Mencari Gagasan Usaha
• Tujuan pengajaran
• Menjelaskan cara-cara mencari gagasan baru
• Menjelaskan bidang usaha kelompok kreatif
• Menjelaskan bidang usaha kelompok konsultatif
• Menjelaskan bidang usaha kelompok pelayanan
• Menjelaskan bidang usaha kelompok analitis
• Menjelaskan ide usaha dan imitasi
• Pendahuluan
• Memillih produk yang profitable, merupakan langkah penting dalam usaha baru
• “ Melakukan bisnis yang tepat pada saat yang tepat”
• Seorang entrepeneur tidak cukup mengandalkan gagasan kreatif dalam pembuatan produk saja, tetapi memerlukan strategi yang jitu dan eksekusi yang tepat
• Contoh Kasus
• Jauh sebelum KFC dan McDonald’s meraih sukses dengan kedai-2 nya di Indonesia, Pizza Hut sudah lebih dulu masuk, tapi gagal krn pasar saat itu belum siap
• Pizza Hut berhasil masuk kembali krn konsumen Indonesia sdh terbiasa dengan makanan siap saji dengan selera BARAT
• Mengenal Panggilan Jiwa
• Agar berhasil dalam usaha, setiap orang harus benar-2 mengenal “panggilan jiwa”nya dan mampu memenuhi keinginaan pasar dari gelora jiwa yang bersemangat
• Agar berhasil 3 faktor sangat menentukan :
• Cocok dengan diri kita
• Akses
• Potensial
• Mengenal Panggilan Jiwa
• Agar berhasil 3 faktor sangat menentukan :
• Cocok dengan diri kita
Peluang bersifat personal, akrab dengan kita, yang memerlukan kemampuan (skill), kepribadian, dan kita suka (sesuai hobi atau minat)
• Akses
Kita dapat mengaksesnya, hal ini berkaitan dengan jaringan, lingkungan pendukung
• Potensial
Komersialisasinya harus mampu memberikan tingkat pertumbuhan dan pengembalian investasi yang layak
• Mengenal Panggilan Jiwa
• Agar berhasil 3 faktor sangat menentukan :
• Cocok dengan diri kita
Peluang bersifat personal, akrab dengan kita, yang memerlukan kemampuan (skill), kepribadian, dan kita suka (sesuai hobi atau minat)
• Akses
Kita dapat mengaksesnya, hal ini berkaitan dengan jaringan, lingkungan pendukung
• Potensial
Komersialisasinya harus mampu memberikan tingkat pertumbuhan dan pengembalian investasi yang layak
• Mengenal Panggilan Jiwa
• Untuk mendapatkan ide usaha yang potensial dan cocok dengan diri kita, entrepreneur harus memulainya dengan analisa berikut :
• Apa yang paling anda senangi ?
• Apakah gegemaran atau hobby anda ?
• Produk dan proses apa yang paling anda ketahui ?
• Adakah sesuatu yang ingin anda lakukan ketika sedang menganggur ?
• Apakah tujuan terpenting anda dalam bisnis sendiri ? Apakah mendapatkan keuntungan, kebebasan atau yang lainnya ?
• Ide mana yang muncul sebagai respon terhadap 4 pertanyaan pertama di atas yang memenuhi tujuan pada pertanyaan no 5 ?
• Metode ATM (amati tiru modifikasi)
• Mempelajari bisnis yang sudah ada
• Mengkaji input dan output suatu bisnis
• Menganalisa trend populasi data dan demografi
• Mengkaji trend ekonomi
• Meniru dan Memodifikasi 4 P (Place, Price,
Product ,Promotion)
• Modifikasi 4P
• Remember !
“sesuaikan pilihan bisnis dengan karakter, bakat, ketrampilan, dan hobi anda”.... Questionaire
introvert/Produksi
K-analitis D-kreatif
Dedikasi/Pelayanan Dominasi/Pengarahan
T-service P-konstulatif
Ekstrovert/Distribusi
• Hubungan Kreatifitas, Idea, Dan Peluang
Ada 4 cara untuk menilai apakah sebuah ide merupakan peluang yang baik :
P Pasar
P Potensi Pertumbuhan Pasar
P Biaya
P Resiko
• Tips praktis
Cari Idea Bisnis dengan :
• Sering menghadiri pameran perdagangan dan investasi
• Mempelajari kaeahlian tenaga kerja lokal
• Investigasi material lokal dan sumber daya lain
• Mengkaji peluang subtitusi produk impor
• Quotation
“ketika satu pintu tertutup maka pintu lain terbuka. Namun, kita seringkali terpaku menyesali pintu yang tertutup itu, hingga tak bisa melihat pintu lain yang terbuka bagi kita”
Alexander Graham Bell
Teruslah Maju Dengan Ide-Ide Cemerlang
0 komentar:
Posting Komentar