarkan
Kurva pasokan adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara harga sesuatu barang-barang tertentu dan jumlah item yang mereka akan ditawarkan.


Bab 12
MONOPOLI

A. pemahaman
Pasar monopoli adalah pasar yang mana terdapat hanya satu perusahaan hanya, dan perusahaan-perusahaan ini menghasilkan barang-barang yang tidak memiliki barang-barang pengganti sangat dekat.

B. Karakteristik
· Tidak memiliki barang-barang pengganti serupa
Barang tsb adalah jenis hal-hal seperti itu dan ada tidak ada barang serupa (dekat pengganti).
· Ada tidak ada kemungkinan untuk masuk ke industri
· Dapat mempengaruhi penentuan harga

C. faktor terjadinya monopoli
· Memiliki beberapa sumber daya yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
Memiliki sumber daya yang luar biasa dan tidak dimiliki oleh orang/perusahaan.
· Dapat menikmati skala (ekonomi skala) sampai dengan tingkat yang sangat tinggi produksi ekonomi
· Monopoli eksis dan berkembang melalui undang-undang
a. Paten dan hak cipta peraturan
Bisnis eksklusif hak b.

D. Pemaksimuman keuntungan di monopoli
Total penjualan hasil kurva (TR), kurva hasil penjualan rata-rata (D = AR), dan kurva marjinal hasil penjualan (Mr.), berbeda dengan perusahaan monopoli di perusahaan yang dalam kompetisi pasar

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami