Minggu, 04 Mei 2014

download materi alogaritma dan pemrogaman



l  ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
l PEMROGRAMAN I
l PENGANTAR ALGORITMA PEMROGRAMAN
l      Algoritma adalah urutan langkah-langkah atau tahapan-tahapan penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis
l      Algoritma adalah proses yang procedural
                               Tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas.
                               Metode langkah demi langkah secara eksak dalam memecahkan suatu masalah
l      Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika
l Empat komponen utama komputer

l Penggolongan Bahasa Pemrograman
l Penggolongan Bahasa Pemrograman
l     Berdasarkan terapannya
                           Bahasa pemrograman bertujuan khusus
                           Bahasa Pemrograman bertujuan Umum
l     Berdasarkannotasi bahasa pemrograman
                           Bahasa tingkat rendah
                           Bahasa tingkat tinggi
l  Aspek Penting dari Algoritma
                           Finiteness
                           Definiteness
                           Input
                           Output
                           Effectiveness


           TI1063
Algoritma dan Pemrograman
           Antonius Rachmat C, S.Kom
           Algoritma & Pemrograman
              SKS                    : 3 SKS
              Dosen     : Antonius Rachmat C, S.Kom
              Email      : anton@ukdw.ac.id
              Website  : http://lecturer.ukdw.ac.id/anton
              Jadwal Kuliah Kelas:              :          
           Group A: Senin, 10.30
           Group B: Senin, 13.30
           Group C: Rabu, 10.30
           Group D: Kamis, 16.30

Jadwal Kuliah Praktikum (2x seminggu) mengikuti jadwal masing-masing.
           Koordinator Praktikum: Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom
           Praktikum menggunakan Bahasa C / C++
           Tool: Visual C++ atau Turbo C++
           Deskripsi Matakuliah
           Matakuliah ini mengajarkan tentang:
         konsep dan logika berpikir komputer,
         cara perancangan dan analisis masalah,
         yang kemudian dipecahkan dengan menggunakan komputer menggunakan algoritma dan pemrograman terstruktur. 
         Selain itu juga diperkenalkan dan diajarkan penggunaan bahasa pemrograman (Bahasa C), dan flowchart
           Kompetensi Matakuliah
            Mahasiswa mampu:
          memahami logika berpikir komputer,
          memahami prinsip kerja program,
          memahami alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan,
          dan mampu menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu
           Materi-Materi
             Pengantar Algoritma
             Konsep Bahasa Pemrograman
             Flowchart
             Tipe Data, Keywords, Konstanta, Variabel
             Struktur Input/Output
             Percabangan
             Perulangan
             Pemrograman Modular
             Fungsi: parameter, kembalian fungsi by value
             Array 1 dimensi
             Array 2 dimensi
             Manipulasi String
           Referensi
              Thomas H. Cormen et.al, Introduction to Algorithms Second Edition, MIT Press, McGraw-Hill Book Company, 2001
              Simon Harris and James Ross, Beginning Algorithms, Willey Publishing Inc, 2006
              Jogianto H.M, Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C, Penerbit Andi, 2000
              Antonie Pranata, Algoritma  dan Pemrograman, J&J Learning Yogyakarta, 2000
              Iwan Binanto, Konsep Bahasa Pemrograman, Penerbit Andi Yogyakarta, 2005
              Moh. Sjukani, Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java, Mitra Wacana Media, 2005
              Thompson Susabda Ngoen, Pengantar Algoritma dengan Bahasa C, Penerbit Salemba Teknika, 2004
           Penilaian
           Ketentuan Lain
           Tidak ada tes tengah atau akhir susulan
           Kehadiran minimal 75%
           Ketentuan praktikum sesuai dengan aturan praktikum
           Tidak ada tugas tambahan untuk meningkatkan nilai yang kurang
           Silabus
                            Pengantar Algoritma dan Konsep Bahasa Pemrograman
                            Flowchart dan Pengenalan C
                            Tipe Data, Keywords, Konstanta dan Input/Output
                            Percabangan Sederhana
                            Percabangan Kompleks dan Switch
                            Loop Sederhana
                            Loop Kompleks
                            TTS
                            Modular Programming
                            Fungsi by value: parameter, void dan non-void
                            Array 1 Dimensi
                            Array 2 Dimensi
                            String Manipulation pada C
                            TAS
           Sistem Komputer
            Sebuah sistem komputer terdiri dari:
          Hardware (perangkat keras) ,
          Software (perangkat lunak) dan
          Brainware,
            sedangkan Software dapat dikelompokkan menjadi:
          Operating System Software,
          Programming Language Software
          danApplication Program Software.
           Bagan Sistem Komputer
           Definisi Program
             Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program).

             Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. (Menurut P. Insap Santosa).
             Instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan.
             Mempunyai komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.
         Bahasa Pemrograman
           Adalah alat untuk membuat program
           Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll.

           Perbedaan: cara memberikan instruksi
           Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama
           Paradigma Pemrograman
                            Pemrograman Prosedural
                         Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial
                         Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data.  Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan.
                         Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah.
                            Pemrograman Fungsional
                         Berdasarkan teori fungsi matematika
                         Fungsi merupakan dasar utama program.
                            Pemrograman Terstruktur
                         Secara berurutan dan terstrukrtur.
                         Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.
                         Contoh: PASCAL dan C
                            Pemrograman Modular
                         Pemrograman ini membentuk banyak modul.
                         Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri
                         Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.
                         Contoh: MODULA-2 atau ADA
           Paradigma Pemrograman
                            Pemrograman Berorientasi Obyek
                        Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi
                        Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.
                            Pemrograman Berorientasi Fungsi
                        Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja.  Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini.
                        Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain.
                            Pemrograman Deklaratif
                        Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma.
                        Contoh: PROLOG
         Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software)




             Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).
           Algoritma
    Game :
         Use Your Mind!
           Langkah Use Your Mind
                            2 kanibal naik perahu ke seberang kiri
                            Pindahkan 1 kanibal ke seberang kiri
                            Perahu kembali ke seberang kanan dgn 1 kanibal
                            Ulangi langkah 1-3
                            2 misionaris naik perahu ke seberang kiri
                            Di seberang kiri, tukar 1 kanibal dgn 1 misionaris di perahu
                            Perahu kembali ke seberang kanan dgn 1 kanibal dan 1 misionaris
                            Di seberang kanan, tukar kanibal di perahu dgn 1 misionaris di seberang kanan
                            Perahu kembali ke seberang kiri dgn 2 misionaris
                            Turunkan semua misionaris di perahu ke seberang kiri
                            Perahu kembali ke seberang kanan dgn 1 kanibal
                            Ulangi langkah 1-3
                            2 kanibal naik perahu ke seberang kiri
                            Turunkan kedua kanibal ke seberang kiri
           Algoritma
           Asal kata Algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi
           Ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al-muqabala (rules of restoration and reduction)
           Tahun 825 M
           Berasal dari Iran
           Definisi Algoritma
             Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. 
           Urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat.
           (Dari Microsoft Press Computer and Internet Dictionaary 1997, 1998)
             Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. 
           Alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. 
           Tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.
           (Dari Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java oleh Moh Sjukani hal 1)
           Contoh Algoritma
             Memasak.
             Jika seseorang ingin mengirim surat kepada kenalannya di tempat lain, langkah yang harus dilakukan adalah:
           Menulis surat
           Surat dimasukkan ke dalam amplop tertutup
           Amplop ditempeli perangko secukupnya.
           Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkannya

             Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris.
             Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien
           Manusia - Komputer
             Pelaksana algoritma adalah Komputer.
             Manusia dan komputer berkomunikasi dengan cara: manusia memberikan perintah-perintah kepada komputer berupa instruksi-instruksi yang disebut program.
             Alat yang digunakan untuk membuat program tersebut adalah bahasa pemrograman. 
             Bahasa pemrograman sangat bermacam-macam: C, C++, Pascal, Java, C#, Basic, Perl, PHP, ASP, JSP, J#, J++ dan masih banyak bahasa lainnya.  Dari berbagai bahasa pemrograman cara memberikan instruksinya berbeda-beda namun bertujuan menghasilkan output yang sama
         Kriteria Algoritma
(Donald E. Knuth)
                            Input: algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar.
                            Output: algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran.
                            Definiteness (pasti): algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu.
                            Finiteness (ada batas): algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role).
                            Effectiveness (tepat dan efisien): algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif.  Contoh instruksi yang tidak efektif adalah: A = A + 0 atau A = A * 1


Namun ada beberapa program yang memang dirancang untuk
unterminatable: contoh Sistem Operasi
           Next
           Jenis Algoritma
           Contoh Algoritma
           Pseudo-code
           Langkah pembuatan program
           Flowchart





0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami