Kamis, 01 Mei 2014

Download materi mencari gagasan perusahaan



Mencari Gagasan Usaha
       Tujuan pengajaran
                  Menjelaskan cara-cara mencari gagasan baru
                  Menjelaskan bidang usaha kelompok kreatif
                  Menjelaskan bidang usaha kelompok konsultatif
                  Menjelaskan bidang usaha kelompok pelayanan
                  Menjelaskan bidang usaha kelompok analitis
                  Menjelaskan ide usaha dan imitasi
       Pendahuluan
       Memillih produk yang profitable, merupakan langkah penting dalam usaha baru
       “ Melakukan bisnis yang tepat pada saat yang tepat”
       Seorang entrepeneur tidak cukup mengandalkan gagasan kreatif dalam pembuatan produk saja, tetapi memerlukan strategi yang jitu dan eksekusi yang tepat
       Contoh Kasus
       Jauh sebelum KFC dan McDonald’s meraih sukses dengan kedai-2 nya di Indonesia, Pizza Hut sudah lebih dulu masuk, tapi gagal krn pasar saat itu belum siap
       Pizza Hut berhasil masuk kembali krn konsumen Indonesia sdh terbiasa dengan makanan siap saji dengan selera BARAT
       Mengenal Panggilan Jiwa
       Agar berhasil dalam usaha, setiap orang harus benar-2 mengenal “panggilan jiwa”nya dan mampu memenuhi keinginaan pasar dari gelora jiwa yang bersemangat
       Agar berhasil 3 faktor sangat menentukan :
              Cocok dengan diri kita
              Akses
              Potensial
       Mengenal Panggilan Jiwa
         Agar berhasil 3 faktor sangat menentukan :
              Cocok dengan diri kita
        Peluang bersifat personal, akrab dengan kita, yang memerlukan kemampuan (skill), kepribadian, dan kita suka (sesuai hobi atau minat)
              Akses
              Kita dapat mengaksesnya, hal ini berkaitan dengan jaringan, lingkungan pendukung
              Potensial
              Komersialisasinya harus mampu memberikan tingkat pertumbuhan dan pengembalian investasi yang layak
       Mengenal Panggilan Jiwa
         Agar berhasil 3 faktor sangat menentukan :
              Cocok dengan diri kita
        Peluang bersifat personal, akrab dengan kita, yang memerlukan kemampuan (skill), kepribadian, dan kita suka (sesuai hobi atau minat)
              Akses
              Kita dapat mengaksesnya, hal ini berkaitan dengan jaringan, lingkungan pendukung
              Potensial
              Komersialisasinya harus mampu memberikan tingkat pertumbuhan dan pengembalian investasi yang layak
       Mengenal Panggilan Jiwa
       Untuk mendapatkan ide usaha yang potensial dan cocok dengan diri kita, entrepreneur harus memulainya dengan analisa berikut :
              Apa yang paling anda senangi ?
              Apakah gegemaran atau hobby anda ?
              Produk dan proses apa yang paling anda ketahui ?
              Adakah sesuatu yang ingin anda lakukan ketika sedang menganggur ?
              Apakah tujuan terpenting anda dalam bisnis sendiri ? Apakah mendapatkan keuntungan, kebebasan atau yang lainnya ?
              Ide mana yang muncul sebagai respon terhadap 4 pertanyaan pertama di atas yang memenuhi tujuan pada pertanyaan no 5 ?

       Metode ATM (amati tiru modifikasi)
     Mempelajari bisnis yang sudah ada
     Mengkaji input dan output suatu bisnis
     Menganalisa trend populasi data dan demografi
     Mengkaji trend ekonomi
     Meniru dan Memodifikasi 4 P (Place, Price,
       Product ,Promotion)
       Modifikasi 4P
       Remember !
“sesuaikan pilihan bisnis dengan karakter, bakat, ketrampilan, dan hobi anda”.... Questionaire
                                    introvert/Produksi

                                   
                                    K-analitis                     D-kreatif
Dedikasi/Pelayanan                                        Dominasi/Pengarahan

                        T-service                                 P-konstulatif



                                    Ekstrovert/Distribusi
       Hubungan Kreatifitas, Idea, Dan Peluang




Ada 4 cara untuk menilai apakah sebuah ide merupakan peluang yang baik :
         P            Pasar
         P            Potensi Pertumbuhan Pasar
         P            Biaya
         P            Resiko
       Tips praktis
Cari Idea Bisnis dengan :
       Sering menghadiri pameran perdagangan dan investasi
       Mempelajari kaeahlian tenaga kerja lokal
       Investigasi material lokal dan sumber daya lain
       Mengkaji peluang subtitusi produk impor
       Quotation
“ketika satu pintu tertutup maka pintu lain terbuka. Namun, kita seringkali terpaku menyesali pintu yang tertutup itu, hingga tak bisa melihat pintu lain yang terbuka bagi kita”
                        Alexander Graham Bell


Teruslah Maju Dengan Ide-Ide Cemerlang


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami