Pada kesempatan ini Universitas akan membahas pertanyaan-pertanyaan matematika tentang tes-t. Pertanyaan dan diskusi berikut:
Reserved.
Sampel hasil pengambilan data oleh sebanyak 30 siswa memperoleh data replay dan mitra motivasi sebagai berikut:
Jika seorang peneliti ingin memperhatikan perbedaan motivasi siswa.
a. menyimpulkan judul penelitian.
b. menyimpulkan masalah
c. menyimpulkan tujuan
d. menyimpulkan hipotesis alternatif
e. menganalisis
f. memberikan ulasan dari hasil analisis.
Diskusi:
a. judul penelitian:
Studi perbandingan antara siswa bermotivasi tinggi dan rendah motivasi belajar prestasi.
b. perumusan masalah:
Apakah ada perbedaan antara siswa bermotivasi tinggi dan rendah motivasi belajar prestasi.
c. tujuan penelitian:
Untuk mengetahui jika ada perbedaan antara siswa bermotivasi tinggi dan rendah motivasi belajar prestasi.
d. perumusan hipotesis alternatif:
Ha: ada perbedaan antara siswa bermotivasi tinggi dan rendah motivasi belajar prestasi.
Ho: ada tidak ada perbedaan antara siswa bermotivasi tinggi dan rendah motivasi belajar prestasi.
e. analisis penelitian (menggunakan t-Test)
Langkah-langkah menganalisis data dengan menggunakan t-test:
1. Cari median (untuk membagi rendah motivasi dan motivasi yang tinggi)
Saya = n 2 = 30/2 = 15. (15 data nilai 7)
Dari hasil perhitungan median kita mengambil penelitian kebijakan (kebijakan peneliti), yang:
-Siswa yang termotivasi adalah mahasiswa yang memiliki nilai rendah 5 dan 6
-Siswa yang sangat termotivasi siswa yang mempunyai nilai 7, 8 dan 9.
2. Mencari Rata-rata (mean).
-Mean x1 = 77/12 = 6,4166
-Mean x2 = 133/18 = 7,3888
3. Mencari Varians (x1 dan x2) terhadap y.
Rumus mencari Varians :
-Mencari Varians X1 dengan rumus diatas,sebagai berikut :
-Mencari Varians x2 sebagai berikut :4. Mencari nilai t hitung :
Rumus mencari t-hitung Sebagai berikut :
dengan rumus diatas diperoleh niali t hitung ada;aj -1,9156.
dengan rumus diatas diperoleh niali t hitung ada;aj -1,9156.
5. Melihat t tabel
df = n1+n2-2 = 12+18-2=28
t tabel dengan df 28 = -1,701 ( menggunakan uji pihak kiri )
Karena nilai t hitung daerah penonalakan Ha kemudian menerima Ho.
Kesimpulan: ada tidak ada perbedaan yang memotivasi siswa dan rendah motivasi belajar prestasi.
Mudah-mudahan di atas materi berguna untuk teman-teman matematika Universitas. Terima kasih untuk mengunjungi.
0 komentar:
Posting Komentar