Kamis, 27 Februari 2014

Download buku pengantar manajemen



           PENGANTAR BISNIS
           Sengguruh Nilowardono, SE, MSi

           Materi Pengantar Bisnis
           Perusahaan & Lingkungannya
           Badan Usaha
           Wirausaha & Franchising
           Manajemen Perusahaan
           Fungsi Perusahaan
           Perusahaan
           Suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang & jasa bagi masyarakat, mendistribusikannya, serta melakukan upaya-upaya lain dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan & memuaskan kebutuhan masyarakat.
           Sumber-sumber Ekonomi
           Tanah dan Sumber Daya Alam
           Tenaga Kerja
           Modal
           Skill (kewirausahaan)
           Tujuan Perusahaan
           Tujuan Ekonomis

           Tujuan Sosial
           Perusahaan sebagai suatu Sistem
           Sistem :
       Sistem adalah kesatuan atau unit yang terdiri dari sub-sub unit yang saling berkerjasama atau saling mempengaruhi secara langsung ataupun tidak langsung dalam mencapai tujuan tertentu
           Sifat Sistem Perusahaan
           Kompleks
           Satu Kesatuan
           Berjenis
           Saling bergantung
           Dinamis
           Lingkungan Perusahaan
           Lingkungan Umum

           Lingkungan Khusus
           Lingkungan Umum
            Politik
            Hukum
            Sosial
            Perekonomian
            Kebudayaan
            Pendidikan
            Teknologi
            Demografi
           Lingkungan Khusus
           Suplier
           Konsumen
           Pesaing
           Pertanggung Jawaban Perusahaan, kepada:
             Investor
             Tenaga Kerja
             Konsumen
             Perantara
             Pemerintah
             Penyedia
             Pesaing
             Lembaga Penelitian
             Lingkungan
           BADAN USAHA
       Bentuk – bentuk Badan usaha memiliki perbedaan karakteristik seperti:

       - Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha
       - Besarnya resiko kepemilkikan
       - Batas-batas pertanggungjawaban hutang-hutang   
       perusahaan
       - Cara pembagian keuntungan

      
      

           Bentuk-Bentuk
Badan Usaha
           Perusahaan Perseorangan
           Perseroan Komanditer
           Perseroan Terbatas
           Badan Usaha Milik Negara
           Koperasi
           Perusahaan Perseorangan
Adalah perusahaan yang dikelola dan diawasi  oleh satu orang
           Kelebihan Perusahaan Perseorangan
           Mudah dibentuk dan dibubarkan
           Bekerja dengan sederhana (relatif)
           Pengelolaannya sederhana (relatif)
           Tidak perlu kebijakan pembagian laba
           Kelemahan Perusahaan Perseorangan
           Tangung jawab tidak terbatas
           Kemampuan manajemen terbatas (relatif)
           Sumber dana terbatas pada pemilik
           Resiko kegiatan perusahaan ditanggung sendiri
           Perseroan Komanditer
       Adalah persekutuan yang didirikan oleh beberapa orang (sekutu) yang menyerahkan dan mempercayakan uannya untuk dipakai dalam persekutuan.

       Sekutu dalam Perseroan Komanditer dibagi menjadi dua:
       - sekutu komplementer
       - sekutu komanditer
           Sekutu Komplementer CV:
       orang yang bersedia memimpin penaturan perusahaan dan bertanggung jawab penuh atas kekayaan pribadinya.

           Sekutu Komanditer CV:
       Sekutu yang mempercayakan uangnya dan bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan tersebut.
           Kelebihan Perseroan Komanditer
           Modal yang dikumpulkan relatif lebih banyak
           Kemampuan untuk memperoleh kredit lebih besar
           Manajemen dapat didiversifikasikan
           Kesempatan untuk berkembang relatif lebih besar
           Kelemahan CV:
           Tanggug jawab tidak terbatas (bagi sekutu komplementer)
           Kelangsungan hidup relatif kurang terjamin
           Relatif sulit untuk menarik kembali investasinya

           Perseroan Terbatas
       Adalah suatu badan usaha yang mempunyai kekayaan, hak, serta kewajiban sendiri yang terpisah dari kekayaan, hak, serta kewajiban para pendiri maupun para pemilik
           Kebaikan PT :
             Kelangsungan hidup perusahaan relatif terjamin
             Terbatasnya tanggung jawab, sehingga tidak menimbulkan resiko bagi kekayaan pribadi maupun kekayaan keluarga pemilik
             Saham dapat diperjual belikan dengan relatif mudah
             Kebutuhan modal yang lebih besar akan lebih mudah dipenuhi, sehingga memungkinkan perluasan-perluasan usaha
             Pengelolaan perusahaan dapat dilakukan dengan lebih efisien

           Kelemahan PT:
           Rahasia tidak terjamin
           Kurangnya hubungan yang efektif antara pemegang saham
           Sifat PT
           PT Terbuka
           PT Tertutup
         BUMN
(Badan Usaha Milik Negara)
       Adalah semua perusahaan dalam bentuk apapun dan bergerak dalam bidang usaha apapun yang sebagian atau seluruh modalnya merupakan kekayaan negara.

       Contoh: Pelindo III, Indosat, Telkom, dll
           Koperasi
       Adalah suatu bentuk badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang melandaskan kegiatannya pada prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan.
         Prinsip Koperasi

           Keangotaan bersifat sukarela
           Pengelolaan dilakukan secara demokratis
           Pembagian sisa hasil usaha dilakukan  berdasarkan jasa masing-masing anggota
           Kemandirian

           Ciri tersendiri koperasi dibanding bentuk usaha yang lain:
            Lebih mementingkan keangotaan
            Anggotanya bebas keluar masuk
            Merupakan badan hukum yang menjalankan usaha untuk kepentingan anggota
            Kekuasaan tertinggi di dalam rapat anggota
           Pengelompokan Koperasi
           Koperasi Produksi
           Koperasi Konsumsi
           Koperasi Simpan Pinjam
           Koperasi Serba Usaha
           Lembaga Keuangan
           Bank
           Lembaga keuangan bukan bank
           BANK
       Bank adalah badan usaha yang kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit guna meningkatkan taraf hidup masyarakat
           Peranan Bank
           Dalam Negeri
       Memenuhi kebutuhan ekonomi dalam bentuk penyediaan dan pengelolaan uang, yang antara lain meliputi administrasi keuangan, perdagangan, perkreditan, kiriman uang dan pengawasannya
           Luar Negeri
       Jembatan dalam lalu lintas devisa, moneter, dan perdagangan, pariwisata, dan transfer uang.
           Lembaga Keuangan
Bukan Bank
       Merupakan badan yang melakukan kegiatan dibidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun serta memberikan pinjaman jangka menengah (1-5 th) dan jangka panjang
           Jenis-jenis lembaga Keuangan bukan Bank
           Sewa Guna Usaha (Leasing)
           Lembaga Pembiayaan Konsumen
           Kartu Kredit
           Pialang Saham
           Penggabungan Perusahaan
           Bentuk-bentuk Penggabungan:

      Penggabungan Vertikal-Integral

      Penggabungan Horisontal -Pararelisasi
           Penggabungan Vertikal-Integral
       Merupakan bentuk penggabungan antara perusahaan yang dalam kegiatannya memiliki tahapan produksi berbeda.


            Penggabungan Horisontal-Pararelisasi
       Bentuk Penggabungan anara dua atau lebih perusahaan yang berkerja pada jalur atau tingkat yang sama, Penggabungan ini bisa jadi untuk aliansi strategi atau untuk menekan persaingan

         
         Istilah – Istilah Lain dalam Penggabungan Perusahaan
           Holding Company
           Kartel
           Joint Venture
           Trade Association
           Akuisisi

           Holding Company
       Yaitu perusahaan yang berbentuk corporation yang menguasai sebagian besar saham dari perusahaan lain dalam hal ini status perusahaan lain akan menjadi anak perusahaan dan kebijakan perusahaan dipengaruhi oleh perusahaan induk (holding)
           Kartel
Merupakan bentuk kerja sama perusahaan yang didasarkan atas perjanjian bersama untuk mengurangi persaingan.
Bentuk kartel :
Kartel harga, kartel produksi, kartel daerah.

           Joint Venture
       Merupakan perusahaan baru yang didirikan atas dasar kerjasama antara beberapa perusahaan yang berdiri sendiri
           Trade Association
       Merupakan persekutuan beberapa perusahaan dari suatu cabang perusahaan yang sama dengan tujuan memajukan para anggota
           Akuisisi
           Merupakan pengambiilalihan sebagian saham perusahaan oleh perusahaan lain dan perusahaan yang mengambil alih menjadi holding sedang perusahaan yang diambil alih menjadi anak perusahaan.
           KEWIRAUSAHAAN
   Adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk beresiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil
         Unsur-unsur penting yang dibutuhkan seorang Wirausahawan untuk berhasil :

              Unsur Pengetahuan
       Tingkat penalaran yang dimiliki seseorang

              Unsur Ketrampilan
       Diperoleh melalui latihan & pengalaman kerja nyata

              Unsur Sikap Mental
       Menggambarkan reaksi sikap & mental seseorang ketika menghadapi suatu situasi

              Unsur Kewaspadaan
       Merupakan paduan antara unsur pengetahuan dan sikap mental dalam menghadapi keadaan di masa yang akan datang
           Sikap Mental yang dibutuhkan seorang Wirausaha:
             Memiliki emosi untuk emmbayangkan keberhasilan tujuan usahanya
             Berani mengambil resiko
             Gigih dalam berusaha
             Bersemangat gesit dalam beusaha
             Percaya pada diri sendiri
             Berusaha meningkatkan pengetahuannya
             Memiliki kemampuan untuk memimpin
             Inovator
           Fungsi yang dilakukan seorang Wirausaha
            Mengidentifikasikan kesempatan
            Mengumpulkan sumberdaya manusia dan sumber daya lainnya
            Menarik investasi (dana) baik dari perorangan maupun lembaga keuangan
            Melaksanakan Operasional Produksi atau Jasa
            Menanggung Resiko

           Kewirausahaan dapat dimulai melalui beberapa cara:
           Meneruskan usaha orang tua
           Membeli perushaan yang telah dibangun
           Memulai sendiri perusahaan baru
           Membeli hak Lisensi
           Franchising (Waralaba)
            Merupakan perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan atau jasa.
           Franchisor & Franchisee
           Franchisor =
       Pihak yang menjual Lisensi

           Franchise =
       Pihak yang membeli Lisensi
          Contoh-contoh Franchise:
             Toko  Swalayan Indomaret
             Toko Swalayan Alfa Mart
             Kebab Turki Baba Rafi
             Roti Maryam
             Multiplus
             Java Net Café
             Sekolah Musik Purwacaraka
             ILP
             English First
             Bakso Kota
             Es Teler 77, dll


           Keuntungan Franchising
             Pengalaman & Faktor sukses
             Brand dan Reputasi
             Standarisasi Mutu
             Bantuan Manajemen & Teknik
             Perlindungan Wilayah
             Memperoleh manfaat market riset & product development
             Sistem Operasional terstandar
             Resiko gagal lebih kecil
           Bantuan yang diberikan Franchisor:
            Pelatihan Manajemen & Rekruitment karyawan
            Pemilihan & Pengkajian Lokasi
            Rancangan fasilitas & Rencana Bangunan
            Dukungan promosi
            Spesifikasi peralatan produk
            Bantuan pada pembukaan franchise
            Monitoring
           web site waralaba :
           www.waralabaku.com
           www.majalahfranchise.com
           www.ukmku.com

           Manajemen Perusahaan
           Definisi Manajemen:
          - sebagai suatu proses
          - sebagai suatu seni
           Fungsi Manajemen
           Planing
           Organizing
           Actuating
           Controling
           Perencanaan
           Merupakan suatu proses pemilihan kegiatan/ sekumpulan kegiatan dan keputusan selanjutnya, mengenai apa yang harus dulakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa suatu kegiatan tersebut dilakukan.
           Empat tahap perencanaan
            Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan
            Merumuskan keadaan aat ini
            Mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan
            Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan
           Manfaat Perencanaan
            Memberikan arah dan tujuan bagi organisasi
            Sebagai pedoman untuk mengevluasi pelaksanaan kegiatan
            Mengurangi resiko karena ketidakpastian atau perubahan dimasa yang akan datan
            Membantu memperkirakan peluang dimasa yang akan datang
            Efisiensi biaya
           Pengorganisasian
           Merupakan suatu proses menciptakan hubungan antara berbagai fungsi, personalia dan faktor-faktor fisik agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat serta terarah pada tujuan
           Pengarahan
           Adalah tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota organisasi melakukan kegiatan yang sudah ditentukan kearah tercapainya tujuan
           Pengendalian
           Merupakan aktivitas untuk menemukan, mengoreksi adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai dibandingkan dengan rencana kerja yang telah ditetapkan.
         Ketrampilan Relatif yang dibutuhkan Manajer
           Technical Skill
           Human Relation Skill
           Conceptual Skill
           Pemasaran
  Adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain
         Key word definisi
pemasaran tsb diatas:
           Kebutuhan
           Keinginan
           Permintaan
           Produk
           Nilai
           Hubungan
           Manajemen Pemasaran
       Analisis, perencanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
         Falsafah Manajemen Pemasaran
           Konsep Produksi
           Konsep Produk
           Konsep Penjualan
           Konsep Pemasaran
           Proses Pemasaran
                         Pengukuran dan Peramalan Permintaan
                         Segmentasi Pasar
                         Penetapan Pasar Sasaran
                         Penentuan Posisi Pasar
           Pengukuran dan peramalan Permintaan
             Mengestimasi  besarnya pasar sekarang dan waktu yang akan datang

Meliputi:
             identifikasi produk pesaing
             Identifikasi volumen penjualan sekarang
             Menentukan apakah pasar sudah cukup besar
             Potensi pertumbuhan pasar
           Segmentasi Pasar
           Pemasar harus menentukan segmen mana yang menawarkan kesempatan terbaik untuk perusahaan mencapai sasarannya
           Segmentasi Pasar:
           Faktor Geografik
           Faktor Demografik
           Faktor Psikografik
           Faktor Perilaku
           Segmen Pasar
       Adalah kelompok konsumen yang memberikan tanggapan dengan cara yang sama terhadap seperangkat rangsangan pemasaran
           Penetapan Pasar Sasaran
            Mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih salah satu atau lebih segmen untuk dilayani

            Perusahaan harus menetapkan segmen sasaran yang dapat menghasilkan nilai pelanggan terbesar dan dapat dipertahankan dari waktu-ke waktu
           Penentuan Posisi Pasar
             Posisi suatu produk adalah tempat produk dalam pikiran konsumen relatif terhadap pesaing

       Dalam menentukan posisis produk mula-mula perusahaan harus mengidentifikasi keunggulan-keunggulan kompetitif yang mungkin akan digunakan untuk membangun posisi tersebut

       Jadi penentuan posisi pasar yang efektif berawal dengan pembedaan (pendiferensiasian) atas tawaran pemasaran perusahaan sehingga memberikan kepada konsumen nilai lebih besar daripada tawaran pesaing kepada mereka
           Marketing Mix
           Product
           Price
           Place
           Promotion

           Product
           Keputusan mengenai produk
       - Merk, Tanda merk, Merk dagang, Hak Cipta

           Keputusan mengenai kemasan
       - Kemasan primer, kemasan sekunder, kemasan pengiriman
           Harga
           Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat harga:
       - Perekonomian
       - Penawaran dan permintaan
       - Persaingan
       - Daya beli masyarakat
       - Pengawasan pemerintah
           Beberapa metode penetapan harga
           Cost plus pricing
           Mark Up Pricing
           Penetapan Harga Break Even
           Penetapan Harga dalam hubungannya dengan pasar
           Beberapa strategi penetapan harga
           Penetapan harga psikologis
           Potongan pembelian
           Penetapan harga geografis
           Skiming price
           Saluran Distribusi
   Adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen
           Manfaat Perantara
            Penghubung antara prodesen dan konsumen
            Penyediaan alat dan jasa reparasi
            Penyimpanan produk dalam gudang
            Kegiatan promosi dan penyediaan informasi
            Penyortiran, pembungkusan, dan pengepakan produk
           Tingkat saluran
           Produsen-konsumen
           Produsen-pengecer-konsumen
           Produsen-pedagang besar-penecer-konsumen
           Produsen-agen-pedagang besar-pengecer-konsumen

           Promosi
           Periklanan
           Personal Selling
           Promosi penjualan
           Publisitas

           Peranan Promosi
           Memberi informasi
           Membujuk
           Mengingatkan masyarakat akan produk, jasa, atau image perusahaan
           Periklanan
           Komunikasi non individu, dengan sejumlah biaya, melalui media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga, atau individu
           Media Periklanan
           Surat kabar
           Majalah
           Radio
           Televisi
           Pos
           Keputusan tentang Media
           Jangkauan
           Frekuensi
           Pengaruh
           Personal Selling
           Persiapan sebelum penjualan (prospecting)
           Penentuan lokasi pembeli potensial
           Pendekatan pendahuluan
           Melakukan penjualan (presentation, handling objection, closing)
           Pelayanan sesudah penjualan
           Promosi Penjualan
           Peragaan
           Pameran
           Hadiah
           Contoh barang, dsb
           Publisitas
           Merupakan sarana promosi melalui media (bersifat berita)

           PRODUKSI
           Produksi
      
           Manajemen Produksi
           Produksi
            Suatu kegiatan bisnis yang menggunakan orang dan mesin untuk mengubah material menjadi produk yang dapat dijual.

            Dua jenis perusahaan yang memiliki kegiatan seperti ini:
       - Processing Company
       - Manufacturing Company
           Manajemen Produksi
           Adalah pekerjaan mengkoordinasi dan mengendalikan semua kegiatan yang diperlukan untuk membuat suatu produk.
           Pemilihan Lokasi Pabrik
           Pertimbangan pemilihan lokasi pabrik:

       1.  Proximity
       2. People
       3. Physical
           Proximity
           Dekat dengan Pasar
           Dekat dengan Bahan Baku
           Alternatif Transportasi
           People
           Biaya dan Ketersediaan tenaga kerja
           Sikap Masyarakat dan Peraturan

           Physical
           Energi
           Pembuangan Limbah
           Air
           Iklim
           Studi Produktivitas
             Studi Gerak (Motion Study)
       adalah studi yang mengidentifikasi banyak dan jenis gerakan yang diperlukan untuk melaksanakan operasi tertentu

             Studi Waktu (Time Study)
       adalah studi untuk menentukan jumlah waktu rata-rata yang diperlukan oleh setiap pekerja untuk melaksanakan operasi tertentu
         Metode-Metode Produksi
             Proses Analitis
       Metode produksi yang mengurai atau memisahkan bahan menjadi berbagai produk baru

             Proses Sintetis
       Berbagai bahan baku digabungkan untuk membuat suatu produk
       Proses Sintetis memiliki dua variasi: fabrikasi dan perakitan
         CAD, CAM,CIM
           CAD (Computer Aided Design)
           CAM (Computer Aided Manufacturing)
           CIM (Computer Integrated manufacturing)
           Pengendalian Persediaan
   Pengendalian persediaan mencakup masalah keseimbangan antara jumlah persediaan yang memadai dengan biaya biaya persediaan yang muncul, seperti biaya pembelian dan biaya penyimpanan.
           Economic Order Quantity (EOQ)
           Adalah kualitas optimal persediaan yang harus dibeli dan dipesan.
           Pengendalian Produksi
            Pengendalian produk dalam jumlah yang merupakan koordinasi interaksi di antara orang, material, dan mesin sedemikian rupa sehingga produk dapat dibuat dalam jumlah yang memadai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan untuk memenuhi kebutuhan.
           Enam Langkah dalam pengendalian Produksi
                         Planning
                         Routing
                         Scheduling
                         Dispatching
                         Follow up
                         Quality Assurance
              Planing
       Dilakukan oleh para perencana produksi untuk memahami tentang bahan baku yang diperlukan, mesin-mesin yang akan digunakan, proses yang harus diikuti, dan waktu kerja yang diperlukan untuk membuat produk-produk yang sudah ditetapkan

              Routing
       suatu usaha untuk menentukan urutan operasi yang logis dalam membuat suatu produk

              Schelduling
       Merupakan pembagian waktu setiap operasi sepanjang rute.
       Dengan schelduling, manajemen dapat mengetahui kapan produksi dimulai dan kapan harus selesai
             Dispatching
       Merupakan perintah yang berisi wewenang untuk melakukan kegiatan produksi (pemberian tugas-tugas)

             Follow Up
       Memonitor kemajuan setiap pekerjaan sepanjang rutenya dan untuk mengatasi masalah-masalah penundaan atau kesulitan-kesulitan yang terjadi

             Quality Assurance
       merupakan inspeksi produk pada setiap tahap sepanjang rute untuk menjamin bahwa produk telah memenuhi standar yang telah ditetapkan
           Manajemen Sumber Daya Manusia
            Manajemen sumber daya manusia adalah fungsi kegiatan pengelolaan staf atau personil-personil dalam organisasi, yang meliputi aktivitas perencanaan sumber daya manusia, perekrutan, seleksi, orientasi pelatihan, pengembangan, penilaian kinerja, dan kompensasi.
           Proses
Manajemen Sumber Daya manusia
                           Perencanaan SDM
                           Perekrutan
                           Seleksi
                           Orientasi
                           Pelatihan dan pengembangan
                           Penilaian kinerja
                           Kompensasi
                           Keputusan-keputusan lainnya berkenaan dengan personalia : promosi, perpindahan, demosi, berhenti/keluar dari pekerjaan.
           Perencanaan SDM
             Untuk memastikan seberapa besar jumlah personil yang dibutuhkan oleh suatu organisasi dapat dipenuhi.

             Organisasi akan melakukan suatu analisis yang akanm menentukan jenis ketrampilan yang dibutuhkan, sehingga manajemen dapat mengkaji ketersediaan ketrampilan yang dimiliki sekarang dan mengembangkan sebuah rencana untuk memenuhi kebutuhan jumlah dan kualitas personil yang dibutuhkan.
           Perekrutan
           Perekrutan dapat dilakukan melalui iklan, biro ketenagakerjaan, kerjasama dengan universitas, atau sumber-sumber dalam organisasi sendiri
           Seleksi
            Proses seleksi meliputi penlaian calon dan memilih yang terbaik dan cocok dengan persyaratan kerja yang diminta. Kegiatan proses seleksi meliputi seleksi surat lamaran kerja, wawancara, pemeriksaan rekomendasi, dan uji kesehatan calon karyawan
           Orientasi
            Langkah ini merupakan proses pengintegrasian calon karyawan yang telah terpilih dalam organisasi. Proses ini meliputi proses sosialisasi dan perkenalan karyawan baru pada kebijakan dan peraturan organisasi
          Pelatihan dan pengembangan
             Pelatihan dan pengembangan ditujukan  untk meningkatkan kemampuan karyawan dalam memberikan kontribusinya pada efektifitas organisasi. Pelatihan meliputi peningkatan ketrampilan karyawan, sedang pengembangan bertujuan memberikan persiapan kepada karyawan suatu tanggung jawab yang lebih besar
           Penilaian kinerja
           Penilaian kinerja dimaksudkan untuk memberikan umpan balik antara kinerja karyawan dan standar pekerjaan yang harus dipenuhi
           Kompensasi
           Kompensasi meliputi penentuan gaji awal karyawan baru, perubahan gaji, dan berbagai fasilitas tambahan selain gaji yang dapat dinikmati karyawan
           Manajemen Keuangan
           Manajemen keuangan adalah aktivitas yang terkait dengan perencanaan dan pengndalian perolehan serta pendistribusian aset-aset keuangan perusahaan.
         Peran dan tanggung jawab manajer keuangan
          Meliputi perolehan dana, pengumpulan dana, pembayaran utang perusahaan, pengendalian keseimbangan kas perusahaan, serta perencanaan kebutuhan keuangan.
            Secara keseluruhan , tanggung jawab utama manajer keuangan perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan.

            Untuk meningkatkan nilai perusahaan manajer keuangan harus dapat menjamin bahwa perusahaan selalu memiliki cukup dana untuk membiayai aktivitas perusahaan dalam menghasilkan barang dan jasa, pada saat yang sama segala kelebihan dana harus segera diinvestasikan untuk menghasilkan lebih banyak uang bagi perusahaan.




0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami