Sabtu, 28 Januari 2012

Strategi (Mudrajad Kuncoro)

Strategic Management

Judul: STRATEGI BAGAIMANA MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF MUDRAJAD KUNCORO
Bahasa: Indonesia
Jumlah: 1 Slide
Format Ebook: PowerPoint
Sumber: fe-manajemen.unila.ac.id
Daftar Isi:
PENGANTAR EKONOMI STRATEGI
TUJUAN BAB 1
Menjelaskan manfaat belajar strategi;
Menjelaskan manfaat belajar ekonomika;
Menguraikan berbagai hal mengenai globalisasi dan tantangan manajemen stratejik;
Menjelaskan defiisi manajemen stratejik;
Mendeskripsikan peranan manajemen stakeholders

STRATEGI DALAM PROSES MANAJEMEN STRATEJIK
TUJUAN BAB 2
Menjelaskan beberapa konsep dasar dalam manajemen stratejik;
Menguraikan proses manajemen stratejik;
Menguraikan tiga model alternatif untuk meraih keunggulan kompetitif

LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN: ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING
TUJUAN BAB 3
Menjelaskan definisi lingkungan bisnis;
Melakukan analisis terhadap lingkungan bisnis;
Menjelaskan pengaruh lima kekeuatan persaingan terhadap profitabilitas suatu perusahaan;
Menguraikan kluster dan konsep persaingan terkini

LINGKUNGAN INTERNAL: SUMBER DAYA, KAPABILITAS DAN KOMPETENSI INTI
TUJUAN BAB 4
Menjelaskan model berdasarkan sumber daya (Resource-Based View / RBV);
Menerangkan berbagai jenis sumber daya;
Menemukan kompetensi inti;
Melakukan analisis rantai nilai (value chain);
Melakukan analisis SWOT

MERUMUSKAN VISI DAN MISI
TUJUAN BAB 5
Menyusun visi;
Membedakan antara visi dan misi;
Menyusun strategic intent;
Membandingkan beberapa visa dan misi daerah provinsi, kabupaten, dan kota di Daerah Istimewa Jogjakarta dalam konteks “Jogja Incorporated”

FORMULASI DAN SAFARI STRATEGI
TUJUAN BAB 6
Menjelaskan definisi sukses dalam dunia bisnis;
Menerangkan hakikat strategi, terutama bagaimana memformulasikan strategi dan memilih strategi dari berbagai macam perspektif;
Menguraikan safari strategi, yang menjelaskan strategi dari perspektif sepuluh mazhab sejarah pemikiran strategi berdasarkan perspektif formasi strategi dan analoginya di Taman Safari;

STRATEGI BERSAING PADA UNIT BISNIS
TUJUAN BAB 7
Mendefinisikan lingkungan persaingan, mengindentifikasi para pesaing, menjelaskan kelompok stratejik, mendiskusikan keunggulan kompetitif;
Menjelaskan hubungan keunggulan bersaing dengan strategi bersaing, strategi adaptif Miles dan Snow, definisi kerangka kerja bisnis Abell, mendiskusikan strategi bersaing generik Porter;
Menjelaskan arti “stuck in the middle”, menjelaskan strategi terintegrasi diferensiasi biaya-rendah, menjelaskan strategi persaingan generik Mintzberg

STRATEGI KORPORAT
TUJUAN BAB 8
Mendefinisikan strategi korporat;
Menjelaskan organisasi bisnis tunggal dan organisasi multibisnis;
Memilih berbagai alternatif strategi pertumbuhan;
Memilih berbagai alternatif strategi stabilitas;
Memilih berbagai alternatif strategi pembaruan;
Mendiskusikan strategi korporat untuk kasus BUMN di Indonesia

STRATEGI INTERNASIONAL
TUJUAN BAB 9
Mengidentifikasi apa yang dimaksud dengan bisnis internasional;
Memilih metode apa saja yang dapat ditempuh bagi perusahaan yang hendak melakukan ekspansi produksi ke luar negeri (go international);
Memahami motivasi melakukan internasionalisasi bisnis;
Menjelaskan cara memperoleh keunggulan kompetitif di pasar global;
Menerangkan tentang strategi global total

STRATEGI ALIANSI STRATEJIK
TUJUAN BAB 10
Mengupas faktor pendorong aliansi;
Mendiskusikan kelebihan dan kelemahan strategi aliansi;
Menjabarkan peta aliansi stratejik dalam skala global;
Membahas bagaimana aliansi strategi dipraktikkan dalam skala global dan nasional;
Membahas aliansi stratejik yang diterapkan pada KLM dan Northwest;
Menelusuri strategi aliansi yang diterapkan oleh Grup Salim

TATA KELOLA KORPORAT YANG BAIK
TUJUAN BAB 11
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan tata kelola;
Menerangkan tentang tata kelola yang kuat dan yang lemah;
Menguraikan analisis berbasis biaya transaksi;
Mendeskripsikan tata kelola korporat di lingkungan BUMN;
Memahami tata kelola di era otonomi daerah;
Menjelaskan penyebab kegagalan tata kelola

STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI
TUJUAN BAB 12
Menjelaskan definisi struktur organisasi;
Menerangkan pentingnya struktur organisasi dalam mengimplementasikan strategi;
Menggambarkan pola pertumbuhan perusahaan secara umum dan hubungan antara strategi perusahaan dan strukturnya;
Mengklasifikasikan tipe-tipe tradisional dari struktur organisasi dan mendeskripsikan keunggulan serta kelemahan dari masing-masing tipe;
Membahas kasus restrukturisasi Astra

KEPEMIMPINAN STRATEJIK
TUJUAN BAB 13
Menjelaskan peran dan makna kepemimpinan stratejik;
Menguraikan kepemimpinan stratejik dan proses manajemen stratejik;
Menjabarkan kepemimpinan stratejik dalam menghadapi perubahan;
Menyebutkan berbagai karakteristik kepemimpinan stratejik yang baik dan efektif;
Menjelaskan cara menjadi pemimpin pasar dengan pendekatan competing on the edge, pionir, dan nonpionir

PENGENDALIAN STRATEJIK
TUJUAN BAB 14
Menjelaskan pendekatan tradisional dalam pengendalian stratejik;
Menerangkan pendekatan kontemporer dalam pengendalian stratejik;
Menjelaskan bahwa implementasi strategi secara efektif membutuhkan 3 kunci pengendalian stratejik, yaitu: budaya, penghargaan, dan batasan

EVALUASI STRATEGI DAN KINERJA
TUJUAN BAB 15
Mengevaluasi strategi;
Menjelaskan model Return On Equity (ROE);
Mengukur kinerja bisnis;
Menganalisis rasio dan kinerja;
Menggunakan rasio sebagai sebuah sistem;
Melakukan analisis CAMEL untuk perbankan;
Menggunakan matriks arah stratejik dengan DMAIC;
Total Quality Management, Six-Sigma, dan ISO 9001;
Balanced Scorecard

KLIK DI BAWAH INI UNTUK DOWNLOAD

Klik Di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami