Minggu, 30 Maret 2014

Materi Penyusunan_personalia



PENYUSUNAN PERSONALIA ORGANISASI
Penyusunan personalia adalah “fungsi manajemen yang berkenaan dengan penarikan, penempatan, pemberian latihan, dan pengembangan anggota-anggota organisasi
LANGKAH-LANGKAH
PENYUSUNAN PERSONALIA ORGANISASI
Langkah-langkahnya:
         Perencanaan SDMè Menjamin kebutuhan personalia organisasi
         PenarikanèYang berhubungan dengan pengadaan calon-calon personalia segaris dengan rencana SDM
         SeleksièMencakup penilaian dan pemilihan diantara calon-calon personalia
         Penyediaan dan orientasiè yang dirancang untuk membantu individu-individu yang terpilih menyesuaikan diri dengan lancar dalam organisasi
         Latihan dan pengembanganè Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan sekarang dan kelompok untuk mendorong efektifitas organisasi
         Penilaian pelaksanaan kerjaè dilakukan dengan membandingkan antara pelaksanaan kerja perseorangan dan standar –standar atau tujuan-tujuan yang dikembangkan bagi posisi tersebut
         Pemerian balas jasa dan penghargaan yang disediakan kepada karyawan sebagai kompensasi pelaksanaan kerja diwaktu yang akan datan
         Perencanaan dan pengembangan karirè termasuk didalamnya (promosi, demosi, lateral) penugasan kembali, pemecatan, pemberhentian dan pensiun.
PERENCANAAN SDM
*               Penentuan jabatan-jabatan yang harus diisi, kemampuan yang dibutuhkan, karyawan untuk melaksanakan tugas tersebut, jumlah karyawan yang dibutuhkan è Job desk & Job spec
*               Pemahaman pasar tenaga kerja dimana karyawan potensial ada
*               Pertimbangan kondisi permintaan dan perawatan karyawan.
 TAHAP PENYUSUNAN PERSONALIA
                Penentuan tujuan dan rencana-rencana organisasi. Misalnya rencana pelaksanaan produk baru yang akan diperkenalkan akan mempengaruhi jumlah dan jenis karyawan yang akan ditarik
                Penentuan job specification
                Pengestimasian jumlah karyawan total yang dibutuhkan selama periode tertentu dimasa mendatang
                Organisasi mempertimbangkan karyawan yang tersedia untuk melaksanakan berbagai pekerjaan
 TAHAP PENYUSUNAN PERSONALIA
Deskripsi jabatan adalah pernyatan-peryataan tertulis yang meliputi tugas-tugas, wewenang, tanggung jawab dan hubungan-hubungan lini (baik keatas maupun kebawah)
 TAHAP PENYUSUNAN PERSONALIA
Spesifikasi jabatan adalah pernyataan-peryataan tertulis yang menunjukkan kualitas minimum karyawan yang dapat diterima agar mampu menjalankan suatu jabatan dengan baik.

Spesifikasi jabatan terdiri dari:
         Identifikasi jabatan
         Kondisi-kondisi pekerjaan suatu jabatan
         Kualifikasi personalia yang diperlukan bagi seseorang untuk  melaksanakan suatu pekerjaan dengan sukses
 PENGEMBANGAN SUMBER-SUMBER PENAWARAN PERSONALIA
3 Sumber internal penarikan karyawan
*                 Penataran (upgrading)è karyawan dididik dan dilatih
*                 Transfering (pemindahan)
*                 Promoting (Pengangkatan)
 PENARIKAN DAN SELEKSI KARYAWAN
(Sumber External)
*                  Penarikan (recruitment) berkenaan dengan pencarian dan penarikan sejumlah karyawan potensial yang akan diseleksi untuk memenuhi  kebutuhan-kebutuhan organisasi
*                  Seleksi adalah pemilihan seseorang dari kelompok karyawan-karyawan untuk melaksanakan suatu jabatan tertentu
 PROSEDUR SELEKSI
Prosedur seleksi karyawan
                   Wawancara pendahuluan
                   Pengumpulan data-data pribadi (biografis)
                   Pengujian (testing)
                   Wawancara yang lebih mendalam
                   Pemeriksaan referensi-referensi (prestasi, orang yang mereferensi, pekerjaan terdahulu, dll)
                   Pemeriksaan kesehatan
                   Keputusan pribadi
                   Orientasi jabatan
 LATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN
Metoda On the job
*          Coachingè atasan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas rutin mereka
*          Planned progressionè pemindahan karyawan-karyawan dalam saluran-saluran yang telah ditentukan melalui tingkatan-tingkatan organisasi yang berbeda
*          Realisasi jabatanè Pemindahan karyawan melalui jabatan yang bermacam-macam dan berbeda-beda
*          Penugasan sementara è bawahan ditugaskan sementara dibagian tertentu
*          Sistim-sistim penilaian prestasi formal
 LATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN
Metoda-metoda off the job
*             Program pengembangan eksekutif di universitas-universitas atau lembaga-lembaga lainnya
*             Latihan laboraturiumè untuk melatih kepekaan karyawan
*             Pengembangan organisasiè yang menekankan perubahan, pertumbuhan dan pengembangan keseluruhan organisasi
 KOMPENSASI
“Pemberian kepada karyawan dengan bayaran finansial sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilaksanakan dan sebagai motivator untuk pelaksanaan kegiatan diwaktu yang akan datang”
 KOMPENSASI
 KOMPENSASI
Penentuan kompensasi
*         Kesediaan membayarè Suatu pekerjaan sesuai dengan upah yang diterima
*         Kemampuan membayarè Berdasarkan kemampuan perusahaan membayar
*         Persyaratan-persyaratan yang ditentukanè misalnya UMR
Sekian dan Terimakasih

Contoh Job Desk
Job Spec
Contoh Konfirmasi Lamaran Kerja


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami