Kamis, 13 Maret 2014

Download Materi contoh sumber daya perusahaan



KOMPETENSI INTI
KEWIRAUSAHAAN
            Tidak dapat disangkal lagi bahwa kesinambungan hidup perusahaan dapat bergantung pada ketahanan wirauwaha dalam meraih keunggulan bersaing melalui strategi yang dimilikinya.
            Menurut teori strategi dinamis dari Porter (1991), perusahaan dapat mencapai keberhasilan bila tiga kondisi dipenuhi, yaitu :
Menurut Grant (1991) terdapat bbrp langkah yg dpt digunakan utk mengembangkan strategi berbasis sumber daya,  diantaranya :
1. Mengidentifikasi & mengklasifikasi sumber daya yang berupa :





3. Menyortir & mengembangkan kapabilitas utk diterapkan di psr guna mencapai keuntungan tinggi scr berkesinambungan yg sulit ditiru / disaingi. Pada tahap ini kapabilitas perlu dipelihara dlm hal :
  Daya tahan, yaitu perlu utk terus diperbarui / dimodifikasi dg mencari pengetahuan & ide-ide baru.
  Tdk boleh transparan, yaitu dg mengembangkan kapabilitas yg beragam & tdk menggantungkan salah satu sumber kapabilitas shg sulit diamati / direkonstruksi oleh org lain.
SUMBER DAYA INTI
Dalam Manajemen strategis yg baru, Mintzberg mengemukakan 5 P yang sama artinya dengan strategi, yaitu : Perencanaan (Plan), Pola (Pattern), Posisi (Position), Perspektif (Perspective) dan Permainan/taktik (Play).
STRATEGI adalah PERENCANAAN
Konsep strategi tdk lepas dr perencanaan, arahan/acuan gerak langkah perush utk mencapai tujuan di masa dpn. Akan tetapi tdk selamanya strategi adl perencanaan ke masa depan yg blm dilaksanakan.

STRATEGI adalah POLA
Menurut Mintzberg, strategi adl pola, yg selanjutnya disebut sbg intended strategy, krn blm terlaksana & berorientasi ke masa dpn, atau disebut jg sbg realized strategy krn telah dilakukan oleh perush.
TEORI STRATEGI GENERIK & KEUNGGULAN BERSAING
Menurut Michael P. Porter (1997) :
1. Persaingan merupakan inti keberhasilan & kegagalan. Hal ini berarti kegagalan & keberhasilan bergantung pd keberanian perush utk dpt bersaing. Strategi bersaing dimaksudkan utk mempertahankan tingkat keuntungan & posisi yg langgeng ketika menghadapi persaingan.
b.  Diferensiasi
            Strategi ini berasal dari kemampuan perush utk menghasikan brg & jasa yg unik dlm industrinya & dlm semua dimensi umum yg dpt dihargai oleh konsumen. Diferensiasi dpt dilakukan dlm bbrp bentuk, a.l :
            - Diferensiasi produk
            - Diferensiasi sistem penyerahan / penyampaian produk
            - Diferensiasi dlm pendekatan pemasaran
            - Diferensiasi dlm peralatan & konstruksi
            - Diferensiasi dlm citra produk
c.  Fokus
            Strategi fokus berusaha mencari keunggulan dlm segmen sasaran psr ttt meskipun tdk memiliki keunggulan bersaing scr keunggulan. Terdpt 2 fokus :
            - Fokus biaya
            Dilakukan dgn mengusahakan keunggulan biaya dlm segmen sasarannya.
            - Fokus diferensiasi
            dilakukan dengan mengusahakan diferensiasi dlm segmen sasarannya, ya/ pembeli dg pelayanan paling baik & berbeda dg yg lainnya.
Untuk menghadapi kondisi yg semakin dinamis, Richard A. D’Aveni (1994) mengajukan 7 kunci keberhasilan perusahaan dlm lingkungan persaingan :
1.  Superior Stakeholder Satisfaction

            Bertujuan memberikan kepuasan jauh diatas rata-2 kpd org-2 yg berkepentingan thd perush, tdk hanya pemegang saham, ttp juga pemasok, karyawan, manajer, konsumen, pemerintah & masyarakat sekitar.
KEUNGGULAN  BERSAING


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami