Rabu, 19 Februari 2014

Download Materi Praktek Kewirausahaan I



HAND OUT KEWIRAUSAHAAN
Oleh : Naniek Ratni jAR


      TIU: MAHASISWA MAMPU MEMBUAT IDE WIRAUSAHA  ,MENGEMBANGKAN SEMANGAT WIRAUSAHA DAN MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA YANG BERHUBUNGAN DENGAN BIDANG PRODUK DAN JASA


  DAFTAR ISI
                              Mengembangkan semangat           wirausaha/menumbuhkan minat
                                Enterpreuner
                                Menganalisis peluang usaha
                                Perbankan
                                Marketing plan
                                Bisnis Plan
                                Bentuk  usaha
                                Mempersiapkan pendirian usaha
                                Menyusun proposal usaha
                                Meningkatkan produktivitas usaha melalui              motivasi
                                Meningkatkan pertumbuhan usaha

BAB I
MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA
  SEMUA ORANG DILAHIRKAN SAMA
  MEMPUNYAI PELUANG SAMA
  PANDAI DAN KAYA
  SETELAH LULUS KEMANA ?????
APA YANG AKAN SAYA KERJAKAN???
  THE FUTURE “ I WILL BE AN ENTERPREUNEUR.
  MEMPERSIAPKAN MENTAL PADA SETIAP ADA PERUBAHAN.
  DUNIA SEKOLAH---------DUNIA KERJA
  PENDIDIKAN FINANSIAL
  UANG ADALAH SEBUAH IDE
  TULIS SEBUAH DAFTAR 10 HAL YANG BISA ANDA LAKUKAN SECARA LEGAL DAN FORMAL SEHINGGA ANDA DAPAT MEMBELI YANG ANDA INGINKAN TANPA MEMINTA PADA ORANG TUA
  BAGAIMANA SDR BISA MEMPUNYAI UANG UNTUK SESUATU YANG ANDA INGINKAN

  SEMAKIN MAJU SUATU NEGARA SEMAKIN BANYAK ORANG TERDIDIK, DAN BANYAK PULA ORANG YANG MENGANGGUR…PENTING BERWIRAUSAHA
  OKI… WIRAUSH MRP POTENSI PEMBANGUNAN BAIK DALAM JUMLAH MAUPUN MUTU WIRAUSAHA ITU SENDIRI
SISI LAIN BELAJAR
PIRAMIDA
                          MENTAL
  NILAI PENDIDIKAN DI SEKOLAH ----A
NILAI DI KEHIDUPAN NYATA----F
  CARA UNTUK MENILAI KUALITAS PENDIDIKAN---ALAT UKUR PRESTASI FINANSIAL
  16 AGUSTUS 2000 USA TODAY (DANNY SHERIDAN)
MEMPERHITUNGKAN KEMUNGKINAN DAPAT $ I JUTA
  MEMILIKI BISNIS KECIL                                   1000   : 1
  BEKERJA UNTUK PRSH DOT.COM             10.000   : 1
  MENABUBG $ 800/BLN SELAMA 30 TH  1.500.000  :  1
  MEMENANGKAN KUIS                              4.000.000 :  1
  JUDI KASINO                                              6.000.000 :  1
  MENANG LOTRE                                      12.000.000 : 1
  WARISAN $ 1 JUTA                                  12.000.000 : 1 


  DARMA BAKTI PEJUANG EKONOMI
  SIKAP NEGATIF MASYARAKAT
  PBB –SUATU NEGARA MAMPU MEMBANGUN APABILA MEMILIKI 2 % WIRAUSAHA
   INDONESIA  200 JUTA
   2 % -----à 4 JUTA
DI JAPAN- KUNCI SUKSES PEMBANGUNAN         JIKA           2 %    WIR SEDANG
                     20 %   WIR KECIL
DI INDONESIA --- 3 JUTA WIRUSH BESAR & SEDANG
HARUS MENCETAK 30 JUTA WIRUSH KECIL
BISAKAH KEWIRAUSAHAAN DIAJARKAN ???
  BEBERAPA PULUH TAHUN YANG LALU TIDAK BISA
  SEKARANG BISA…. DGN ADANYA TRANSFORMASI KEWIRUSH YANG TELAH BERKEMBANG…. PENANAMAN SIKAP DAN PERILAKU U. MEMBUKA BISNIS KMD AKAN MEMBUAT MHS MENJADI SEOR WIRAUSAHA BERBAKAT
BEBERAPA FAKTOR KRITIS U MEMULAI USAHA BARU
  PERSONAL, YI ASPEK KEPRI : MOTIVASI, KEADAAN EKONOMI, KEADAAN LAPANGAN KERJA
  SOSIOLOGICAL, YI HUB DG ORANG :
  TANGGUNG JAWAB THD KEL.
  ENVIRONMENTAL, YI. HUB. DG LINGKUNGAN : SPIRIT, ENERGI DAN OPTIMIS
  KELEMAHAN BERWIRUSH
  PENDAPATAN TDK PASTI & RISK
  BEKERJA KERAS & WKT/JAM KERJA PANJANG
  KUALITAS HIDUP MSH RENDAH S/D USAHANYA BERHASIL---SBB HRS BERHEMAT
  TANGGUNG JAWAB SANGAT BESAR, BANYAK KEPUTUSAN YANG HARUS DIBUAT WALAU KURANG MENGUASAI PERSOALAN
  KEUNTUNGAN BERWIR
  PELUANG U MENCAPAI TUJUAN YANG DIKEHENDAKI
  PELUANG U MENDEMONSTRASIKAN POTENSI SESEORANG SECARA PENUH
  PELUANG U MEMPEROLEH MANFAAT & KEUNT. SECR. MAKSIMAL
  PELUANG U MEMBANTU MASY DG USAHA KONKRIT
  MANFAAT
  MENAMBAH DAYA TAMPUNG TENAGA KERJA
  GENERATOR PEMBANGUNAN
  MENJADI CONTOH KPD ANGGOTA MASYARAKAT LAIN
  MENGHORMATI HUKUM DAN PER UU
  MENDIDIK KARY U. MANDIRI
  MENJADI CONTOH BAGAIMANA BEKERJA KERAS
  HIDUP SECARA EFISIEN
  DLL
SIKAP NEGATIF MASYARAKAT THD WIRAUSAHA
  AGRESIF
  EKSPANSIF
  BERSAING
  EGOIS
  TIDAK  JUJUR
  KIKIR
  PENGHASILAN TIDAK STABIL
  KURANG TERHORMAT
  PEKERJAAN RENDAH

PANDANGANSEBAGIAN BESAR MASYARAKAT
  MENGINGINKAN ANAKNYA SEKOLAH TINGGI
  SETELAH LULUS PT AKAN BEKERJA MENJADI PNS
  UNTUK APA SEKOLAH TINGGI2 JIKA HANYA MAU MENJADI PEDAGANG

  RATA-RATA LUPA BAHWA SEBAGIAN MASYARAKAT INDONESIA BERAGAMA ISLAM DAN AJARAN NABI MUHAMMAD SAW, BAHWA PEKERJAAN YANG BAIK ADALAH JUAL BELI (BERDAGANG)
   

  PENGERTIAN WIRASWASTA
  WIRA : PRAWIRA
  SWA : ATAS KEKUATAN SENDIRI
  STA : KEMAMPUAN UNTUK BERDIRI
  SEORANG WIRASWASTA ADALAH SEORANG USAHAWAN YG MAMPU BERUSAHA DALAM BIDANG EKONOMI DAN NIAGA

3 TIPE UTAMA DARI WIRAUSAHA
 
WIRAUSAHA AHLI
THE PROMOTER
GENERAL MANAGER
PENGERTIAN WIRAUSAHA (ENTERPREUNEUR)
  PROSES MENCIPTAKAN SESUATU YANG BERBEDA DENGAN MENGABDIKAN SELURUH WAKTU DAN TENAGANYA DISERTAI DENGAN MENANGGUNG RESIKO KEUANGAN , KEJIWAAN, SOSIAL DAN MENERIMA BALAS JASA DALAM BENTUK UANG DAN KEPUASAN PRIBADINYA.
  BAGAIMANA  MENJADI WIRAUSAHA SUKSES ?
  WANITA WIRAUSAHA
  WANITA WIR. BERTUMBUH PESAT DIAMERIKA. WANITA MEMBUKA BISNIS 2 KALI DARI PRIA. MEMILIKI 1/3 DARI JUMLAH BISNIS. DIHARAPKAN 50% WANITA PENGUSAHA.
  MACAM TIPE WIRAUSAHA
  WIRAUSAHA YANG MEMILIKI INISIATIF
  WIRAUSAHA YANG MENGORGANISIR MEKANISME SOSIAL DAN EKONOMI UTK MENGHASILKAN SESUATU
  WIRAUSAHA YANG MENERIMA RESIKO KEGAGALAN
  MACAM PROFIL WIRAUSAHA
  WOMAN ENTERPREUNER
  MINORITY ENTERPREUNER
  IMMIGRASI ENTERPREUNER
  PART TIME ENTERPREUNER
  HOME BASED ENTERPREUNER
  FAMILY OWNED BUSSINESS
  COPREUNERS
  YANG PERLU UTK WIRAUSAHA
MODAL
   PENCARIAN???
  HUTANG/PINJAM BANK
  MENABUNG
MEMAHAMI POLA ARUS KEUANGAN
  YAITU ASET DAN LIABILITAS

  BAGAIMANA DG RUMAH ANDA???DIAGUNKAN?DISEWA
   KAN?
  MOBIL ANDA ???
  ASET DAN LIABILITAS
  DARI SISI BANK
  DARI SISI ANDA
  BANK


  BAGAIMANA DENGAN MENABUNG???
  ANDA
  BANK
  COBA DIBACA/DIARTIKAN
  LAPORAN KEU. BANK
  LAPORAN KEU. ANDA

 
CASH FLOW QUADRANT
MEMAPARKAN BAGAIMANA CARA MEMPEROLEH PENGHASILAN



 E (EMPLOYE)                             B (BISNIS  OWNER)



 S (SELF EMPLOYE)     I (INVESTOR)





  KETERANGAN
  E : PEGAWAI
  S : PEKERJA LEPAS
  B :PEMILIK USAHA
  I   :PENANAM MODAL


  ANDA INGIN BERADA DI KUADRAN YANG MANA????
  PENJELASAN
  E  : MEMPUNYAI PEKERJAAN & BEKERJA UNTUK ORANG LAIN
  S MENDAPAT PENGHSLN DG BEKERJA U DIRI SENDIRI
  SEORANG B : MEMILIKI USAHA YANG MENGHSLKAN UANG
  I : MENDAPAT PENGHASILAN DARI BERBAGAI INVESTASI
ANDA BISA MEMPEROLEH PENGHASILAN DI 4 KUADRAN
  CONTOH :SEORANG DOKTER
  SEBAGAI : STAF RS, DOKTER MILITER, SALON KECANTIKAN
  BUKA PRAKTEK PRIBADI , MENDIRIKAN KANTOR, MENYEWA PEGAWAI
  MEMILIKI SEBUAH KLINIK/ LAB.
  INVESTOR DALAM BISNIS ORANG LAIN, SPT , BURSA SAHAM, BURSA OBLIGASI, REAL ESTATE


3 cara mempercepat sdr berada diquadrant B
  1. cari seorang pembimbing
Pembimbing : orang yang sudah melakukan apa yang ingin anda lakukan & berhasil dalam melakukannya
2. Usaha waralaba
Dengan membeli anda membeli sebuah sistim yang sudah berjalan dan sudah terbukti keampuhannya
Bukan membuat sistim anda sendiri memusatkan pada upaya mengembangkan orang2
3. Pemasaran jaringan
Yaitu sistim distribusi langsung

  Catatan untuk berhasil
  Menaklukkan rasa takut ditolak
Berhenti mencemaskan apa yang dikatakan orang lain
Belajar memimpin orang
Bekerja dg bertbagai jenis orang yang berbeda --- sulit dlm bisnis
Cari organisasi yang mempunyai komitmen mengembangkan orang sebagai manusia ---bukan seorang wiraniaga
  ciri2nya
  Mempunyai catatan prestasi
  Mempunyai peluang bisnis
  Mempunyai program pendidikan kajang u. PD
  Memp program bimbingan yang kuat
  Memp orang2 yang anda hormati dan sukai

SIFAT YANG PERLU DIMILIKI WIRAUSAHA
  KEPRIBADIAN YANG PRODUKTIF YI KEGIATAN YANG MENIMBULKAN ATAU MENINGKATKAN KEGUNAAN
  TEMPERAMEN
 MENURUT HIPOCRATES : CHOLERIC : PANAS
SANGUINE : TERLALU OPTIMISTIS
MELANCHOLIC : PENDIAM
PHLEGMATIC : TOO SLOW
(TEMPERAMEN INI TIDAK BOLEH DIKATAKAN INI JELEK, ITU JELEK SBB TEMPERAMEN ITU BISA DIIMBANGI DENGAN WATAK).
PRIBADI YANG MENYENANGKAN,SETIAP KATA DAN KALIMATNYA HARUS MEYAKINKAN, SETIAP KEBERATAN HARUS DIJAWAB DENGAN TEPAT DAN MEMUASKAN.MEMBERI PERTIMBANGAN-PERTIMBANGAN KEARAH PROSES LANCARNYA PEMBICARAAN.


  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil
  Pengambil resiko
  Kepemimpinan
  Keorisinilan
  Berorientasi ke masa depan
  Menurut Fadel Muhammad, 1992
  Kepemimpinan
  Inovasi
  Pengambilan keputusan
  Sikap tanggap thd perubahan
  Bekerja ekonomis dan efisien
  Visi masa depan
  Sikap thd resiko
  Konsep 10 D Bygrave
  Dream
  Desiveness
  Doers
  Determination
  Dedication
  Devotion
  Details
  Destiny
  Dollars and distribute


  BAB 3
 PELUANG-PELUANG USAHA
  BANYAK PERUSAHAAN MENAWARKAN PRODUK YANG BAIK. NAMUN PRODUK TADI HANYA SEDIKIT YANG TERJUAL. FAKTOR YANG ADA KAITANNYA DENGAN MENILAI PELUANG PASAR MELIPUTI RISET PASAR, PENGUMPULAN DATA DAN MEMILIH LOKASI BISNIS
  RISET PASAR
  AKAN  MENEMUKAN PASAR BARU YANG DAPAT MEMBANTU DIMASUKI DENGAN PERTANYAAN SBB :
  APAKAH YANG MERUPAKAN KEBUTUHAN SEKARANG DAN POTENSIAL DARI PELANGGAN ANDA ?
  PASAR TAMBAHAN MANA YANG DAPAT DIJELAJAHI ?
  BAGAIMANA CIRI2 KHUSUS PELANGGAN ANDA ?
  APAKAH KEISTIMEWAAN PRODUK ATAU JASA ANDA DARI YANG DIPUNYAI PARA PESAING ANDA ?
  SAMPAI DIMANA KEFEKTIFAN KEGIATAN PROMOSI ANDA ?


COBA BUAT PERTANYAAN UNTUK RISET PASAR
  BIDANG TEKNIK LINGKUNGAN YANG BERKAITAN DENGAN PENGOLAHAN LIMBAH
   - PENYEDIAAN PERENCANA
  - PENYEDIAAN ALAT
  - PENYEDIAAN BAHAN
  - KEPADA SIAPA?
  - TRANSPORTASI

BANTUAN DARI DATA SEKUNDER YAITU DATA SENSUS
  STATISTIK PEREKONOMIAN NEGARA
  STATISTIK TENTANG PERUMAHAN : BERARTI MENGANDUNG STATISTIK TENTANG PERALATAN RUMAH , AC, KULKAS, PERABOTAN MEBEL DLL
  STATISTIK MENCERMINKAN GAYA HIDUP
  LOKASI USAHA
  LOKASI PENTING BAGI BISNIS TERTENTU USAHA PAKAIAN, BAHAN MAKANAN, TETAPI TIDAK BAGI USAHA BARANG ANTIK, BENGKEL MOBIL.
  YANG PENTING : KEDEKATAN PASAR, HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN,TERSEDIANYA STAF YANG MAMPU, TERSEDIANYA BAHAN-BAHAN MENTAH.
  CONTOH FORMULIR  ANALISIS BIAYA
  BAB 6 PROFIL USAHA
  PENGEMBANGAN WAWASAN JENIS BIDANG USAHA
  MANA YANG DIPILIH : TGT ------MINAT : INDUSTRI, KERAJINAN, PERDAGANGAN/ JASA
   --- MODAL
   --- RELASI


  RINTISAN USAHA BARU
  DEPNAKER BEKERJA SAMA DENGAN LSM DAN KOPERASI KONSULTASI BISNIS JAWA BARAT TELAH MENGADAKAN PELATIHAN UNTUK MEMBENTUK WIRAUSAHA BARU.
  GROSIR
  GROSIR BARANG UMUM : DAPAT MEMENUHI PERDAGANGAN ECERAN KARENA MEMPUNYAI BERMACAM MACAM PRODUK DAN MENGAMBIL KEUNTUNGAN DARI ORDER YANG CUKUP BESAR
  GROSIR BARANG KHUSUS : MENGKHUSUSKAN BIDANG TTT, MISAL ; BAHAN PANGAN, OBAT2AN, PAKAIAN JADI DLL.
  PERDAGANGAN ECERAN
  PERDAGANGAN ECERAN ADALAH KEGIATAN MENJUAL BARANG DAN JASA KEPADA KONSUMEN AKHIR.
  ECERAN BESAR
  SPECIALITY STORE
  DEPARTEMEN STORE
  SUPERMARKET
  HYPERMARKET
  GENERAL STORE
  CHAIN STORE
  ECERAN KECIL
  KIOS
  DEPOT
  KAKI LIMA
  PASAR SORE
  RODA DORONG
  PEDATI
  WARMOB
  TUKANG CATUT
  7. PROSEDUR DAN TIPE USAHA
  MODAL USAHA
  KETERANGAN DOMISILI
  NAMA PERUS. DINOTARISKAN
  PILIH BENTUK KEPEMILIKAN USAHA (CV, PT, UD)
  DIDAFTARKAN KEPADA DINAS PERINDAG DAN PENANAMAN MODAL
  DAFTARKAN KE ASOSIASI
  MENJALANKAN USAHA

  BAB 8. BISNIS PLAN
  TUJUAN DAN SASARAN PERUSAHAAN DAPAT DITETAPKAN MELALUI PERENCANAAN. DG BERTUMBUHNYA PERSH ANDA SEMAKIN BERTAMBAH BESAR AKAN KEBUTUHAN PERENCANAAN
  BP ADALAH DOKUMEN YANG MENYATAKAN DAYA TARIK DAN HARAPAN SEBUAH BISNIS.


  SEBUAH BISNIS PLAN YANG AKAN MENGOPERASIKAN SEBUAH PABRIK TTT YANG MENCANTUMKAN SECARA JELAS : LOKASI , PROSES, MASALAH BAHAN BAKU, MESIN DAN PERLENGKAPAN, KARYAWAN YANG TERLATIH, MASALAH TEMPAT, TANAH, RUANGAN YG TERSEDIA.
  KERANGKA RENCANA USAHA
  NAMA PERUSAHAAN ;
  - SHORT
  -SIMPEL
  - EASY TO SPELL
  - EASY TO REMEMBER
  - ENAK DIBACA
  -TAK ADA NADA SUMBANG
  - TAK KETINGGALAN ZAMAN
  - ADA HUB. DG BARANG DAGANGAN
   - TIDAK MENYINGGUNG KLP.ORANG/ TIDAK NEGATIF
  LOKASI PABRIK/INDUSTRI
  DEKAT DG SUMBER MATERIAL
  DEKAT DG PASAR
  MUDAH MENDAPAT TNG KEREJA
  MUDAH FASILITAS TRASPORTASI
  MUDAH MEMPEROLEH BAHAN BAKAR
  MUDAH MEMPEROLEH AIR
  SIKAP PEMDA SETEMPAT DAN MASYARAKATNYA
  KOMODITI YANG AKAN DIUSAHAKAN
  MEMBANJIRNYA PERMINTAAN MASYARAKAT THD JENIS HASIL TTT.
  TERIDENTIFIKASINYA KEBUTUHAN TERSEMBUNYI MASYARAKAT AKAN BARANG DAN JASA
  KURANGNYA SAINGAN
  ADANYA KEMAMPUAN BERSAING.
  KONSUMEN YANG DITUJU
  Permintaan permanen
  Dg memperhatikan waktu-waktu luang/masa libur
  Pasar yang akan dimasuki
  Market leader
  Penantang pasar
  Pengikut  pasar
  Partner yang diajak kerjasama
  Senior partnership
  Yunior partnership
  BISNIS PLAN
MENGAPA PERLU DISUSUN BISNIS PLAN?
  TO SELL YOUR SELF ON THE BUSSINES
  TO OBTAIN BANK FINANCING
  TO OBTAIN INVESMENT FUNDS
  TO OBTAIN LARGE CONTRACT


  BUSINESS PLAN
  SUATU DOKUMEN YG MENYATAKAN KEYAKINAN ATAU KEMAMPUAN SEBUAH BISNIS UNTUK MENJUAL BARANG ATAU JASA DG MENGHASILKAN KEUNTUNGAN YNG MENARIK.
  SEBUAH SELLING DOKUMEN YANG BERISI DAYA TARIK DAN HARAPAN SEBUAH BISNIS.
  BENTUK FORMAL BISNIS PLAN
  HALAMAN DEPAN
  DAFTAR ISI
  RANGKUMAN EKSEKUTIF
  PENJELASAN TENTANG PERUSAHAAN
  PEMASARAN
  BARANG DAN JASA YANG DIHASILKAN
  USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN
  PERMODALAN
  LAMPIRAN
  ISI
      1. PENDAHULUAN
        NAMA DAN ALAMAT PERUSAHAAN
        NAMA DAN ALAMAT PEMILIK
        NAMA DAN ALAMAT PENANGGUNG JAWAB YG BS    DIHUBUNGI SEWAKTU-WAKTU
        INFORMASI BISNIS YANG DILAKSANAKAN.
2. RANGKUMAN EKSEKUTIF YANG BS MENJELASKAN SECARA KOMPLIT ISI DARI BISNIS PLAN
                            ANALISIS INDUSTRI
                 PERSPEKTIF MASA DEPAN
                 ANALISIS PERSAINGAN
                  SEGMENTASI PASAR YANG AKAN DIMASUKI
                  RAMALAN TENTANG PRODUK YANG DIHASILKAN
  RENCANA U. MEMULAI BISNIS
  PUTUSKAN U. MENDIRIKAN BISNIS
  ANALISIS KEKUATAN & KELEMAHAN ANDA
  PILIHLAH SEBUAH PRODUK ATAU JASA
  LAKSANAKAN RISET PASAR
  TAKSIR BAGIAN PASAR ANDA YANG POTENSIAL
  PILIHLAH LOKASI PERUSAHAAN ANDA
  SIAPKAN RENCANA KEUANGAN
  SIAPKAN RENCANA PRODUKSI
  SIAPKAN RENCANA MANAJEMEN
  SIAPKAN RENCANA PEMASARAN
  PINJAM DANA UNTUK MEMULAI
  MENGAMBIL RESIKO
  POTENSI KETIDAK PASTIAN
   - KEGAGALAN
   - SUKSES
MISAL :
ANDA PUNYA PEKERJAAN AMAN GAJI Rp 10.000.000/th dg promosi setiap th -à dapat diramalkan
MEMBELI /MENDIRIKAN PERSH YANG GAJI PEMILIKNYA Rp 20.000.000,-/th
Mungkin -à prs jalan terus/ gagal
-------à ambil resiko

PERTUMBUHAN USAHA
DG Menetapkan prioritas
mis: biaya --à efisiensi biaya
  Upaya2 : 1. biaya langsung
                     karyawan
                     bahan u produk
   2. biaya tdk langsung
                     bahan bantu
                     bahan umum
      penerangan, bahan bakar
3. Biaya administrasi
4. Biaya penjualan
                     periklanan
Gaji dr staf penjualan
Promosi penjualan


 
  Menggunakan waktu sec. efektif
  Identifikasi tujuan khusus harian menurut penting, tetapkan kerutinan kantor,shg dpt berjalan tanpa anda
  Motovasi dari dalam
  Tetapkan batas waktu
  Manfaatkan telp
  Buatlah catatan : isi rapat, diskusi dg staf, pikiran diri sendiri, nama2, no. telp,perjanjian

  Jangan melakukan segalanya
  - pusatkan perhatian pd yang penting
 - selektif
 - belajar mengatakan tidak kpd kegiatan yang memakan waktu
. Tetapkan waktu
. Ajukan pertanyaan sebelum memulai pekerjaan
. Orientasi pada tindakan
. Rencanakan hari esok secara terinci
. Berguru pada pengalaman
. Tanyakan penggunaan waktu anda
  BAHAN PENASEHAT PERSH
KONSULTAN             AKUNTAN 
PENSHT TEKNIS  P.FINANSIAL

               ANDA WIRAUSH


BANK                    PENGACARA
PENASIHAT          P. HKM
INVESTASI  
  UNTUK KESTABILAN BISNIS
  PENASIHAT HRS PUNYA WAKTU UNTUK PERSH
  JANGAN MEMBIARKAN KEPUTUSAN DR BADAN PENASIHAT BERTENTANGAN DG NASIHAT PARA PROFESIONAL
  BERSEDIALAH MEMBAYAR ANGGOTA BP YG PRODUKTIF
  SETAHUN SEKALI EVALUASI KEGIATAN BP
  SISTIM INFORMASI
1. PENTINGNYA FAKTA/ANGKA
  - FAKTA PENJUALAN
  - PENGELUARAN2
  - PENGUMPULAN PEMBAYARAN (MENJUAL BANYAK TTP PEMBAYARAN KECIL)
  - PENJUALAN KREDIT SHG MEMBEBANI PERSH
  - INF. ATAS ORANG SPT GAJI & .PRODUKTIVITAS ORANG
2. LAPORAN MANAJEMEN ANDA
LAPORAN HARIAN
LAPORAN /BULAN
LAPORAN TRIWULAN
3. SISTEM.
  MENGGUNAKAN SUMBER DAYA
                           MEMPEROLEH SD YANG LANGKA
      MENEMPATKAN PERSONALIA      
      ADAKAN PELATIHAN
      PENSUPLAI
      TEKNOLOGI BARU
      SD KEUANGAN
2. MENILAI PELUANG PASAR
  PROMOSI
  ADVERTISING
  PERSONAL SELLING
  SALES PROMOTION
  PUBLIC RELATION

  BENTUKBENTUK ADVERTISING
  PAPAN REKLAME
  POSTER
  KATALOG
  FOLDER
  SPANDUK
  SLIDE
  IKLAN
  PAPAN NAMA PEURSH
  PERMEN, BALLPOIN, NOTE BOOK
  PROMOSI SEDERHANA
  MEMASANG PAPAN NAMA PERUSH
  MEMASANG SPANDUK “  SUDAH DIBUKA…………”DAN KEUNGGULAN PRODUKNYA
  MENYEBARKAN BROSUR2
  MEMBERITAHU KAWAN
  MENYEBAR KARTU NAMA
  STRATEGI PROMOSI
ORANG MEMBELI KARENA
MRK MEMP. KEBUTUHAN DASAR
MRK MENGINGINKAN  STATUS(PAKAIAN MENURUT MODE TERAKHIR)
MRK INGIN BARANG MEWAH ATAU YANG TDK MENDASAR(TV, KOSMETIK)
MRK INGIN MENGGUNAKAN PRODUK U. TUJUAN BISNIS (MESIN TULIS, MEJA TULIS, PENGANGKUT DLL.)
  JENIS, SEJAUH MANA KEG. PROMOSI PENJUALAN ANDA, DITENTUKAN JAWABAN ATAS PERTANYAAN BERIKUT
  APA KEBIJAKAN PEMASARAN ANDA
  DIMANAKAH PASAR POTENSIAL ANDA
  SIAPA KLP TARGET PENJUALAN
  MEDIA IKLAN APA SEBAIKNYA
  APK TERSEDIA CUKUP UANG U. PROMOSI
  KAPAN PROMOSI DIMULAI
  BGMN MENGEVALUASI PROMOSI
  BGMN PROMOSI YG BERBEDA DR YG RUTIN
  APK PROMOSI JG MENJUAL PRODUK SAMPING
  BGMN MENGUKUR EFEKTIFITAS PROMOSI


  BAB 9 MARKETING PLAN
  PRODUCT
  PRICE
  PLACE
  PROMOTION
SEBEL UM MENYUSUN MARKETING PLAN WIRUSH HRS MENGETAHUI
  SELUK BELUK KONSEP PEMASARAN. UJNTUK MENYUSUN MARKETING PLAN HRS BISA MENJAWAB : WHERE HAVE WE BEEN
      WHERE DO WE WANT TO   GO ?
      HOW DO WE GET THERE
DARI MANA KT BRK?
KEMANA ARAH YANG DITUJU?
BAGAIMANA MENCAPAI SASARAN ITU?
  MARKETING PLAN MEMUAT
  ANALISA SITUASI
  TUJUAN PEMASARAN
  STRATEGI INTI
  JADWAL PELAKSANAAN
  ANGGARAN PEMASARAN
  KONTROL
  MARKETING
  PROFESI MARKETING
  SENI : KEPANDAIAN DALAM MENJUAL
  MENGUASAI PRODUK
  KEADAAN PEMBELI
  METODE MENJUAL : TELEMARKETING, MLM, DIRECT POS
PERIKLANAN

  IKLAN MENARIK PELANGGAN
  TUJUAN IKLAN : PELANGGAN BARU
  PELANGGAN LAMA

  IKLAN CETAK CIRI2NYA
  HRS UNIK & PUNYA CIRI KHAS
  HRS SEDERHANA & MUDAH DIMENGERTI
  MENGANDUNG INFORMASI FAKTUAL, YG MENYOROT SATU CIRI UTAMA
  HARUS MENCERMINKAN CITRA YANG SANGAT POSITIF DR PRSH
TUGAS : BAG. PERSONALIA BANG. IDE.MENYIAPKAN TEKS IKLAN
  KPD SURAT KABAR LOKAL
  RADIO
  BUKU TELP (YELLOW PAGE)

MENGEVALUASI IKLAN
     RISET
     PENINGKATAN PENJUALAN
BANTUAN PERIKLANAN
     BIRO IKLAN
  HAK GUNA PATEN
  MRP SUATU SISTEM MENDISTRIBUSIKAN PRODUK ATAU JASA MEL. SALURAN YANG DIMILIKI OLEH SESEORANG YANG MEMILIKI HAK GUNA PATEN
  MRP KEGIATAN BISNIS YANG PALING CEPAT BERTUMBUH
CARA MENGEMBANGKAN BISNIS
  MENJUAL HAK PATEN DG MENAWARKAN KEPADA PEMBELI.
    PEMILIHAN & PEMBELIAN LOKASI
PENDIRIAN GEDUNGNYA
AKSES PD KEUANGAN
PROSEDUR STANDAR U. SEMUA ASPEK OPERASIONAL SPT MANAJEMEN, IKLAN & PROSEDUR
PERTIMBANGAN ATAS PRODUK
  BGMN PASAR SKR
  PROYEKSI PRODUK
  SIAPA PESAINGNYA
  BGM PRODUKNYA DIBDG DG PRODUK LAIN
  APK PRODUK TGT PERMINTAAN

  KONTRAK HGP
  APK KONTRAK BERSIFAT ADIL
  APK KONTRAK LENGKAP MLPT BBRP ASPEK
  APK SYARAT2 KONTRAK HGP PANTAS
  APK SYARAT2 SBB PANTAS
     PEMBAYARAN TETAP
     PERJANJIAN PEMBELIAN     BRG
    KUOTA PENJUALAN
    HAK EKSKLUSIF ATAS WILAYAH
    PENGAKHIRAN HGP
    BIAYA HGP
    SYARAT2 PEMBELIAN KEMBALI

  BANTUAN BAGI P. HGP
  PELATIHAN MACAM APK YG DISEDIAKAN BAGI MANAJEMEN DAN PEGAWAI
  PROSEDUR KHUSUS APK YANG TERSEDIA UNTUK PENGENDALIAN SEDIAAN
  SURVEI PASAR MANA YANG TELAH DILAKSANAKAN
  BAGAIMANA SYARAT BAGI PERIKLANAN DAN PROMOSI PENJUALAN
  BANTUAN KEUANGAN MANA YANG TERSEDIA
  DAERAH PASAR
  BERAPA BESAR DAERAH HGP
  BAGAIMANA PENGALAMAN LABA DR PEMEGANG PATEN LAIN DI DAERAH LAIN
  APK LAPORAN KEUANGAN MENUNJUKKAN BAHWA PEMEGANG PATEN BERHASIL
  APK TDP LAPORAN TTG PROYEKSI PENJUALAN, BIAYA OPERASIONAL DAN PENDAPATAN BERSIH
  EKSPOR DAN IMPOR
   MENGEKSPOR DAPAT MEMBERIKAN PASAR BARU BAGI USAHA
  KENDALA : PP
                         BAHASA
                         JARAK FISIK ANARA ANDA DAN PELANGGAN
. PERSAINGAN BERLANGSU NG DIANTARA BISNIS2 YG MENJUAL PRODUK YANG MIRIP DAN BERSAINGAN U PELANGGAN YANG SAMA
  FAKTOR LUAR (OPERASI BISNIS DIPENGARUHI)
  DISTRIBUSI       PELANGGAN         PERKEMBANGAN
                                UU BISNIS                  TEKNOLOGI


  KONDISI          PERUSH                 KECENDERUNGAN
  KEUANGAN                                     PASAR

  PENSUPLAI       KOMPETISI          PERATURAN
  MENGGUNAKAN D.D. LUAR
  MENGAPA? DAPAT MENGUMPULKAN BEBERAPA IDE DAN PENDAPAT DORMASIG ORG LAIN
  ALASAN-ALASAN :
INFORMASI DAN DAPAT DATANG DR PELBAGAI SUMBER YANG BERBEDA
MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANDA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN
DAPAT MENOLONG
DPT MENINGKATKAN EFEKTIFITAS
  BANTUAN GRATIS ATAU DG FEE

     
BAB 10 MENINGKATKAN
PRODUKTIVITAS MELALUI MOTIVASI

  MOTIVASI ADALAH KEMAUAN UNTUK BERBUAT SESUATU , SEDANGKAN MOTIV ADALAH KEBUTUHAN , KEINGINAN, DORONGAN. MOTIV DG KEKUATAN BESARLAH YG AKAN MENENTUKAN PERILAKU SESEORANG.
TEORI MOTIVASI HIRARKHI KEBUTUHAN MASLOW
BAHWA KEBUTUHAN MANUSIA DAPAT DIPAKAI UNTUK MELUKISKAN ATAU MERAMALKAN MOTIVASINYA. TEORINYA TTG MOTIVASI DIDASARKAN 2 ASUMSI. PERTAMA KEBUTUHAN  SESEORANG TGT APA YANG DIPUNYAINYA.KE 2 KEBUTUHAN MERUPAKAN HIRARKI DILIHAT DARI PENTINGNYA. MENURUT MASLOW ADA LIMA KATEGORI KEBUTUHAN MANUSIA YAITU :                  PHISIOLOGICAL NEEDS,
    SAFETY,
    SOCIAL,
    ESTEEM(PENGHARGAAN)
    DAN SELF ACTUALIZATION(PERWUJUDAN DIRI.

                                     PERWUJUDAN DIRI
                            PENGHARGAAN
                     AFILIASI(SOSIAL)
               KEAMANAN
FISIOLOGIS
  TEORI X DAN Y
TEORI X
PEKERJAAN PADA HAKEKATNYA TIDAK DISENANGI ORANG BANYAK
KEBANYAKAN ORANG RENDAH TANGGUNG JAWABNYA
KEBANYAKAN ORANG KURANG KREATIF
ORG LEBIH SUKA MEMIKIRKAN KEBUTUHAN FISIK,ASAL SDH TERPENUHI SELESAI PERSOALANNYA.
KEBANYAKAN ORANG HRS DIKONTROL SECARA KETAT DAN SERING HARUS DIPAKSA BEKERJA.
  TEORI Y
PEKERJAAN ITU SBTLNYA SAMA DG BERMAIN, CUKUP MENARIK DAN MENGASYIKKAN.
ORANG MEMPUNYAI KEMAMPUAN KREATIVITAS
SETIAP ORANG MEMP. KEMAMPUAN MENGAWASI SENDIRI GUNA MENCAPAI TUJUAN.
ORANG TIDAK HANYA MEMILIKI KEBUTUHAN FISIK SAJA TETAPI KEBUTUHAN AKAN RASA AMAN, INGIN BERGAUL, INGIN DIHARGAI, DAN INGIN MENONJOLKAN DIRINYA.
ORANG HARUS DIBERI MOTIVASI AGAR DAPAT MEMBANGKITKAN DAYA INISIATIF DAN KREATIVITASNYA.


KEDUA TEORI INI JANGAN DISIMPULKAN BHW TEORI X JELEK, TEORI Y BAIK. MEMBERIKAN KIRA-KIRA ARAH ATAU KECENDERUNGAN ORANG.
  Menganalisis Rencana
Rencana Bisnis dianalisis untuk mengenali kelemahan2 yg dapat mengakibatkan kesulitan2 keuangan dimasa datang, untuk mentest strategi alternatif utk penjualan bauran produk, pengendalian biaya , investasi, pengembangan staf, pembiayaan dst.
   apakah perusahaan anda memelihara tingkat efisiensi keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan ?
Analisis ; Ratio2 untuk
Margin bersih : laba bersih     x     100 %
                          penjualan
Margin kotor   : laba kotor     x     100 %
                          penjualan
Margin Pengeluaran : Pengeluaran  x 100 %
                                   penjualan

  Apakah kita telah mengurangi risiko kerugian dagang dalam rencana2 kita ?
      Analisis : dua ratio dapat dipakai untuk mengukur risiko dagang.
                           Titik impas (Break Event Point) untuk penjualan yang akan menutup pengeluaran bisnis yakni laba sama dengan nol.
                           BEP = Pengeluaran Bisnis
                 Margin Kotor (%)

Umpamanya, jika pengeluaran anda untuk tahun itu sebesar Rp 102.000.000 dan marjin kotor 27 %, maka titik impas bisnis anda :
Rp.102.000.000     =  Rp 337.800.000
         27 %
Mengapa ? Karena jika penjualan anda mencapai Rp 337.800.000,
marjin kotor anda akan berjumlah total : 27 % x Rp 377.800.000 = Rp 102.000.000.
Jadi   pas untuk menutup biaya pengeluaran.
  Jika diterapkan mingguan
  Jika pengeluaran mingguan Rp 2.000.000
    (gaji,sewa, biaya gedung, dst).maka titik impas anda untuk seminggu akan berupa penjualan sebesar  = Rp 2.000.000 =
                                                27 %
                                   = Rp 7.400.000
Jadi titik impas bisa digunakan untuk menghitung beberapa titik impas  misal : stitik impas sebelum dipotong gaji, divisi produk, menurut lokasi penjualan, atau kelompok penjualan.
  Margin of Safety (M/K) Adalah persentase penurunan dalam penjualan di bawah penjualan yang anda rencanakan, sebelum perusahaan anda mencapai titik impas (tingkat laba nol)

  M/K = Rencana Penjualan – Penjualan    titik impas          x     100 %
                            Rencana Penjualan
  Umpama jika rencana bisnis anda menghendaki penjualan sebesar Rp 600.000.000 dan tingkat pengeluaran dan margin kotor menghendaki penjualan titik impas sebesar Rp 377.800.000 maka M/K bisnis anda
  Rp. 600.000.000 – Rp 377.800.000   x 100 % = 37 %
                      Rp 600.000.000
  Dengan kata lain , jika penjualan jatuh 37% dibawah rencana anda , anda akan berada pada titik impas anda, yakni titik laba nol.
Apakah keuangan bisnis anda mantap ?Apakah kita telah mengurangi resiko keuangan ?
  Analisis : pelbagai ukuran telah dijadikan untuk memeriksa kemantapan keuangan?
  Sebuah ukuran likuiditas umum untuk memeriksa kemantapann keuangan jangka pendek adalah rasio kas :
  Uang kas (atau ekivalen dengan uang kas )     = …………. Kali
               Hutang lancar (atau ekivalen)
Umpamanya jika posisi keuangan anda menunjukkan bahwa kas, saldo, bank, piutang (yang akan segera ditagih), investasi jangka pendek dan inventaris (juga mudah diuangkan), berjumlah Rp. 60.000.000
      dan jika hutang yang harus dibayar bulan depan berjumlah Rp 50.000.000,- maka ratio likuiditas menjadi :
                         Rp. 60.000.000,-     = 1,20 kali
                         Rp. 50.000.000,-


  Jadi untuk setiap Rp 1.000,-yang terhutang dalam hutang jangka pendek, kita mempunyai uang tunai/harta yang ekuivalen dg kas sebesar Rp 1.200,-. Suatu posisis yang cukup stabil  . Ratio  kurang dari 1,00 menunjukkan posisi keuangan yang tidak stabil.
  MENJADI ENTREPREUNER BERBASIS TEKNOLOGI
(TECHNOPREUNER)

  Pendahuluan
  Perguruan Tinggi/Universitas senantiasa mengembangkan dalam hal Academic Excellence untuk pendidikan yang intinya adalah :
  Menyediakan kesempatan seluas-luasnya pada civitas academica untuk menjadi individu yang berintegritas, terpercaya, memiliki kemampuan berusaha, berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetensi dengan baik.
  Menghasilkan para lulusan yang dapat menjadi professional yang handal dan dipercaya, pemimpin yang adil, pengusaha yang jujur dan bermartabat, atau pendidik yang cendekia dan mumpuni dalam ilmunya.

  Dari pengembangan kebijakan tersebut dapat disimpulkan bahwa keberhasilan seorang lulusan dalam karirnya tidak hanya ditentukan oleh keberhasilan dalam bidang akademik selama masa studi, tetapi juga sangat ditunjang oleh kemampuan non-akademiknya. Dalam rangka meningkatkan mutu lulusan professional, pengusaha yang jujur dan bermartabat tersebut maka dapat dilakukan program Student Enterpreneurship dengan tujuan sebagai berikut :
  Pemberian kesempatan kepada mahasiswa sebagai bagian dari civitas academia untuk dapat membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan praktek kewirausahaan.
  Mengupayakan lulusan yang dapat menjadi pengusaha yang jujur dan bermartabat.


  Usaha-usaha yang akan ditempuh antara lain melibatkan mahasiswa secara langsung sebagai subjek kegiatan, dan juga menggalang kerjasama dengan pemerintah dan industri, terutama dengan industri kecil dan menengah.
  Dalam makalah ini diharapkan dapat memberikan tidak hanya berupa wawasan pada mahasiswa, tetapi lebih dari itu dapat memberikan motivasi yang cukup untuk memahami


  jiwa kewirausahaan, dan bahkan lebih jauh mempunyai keinginan sungguh-sungguh untuk berwirausaha setelah lulus nanti.
  Student Enterpreneurship (Kewirausahaan Mahasiswa)
  Berwirausaha tidak hanya akan bermanfaat bagi pelakunya tapi juga bermanfaat untuk dapat membantu lulusan baru bekerja dan juga pengembangan ekonomi Negara secara makro, terutama melaui kegiatan Usaha Kecil dan Menengah yang justru pada saat ini di Indonesia masih tertinggal. Salah satu akibatnya adalah kekuatan dan daya tahan perekonomian Negara kita menjadi lemah, pemerataan pendapatan masyarakat sulit tercapai.

  Peran Perguruan Tinggi dalam hal menjebatani kegiatan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa masih terlalu kecil dan lemah. Dengan kewirausahaan mahasiswa, lulusan UPN diharapkan mampu menciptakan lapangan usaha dan pekerjaan baru baik yang berbasis teknologi maupun kemampuan berwirausaha yang bersifat umum.
  Pelaksanaan kewirausahaan untuk mahasiswa diharapkan diselenggarakan dengan prinsip:
  Pendidikan menuju profesionalisme
  Kompetisi secara bebas


  Pendidikan menuju profesionalisme dilaksanakan dengan penekanan pada praktek wirausaha. Sedangkan prinsip Kompetisi adalah pemberian kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh mahasiswa agar berpartisipasi, kemudian dilakukan seleksi.
  Berdasarkan prinsip-prinsip tersebut, kewirausahaan untuk mahasiswa memiliki tahapan :
  Penyadaran
  Pembekalan
  Pelaksanaan (Berwirausaha)


  Penyadaran diperlukan karena sebagian besar mahasiswa belum tahu apa pentingnya kewirausahaan. Konsep-konsep utama dilakukan secara meluas kepada seluruh mahasiswa. Pembekalan bertujuan memberikan struktur pengetahuan dan pengalaman yang akan dapat digunakan untuk jangka panjang dan untuk kepentingan yang luas.
  Pelaksanaan (Berwirausaha) diharapkan agar menghasilkan wirausahawan-wirausahawan baru yang mampu terjun ke masyarakat bisnis.
  Tahapan kegiatan yang dimaksud di atas dan peserta mahasiswa yang terlibat di skemakan sebagai berikut :
                                      MAHASISWAPENYADARAN
  (Mhs yang tertarik)PEMBEKALAN
  (Mhs yang serius)PELAKSANAAN
  (Mhs yang berbakat)Bentuk Usaha
 
                                                                                    Penyandang Dana
                                                                                        Investor

  TAHAP PENYADARAN
  Pada tahap Penyadaran diharapkan 10-20% dari seluruh mahasiswa dapat turut serta berpartisipasi secara aktif sampai kegiatan selesai. Bentuk kegiatan adalah kuliah umum yang diberikan oleh wirausahawan-wirausahawan yang sukses ditingkat nasional. Topic bahasan meliputi pemberian motivasi dengan contoh-contoh pengalaman, baik mengenai hal-hal mendasar yang seharusnya dimiliki seorang entrepreneur, maupun praktek wirausaha di berbagai bidang yang relevan dengan disiplin yang ada di Perguruan Tinggi.

  TAHAP PEMBEKALAN
  Tahap pembekalan diberikan kepada mahasiswa yang telah sadar dan termotivasi akan pentingnya kewirausahaan. Diharapkan mereka secara serius akan mengikuti pembekalan kewirausahaan dengan garis besar terdiri atas :
  Mengembangkan Rencana Bisnis dan Pengetahuan Aspek Hukum
  Pembuatan proposal Studi Kelayakan Usaha (SKU)
  Analisis Kegiatan Bisnis Perusahaan
  Bentuk kegiatan adalah pelatihan dengan instruktur sebagian besar UNIV atau dari luar. Penyelenggaraan kegiatan berbeda dengan perkuliahan yang dilakukan di bidang akademik. Sifat kegiatan mendorong mahasiswa untuk belajar secara mandiri dan aplikasi, namun teori yang diberikan tidak seluas dan sedalam di perkuliahan akademik. Pembekalan mengenai manajemen bisnis, pengetahuan aspek hukum dan SKU tetap perlu diberikan untuk memberikan struktur pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk berkembang dikemudian hari. Di dalam analisis Kegiatan Bisnis Perusahaan, mahasiswa melakukan penelusuran laporan tahunan suatu perusahaan ataupun harga saham untuk memberikan evaluasi kebijakan seolah-olah sebagai manajer perusahaan tersebut.


  TAHAP PELAKSANAAN (BERWIRAUSAHA)
  Ciri khas pada tahap ini adalah kompetisi atau proses seleksi pada mahasiswa yang sudah memahami bekal tentang organisasi kewirausahawan dan telah membuat proposal untuk


  berwirausaha (SKU). Penilaian layak tidaknya suatu SKU dilakukan dengan melibatkan investor-investor. Diharapkan dapat diperoleh 10 bentuk usaha sebagai target tahun pertama pelaksanaan Kewirausahaan Mahasiswa.
  Produk-produk yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi umumnya di keluarkan oleh hasil reset yang dilakukan oleh para Dosen. Konsekuensi dari hal ini adalah Perguruan Tinggi menyediakan Sarana prasarana seperti Laboratorium yang handal, karena tanpa laboratorium tidak akan menghasilkan produk yang diinginkan. Dengan demikian nama Perguruan Tinggi akan terangkat disamping hasil produk tersebut dapat membiayai sebagian operasional Pendidikan Tinggi.

  Konsep Kewirausahaan Mahasiswa harus dilaksanakan sejalan dengan kewirausahaan Perguruan Tinggi/UNIV.  Misalnya, adanya kesempatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam Badan Usaha Universitas (BUU), dan bekerja di beberapa unit seperti kantin, Koperasi Mahasiswa (KOPMA), dan lain-lain yang diperlukan dalam kerangka membina jiwa wirausaha. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Proses Pembekalan, karena belum sepenuhnya merupakan usaha mandiri.


  Bagi mahasiswa yang memang sudah siap untuk berwirausaha, juga diberikan kesempatan untuk dapat langsung mengikuti kompetisi berwirausaha.
  PERAN PERGURUAN TINGGI MENUJU KE ENTREPREUNER UNIVERSITY


  Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara Pendidikan Tinggi membekali mahasiswanya agar mempunyai jiwa entrepreuner dengan cara-cara seperti yang telah diuraikan di atas. Namun Perguruan Tinggi juga memiliki peerangkat lunak berupa Dosen yang merupakan asset untuk menjadikan produk-2 dari Perguruan Tinggi.


  Produk-produk yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi umumnya di keluarkan oleh hasil riset yang dilakukan oleh para Dosen. Konsekuensi dari hal ini adalah Perguruan Tinggi menyediakan Sarana prasarana seperti Laboratorium yang handal, karena tanpa laboratorium tidak akan menghasilkan produk yang diinginkan. Dengan demikian nama Perguruan Tinggi akan terangkat disamping hasil produk tersebut dapat membiayai sebagian operasional Pendidikan Tinggi.


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami