Jumat, 19 November 2010

Manajemen Diri Sendiri, Sukses Mencapai Cita-Cita

Setiap Manusia maupun Individu pastilah mempunyai cita-cita dan keinginan untuk menjadi orang yang sukses dalam hidupnya. Semua itu (sukses) akan menciptakan suatu kebahagiaan bagi diri kita pribadi, maupun orang lain, dalam hal ini pastilah keluarga.

Tentunya ada faktor yang menentukan suatu keberhasilan maupun kesuksesan kita dalam melewati waktu., dan hal tersebut tentunya saling berkaitan yakni antara cara dan hasil yang dicapai.

Pada dasarnya manajemen diri itu dapat diartikan sebagai pengendalian diri kita pribadi terhadap pikiran, ucapan, dan perbuatan yang dilakukan, sehingga mendorong pada penghindaran diri terhadap hal-hal yang tidak baik dan peningkatan perbuatan yang baik dan benar.

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam Manajeman Diri Sendiri untuk mencapai kesuksesan bagi diri, yakni :

1. Mengatur jam kegiatan Mengatur waktu, yakni sehari-hari.

2. Membangun kepercayaan diri serta percaya atas kemampuan diri sendiri.

3. Mampu mendengar secara aktif, memberikan kesempatan orang lain untuk berbicara tanpa harus dinilai dan mengarahkannya agar dapat mengatasi masalahnya sendiri sehingga memupuk kepercayaan diri orang lain.

4. Berani mengambil resiko, berani menyatakan pendapat, berani minta apa haknya, dapat mengekspresikan kemauannya, dan tahu seberapa jauh ia berani mengambil resiko tsb.

5. Dapat/berani mengatakan ‘tidak’, berani menolak pekerjaan dari atasan/teman yang bukan tanggung-jawabnya atau pekerjaan yang tidak mungkin dilakukannya.

6. Tahu cara memberikan kritik yang positif, berikan kritik bersama cara memperbaiki kesalahan dan tahu cara menghadapi kritik tsb.

7. Tahu apa yang ia inginkan sendiri, bersikap fleksibel dan mau menyesuaikan diri dengan kepribadian karyawannya dan pada waktu yang tepat.

Jadi menurut Saya, sesungguhnya untuk menjadi sukses tidaklah se-susah yang dibayangkan, karena langkah awalnya ialah bagaimana kita menanamkan “Manajeman Diri Sendiri” pada diri kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami