Minggu, 25 Mei 2014

download materi ETIKA BISNIS & TANGGUNG JAWAB SOSIAL



§  ETIKA BISNIS  &
TANGGUNG JAWAB SOSIAL
Etika Bisnis :
§   Suatu rangkaian prinsip yang harus diikuti apabila menjalankan bisnis
Tanggung Jawab Sosial :
§   Suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat (komunitas dan lingkungannya) dan secara luas meliputi  tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan, karyawan dan Kreditur



§  A. Tanggung Jawab kepada Pelanggan
Tanggung Jawab kepada Pelanggan jauh lebih luas dari pada
hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan mempunyai
tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produk.
Dalam praktek tanggung jawab ydm meliputi :
Tanggung Jawab Produksi :
Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga kesela-
matan pelanggan. Label peringatan harus ada guna mencegah
kecelakaan karena salah dalam penggunaan dan adanya efek
samping
Tanggung Jawab Penjualan  :
Perusahaan  tidak melakukan strategi penjualan yang terlalu
agresive atau iklan yang menyesatkan. Perlu survey kepuasan
pelanggan, dimana ybs diperlakukan sebagaimana mestinya.

§  Cara MenjaminTanggungJawab
Sosisal Kepada Pelanggan
Dapat di lakukan dengan  tahapan sbb. :
1. Ciptakan Kode Etik
§   Berisi serangkaian petunjuk untuk kualitas produk, sekaligus sebagai petunjuk bagaimana karyawan, pelanggan dan pemilik seharusnya dipelihara
2. Memantau Semua Keluhan
§   Hubungi pelanggan apabila mereka mempunyai keluhan mengenai kualitas produk atau lainnya.
§   Cari sumber keluhan dan yakinkan bahwa problem tersebut tidak akan timbul lagi.

3.Umpan Balik Pelanggan
Meminta pelanggan untuk memberi umpan balik atas
barang/jasa yang mereka beli walaupun selama ini  tidak ada
keluhan a.l dengan mengirim kuesioner.

Cara Konsumerisme Menjamin  Tanggung
Jawab Terhadap Pelanggan  
Tanggung jawab kepada pelanggan didorong  juga
oleh sekelompok konsumen tertentu. Konsumerisme
mewakili permintaaan kolektif pelanggan dimana
bisnis memenuhi kebutuhan mereka. 

Cara Pemerintah  Menjamin  Tanggung
Jawab Terhadap Pelanggan  
Pemerintah cenderung menjamin tanggung jawab
kepada pelanggan dengan berbagai hukum atas
keamanan produk, iklan dan kompetisi industri, yaitu 
melalui :
P.P Tentang Keamanan Produk
Pemerintah melindungi konsumen dengan memberikan
peraturan atas beberapa produk perusahaan
P.P Tentang Periklanan
Pemerintah menciptakan hukum yang melarang iklan yang
menyesatkan
P.P Tentang Kompetisi Industri 
Pemerintah mempromosikan persaingan diseluruh industri,
karena persaingan dapat menghindari penggunaan taktik
penjualan yang menyesatkan serta praktek monopoli.
    

§  B. Tanggung Jawab kepada Karyawan
a. Rasa Aman para Karyawan
§   Meyakinkan a.l tempat kerja adalah aman bagi karyawan dengan selalu mengecek peralatan kerja supaya selalu dalam kondisi layak dan tidak berbahaya.
b. Perlakuan layak oleh karyawan lain
§   Perusahaan bertanggung jawab untuk meyakinkan bahwa para karyawan diperlakukan layak oleh karyawan lain. Issue yang timbul biasanya masalah diversitas (kelainan, perbedaan) karyawan dan pelecehan seksual
c. Kesempatan yang sama
§   Karyawan yang melamar untuk suatu posisi tidak seharusnya ditolak karena diskriminasi masalah sara

§   Cara Perusahaan  MeyakinkanTanggung
Jawab  Kepada Karyawan
l  Untuk meyakinkan bahwa karyawan menerima perlakuan yang layak,  beberapa perusahaan  menciptakan prosedur keluhan untuk karyawan yang merasa bahwa mereka tidak diberi kesempatan yang sama.Keluhan ditangani oleh seseorang atau departemen/bagian/seksi yang ditunjuk perusahaan. Adanya masukan ydm. perusahaan berusaha memecahkan dan memperbaiki prosedurnya untuk menghindari keluhan kayawan selanjutnya

§  Konflik Dengan Pemberhentian Karyawan
l  Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mungkin berguna untuk mengurangi biaya yang sangat substansial dan memuaskan pemegang saham, disamping  itu   supaya perusahaan bertahan hidup. Ini mungkin cara terbaik bagi perusahaan, tetapi tidak bagi karyawan.
l  Solusi terbaik adalah dengan menyalurkan karyawan yang di PHK pada pekerjaan lain dalam perusahanan atau group perusahaan

§  C.  Tanggung Jawab Kepada   
Pemegang  Saham
Perusahaan bertanggung jawab untuk
memuaskan pemilik (pemegang saham)
Cara Perusahaan Meyakinkan
Tanggung  Jawab
§   Manajer perusahaan memonitor keputusan perusahaan untuk meyakinkan bahwa mereka membuatnya untuk kepentingan pemilik.
§   Gaji karyawan dikaitkan dengan kinerja perusahaan, dalam hal ini karyawan tinggal memfocuskan pada memaksimalkan nilai perusahaan


Cara Pemegang Saham  Meyakinkan
Tangung Jawab :
§   Pemegang saham aktif dalam mempengaruhi kebijakan manajemen perusahaan, terlebih ketika  mereka tidak puas dengan gaji para eksekutif perusahaan atau kebijakan lain. Pemegang saham yang sangat aktif umumnya investor institusi yang memiliki sejumlah besar saham. Mereka akan meminta pertangungjawaban eksekutif perusahaan atas ketidak puasannya
Konflik dengan Kompensasi Eksekutif
yang berlebihan
§   Salah satu perhatian utama pemegang saham adalah gaji yang diberikan kepada para eksekutif perusahaan (CEO) dan eksekutif lainnya  Isu ini timbul manakala perusahaan membayar gaji tinggi kepada para eksekutif, dilain fihak  imbalan yang diterima oleh para pemegang atas investasinya tidak  memuaskan.

D. TANGGUNG JAWAB KEPADA KREDITOR
§   Jika perusahaan mengalami masalah keuangan dan tidak dapat memenuhi kewajibannnya, harus memberi tahu para kreditor. Biasanya kreditor bersedia memperpanjang jatuh tempo pembayaran serta  memberi advis dalam mengatasi masalah keuangan

E.TANGGUNG JAWAB PADA LINGKUNGAN
§   Proses produksi yang digunakan perusahaan juga  produksi yang dihasilkan dapat mencemari atau merusak lingkungan misalnya polusi udara (CO2) yang berbahaya bagi masyarakat  dan polusi tanah akibat sampah/limbah beracun  yang mengakibatkan tanah tidak atraktif dan tidak berguna untuk keperluan lain seperti pertanian    


Upaya yang dilakukan untuk mengatasi
polusi  
¨      Perusahaan membatasi jumlah CO2 yang disebabkan oleh proses produksi a.l dengan mendesain peralatan produksi dan  produknya.
¨      Merevisi proses produksi dan pengemasan untuk mengurangi jumlah sampah/limbah
¨      Menyimpan sampah meracun dan mengirimkannya ketempat pembuangan sampah khusus
¨      Mendaur ulang plastik dan membatasi pemakaian material yang akan menjadi sampah yang solid
¨      Perusahaan harus memiliki program lingkungan yang dirancang untuk mengurangi kerusakan lingkungan


§  Konflik dengan Tanggung Jawab Lingkungan
§   Walaupun perusahaan setuju bahwa lingkungan yang bersih diperlukan, namun masalahnya seberapa besar tanggung jawab yang harus mereka pikul untuk memelihara dan memperbaiki lingkungan.
§   Hal ini menyangkut  masalah biaya, karena  pengeluaran dana yang begitu besar untuk lingkungan akan berakibat pada  keuntungan perusahaan, yang pada gilirannya   berdampak  pada kepentingan para pemegang saham maupun para investor.

§  F. Tanggung Jawab Kepada Komunitas
§   Apabila perusahaan membangun suatu basis komunitas, mereka menjadi bagian dari komunitas.  Perusahaan menunjukkan kepedulian- nya kepada komunitas dengan mensponsori event lokal atau memberi donasi kepada kelompok sosial lokal. Misal suatu bank memberi kredit lunak kepada masyarakat sekitarnya yang berpenghasilan rendah dan kepada komunitas minoritas. Atau beberapa perusahaan besar memberi donasi  kepada universitas terkemuka


Konflik dengan Memaksimalkan Tanggung
Jawab Sosial
 
§   Kebijakan perusahaan yang memaksimalkan tanggung jawab sosial dapat menimbulkan konflik dengan memaksimalkan nilai perusahaan.
§   Biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan akan dibebankan kepada pelanggan. Jadi kecenderungan memaksimalkan tanggung jawab sosial terhadap komunitas akan mengurangi kemampuan perusahaan menyediakan produk dengan harga wajar kepada konsumen.
§   Hendaknya dukungan sosial tidak hanya menolong masyarakat tetapi dapat juga menjadi alat pemasaran bagi perusahaan.





Tanggung Jawab Bisnis dalam
Lingkungan Internasional  
§   Apabila perusahaan bersaing dalam lingkungan bisnis internasional, mereka harus tanggap akan perbedaan budaya. Misalnya perusahaan dibeberapa negara tidak semua berpandangan bahwa memberi imbalan kepada pelanggan atau pemasok besar sebagai tidak etis.
§   Perusahaan cenderung menyesuaikan dengan etika dan tanggung jawab bisnis   dalam kerangka internasional, sehingga mereka dapat membangun reputasi global untuk menjalankan roda bisnis dengan cara yang etis.





§   G. Biaya Untuk  Memenuhi
Tanggung  Jawab Sosial
Kemungkinan biaya yang timbul sebagai akibat
tanggung  jawab sosial kepada  :
1. Pelanggan, adalah : Menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan, Melakukan survey untuk mengeta - hui kepuasan pelanggan,Gugatan hukum oleh pelanggan    
2. Karyawan, adalah : Menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan, Melakukan survey untuk mengeta -hui kepuasan karyawan,  Gugatan hukum oleh karyawan karena diskriminasi atau tuduhan tanpa bukti      
3. Pemegang Saham,  adalah : Mengumumkan Informasi Keuangan secara periodik, Gugatan hukum atas tuduhan bahwa manajer perusahaan tidak memenuhi tanggung jawabnya kepada para pemegang saham        
4. Lingkungan, adalah: Memenuhi regulasi pemerintah akan lingkungan, Memenuhi janji akan petunjuk lingkungan yang dibuat perusahaan




0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami