Minggu, 30 Maret 2014

Downoad Materi Pengertian Manajemen



         Peta pembelajaran
“Pengantar Manajemen”
        Pengertian Manajemen
         Manajemen adalah proses melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dan pengalokasian sumber-sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
         Manajemen : Ilmu dan Seni dalam proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengendalian dalam mengelola sumber daya yang terbatas secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan
       MANAJEMEN
        Manajemen adalah sebuah
ilmu dan seni
         Ilmu
     Pengetahuan yang didapatkan dari pengalaman terdahulu
     Memahami, mengerti, atau mengetahui
     Ilmu bersifat ilmiah : Objektif, Metodis (cara mengetahuinya), Sistematis (rangkaian yang runtut), dan universal.
         Seni
     Sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan
     Dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang berbeda, (beda kondisi, beda orang, dll)
        Ilmu dan Seni dalam Manajemen
(Contoh)
       Manajemen
         Manajemen juga dibutuhkan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisasikan dan dalam semua tipe organisasi.
         Dalam praktek, manajemen dibutuhkan dimana saja orang-orang bekerja bersama (organisasi) untuk mencapai tujuan bersama
         Ilmu pengetahuan manajemen dapat diterapkan dalam semua organisasi manusia. seperti perusahaan, pemerintah, pendidikan, sosial, keagamaan, dan lain-lain
         Seorang manajer harus cukup fleksibel untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru dan perubahan lingkungan
         Manajemen : Kaidah, Prinsip, dan Konsep
       Mengapa kita perlu mempelajari Manajemen?
       Mengapa Manajemen Dibutuhkan ?
          Untuk mencapai tujuan.
         Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan pribadi
          Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
         Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan kegiatan-kegiatana yang salang bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi.
          Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas.
       Fungsi-Fungsi Manajemen
         Fungsi-fungsi manajemen adalah universal. Sifat ini merupakan hasil dari kenyataan bahwa fungsi-fungsi manajemen adalah sama saja dimana saja, dalam seluruh organisasi dan pada waktu kapan saja.
       Efisiensi
         Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar.
         Perhitungan rasio antara keluaran (output) dengan masukan (input).
         Seorang manajer efisien adalah seorang yang mencapai keluaran (output)  yang lebih tinggi (Hasil, produktivitas, performance) dibanding dengan masukan (hasil kerja, bahan, uang, mesin dan waktu) yang digunakan
       Efektifitas
         Efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
         Seorang manajer efektif dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metoda (cara) yang tepat untuk mencapai tujuan.
        EMPAT KONDISI EFEKTIF DAN EFISIEN
       Efisiensi dan Efektivitas
        Menurut ahli manajemen Peter Drucker, efektifitas adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right things), sedangkan efisiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right)
        MANAJER SEBAGAI PROFESI
         Profesional membuat keputusan atas dasar prinsip umum
         Para profesional mendapatkan status mereka karena mencapai suatu prestasi tertentu.
         Para profesional harus ditentukan oleh suatu kode etik tertentu
         APLIKASI-APLIKASI YANG BERBEDA DARI ISTILAH MANAJEMEN
                  Pengelompokan pekerjaan
                 Berdasarkan fungsi-fungsi manajemen
                  Seorang individu
                 Fungsi manajemen yang diterapkan oleh individu
                  Suatu disiplin akademik
                 Menjadi cabang ilmu
                  Suatu proses
                 Rangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan
       SEKIAN
TERIMAKASIH

       Latihan
       Jelaskan mengapa dalam sebuah definisi, manajemen disebut ilmu dan seni ?
       Jelaskan mengapa dalam suatu proses manajemen harus efektif dan efisien ?

       Kaidah, Prinsip, Konsep
         Kaidah (atau dalil/aturan) : Adalah rumusan asas yang menjadi hukum dan aturan yang sudah pasti yang selanjutnya menjadi patokan
         Prinsip : Adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak
      Dasar-dasar dan nilai yang menjadi inti dari keberhasilan sebuah manajemen.
      14 Prinsip manajemen (Herny Fayol)
         Konsep (pemikiran) : suatu abstraksi yang menggambarkan ciri-ciri umum sekelompok objek, peristiwa atau fenomena lainnya.
      Era pemikiran manajemen


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami