Kamis, 15 Mei 2014

download materi ekonomi pembanhunan


BAGIAN 1  
Prinsip & Konsep
 materi ekonomi pembanh=gunan silahkan download disini

                  Ilmu Ekonomi, Institusi-institusi, dan Pembangunan: Sebuah Perspektif Global
                  Pembangunan Komparatif: Perbedaan dan Persamaan di Antara Negara-negara Berkembang
                  Teori-teori Klasik Pembangunan Ekonomi
                  Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan
                                 BAB 1


       Ilmu Ekonomi, Institusi-institusi, dan Pembangunan: Sebuah Perspektif Global
      
Bagaimana Kehidupan Penduduk Bumi:
Kesenjangan Kondisi Hidup di Dunia

         Setiap harinya, orang-orang di pelbagai penjuru dunia mengawali harinya dalam kondisi yang sangat berlainan

         Sekitar separuh penduduk dunia (dari total sekitar 6,4 miliar jiwa) hidup dalam kondisi serba berkecukupan, sementara separuh lainnya hidup dalam kondisi serba berkekurangan
      
Bagaimana Kehidupan Penduduk Bumi:
Contoh Perbandingan  
1

Kondisi hidup rata-rata di Amerika Utara, yang merupakan ciri khas keluarga di kebanyakan negara kaya:

         Keluarga inti beranggotakan 4 orang
         Penghasilan tahunan sekitar $50.000
         Berpenghidupan yang layak
         Sumber hiburan relatif berlimpah
      
Bagaimana Kehidupan Penduduk Bumi: Contoh Perbandingan  
2

Kondisi hidup rata-rata di daerah pedesaan Asia:

         Keluarga inti beranggotakan 8 orang atau lebih
         Penghasilan tahunan sekitar $250 sampai $300
         Berpenghidupan yang keras
         Hiburan berasal dari kegiatan spiritual
      
Bagaimana Kehidupan Penduduk Bumi:
Kesenjangan di Wilayah Metropolitan

Di daerah pantai Amerika Latin:

         Di satu wilayah kota terlihat modern, megah, rapi, bersih, dan indah

         Di wilayah lainnya, yang relatif berseberangan, merupakan favela(pemukiman kumuh) yang terlihat reyot, kumuh, dan berimpitan
      
Bagaimana Kehidupan Penduduk Bumi:
Kemiskinan yang Merata

Di daerah timur Afrika:

         Sangat sedikit penghasilan dalam bentuk uang

         Berbagai kebutuhan diproduksi sendiri untuk dikonsumsi sendiri (disebut perekonomian subsisten)
      
Bagaimana Kehidupan Penduduk Bumi:
Pertanyaan-pertanyaan

         Bagaimana mungkin kemewahan hidup berdampingan dengan kemiskinan secara mencolok dalam satu wilayah yang relatif sama?

         Bagaimana masyarakat dalam perekonomian subsisten bisa beralih ke dalam perekonomian modern yang berprodukstivitas dan berpenghasilan tinggi?

         Bagaimana aspirasi kemajuan dari kemiskinan bisa dibantu ataupun dihambat oleh aktivitas ekonomi yang lebih maju?
      
Bagaimana Kehidupan Penduduk Bumi:
Kesimpulan


Proses kemajuan yang dialami oleh negara-negara sedang berkembang (developing countries) tidak dapat dianalisis secara realistis tanpa mempertimbangkan peranan negara-negara maju yang membantu ataupun menghambat, secara langsung ataupun tidak langsung, proses kemajuan tersebut
      
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan:
Tonggak Awal

         Kalangan ekonom, secara umum, menobatkan Adam Smith sebagai “ahli ilmu ekonomi pembangunan” yang pertama, seiring penerbitan bukunya Wealth of Nations pada tahun 1776

         Namun, pembahasan sistematis yang meliputi wilayah Afrika, Asia, dan Amerika Latin baru diterbitkan sekitar lima dasawarsa yang lalu
      
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan:
Disiplin Ilmu  
1

         Studi pembangunan ekonomi adalah cabang baru dari disiplin ilmu ekonomi (economics) dan ilmu ekonomi politik (political economy) makroekonomi

         Studi ini memusatkan perhatian secara khusus pada perekonomian negara-negara di Afrika, Asia, dan Amerika Latin
      
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan:
Disiplin Ilmu  
2

Sebagian kalangan masih menyatakan ilmu ekonomi pembangunan (development economics) hanya merupakan campuran dari cabang-cabang ilmu ekonomi lainnya, yaitu:

         Ilmu makroekonomi
         Ilmu ekonomi ketenagakerjaan (labor economics)
         Ilmu keuangan publik (public finance)
         Ilmu ekonomi moneter (monetary economics)
      
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan:
Disiplin Ilmu  
3a

Sebagai bidang studi yang berdiri sendiri, ilmu ekonomi pembangunan:

         Tidak sama dengan ilmu ekonomi dari negara-negara kapitalis maju (ekonomi “neoklasik” modern) maupun ilmu ekonomi negara-negara sosialis (ekonomi “komando” atau “Marxis”)

         Merupakan ilmu ekonomi khusus mengenai negara-negara Dunia Ketiga yang menuntut pembaruan pemikiran dan pendekatan tersendiri
      
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan:
Disiplin Ilmu  
3b

Sebagai bidang studi yang berdiri sendiri, ilmu ekonomi pembangunan:

         Telah mengembangkan identitas analitis & metodologis

         Telah menerima pengakuan dan penghargaan pada tingkat Hadiah Nobel
      
Hakikat Ilmu Ekonomi Pembangunan:
Ilmu Ekonomi Tradisional  
1

Ilmu ekonomi tradisional berpusat pada:

         Alokasi termurah dan terefisien atas segenap sumber daya yang langka

         Upaya memanfaatkan pertumbuhan optimal sumber-sumber daya dari-waktu-ke-waktu agar memberikan hasil sebanyak mungkin barang dan jasa
      
Hakikat Ilmu Ekonomi Pembangunan:
Ilmu Ekonomi Tradisional  
2

Ilmu ekonomi tradisional membahas aspek-aspek ekonomi dunia kapitalis, yaitu:

         Pasar
         Konsumen
         Harga
         Keputusan berdasarkan marjin, laba, dan kepuasan
         Ekuilibrium antara pasar input dan output
      
Hakikat Ilmu Ekonomi Pembangunan:
Ilmu Ekonomi Tradisional  
3

Ilmu ekonomi tradisional mengasumsikan:

         “Rasionalitas” ekonomi berdasarkan untung-rugi
         Orientasi materialistis
         Sifat individualistis
         Pengutamaan kebutuhan/kepentingan pribadi
      
Hakikat Ilmu Ekonomi Pembangunan:
Ilmu Ekonomi Politik

         Cakupan ilmu ekonomi politik lebih luas daripada ilmu ekonomi tradisional

         Pada intinya, ilmu ekonomi politik (political economy) membahas kaitan antara ilmu politik dan ilmu ekonomi, dengan perhatian utama pada peranan kekuasan dalam pengambilan keputusan ekonomi
      
Hakikat Ilmu Ekonomi Pembangunan

         Cakupan ilmu ekonomi pembangunan lebih luas daripada ilmu ekonomi politik

         Ilmu ekonomi pembangunan berkaitan langsung dengan keseluruhan proses politik, budaya, dan ekonomi yang diperlukan dalam mendukung transformasi struktural dan kelembagaan dari seluruh masyarakat dalam rangka menghasilkan serentetan kemajuan ekonomi yang benar-benar bermanfaat(melalui proses yang efisien) bagi penduduk pada umumnya
      
Hakikat Ilmu Ekonomi Pembangunan:
Tujuan Akhir yang Tidak Berubah


Tujuan akhir ilmu ekonomi pembangunan adalah:
Memungkinkan pemahaman lebih lanjut mengenai perekonomian negara-negara Dunia Ketiga dalam rangka memudahkan upaya perbaikan standar hidup bagi mayoritas penduduk dunia
      
Arti Penting Nilai-nilai dalam Ilmu Ekonomi Pembangunan

         Pada dasarnya, ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan sosial
         Nilai adalah pijakan dalam menentukan baik atau buruk
         Maka, pilar dari ilmu ekonomi (umumnya) dan ilmu ekonomi pembangunan (khususnya) adalah pemahaman mengenai pemikiran-pemikiran dasar (premis) bersifat etis dan normatif yang disebut premis-premis nilai (value premises) tentang apa yang diinginkan maupun tidak diinginkan
      
Perekonomian sebagai Sistem Sosial: Lebih Jauh dari Ekonomi Sederhana  
1

         Sistem sosial adalah hubungan-hubungan yang saling terkait antara faktor-faktor ekonomi dan nonekonomi

         Ilmu dan sistem ekonomi perlu dianalisis dan diletakkan dalam konteks sistem sosial secara keseluruhan dari negara dan dalam konteks global/internasional
      
Perekonomian sebagai Sistem Sosial: Lebih Jauh dari Ekonomi Sederhana  
2

Menurut DR. Soedjatmoko:
Seandainya kita mau menyimak pengalaman pada tahun-tahun yang lampau secara cermat, jelaslah bahwa, sebagai akibat dari terlalu besarnya bobot dan nilai yang mereka berikan pada pertumbuhan dan tahapannya serta pada ketersediaan modal dan keahlian, para teoretisi ilmu ekonomi pembangunan kurang memperhatikan masalah-masalah kelembagaan dan struktural sehingga gagal memahami besarnya pengaruh kekuatan historis, budaya, dan keagamaan dalam proses pembangunan
      
Perekonomian sebagai Sistem Sosial: Lebih Jauh dari Ekonomi Sederhana  
3

         Banyak kegagalan kebijakan pembangunan di negara-negara Dunia Ketiga disebabkan oleh variabel-variabel nonekonomi yang terabaikan dalam analisis dan perencanaannya

         Dalam keseluruhan proses pembangunan (domestik ataupun internasional), peranan dan arti penting dari tata nilai, sikap, dan faktor kelembagaan (value, attitude, dan institution) akan terus dipertimbangkan
                                 BAB 2


       Pembangunan Komparatif: Perbedaan dan Persamaan
di Antara Negara Berkembang
      
Fenomena Keterbelakangan

Fenomena keterbelakangan (underdevelopment) harus ditelaah dalam konteks nasional maupun internasional
      
Masalah-masalah yang Dihadapi

         Kemiskinan
         Produktivitas yang rendah
         Pertumbuhan penduduk yang berlebihan
         Pengangguran
         Ketergantungan ekspor pada produk primer
         Rapuhnya negara-negara berkembang di pentas internasional
      
Masalah-masalah yang Dihadapi
Aspek-aspek

         Masalah-masalah yang dihadapi memiliki aspek-aspek domestik sekaligus global

         Aspek-aspek tersebut terkait dengan:

    Asal mula semua masalah tersebut
    Potensi-potensi pemecahannya
      
Mengatasi Permasalahan

Segenap kekuatan ekonomi dan sosial yang melingkupi negara-negara berkembang,
baik internal maupun eksternal,
harus sama-sama memikul tanggung jawab untuk mengatasi:

       Kemiskinan
       Ketimpangan kesejahteraan
       Rendahnya produktivitas
      
Mengatasi Permasalahan
Syarat dan Keperluan demi Keberhasilan

Keberhasilan upaya-upaya pembangunan ekonomi dan sosial mensyaratkan dan memerlukan:

       Formulasi strategi yang memadai di pihak negara-negara Dunia Ketiga

       Modifikasi sistem ekonomi internasional secara keseluruhan, agar sistem tersebut lebih peka terhadap berbagai kebutuhan pembangunan negara-negara miskin
      
Gambaran dan Keberhasilan

         Gambaran kehidupan di banyak negara berkembang dalam pembahasan kita ini nampak begitu suram

         Namun, perlu diingat bahwa banyak pula negara-negara berkembang yang telah berhasil dalam upayanya untuk:
       Meningkatkan pendapatan nasional
       Menurunkan tingkat kematian bayi
       Memperbaiki akses pendidikan
       Mempersempit disparitas gender
       Memperbesar usia harapan hidup
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan

Negara-negara miskin akan memiliki sarana dan dukungan yang lebih memadai guna mewujudkan aspirasi- aspirasi pembangunannya melalui:

       Penerapan serangkaian kebijakan ekonomi dan politik yang tepat, baik kebijakan dalam negeri maupun kebijakan luar negeri

       Dukungan yang benar-benar positif dan efektif dari negara-negara maju/ maka
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan
Transformasi

         Perubahan-perubahan kelembagaan, teknologi, dan sosial harus dilakukan secara beriringan serta saling melengkapi dalam usaha merealisasikan pertumbuhan ekonomi jangka panjang

         Transformasi tersebut harus terjadi bukan hanya di negara-negara berkembang saja, melainkan harus meliputi perekonomian internasional secara keseluruhan
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan
Reformasi Perekonomian Dunia

         Nasib negara-negara berkembang secara keseluruhan tidak akan membaik hanya dengan tampilnya segelintir negara berkembang yang berhasil dalam menjalankan transformasi sosial dan ekonominya

         Perekonomian dunia harus mampu untuk mendukung perkembangan aspirasi dan usaha dari setiap negara berkembang dengan adanya reformasi:
       Struktural
       Sikap
       Kelembagaan
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan
Keuntungan dari Keterbelakangan   (1)

         Ada semacam "keuntungan dari keterbelakangan" dalam pembangunan, misalnya:

       Kemampuan menggunakan teknologi yang sudah terbukti andal, dan tidak perlu melakukan penelitian sendiri dari awal
       Dapat melakukan "lompatan katak" dengan menggunakan standar teknologi baru,
dan tidak perlu menggunakan standar teknologi kuno yang dulu membatasi negara-negara maju, contohnya teknologi sinyal penyiaran televisi yang kuno
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan
Keuntungan dari Keterbelakangan   (2)

       Negara berkembang juga dapat memetik pelajaran berharga dari berbagai kebijakan ekonomi yang telah dicoba di berbagai negara di seluruh dunia

         Keuntungan-keuntungan ini akan sangat bermanfaat jika perekonomian tersebut berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi modern yang berkesinambungan,
seperti yang dialami Taiwan, Korea Selatan, Cina, dan beberapa negara lain yang mengikuti jejak mereka
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan
Kelemahan dari Keterbelakangan

Namun demikian, bagi kebanyakan negara-negara yang sangat miskin, keterbelakangan juga diiringi dengan berbagai kelemahan, yang banyak di antaranya disebabkan oleh:

       Warisan jaman kolonial
       Perbudakan
       Kediktatoran perang dingin
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan

Dalam kasus mana pun, negara berkembang secara umum harus melakukan lebih dari sekedar meniru berbagai kebijakan yang diambil negara-negara yang sekarang maju pada masa awal pembangunan ekonominya
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan
Jalan yang Berbeda-beda   (1)

         Setiap negara berkembang menghadapi keterbatasannya sendiri dalam memilih kebijakan yang akan dilaksanakan dan keadaan-keadaan khusus lainnya

         Masing-masing harus mencari jalan sendiri untuk menjadi institusi ekonomi dan sosial yang efektif
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan
Jalan yang Berbeda-beda   (2)

Masukan yang penting bagi perumusan kebijakan berasal dari contoh-contoh yang ditawarkan oleh pengalaman masa lalu dari:

       Negara-negara maju dan institusi-institusi sekarang ini

       Negara-negara dunia ketiga lainnya
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan
Inovasi Institusi

         Institusi-institusi ekonomi di Eropa dan Amerika Utara dalam sebagian besar kasus lebih mendekati kondisi optimal dibandingkan dengan institusi yang berada di banyak negara berkembang

         Namun, semua negara memiliki ruang untuk melakukan inovasi institusi lebih lanjut
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan
Asumsi yang Dihindarkan

Perlu diingat bahwa negara-negara berkembang tidak dapat mengasumsikan tanpa penelitian lebih lanjut bahwa mempolakan kebijakan dan institusi mereka seperti di negara-negara maju akan memberikan jalan tercepat bagi keberhasilan pembangunan ekonomi
      
Mewujudkan Aspirasi Pembangunan

         Kebutuhan akan pembangunan tidak bisa ditawar-tawar lagi dan jebakan kemiskinan merupakan hal yang benar-benar harus kita hadapi

         Hingga sekarang, kurang terdapat bukti akan terjadinya konvergensi pendapatan di seluruh dunia

         Namun, pengalaman selama 50 tahun menunjukkan bahwa pengentasan kemiskinan dan memulai pembangunan yang berkelanjutan bukanlah hal yang mustahil
                                 BAB 3


       Teori-teori Klasik Pembangunan Ekonomi
      
Ilmu Ekonomi Pembangunan
Teori dan Pendekatan   (1)

         Berbagai teori dan pendekatan di bidang ekonomi studi pembangunan saling bersaing satu sama lain

         Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri
      
Ilmu Ekonomi Pembangunan
Teori dan Pendekatan   (2)

         Berbeda dari cabang-cabang ilmu ekonomi lainnya, ilmu ekonomi pembangunan tidak memiliki doktrin-doktrin atau paradigma baku yang telah diterima secara universal

         Namun, kenyataan akan masih adanya kontroversi—baik secara ideologis, teoretis, maupun empiris—justru menjadikan bidang studi tersebut semakin menantang dan memikat
      
Ilmu Ekonomi Pembangunan
Teori dan Pendekatan   (3)

         Pola-pola pemikiran dan pemahaman ekonomi pembangunan berkembang serta berubah secara terus-menerus

         Kesemuanya itulah yang merupakan landasan utama bagi segenap kegiatan pengkajian terhadap berbagai kemungkinan pembangunan yang tengah ditempuh oleh negara-negara berkembang di kawasan Afrika, Asia, dan Amerika Latin yang beragam
      
Ilmu Ekonomi Pembangunan
Teori dan Pendekatan   (4)

         Bagaimana mungkin suatu konsensus bisa diciptakan dari pertentangan yang sedemikian ramai?

         Penulis memang tidak mengisyaratkan bahwa suatu konsensus telah atau pernah, atau perlu tercipta untuk menjembatani berbagai nilai dan ideologi yang satu sama lain saling bertentangan

         Apa yang hendak penulis kemukakan adalah bahwa kita bisa memetik sesuatu yang bermanfaat dari keempat pendekatan yang ada
      
Teori dan Pendekatan   (1)
Pertumbuhan-Tahapan-Linear

         Model pertumbuhan-tahapan-linear menekankan pentingnya tabungan dan investasi (modal fisik dan modal manusia) dalam membina pertumbuhan ekonomi jangka panjang
      
Teori dan Pendekatan   (2)
Perubahan Struktural Dua Sektor

         Model perubahan struktural dua sektor rumusan Lewis, mementingkan upaya-upaya untuk menganalisis keterkaitan tertentu yang terdapat di antara sektor pertanian tradisional dengan sektor industri modern
      
Teori dan Pendekatan   (3)
Penelitian Chenery

         Penelitian empiris yang dilakukan oleh Chenery dan kawan-kawan mencoba untuk:

       Mendokumentasikan secara tepat bagaimana suatu perekonomian mengalami perubahan-perubahan yang bersifat struktural

       Mengidentifikasikan nilai numerik dari berbagai parameter ekonomi penting
      
Teori dan Pendekatan   (4)
Ketergantungan Internasional

         Pemikiran para teoretisi ketergantungan internasional telah berhasil menonjolkan pentingnya struktur dan fungsi perekonomian dunia:

Keputusan yang diambil oleh negara maju ternyata sedemikian rupa sehingga selalu memberi pengaruh terhadap kehidupan jutaan penduduk di negara-negara berkembang
      
Teori dan Pendekatan   (5)
Teori Ketergantungan

         Para teoretisi ketergantungan mengemukakan bahwa langkah dan keputusan ekonomi penting yang diambil di ibukota-ibukota negara di Amerika Utara, Eropa Barat, atau Jepang (juga yang diambil oleh IMF dan Bank Dunia) senantiasa menimbulkan dampak yang besar bagi negara-negara berkembang

         Argumen-argumen lainnya mengenai perekonomian domestik negara-negara Dunia Ketiga:
       Struktur dualistik
       Peranan kelas elit pengusaha
      
Ilmu Ekonomi Pembangunan
Teori Ekonomi Neoklasik Konvensional

         Masih banyak aspek dari teori ekonomi neoklasik konvensional yang harus dibenahi dan diperbaiki agar lebih sesuai dengan fakta-fakta sosial, kelembagaan, dan struktural negara-negara berkembang yang serba unik

         Namun, tidak bisa diabaikan pentingnya pelaksanaan produksi dan distribusi secara efisien melalui berfungsinya suatu sistem harga yang baik sebagai bagian integral dari keberhasilan usaha pembangunan, sebagaimana ditonjolkan oleh teori tersebut
      
Ilmu Ekonomi Pembangunan
Kontrarevolusi Neoklasik   (1)

         Cukup banyak argumen dari kontrarevolusi neoklasik yang harus disimak, yang berkaitan dengan:

       Inefisiensi perusahaan-perusahaan milik pemerintah

       Kegagalan perencanaan pembangunan

       Buruknya dampak-dampak yang ditimbulkan oleh distorsi harga domestik dan internasional akibat campur tangan pemerintah yang berlebihan
      
Ilmu Ekonomi Pembangunan
Kontrarevolusi Neoklasik   (2)

         Namun, ada tantangan dan kritik yang sangat serius terhadap argumen dari aliran ketergantungan dan dari kaum strukturalis mengenai:

Pentingnya mekanisme pasar bebas dan perekonomian terbuka dan tidak pentingnya peranan pemerintah dalam pengelolaan ekonomi dalam rangka mempromosikan pertumbuhan ekonomi secara merata di negara-negara berkembang
      
Ilmu Ekonomi Pembangunan
Keseimbangan

Keberhasilan pembangunan ternyata menuntut peranan keduanya (pasar dan pemerintah) secara tepat dan seimbang
      
Ilmu Ekonomi Pembangunan
Kebutuhan

         Fakta membuktikan bahwa yang dibutuhkan bukan hanya pasar yang secara efisien mampu menciptakan harga dan alokasi sumber daya yang tepat

         Dibutuhkan juga aparat pemerintah yang cerdas, bersih, tanggap dan peka, guna menangani berbagai bidang dan masalah yang tidak mungkin diatasi oleh mekanisme pasar, terutama berbagai persoalan sosial dan ekonomi yang timbul sebagai akibat dari operasi kekuatan pasar yang tidak sempurna
      
Ilmu Ekonomi Pembangunan
Kesimpulan   (1)

         Masing-masing pendekatan yang mencoba untuk memahami hakikat pembangunan itu memang telah menawarkan pengetahuan yang bermanfaat

         Pendekatan-pendekatan tersebut juga memberikan masukan kepada model-model terbaru dari pembangunan dan keterbelakangan
      
Ilmu Ekonomi Pembangunan
Kesimpulan   (2)

         Sumbangan pendekatan itu akan nampak semakin jelas setelah kita mempelajari secara lebih rinci dan mendalam tentang asal muasal munculnya berbagai masalah pembangunan serta segenap kemungkinan solusinya
                                 BAB 4


       Model Kontemporer Pembangunan
dan Keterbelakangan
      
Ketidakefisienan dan Rasionalisasi

         Ternyata, orang tetap melakukan hal yang tidak efisien karena dianggap rasional dan tetap dianggap rasional sepanjang orang lain juga melakukannya

         Ini bisa menimbulkan masalah fundamental berupa kegagalan koordinasi
      
Mengatasi Keterbelakangan

         Terkadang perusahaan dan lembaga ekonomi lainnya mampu berkoordinasi untuk mencapai ekuilibriurn yang lebih baik atas kepemilikan mereka

         Namun dalam banyak kasus, kebijakan dan bantuan pemerintah tetap akan dibutuhkan untuk mengatasi dampak dari lingkaran setan keterbelakangan
      
Keterbelakangan
Pemahaman dan Penanganan

Tujuan teori pembangunan ekonomi tidak hanya untuk memahami keterbelakangan namun juga untuk merancang kebijakan yang efektif guna menanganinya
      
Keterbelakangan
Analisis Kegagalan Koordinasi   (1)

         Analisis masalah kegagalan koordinasi menawarkan sejumlah pelajaran penting yang menyeluruh untuk pembuatan kebijakan

         Analisis ini menunjukkan potensi terjadinya kegagalan pasar, yang mempengaruhi prospek keberhasilan pembangunan ekonomi, secara lebih luas dan lebih dalam daripada yang telah dipahami sebelumnya
      
Keterbelakangan
Analisis Kegagalan Koordinasi   (2)

         Analisis ekonomi konvensional tentang monopoli, eksternalitas polusi, dan kegagalan pasar yang lain menyajikan "kerugian segitiga beban baku (deadweight triangle losses)" yang konsekuensinya relatif kecil

         Masalah kegagalan koordinasi dapat menimbulkan efek yang lebih jauh jangkauannya dan, sebagai konsekuensinya, lebih mahal
      
Keterbelakangan
Analisis Kegagalan Koordinasi   (3)

Contoh kasus kegagalan koordinasi:

       Sejumlah investor potensial gagal mempertimbangkan efek pendapatan dari upah yang mereka bayarkan

       Muncul interaksi dari berbagai perilaku yang sedikit terdistorsi

       Timbul distorsi yang sangat besar, sampai pada kegagalan proses industrialisasi secara langsung
      
Keterbelakangan
Analisis Kegagalan Koordinasi   (4)

Pengetahuan mengenai konsekuensi kegagalan koordinasi ini menimbulkan besarnya manfaat potensial atas peran aktif pemerintah di dalam konteks ekuilibria jamak
      
Kegagalan Koordinasi Komplementer
Kebijakan Intervensi Mendalam   (1)

         Kegagalan koordinasi yang mungkin timbul dengan adanya komplementaritas menegaskan kemungkinan adanya pembuatan kebijakan intervensi yang mendalam

         Logikanya, sekali dorongan besar telah dilakukan, koordinasi pemerintah mungkin tidak akan diperlukan lagi

      
Kegagalan Koordinasi Komplementer
Kebijakan Intervensi Mendalam   (2)

         Kebijakan tersebut dapat menggerakkan perekonomian menuju ekuilibrium yang lebih baik, atau bahkan menuju tingkat pertumbuhan permanen yang lebih tinggi, yang pada saatnya nanti dapat mencukupi dirinya sendiri (self-sustaining)

         Pasar yang tidak lagi mendapatkan bantuan pemerintah itu sering kali dapat mempertahankan proses industrialisasi sekali proses tersebut telah dicapai, bahkan ketika pasar tersebut tidak dapat memulai atau melengkapi proses industrialisasi tersebut
      
Kegagalan Koordinasi Komplementer
Kebijakan Intervensi Mendalam   (3)

         Sebagai contoh, dalam beberapa kasus, adanya buruh anak-anak mencerminkan suatu jenis ekuilibrium yang buruk di antara keluarga-keluarga yang anak-anaknya bekerja

         Setelah sukses menghilangkan buruh anak-anak, dalam sejumlah kasus, regulasi buruh anak tidak perlu lagi ditegakkan untuk mencegah munculnya buruh anak kembali
      
Kegagalan Koordinasi Komplementer
Kebijakan Intervensi Mendalam   (4)

         Jika tidak terdapat dorongan untuk kembali ke perilaku yang terkait dengan ekuilibrium yang buruk, maka pemerintah tidak perlu lagi melanjutkan intervensi yang dirancang untuk mengatasinya

         Alih-alih, pemerintah kemudian dapat memusatkan daya upayanya pada masalah krusial yang lain, yang memerlukan peran esensialnya
      
Kegagalan Koordinasi Komplementer
Kebijakan Intervensi Mendalam   (5)

Di antara implikasi-implikasi yang lain, prospek adanya intervensi yang mendalam dapat berarti bahwa:

       Biaya penerapan kebijakan dapat dikurangi

       Bantuan pembangunan yang ditargetkan secara saksama dapat memberikan hasil yang lebih efektif
      
Kegagalan Koordinasi Komplementer
Kebijakan Intervensi Mendalam   (5)

Karakter penyembuhan-sekali-jadi dari beberapa masalah ekuilibria jamak sangat menarik perhatian, karena dapat membuat kebijakan pemerintah sangat ampuh dalam mengatasi permasalahan pembangunan ekonomi
      
Kebijakan Intervensi Mendalam
Kegagalan Pemerintah (1)

         Di lain pihak, intervensi mendalam menyebabkan potensi biaya dari peran publik juga menjadi jauh lebih besar

         Konsekuensi pilihan kebijakan menjadi lebih berat, karena kebijakan buruk yang dibuat pada masa kini dapat menjerumuskan perekonomian ke dalam ekuilibrium yang buruk selama beberapa tahun ke depan

         Kebijakan yang buruk bahkan dapat menggerakkan perekonomian ke dalam ekuilibrium yang lebih buruk daripada semula
      
Kebijakan Intervensi Mendalam
Kegagalan Pemerintah (2)

Hal buruk dari intervensi mendalam bisa terjadi misalnya karena:

       Pemerintah mungkin merupakan bagian terbesar dari masalah dan memainkan peran kunci dalam melestarikan ekuilibrium yang buruk, misalnya sebuah rezim yang sangat korup

       Sejumlah pejabat pemerintah dan politisi mungkin mendapatkan keuntungan pribadi dari kebijakan terkait
      
Kebijakan Intervensi Mendalam
Kegagalan Pemerintah (3)

Adalah sangat naif dan bahkan berbahaya jika berharap pemerintah akan menjadi sumber reformasi yang dapat menggerakkan perekonomian menuju ekuilibrium yang lebih baik di negara-negara di mana pemerintahnya justru merupakan bagian dari kaitan kompleks ekuilibrium yang buruk
      
Kebijakan Intervensi Mendalam
Kegagalan Pemerintah (4)

         Bahkan bila pemerintahnya tidak korup, dampak potensial dari kebijakan pemerintah—yang sebenarnya bermaksud baik namun mengandung banyak kelemahan—dapat sangat besar

         Ini terjadi ketika kebijakan tersebut mendorong perekonomian menuju ekuilibrium yang secara fundamental berbeda, yang akan sulit untuk dibalik
      
Kebijakan Intervensi Mendalam
Kegagalan Pemerintah (5)

Dalam banyak kasus, inilah problema "pentingnya sejarah" dalam perekonomian yang sedang berkembang—yaitu ketika kondisi-kondisi masa lalu menentukan apa yang mungkin terjadi hari ini
      
Kebijakan Intervensi Mendalam
Sektor Publik dan Swasta

         Kegagalan pemerintah maupun kegagalan pasar adalah hal yang nyata, namun kontribusi sektor publik dan swasta terhadap pembangunan juga merupakan hal yang vital

         Oleh karena itu, kita harus bekerja membangun institusi yang mendorong para pelaku di dalam sektor publik dan swasta untuk bekerja bersama (langsung maupun tidak langsung) sedemikian rupa sehingga dapat menciptakan kondisi yang dibutuhkan untuk mematahkan jebakan kemiskinan
      
Kebijakan Intervensi Mendalam
Komunitas Internasional

Dalam mematahkan jebakan kemiskinan, komunitas internasional juga mempunyai peran penting, yaitu memberikan gagasan, model, serta berfungsi sebagai katalis perubahan, dan juga menyediakan dana yang dibutuhkan
      
Model-model Baru Pembangunan
Kontribusi   (1)

         Kontribusi model-model baru pembangunan mencakup pemahaman yang lebih baik terhadap berbagai penyebab dan efek jebakan kemiskinan

         Pemahaman itu diperoleh dengan cara:
       Memberi penekanan yang lebih rinci terhadap peran jenis-jenis komplementaritas strategis yang berbeda
       Menjelaskan peran ekspektasi
       Menyoroti cakupan potensial intervensi mendalam
       Memperbaiki pemahaman kita tentang potensi peran pemerintah dan kendala terhadap efektivitas peran tersebut
      
Model-model Baru Pembangunan
Kontribusi   (2)

Pendekatan baru dengan lebih jernih menunjukkan potensi kontribusi yang sesungguhnya dari:

       Bantuan pembangunan dari luar yang melampaui penyediaan modal

       Pemodelan cara-cara baru untuk mengerjakan sesuatu
      
Model-model Baru Pembangunan
Keterbatasan

         Keterbatasan utama model baru hingga sekarang mungkin adalah bahwa analisis model tersebut memang mendalam, namun implikasinya pada kebijakan praktis masih belum diketahui

         Namun, mungkin memang masih terlalu awal untuk mengharapkan rekomendasi kebijakan yang terinci dari pendekatan-pendekatan ini
      
Pemahaman Jebakan Pembangunan
(1)

Seiring dengan semakin meluasnya pemerintahan yang demokratis di seluruh dunia, pemahaman baru terhadap jebakan pembangunan dapat memberikan panduan bagi rancangan kebijakan yang lebih efektif daripada beberapa tahun yang lalu

      
Pemahaman Jebakan Pembangunan
(2)

Dengan cerdas, Karla Hoff dan Joseph Stiglitz menyimpulkan:

"Dalam kondisi demokratis pun, pemerintah bisa gagal, demikian pula pasar. Namun perkembangan positif yang terjadi pada tahun-tahun terakhir ini adalah untuk mencoba intervensi yang lebih terbatas demi memanfaatkan imbasan antarlembaga, dan untuk mencoba merancang tahapan-tahapan reformasi kebijakan yang akan mempermudah tercapainya ekuilibria yang baik.”
      

BAGIAN 2  
Masalah & Kebijakan: Domestik


                  Kemiskinan, Ketimpangan, dan Pembangunan
                  Pertumbuhan Penduduk dan Pembangunan Ekonomi: Penyebab, Konsekuensi, dan Kontroversi
                  Urbanisasi dan Migrasi Desa-Kota: Teori dan Kebijakan
                  Modal Manusia: Pendidikan dan Kesehatan dalam Pembangunan Ekonomi
                  Transformasi Pertanian dan Pembangunan Daerah Pedesaan
                  Lingkungan dan Pembangunan
                                 BAB 5


       Kemiskinan, Ketimpangan, dan Pembangunan
      
Kemiskinan dan Ketimpangan

         Pendekatan kebijakan atas masalah kemiskinan terkait dengan ketimpangan distribusi pendapatan di negara-negara berkembang

         Maka, kita memerlukan satu "paket" kebijakan yang komponen-komponennya bersifat saling melengkapi dan saling menunjang, yang meliputi empat unsur fundamental
      
Kemiskinan dan Ketimpangan
Empat Unsur Fundamental   (1)

         Satu atau serangkaian kebijakan yang dirancang guna mengoreksi berbagai distorsi harga-harga relatif dari masing-masing faktor produksi

         Tujuannya untuk menjamin pembentukan harga-harga pasar,
yang selanjutnya akan mampu memberikan sinyal-sinyal dan insentif yang tepat (sesuai dengan kepentingan sosial),
bagi para produsen maupun pemasok sumber-sumber daya
      
Kemiskinan dan Ketimpangan
Empat Unsur Fundamental   (2)

         Satu atau serangkaian kebijakan yang khusus dibuat untuk memodifikasi ukuran distribusi pendapatan:
       Pada kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi, melalui pajak progresif atas pendapatan dan kekayaan mereka
       Pada kelompok masyarakat berpendapatan rendah, melalui:
     tunjangan langsung
     upaya-upaya penyediaan berbagai macam barang konsumsi
     peningkatan jasa-jasa pelayanan yang dibiayai oleh pemerintah,
misalnya program ketenagakerjaan
      
Kemiskinan dan Ketimpangan
Empat Unsur Fundamental   (3)

         Seperangkat target kebijakan yang secara langsung memperbaiki kaum miskin dan komunitasnya, melalui skema jaring pengaman yang menawarkan program pengembangan kapabilitas serta modal manusia dan sosial dari kaum miskin, antara lain:
       Keuangan mikro
       Kesehatan
       Pendidikan
       Pembangunan pertanian
       Keberlangsungan lingkungan
       Program pengembangan dan pemberdayaan
                                 BAB 6


       Pertumbuhan Penduduk
dan Pembangunan Ekonomi: Penyebab, Konsekuensi,
dan Kontroversi
      
Penurunan Angka Kelahiran

         Dalam dekade terakhir, angka kelahiran di negara-negara miskin, seperti Bangladesh dan sebagian besar negara-negara di Afrika sub-Sahara, mengalami penurunan yang signifikan

         Penurunan ini adalah hasil dari konstribusi yang tidak kecil dari semakin meluasnya ketersediaan program keluarga berencana

         Para ahli kependudukan kini sibuk menurunkan,
sampai mencapai angka yang tidak berlebihan,
estimasi mereka seputar total populasi dunia pada dekade-dekade selanjutnya
      
Penurunan Angka Kelahiran
Terkait dengan Kemiskinan

Tentunya penurunan ini tidak terlepas dari upaya sinergis yang dilakukan oleh negara-negara maju dalam menyediakan bantuan pembangunan yang diperluas,
terutama upaya-upaya yang difokuskan pada kebutuhan dan kesempatan untuk mengurangi kemiskinan secara besar-besaran,
karena kemiskinan masih menjadi penyebab terbesar dari angka kelahiran yang tinggi
      
Penurunan Angka Kelahiran
Menyiapkan Pembangunan Selanjutnya

Perubahan ini membantu menyiapkan fase selanjutnya bagi kemungkinan suksesnya usaha pembangunan pada tahun-tahun selanjutnya
                                 BAB 7


       Urbanisasi
dan Migrasi Desa-Kota:
Teori dan Kebijakan
      
Urbanisasi dan Migrasi Desa-Kota

Urbanisasi dan migrasi desa-kota masih akan terus berlangsung dan tidak dapat dihindari, berdasarkan:

       tren jangka panjang

       perbandingan dengan negara maju

       rangsangan individu yang masih kuat
      
Urbanisasi dan Migrasi Desa-Kota
Pedesaan dan Daerah Alternatif

         Bias perkotaan memicu migrasi, namun investasi yang berfokus di bidang pertanian cukup meningkatkan produktivitas di daerah pedesaan sehingga memerlukan tenaga kerja yang lebih sedikit

         Kebanyakan daerah alternatif yang menjadi perluasan kesempatan kerja cenderung terkonsentrasi di daerah perkotaan akibat efek aglomerasi
      
Urbanisasi dan Migrasi Desa-Kota
Pendidikan dan Keterampilan

         Lagipula, seiring dengan peningkatan pendidikan di daerah pedesaan, para pekerja memperoleh keterampilan yang diperlukan sehingga keinginan semakin menggebu untuk mencari pekerjaan di kota

         Namun, migrasi desa-kota sering kali masih menjadi masalah pelik dari sudut pandang sosial, khususnya di kota-kota raksasa
      
Urbanisasi dan Migrasi Desa-Kota
Kebijakan

         Kebijakan mampu mengatasi masalah-masalah lonjakan migrasi dan masalah keterbatasan kesempatan kerja yang sedemikian serius di banyak negara berkembang

         “Konsensus“ dari pendapat-pendapat sebagian besar ekonom mengenai bentuk strategi yang tepat untuk menanggulangi persoalan migrasi dan kesempatan kerja secara menyeluruh, setidaknya mengandung tujuh elemen utama
      
Kebijakan
(1-5)

            Penciptaan keseimbangan ekonomi yang memadai antara desa dan kota

            Perluasan industri kecil padat karya

            Penghapusan distorsi harga dari faktor produksi

            Pemilihan teknologi padat karya yang tepat

            Pengubahan keterkaitan langsung antara pendidikan dan kesempatan kerja
      
Kebijakan
(6-7)

                  Pengurangan laju pertumbuhan penduduk

                  Desentralisasi kewenangan dari kota dan daerah sekitarnya
                                 BAB 8


       Modal Manusia:
Pendidikan dan Kesehatan dalam Pembangunan Ekonomi
      
Kesehatan dan Pendidikan

         Dalam beberapa tahun mendatang, akan terdapat bukti yang jelas bahwa kesehatan dan pendidikan merupakan investasi gabungan yang dapat menawarkan lingkup pendekatan kebijakan yang lebih terpadu

         Hal itu dapat menjadi salah satu investasi yang paling efektif yang dapat kita lakukan dalam kualitas pendidikan untuk meningkatkan kesehatan anak-anak
      
Pengentasan Kemiskinan

         Demikian juga, salah satu investasi paling efektif yang dapat kita lakukan dalam bidang kesehatan untuk meningkatkan mutu pendidikan

         Dalam kenyataannya, program pengentasan kemiskinan yang terkenal di banyak negara berkembang sekarang secara eksplisit mengintegrasikan insentif untuk pengembangan modal manusia berupa kesehatan dan pendidikan di antara keluarga-keluarga berpendapatan rendah
                                 BAB 9


       Transformasi Pertanian
dan Pembangunan
Daerah Pedesaan
      
Pembangunan Pedesaan

         Tujuan utama pembangunan pertanian dan daerah pedesaan di negara-negara berkembang adalah untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat di pedesaan melalui peningkatan pendapatan, total produksi (output), dan produktivitas petani kecil
      
Pembangunan Pedesaan
Peran Pemerintah

         Pertama-tama pemerintahan negara-negara berkembang tersebut harus mengidentifikasi surnber-sumber pokok kemajuan pertanian dan kondisi-kondisi dasar yang sekiranya akan mempengaruhi keberhasilan pencapaian tujuan utama itu

         Semua unsur-unsur penting tersebut jelas berkaitan satu sama lain sehingga membentuk suatu jalinan hubungan yang amat kompleks
                                 BAB 10


       Lingkungan dan Pembangunan
      
Pilihan Kebijaksanaan   (1)

         Ada sejumlah pilihan kebijakan yang tersedia bagi pemerintahan di negara-negara berkembang
      
Pilihan Kebijaksanaan   (2)

         Dari sekian banyak pilihan itu ada enam di antaranya yang paling menonjol, yakni:

       penentuan harga sumber daya secara memadai
       partisipasi masyarakat
       pengaturan hak kepemilikan atas setiap sumber daya secara lebih jelas
       peningkatan alternatif-alternatif ekonomi bagi kalangan penduduk miskin;
       peningkatan status ekonomi kaum wanita; serta (6) pengendalian emisi industri


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami