HAND OUT KEWIRAUSAHAAN
Oleh : Naniek Ratni jAR
Oleh : Naniek Ratni jAR
TIU: MAHASISWA MAMPU MEMBUAT IDE WIRAUSAHA ,MENGEMBANGKAN SEMANGAT WIRAUSAHA DAN MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA YANG BERHUBUNGAN DENGAN BIDANG PRODUK DAN JASA
DAFTAR ISI
• Mengembangkan semangat wirausaha/menumbuhkan minat
• Enterpreuner
• Menganalisis peluang usaha
• Perbankan
• Marketing plan
• Bisnis Plan
• Bentuk usaha
• Mempersiapkan pendirian usaha
• Menyusun proposal usaha
• Meningkatkan produktivitas usaha melalui motivasi
• Meningkatkan pertumbuhan usaha
BAB I
MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA
MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA
SEMUA ORANG DILAHIRKAN SAMA
MEMPUNYAI PELUANG SAMA
PANDAI DAN KAYA
SETELAH LULUS KEMANA ?????
APA YANG AKAN SAYA KERJAKAN???
THE FUTURE “ I WILL BE AN ENTERPREUNEUR.
MEMPERSIAPKAN MENTAL PADA SETIAP ADA PERUBAHAN.
DUNIA SEKOLAH---------DUNIA KERJA
PENDIDIKAN FINANSIAL
UANG ADALAH SEBUAH IDE
TULIS SEBUAH DAFTAR 10 HAL YANG BISA ANDA LAKUKAN SECARA LEGAL DAN FORMAL SEHINGGA ANDA DAPAT MEMBELI YANG ANDA INGINKAN TANPA MEMINTA PADA ORANG TUA
BAGAIMANA SDR BISA MEMPUNYAI UANG UNTUK SESUATU YANG ANDA INGINKAN
SEMAKIN MAJU SUATU NEGARA SEMAKIN BANYAK ORANG TERDIDIK, DAN BANYAK PULA ORANG YANG MENGANGGUR…PENTING BERWIRAUSAHA
OKI… WIRAUSH MRP POTENSI PEMBANGUNAN BAIK DALAM JUMLAH MAUPUN MUTU WIRAUSAHA ITU SENDIRI
SISI LAIN BELAJAR
PIRAMIDA
PIRAMIDA
MENTAL
NILAI PENDIDIKAN DI SEKOLAH ----A
NILAI DI KEHIDUPAN NYATA----F
NILAI DI KEHIDUPAN NYATA----F
CARA UNTUK MENILAI KUALITAS PENDIDIKAN---ALAT UKUR PRESTASI FINANSIAL
16 AGUSTUS 2000 USA TODAY (DANNY SHERIDAN)
MEMPERHITUNGKAN KEMUNGKINAN DAPAT $ I JUTA
MEMPERHITUNGKAN KEMUNGKINAN DAPAT $ I JUTA
MEMILIKI BISNIS KECIL 1000 : 1
BEKERJA UNTUK PRSH DOT.COM 10.000 : 1
MENABUBG $ 800/BLN SELAMA 30 TH 1.500.000 : 1
MEMENANGKAN KUIS 4.000.000 : 1
JUDI KASINO 6.000.000 : 1
MENANG LOTRE 12.000.000 : 1
WARISAN $ 1 JUTA 12.000.000 : 1
DARMA BAKTI PEJUANG EKONOMI
SIKAP NEGATIF MASYARAKAT
PBB –SUATU NEGARA MAMPU MEMBANGUN APABILA MEMILIKI 2 % WIRAUSAHA
INDONESIA 200 JUTA
2 % -----à 4 JUTA
DI JAPAN- KUNCI SUKSES PEMBANGUNAN JIKA 2 % WIR SEDANG
20 % WIR KECIL
DI INDONESIA --- 3 JUTA WIRUSH BESAR & SEDANG
HARUS MENCETAK 30 JUTA WIRUSH KECIL
BISAKAH KEWIRAUSAHAAN DIAJARKAN ???
BEBERAPA PULUH TAHUN YANG LALU TIDAK BISA
SEKARANG BISA…. DGN ADANYA TRANSFORMASI KEWIRUSH YANG TELAH BERKEMBANG…. PENANAMAN SIKAP DAN PERILAKU U. MEMBUKA BISNIS KMD AKAN MEMBUAT MHS MENJADI SEOR WIRAUSAHA BERBAKAT
BEBERAPA FAKTOR KRITIS U MEMULAI USAHA BARU
PERSONAL, YI ASPEK KEPRI : MOTIVASI, KEADAAN EKONOMI, KEADAAN LAPANGAN KERJA
SOSIOLOGICAL, YI HUB DG ORANG :
TANGGUNG JAWAB THD KEL.
ENVIRONMENTAL, YI. HUB. DG LINGKUNGAN : SPIRIT, ENERGI DAN OPTIMIS
KELEMAHAN BERWIRUSH
PENDAPATAN TDK PASTI & RISK
BEKERJA KERAS & WKT/JAM KERJA PANJANG
KUALITAS HIDUP MSH RENDAH S/D USAHANYA BERHASIL---SBB HRS BERHEMAT
TANGGUNG JAWAB SANGAT BESAR, BANYAK KEPUTUSAN YANG HARUS DIBUAT WALAU KURANG MENGUASAI PERSOALAN
KEUNTUNGAN BERWIR
PELUANG U MENCAPAI TUJUAN YANG DIKEHENDAKI
PELUANG U MENDEMONSTRASIKAN POTENSI SESEORANG SECARA PENUH
PELUANG U MEMPEROLEH MANFAAT & KEUNT. SECR. MAKSIMAL
PELUANG U MEMBANTU MASY DG USAHA KONKRIT
MANFAAT
MENAMBAH DAYA TAMPUNG TENAGA KERJA
GENERATOR PEMBANGUNAN
MENJADI CONTOH KPD ANGGOTA MASYARAKAT LAIN
MENGHORMATI HUKUM DAN PER UU
MENDIDIK KARY U. MANDIRI
MENJADI CONTOH BAGAIMANA BEKERJA KERAS
HIDUP SECARA EFISIEN
DLL
SIKAP NEGATIF MASYARAKAT THD WIRAUSAHA
AGRESIF
EKSPANSIF
BERSAING
EGOIS
TIDAK JUJUR
KIKIR
PENGHASILAN TIDAK STABIL
KURANG TERHORMAT
PEKERJAAN RENDAH
PANDANGANSEBAGIAN BESAR MASYARAKAT
MENGINGINKAN ANAKNYA SEKOLAH TINGGI
SETELAH LULUS PT AKAN BEKERJA MENJADI PNS
UNTUK APA SEKOLAH TINGGI2 JIKA HANYA MAU MENJADI PEDAGANG
RATA-RATA LUPA BAHWA SEBAGIAN MASYARAKAT INDONESIA BERAGAMA ISLAM DAN AJARAN NABI MUHAMMAD SAW, BAHWA PEKERJAAN YANG BAIK ADALAH JUAL BELI (BERDAGANG)
PENGERTIAN WIRASWASTA
WIRA : PRAWIRA
SWA : ATAS KEKUATAN SENDIRI
STA : KEMAMPUAN UNTUK BERDIRI
SEORANG WIRASWASTA ADALAH SEORANG USAHAWAN YG MAMPU BERUSAHA DALAM BIDANG EKONOMI DAN NIAGA
3 TIPE UTAMA DARI WIRAUSAHA
WIRAUSAHA AHLI
THE PROMOTER
GENERAL MANAGER
PENGERTIAN WIRAUSAHA (ENTERPREUNEUR)
PROSES MENCIPTAKAN SESUATU YANG BERBEDA DENGAN MENGABDIKAN SELURUH WAKTU DAN TENAGANYA DISERTAI DENGAN MENANGGUNG RESIKO KEUANGAN , KEJIWAAN, SOSIAL DAN MENERIMA BALAS JASA DALAM BENTUK UANG DAN KEPUASAN PRIBADINYA.
BAGAIMANA MENJADI WIRAUSAHA SUKSES ?
WANITA WIRAUSAHA
WANITA WIR. BERTUMBUH PESAT DIAMERIKA. WANITA MEMBUKA BISNIS 2 KALI DARI PRIA. MEMILIKI 1/3 DARI JUMLAH BISNIS. DIHARAPKAN 50% WANITA PENGUSAHA.
MACAM TIPE WIRAUSAHA
WIRAUSAHA YANG MEMILIKI INISIATIF
WIRAUSAHA YANG MENGORGANISIR MEKANISME SOSIAL DAN EKONOMI UTK MENGHASILKAN SESUATU
WIRAUSAHA YANG MENERIMA RESIKO KEGAGALAN
MACAM PROFIL WIRAUSAHA
WOMAN ENTERPREUNER
MINORITY ENTERPREUNER
IMMIGRASI ENTERPREUNER
PART TIME ENTERPREUNER
HOME BASED ENTERPREUNER
FAMILY OWNED BUSSINESS
COPREUNERS
YANG PERLU UTK WIRAUSAHA
MODAL
PENCARIAN???
HUTANG/PINJAM BANK
MENABUNG
MEMAHAMI POLA ARUS KEUANGAN
YAITU ASET DAN LIABILITAS
BAGAIMANA DG RUMAH ANDA???DIAGUNKAN?DISEWA
KAN?
MOBIL ANDA ???
ASET DAN LIABILITAS
DARI SISI BANK
DARI SISI ANDA
BANK
BAGAIMANA DENGAN MENABUNG???
ANDA
BANK
COBA DIBACA/DIARTIKAN
LAPORAN KEU. BANK
LAPORAN KEU. ANDA
CASH FLOW QUADRANT
MEMAPARKAN BAGAIMANA CARA MEMPEROLEH PENGHASILAN
CASH FLOW QUADRANT
MEMAPARKAN BAGAIMANA CARA MEMPEROLEH PENGHASILAN
E (EMPLOYE) B (BISNIS OWNER)
S (SELF EMPLOYE) I (INVESTOR)
KETERANGAN
E : PEGAWAI
S : PEKERJA LEPAS
B :PEMILIK USAHA
I :PENANAM MODAL
ANDA INGIN BERADA DI KUADRAN YANG MANA????
PENJELASAN
E : MEMPUNYAI PEKERJAAN & BEKERJA UNTUK ORANG LAIN
S MENDAPAT PENGHSLN DG BEKERJA U DIRI SENDIRI
SEORANG B : MEMILIKI USAHA YANG MENGHSLKAN UANG
I : MENDAPAT PENGHASILAN DARI BERBAGAI INVESTASI
ANDA BISA MEMPEROLEH PENGHASILAN DI 4 KUADRAN
CONTOH :SEORANG DOKTER
SEBAGAI : STAF RS, DOKTER MILITER, SALON KECANTIKAN
BUKA PRAKTEK PRIBADI , MENDIRIKAN KANTOR, MENYEWA PEGAWAI
MEMILIKI SEBUAH KLINIK/ LAB.
INVESTOR DALAM BISNIS ORANG LAIN, SPT , BURSA SAHAM, BURSA OBLIGASI, REAL ESTATE
3 cara mempercepat sdr berada diquadrant B
1. cari seorang pembimbing
Pembimbing : orang yang sudah melakukan apa yang ingin anda lakukan & berhasil dalam melakukannya
2. Usaha waralaba
Dengan membeli anda membeli sebuah sistim yang sudah berjalan dan sudah terbukti keampuhannya
Bukan membuat sistim anda sendiri memusatkan pada upaya mengembangkan orang2
3. Pemasaran jaringan
Yaitu sistim distribusi langsung
Catatan untuk berhasil
Menaklukkan rasa takut ditolak
Berhenti mencemaskan apa yang dikatakan orang lain
Belajar memimpin orang
Bekerja dg bertbagai jenis orang yang berbeda --- sulit dlm bisnis
Cari organisasi yang mempunyai komitmen mengembangkan orang sebagai manusia ---bukan seorang wiraniaga
ciri2nya
Mempunyai catatan prestasi
Mempunyai peluang bisnis
Mempunyai program pendidikan kajang u. PD
Memp program bimbingan yang kuat
Memp orang2 yang anda hormati dan sukai
SIFAT YANG PERLU DIMILIKI WIRAUSAHA
SIFAT YANG PERLU DIMILIKI WIRAUSAHA
KEPRIBADIAN YANG PRODUKTIF YI KEGIATAN YANG MENIMBULKAN ATAU MENINGKATKAN KEGUNAAN
TEMPERAMEN
MENURUT HIPOCRATES : CHOLERIC : PANAS
SANGUINE : TERLALU OPTIMISTIS
MELANCHOLIC : PENDIAM
PHLEGMATIC : TOO SLOW
(TEMPERAMEN INI TIDAK BOLEH DIKATAKAN INI JELEK, ITU JELEK SBB TEMPERAMEN ITU BISA DIIMBANGI DENGAN WATAK).
PRIBADI YANG MENYENANGKAN,SETIAP KATA DAN KALIMATNYA HARUS MEYAKINKAN, SETIAP KEBERATAN HARUS DIJAWAB DENGAN TEPAT DAN MEMUASKAN.MEMBERI PERTIMBANGAN-PERTIMBANGAN KEARAH PROSES LANCARNYA PEMBICARAAN.
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Pengambil resiko
Kepemimpinan
Keorisinilan
Berorientasi ke masa depan
Menurut Fadel Muhammad, 1992
Kepemimpinan
Inovasi
Pengambilan keputusan
Sikap tanggap thd perubahan
Bekerja ekonomis dan efisien
Visi masa depan
Sikap thd resiko
Konsep 10 D Bygrave
Dream
Desiveness
Doers
Determination
Dedication
Devotion
Details
Destiny
Dollars and distribute
BAB 3
PELUANG-PELUANG USAHA
PELUANG-PELUANG USAHA
BANYAK PERUSAHAAN MENAWARKAN PRODUK YANG BAIK. NAMUN PRODUK TADI HANYA SEDIKIT YANG TERJUAL. FAKTOR YANG ADA KAITANNYA DENGAN MENILAI PELUANG PASAR MELIPUTI RISET PASAR, PENGUMPULAN DATA DAN MEMILIH LOKASI BISNIS
RISET PASAR
AKAN MENEMUKAN PASAR BARU YANG DAPAT MEMBANTU DIMASUKI DENGAN PERTANYAAN SBB :
APAKAH YANG MERUPAKAN KEBUTUHAN SEKARANG DAN POTENSIAL DARI PELANGGAN ANDA ?
PASAR TAMBAHAN MANA YANG DAPAT DIJELAJAHI ?
BAGAIMANA CIRI2 KHUSUS PELANGGAN ANDA ?
APAKAH KEISTIMEWAAN PRODUK ATAU JASA ANDA DARI YANG DIPUNYAI PARA PESAING ANDA ?
SAMPAI DIMANA KEFEKTIFAN KEGIATAN PROMOSI ANDA ?
COBA BUAT PERTANYAAN UNTUK RISET PASAR
BIDANG TEKNIK LINGKUNGAN YANG BERKAITAN DENGAN PENGOLAHAN LIMBAH
- PENYEDIAAN PERENCANA
- PENYEDIAAN ALAT
- PENYEDIAAN BAHAN
- KEPADA SIAPA?
- TRANSPORTASI
BANTUAN DARI DATA SEKUNDER YAITU DATA SENSUS
STATISTIK PEREKONOMIAN NEGARA
STATISTIK TENTANG PERUMAHAN : BERARTI MENGANDUNG STATISTIK TENTANG PERALATAN RUMAH , AC, KULKAS, PERABOTAN MEBEL DLL
STATISTIK MENCERMINKAN GAYA HIDUP
LOKASI USAHA
LOKASI PENTING BAGI BISNIS TERTENTU USAHA PAKAIAN, BAHAN MAKANAN, TETAPI TIDAK BAGI USAHA BARANG ANTIK, BENGKEL MOBIL.
YANG PENTING : KEDEKATAN PASAR, HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN,TERSEDIANYA STAF YANG MAMPU, TERSEDIANYA BAHAN-BAHAN MENTAH.
CONTOH FORMULIR ANALISIS BIAYA
BAB 6 PROFIL USAHA
PENGEMBANGAN WAWASAN JENIS BIDANG USAHA
MANA YANG DIPILIH : TGT ------MINAT : INDUSTRI, KERAJINAN, PERDAGANGAN/ JASA
--- MODAL
--- RELASI
RINTISAN USAHA BARU
DEPNAKER BEKERJA SAMA DENGAN LSM DAN KOPERASI KONSULTASI BISNIS JAWA BARAT TELAH MENGADAKAN PELATIHAN UNTUK MEMBENTUK WIRAUSAHA BARU.
GROSIR
GROSIR BARANG UMUM : DAPAT MEMENUHI PERDAGANGAN ECERAN KARENA MEMPUNYAI BERMACAM MACAM PRODUK DAN MENGAMBIL KEUNTUNGAN DARI ORDER YANG CUKUP BESAR
GROSIR BARANG KHUSUS : MENGKHUSUSKAN BIDANG TTT, MISAL ; BAHAN PANGAN, OBAT2AN, PAKAIAN JADI DLL.
PERDAGANGAN ECERAN
PERDAGANGAN ECERAN ADALAH KEGIATAN MENJUAL BARANG DAN JASA KEPADA KONSUMEN AKHIR.
ECERAN BESAR
SPECIALITY STORE
DEPARTEMEN STORE
SUPERMARKET
HYPERMARKET
GENERAL STORE
CHAIN STORE
ECERAN KECIL
KIOS
DEPOT
KAKI LIMA
PASAR SORE
RODA DORONG
PEDATI
WARMOB
TUKANG CATUT
7. PROSEDUR DAN TIPE USAHA
MODAL USAHA
KETERANGAN DOMISILI
NAMA PERUS. DINOTARISKAN
PILIH BENTUK KEPEMILIKAN USAHA (CV, PT, UD)
DIDAFTARKAN KEPADA DINAS PERINDAG DAN PENANAMAN MODAL
DAFTARKAN KE ASOSIASI
MENJALANKAN USAHA
BAB 8. BISNIS PLAN
TUJUAN DAN SASARAN PERUSAHAAN DAPAT DITETAPKAN MELALUI PERENCANAAN. DG BERTUMBUHNYA PERSH ANDA SEMAKIN BERTAMBAH BESAR AKAN KEBUTUHAN PERENCANAAN
BP ADALAH DOKUMEN YANG MENYATAKAN DAYA TARIK DAN HARAPAN SEBUAH BISNIS.
SEBUAH BISNIS PLAN YANG AKAN MENGOPERASIKAN SEBUAH PABRIK TTT YANG MENCANTUMKAN SECARA JELAS : LOKASI , PROSES, MASALAH BAHAN BAKU, MESIN DAN PERLENGKAPAN, KARYAWAN YANG TERLATIH, MASALAH TEMPAT, TANAH, RUANGAN YG TERSEDIA.
KERANGKA RENCANA USAHA
NAMA PERUSAHAAN ;
- SHORT
-SIMPEL
- EASY TO SPELL
- EASY TO REMEMBER
- ENAK DIBACA
-TAK ADA NADA SUMBANG
- TAK KETINGGALAN ZAMAN
- ADA HUB. DG BARANG DAGANGAN
- TIDAK MENYINGGUNG KLP.ORANG/ TIDAK NEGATIF
LOKASI PABRIK/INDUSTRI
DEKAT DG SUMBER MATERIAL
DEKAT DG PASAR
MUDAH MENDAPAT TNG KEREJA
MUDAH FASILITAS TRASPORTASI
MUDAH MEMPEROLEH BAHAN BAKAR
MUDAH MEMPEROLEH AIR
SIKAP PEMDA SETEMPAT DAN MASYARAKATNYA
KOMODITI YANG AKAN DIUSAHAKAN
MEMBANJIRNYA PERMINTAAN MASYARAKAT THD JENIS HASIL TTT.
TERIDENTIFIKASINYA KEBUTUHAN TERSEMBUNYI MASYARAKAT AKAN BARANG DAN JASA
KURANGNYA SAINGAN
ADANYA KEMAMPUAN BERSAING.
KONSUMEN YANG DITUJU
Permintaan permanen
Dg memperhatikan waktu-waktu luang/masa libur
Pasar yang akan dimasuki
Market leader
Penantang pasar
Pengikut pasar
Partner yang diajak kerjasama
Senior partnership
Yunior partnership
BISNIS PLAN
MENGAPA PERLU DISUSUN BISNIS PLAN?
TO SELL YOUR SELF ON THE BUSSINES
TO OBTAIN BANK FINANCING
TO OBTAIN INVESMENT FUNDS
TO OBTAIN LARGE CONTRACT
BUSINESS PLAN
SUATU DOKUMEN YG MENYATAKAN KEYAKINAN ATAU KEMAMPUAN SEBUAH BISNIS UNTUK MENJUAL BARANG ATAU JASA DG MENGHASILKAN KEUNTUNGAN YNG MENARIK.
SEBUAH SELLING DOKUMEN YANG BERISI DAYA TARIK DAN HARAPAN SEBUAH BISNIS.
BENTUK FORMAL BISNIS PLAN
HALAMAN DEPAN
DAFTAR ISI
RANGKUMAN EKSEKUTIF
PENJELASAN TENTANG PERUSAHAAN
PEMASARAN
BARANG DAN JASA YANG DIHASILKAN
USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN
PERMODALAN
LAMPIRAN
ISI
1. PENDAHULUAN
NAMA DAN ALAMAT PERUSAHAAN
NAMA DAN ALAMAT PEMILIK
NAMA DAN ALAMAT PENANGGUNG JAWAB YG BS DIHUBUNGI SEWAKTU-WAKTU
INFORMASI BISNIS YANG DILAKSANAKAN.
2. RANGKUMAN EKSEKUTIF YANG BS MENJELASKAN SECARA KOMPLIT ISI DARI BISNIS PLAN
• ANALISIS INDUSTRI
PERSPEKTIF MASA DEPAN
ANALISIS PERSAINGAN
SEGMENTASI PASAR YANG AKAN DIMASUKI
RAMALAN TENTANG PRODUK YANG DIHASILKAN
RENCANA U. MEMULAI BISNIS
PUTUSKAN U. MENDIRIKAN BISNIS
ANALISIS KEKUATAN & KELEMAHAN ANDA
PILIHLAH SEBUAH PRODUK ATAU JASA
LAKSANAKAN RISET PASAR
TAKSIR BAGIAN PASAR ANDA YANG POTENSIAL
PILIHLAH LOKASI PERUSAHAAN ANDA
SIAPKAN RENCANA KEUANGAN
SIAPKAN RENCANA PRODUKSI
SIAPKAN RENCANA MANAJEMEN
SIAPKAN RENCANA PEMASARAN
PINJAM DANA UNTUK MEMULAI
MENGAMBIL RESIKO
POTENSI KETIDAK PASTIAN
- KEGAGALAN
- SUKSES
MISAL :
ANDA PUNYA PEKERJAAN AMAN GAJI Rp 10.000.000/th dg promosi setiap th -à dapat diramalkan
MEMBELI /MENDIRIKAN PERSH YANG GAJI PEMILIKNYA Rp 20.000.000,-/th
Mungkin -à prs jalan terus/ gagal
-------à ambil resiko
PERTUMBUHAN USAHA
DG Menetapkan prioritas
DG Menetapkan prioritas
mis: biaya --à efisiensi biaya
Upaya2 : 1. biaya langsung
karyawan
bahan u produk
2. biaya tdk langsung
bahan bantu
bahan umum
penerangan, bahan bakar
3. Biaya administrasi
4. Biaya penjualan
periklanan
Gaji dr staf penjualan
Promosi penjualan
Menggunakan waktu sec. efektif
Identifikasi tujuan khusus harian menurut penting, tetapkan kerutinan kantor,shg dpt berjalan tanpa anda
Motovasi dari dalam
Tetapkan batas waktu
Manfaatkan telp
Buatlah catatan : isi rapat, diskusi dg staf, pikiran diri sendiri, nama2, no. telp,perjanjian
Jangan melakukan segalanya
- pusatkan perhatian pd yang penting
- selektif
- belajar mengatakan tidak kpd kegiatan yang memakan waktu
. Tetapkan waktu
. Ajukan pertanyaan sebelum memulai pekerjaan
. Orientasi pada tindakan
. Rencanakan hari esok secara terinci
. Berguru pada pengalaman
. Tanyakan penggunaan waktu anda
BAHAN PENASEHAT PERSH
KONSULTAN AKUNTAN
PENSHT TEKNIS P.FINANSIAL
ANDA WIRAUSH
BANK PENGACARA
PENASIHAT P. HKM
INVESTASI
UNTUK KESTABILAN BISNIS
PENASIHAT HRS PUNYA WAKTU UNTUK PERSH
JANGAN MEMBIARKAN KEPUTUSAN DR BADAN PENASIHAT BERTENTANGAN DG NASIHAT PARA PROFESIONAL
BERSEDIALAH MEMBAYAR ANGGOTA BP YG PRODUKTIF
SETAHUN SEKALI EVALUASI KEGIATAN BP
SISTIM INFORMASI
1. PENTINGNYA FAKTA/ANGKA
- FAKTA PENJUALAN
- PENGELUARAN2
- PENGUMPULAN PEMBAYARAN (MENJUAL BANYAK TTP PEMBAYARAN KECIL)
- PENJUALAN KREDIT SHG MEMBEBANI PERSH
- INF. ATAS ORANG SPT GAJI & .PRODUKTIVITAS ORANG
2. LAPORAN MANAJEMEN ANDA
LAPORAN HARIAN
LAPORAN /BULAN
LAPORAN TRIWULAN
3. SISTEM.
MENGGUNAKAN SUMBER DAYA
• MEMPEROLEH SD YANG LANGKA
MENEMPATKAN PERSONALIA
ADAKAN PELATIHAN
PENSUPLAI
TEKNOLOGI BARU
SD KEUANGAN
2. MENILAI PELUANG PASAR
PROMOSI
ADVERTISING
PERSONAL SELLING
SALES PROMOTION
PUBLIC RELATION
BENTUKBENTUK ADVERTISING
PAPAN REKLAME
POSTER
KATALOG
FOLDER
SPANDUK
SLIDE
IKLAN
PAPAN NAMA PEURSH
PERMEN, BALLPOIN, NOTE BOOK
PROMOSI SEDERHANA
MEMASANG PAPAN NAMA PERUSH
MEMASANG SPANDUK “ SUDAH DIBUKA…………”DAN KEUNGGULAN PRODUKNYA
MENYEBARKAN BROSUR2
MEMBERITAHU KAWAN
MENYEBAR KARTU NAMA
STRATEGI PROMOSI
ORANG MEMBELI KARENA
MRK MEMP. KEBUTUHAN DASAR
MRK MENGINGINKAN STATUS(PAKAIAN MENURUT MODE TERAKHIR)
MRK INGIN BARANG MEWAH ATAU YANG TDK MENDASAR(TV, KOSMETIK)
MRK INGIN MENGGUNAKAN PRODUK U. TUJUAN BISNIS (MESIN TULIS, MEJA TULIS, PENGANGKUT DLL.)
JENIS, SEJAUH MANA KEG. PROMOSI PENJUALAN ANDA, DITENTUKAN JAWABAN ATAS PERTANYAAN BERIKUT
APA KEBIJAKAN PEMASARAN ANDA
DIMANAKAH PASAR POTENSIAL ANDA
SIAPA KLP TARGET PENJUALAN
MEDIA IKLAN APA SEBAIKNYA
APK TERSEDIA CUKUP UANG U. PROMOSI
KAPAN PROMOSI DIMULAI
BGMN MENGEVALUASI PROMOSI
BGMN PROMOSI YG BERBEDA DR YG RUTIN
APK PROMOSI JG MENJUAL PRODUK SAMPING
BGMN MENGUKUR EFEKTIFITAS PROMOSI
BAB 9 MARKETING PLAN
PRODUCT
PRICE
PLACE
PROMOTION
SEBEL UM MENYUSUN MARKETING PLAN WIRUSH HRS MENGETAHUI
SELUK BELUK KONSEP PEMASARAN. UJNTUK MENYUSUN MARKETING PLAN HRS BISA MENJAWAB : WHERE HAVE WE BEEN
WHERE DO WE WANT TO GO ?
HOW DO WE GET THERE
DARI MANA KT BRK?
KEMANA ARAH YANG DITUJU?
BAGAIMANA MENCAPAI SASARAN ITU?
MARKETING PLAN MEMUAT
ANALISA SITUASI
TUJUAN PEMASARAN
STRATEGI INTI
JADWAL PELAKSANAAN
ANGGARAN PEMASARAN
KONTROL
MARKETING
PROFESI MARKETING
SENI : KEPANDAIAN DALAM MENJUAL
MENGUASAI PRODUK
KEADAAN PEMBELI
METODE MENJUAL : TELEMARKETING, MLM, DIRECT POS
PERIKLANAN
IKLAN MENARIK PELANGGAN
TUJUAN IKLAN : PELANGGAN BARU
PELANGGAN LAMA
IKLAN CETAK CIRI2NYA
HRS UNIK & PUNYA CIRI KHAS
HRS SEDERHANA & MUDAH DIMENGERTI
MENGANDUNG INFORMASI FAKTUAL, YG MENYOROT SATU CIRI UTAMA
HARUS MENCERMINKAN CITRA YANG SANGAT POSITIF DR PRSH
TUGAS : BAG. PERSONALIA BANG. IDE.MENYIAPKAN TEKS IKLAN
KPD SURAT KABAR LOKAL
RADIO
BUKU TELP (YELLOW PAGE)
MENGEVALUASI IKLAN
RISET
PENINGKATAN PENJUALAN
BANTUAN PERIKLANAN
BIRO IKLAN
HAK GUNA PATEN
MRP SUATU SISTEM MENDISTRIBUSIKAN PRODUK ATAU JASA MEL. SALURAN YANG DIMILIKI OLEH SESEORANG YANG MEMILIKI HAK GUNA PATEN
MRP KEGIATAN BISNIS YANG PALING CEPAT BERTUMBUH
CARA MENGEMBANGKAN BISNIS
MENJUAL HAK PATEN DG MENAWARKAN KEPADA PEMBELI.
PEMILIHAN & PEMBELIAN LOKASI
PENDIRIAN GEDUNGNYA
AKSES PD KEUANGAN
PROSEDUR STANDAR U. SEMUA ASPEK OPERASIONAL SPT MANAJEMEN, IKLAN & PROSEDUR
PERTIMBANGAN ATAS PRODUK
BGMN PASAR SKR
PROYEKSI PRODUK
SIAPA PESAINGNYA
BGM PRODUKNYA DIBDG DG PRODUK LAIN
APK PRODUK TGT PERMINTAAN
KONTRAK HGP
APK KONTRAK BERSIFAT ADIL
APK KONTRAK LENGKAP MLPT BBRP ASPEK
APK SYARAT2 KONTRAK HGP PANTAS
APK SYARAT2 SBB PANTAS
PEMBAYARAN TETAP
PERJANJIAN PEMBELIAN BRG
KUOTA PENJUALAN
HAK EKSKLUSIF ATAS WILAYAH
PENGAKHIRAN HGP
BIAYA HGP
SYARAT2 PEMBELIAN KEMBALI
BANTUAN BAGI P. HGP
PELATIHAN MACAM APK YG DISEDIAKAN BAGI MANAJEMEN DAN PEGAWAI
PROSEDUR KHUSUS APK YANG TERSEDIA UNTUK PENGENDALIAN SEDIAAN
SURVEI PASAR MANA YANG TELAH DILAKSANAKAN
BAGAIMANA SYARAT BAGI PERIKLANAN DAN PROMOSI PENJUALAN
BANTUAN KEUANGAN MANA YANG TERSEDIA
DAERAH PASAR
BERAPA BESAR DAERAH HGP
BAGAIMANA PENGALAMAN LABA DR PEMEGANG PATEN LAIN DI DAERAH LAIN
APK LAPORAN KEUANGAN MENUNJUKKAN BAHWA PEMEGANG PATEN BERHASIL
APK TDP LAPORAN TTG PROYEKSI PENJUALAN, BIAYA OPERASIONAL DAN PENDAPATAN BERSIH
EKSPOR DAN IMPOR
MENGEKSPOR DAPAT MEMBERIKAN PASAR BARU BAGI USAHA
KENDALA : PP
BAHASA
JARAK FISIK ANARA ANDA DAN PELANGGAN
. PERSAINGAN BERLANGSU NG DIANTARA BISNIS2 YG MENJUAL PRODUK YANG MIRIP DAN BERSAINGAN U PELANGGAN YANG SAMA
FAKTOR LUAR (OPERASI BISNIS DIPENGARUHI)
DISTRIBUSI PELANGGAN PERKEMBANGAN
UU BISNIS TEKNOLOGI
KONDISI PERUSH KECENDERUNGAN
KEUANGAN PASAR
PENSUPLAI KOMPETISI PERATURAN
MENGGUNAKAN D.D. LUAR
MENGAPA? DAPAT MENGUMPULKAN BEBERAPA IDE DAN PENDAPAT DORMASIG ORG LAIN
ALASAN-ALASAN :
INFORMASI DAN DAPAT DATANG DR PELBAGAI SUMBER YANG BERBEDA
MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANDA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN
DAPAT MENOLONG
DPT MENINGKATKAN EFEKTIFITAS
BANTUAN GRATIS ATAU DG FEE
BAB 10 MENINGKATKAN
PRODUKTIVITAS MELALUI MOTIVASI
BAB 10 MENINGKATKAN
PRODUKTIVITAS MELALUI MOTIVASI
MOTIVASI ADALAH KEMAUAN UNTUK BERBUAT SESUATU , SEDANGKAN MOTIV ADALAH KEBUTUHAN , KEINGINAN, DORONGAN. MOTIV DG KEKUATAN BESARLAH YG AKAN MENENTUKAN PERILAKU SESEORANG.
TEORI MOTIVASI HIRARKHI KEBUTUHAN MASLOW
BAHWA KEBUTUHAN MANUSIA DAPAT DIPAKAI UNTUK MELUKISKAN ATAU MERAMALKAN MOTIVASINYA. TEORINYA TTG MOTIVASI DIDASARKAN 2 ASUMSI. PERTAMA KEBUTUHAN SESEORANG TGT APA YANG DIPUNYAINYA.KE 2 KEBUTUHAN MERUPAKAN HIRARKI DILIHAT DARI PENTINGNYA. MENURUT MASLOW ADA LIMA KATEGORI KEBUTUHAN MANUSIA YAITU : PHISIOLOGICAL NEEDS,
SAFETY,
SOCIAL,
ESTEEM(PENGHARGAAN)
DAN SELF ACTUALIZATION(PERWUJUDAN DIRI.
PERWUJUDAN DIRI
PENGHARGAAN
AFILIASI(SOSIAL)
KEAMANAN
FISIOLOGIS
TEORI X DAN Y
TEORI X
PEKERJAAN PADA HAKEKATNYA TIDAK DISENANGI ORANG BANYAK
KEBANYAKAN ORANG RENDAH TANGGUNG JAWABNYA
KEBANYAKAN ORANG KURANG KREATIF
ORG LEBIH SUKA MEMIKIRKAN KEBUTUHAN FISIK,ASAL SDH TERPENUHI SELESAI PERSOALANNYA.
KEBANYAKAN ORANG HRS DIKONTROL SECARA KETAT DAN SERING HARUS DIPAKSA BEKERJA.
TEORI Y
PEKERJAAN ITU SBTLNYA SAMA DG BERMAIN, CUKUP MENARIK DAN MENGASYIKKAN.
ORANG MEMPUNYAI KEMAMPUAN KREATIVITAS
SETIAP ORANG MEMP. KEMAMPUAN MENGAWASI SENDIRI GUNA MENCAPAI TUJUAN.
ORANG TIDAK HANYA MEMILIKI KEBUTUHAN FISIK SAJA TETAPI KEBUTUHAN AKAN RASA AMAN, INGIN BERGAUL, INGIN DIHARGAI, DAN INGIN MENONJOLKAN DIRINYA.
ORANG HARUS DIBERI MOTIVASI AGAR DAPAT MEMBANGKITKAN DAYA INISIATIF DAN KREATIVITASNYA.
KEDUA TEORI INI JANGAN DISIMPULKAN BHW TEORI X JELEK, TEORI Y BAIK. MEMBERIKAN KIRA-KIRA ARAH ATAU KECENDERUNGAN ORANG.
Menganalisis Rencana
Rencana Bisnis dianalisis untuk mengenali kelemahan2 yg dapat mengakibatkan kesulitan2 keuangan dimasa datang, untuk mentest strategi alternatif utk penjualan bauran produk, pengendalian biaya , investasi, pengembangan staf, pembiayaan dst.
apakah perusahaan anda memelihara tingkat efisiensi keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan ?
Analisis ; Ratio2 untuk
Margin bersih : laba bersih x 100 %
penjualan
Margin kotor : laba kotor x 100 %
penjualan
Margin Pengeluaran : Pengeluaran x 100 %
penjualan
Apakah kita telah mengurangi risiko kerugian dagang dalam rencana2 kita ?
Analisis : dua ratio dapat dipakai untuk mengukur risiko dagang.
• Titik impas (Break Event Point) untuk penjualan yang akan menutup pengeluaran bisnis yakni laba sama dengan nol.
• BEP = Pengeluaran Bisnis
Margin Kotor (%)
Umpamanya, jika pengeluaran anda untuk tahun itu sebesar Rp 102.000.000 dan marjin kotor 27 %, maka titik impas bisnis anda :
Rp.102.000.000 = Rp 337.800.000
27 %
Mengapa ? Karena jika penjualan anda mencapai Rp 337.800.000,
marjin kotor anda akan berjumlah total : 27 % x Rp 377.800.000 = Rp 102.000.000.
Jadi pas untuk menutup biaya pengeluaran.
Jika diterapkan mingguan
Jika pengeluaran mingguan Rp 2.000.000
(gaji,sewa, biaya gedung, dst).maka titik impas anda untuk seminggu akan berupa penjualan sebesar = Rp 2.000.000 =
27 %
= Rp 7.400.000
Jadi titik impas bisa digunakan untuk menghitung beberapa titik impas misal : stitik impas sebelum dipotong gaji, divisi produk, menurut lokasi penjualan, atau kelompok penjualan.
Margin of Safety (M/K) Adalah persentase penurunan dalam penjualan di bawah penjualan yang anda rencanakan, sebelum perusahaan anda mencapai titik impas (tingkat laba nol)
M/K = Rencana Penjualan – Penjualan titik impas x 100 %
Rencana Penjualan
Umpama jika rencana bisnis anda menghendaki penjualan sebesar Rp 600.000.000 dan tingkat pengeluaran dan margin kotor menghendaki penjualan titik impas sebesar Rp 377.800.000 maka M/K bisnis anda
Rp. 600.000.000 – Rp 377.800.000 x 100 % = 37 %
Rp 600.000.000
Dengan kata lain , jika penjualan jatuh 37% dibawah rencana anda , anda akan berada pada titik impas anda, yakni titik laba nol.
Apakah keuangan bisnis anda mantap ?Apakah kita telah mengurangi resiko keuangan ?
Analisis : pelbagai ukuran telah dijadikan untuk memeriksa kemantapan keuangan?
Sebuah ukuran likuiditas umum untuk memeriksa kemantapann keuangan jangka pendek adalah rasio kas :
Uang kas (atau ekivalen dengan uang kas ) = …………. Kali
Hutang lancar (atau ekivalen)
Umpamanya jika posisi keuangan anda menunjukkan bahwa kas, saldo, bank, piutang (yang akan segera ditagih), investasi jangka pendek dan inventaris (juga mudah diuangkan), berjumlah Rp. 60.000.000
dan jika hutang yang harus dibayar bulan depan berjumlah Rp 50.000.000,- maka ratio likuiditas menjadi :
Rp. 60.000.000,- = 1,20 kali
Rp. 50.000.000,-
Jadi untuk setiap Rp 1.000,-yang terhutang dalam hutang jangka pendek, kita mempunyai uang tunai/harta yang ekuivalen dg kas sebesar Rp 1.200,-. Suatu posisis yang cukup stabil . Ratio kurang dari 1,00 menunjukkan posisi keuangan yang tidak stabil.
MENJADI ENTREPREUNER BERBASIS TEKNOLOGI
(TECHNOPREUNER)
(TECHNOPREUNER)
Pendahuluan
Perguruan Tinggi/Universitas senantiasa mengembangkan dalam hal Academic Excellence untuk pendidikan yang intinya adalah :
Menyediakan kesempatan seluas-luasnya pada civitas academica untuk menjadi individu yang berintegritas, terpercaya, memiliki kemampuan berusaha, berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetensi dengan baik.
Menghasilkan para lulusan yang dapat menjadi professional yang handal dan dipercaya, pemimpin yang adil, pengusaha yang jujur dan bermartabat, atau pendidik yang cendekia dan mumpuni dalam ilmunya.
Dari pengembangan kebijakan tersebut dapat disimpulkan bahwa keberhasilan seorang lulusan dalam karirnya tidak hanya ditentukan oleh keberhasilan dalam bidang akademik selama masa studi, tetapi juga sangat ditunjang oleh kemampuan non-akademiknya. Dalam rangka meningkatkan mutu lulusan professional, pengusaha yang jujur dan bermartabat tersebut maka dapat dilakukan program Student Enterpreneurship dengan tujuan sebagai berikut :
Pemberian kesempatan kepada mahasiswa sebagai bagian dari civitas academia untuk dapat membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan praktek kewirausahaan.
Mengupayakan lulusan yang dapat menjadi pengusaha yang jujur dan bermartabat.
Usaha-usaha yang akan ditempuh antara lain melibatkan mahasiswa secara langsung sebagai subjek kegiatan, dan juga menggalang kerjasama dengan pemerintah dan industri, terutama dengan industri kecil dan menengah.
Dalam makalah ini diharapkan dapat memberikan tidak hanya berupa wawasan pada mahasiswa, tetapi lebih dari itu dapat memberikan motivasi yang cukup untuk memahami
jiwa kewirausahaan, dan bahkan lebih jauh mempunyai keinginan sungguh-sungguh untuk berwirausaha setelah lulus nanti.
Student Enterpreneurship (Kewirausahaan Mahasiswa)
Berwirausaha tidak hanya akan bermanfaat bagi pelakunya tapi juga bermanfaat untuk dapat membantu lulusan baru bekerja dan juga pengembangan ekonomi Negara secara makro, terutama melaui kegiatan Usaha Kecil dan Menengah yang justru pada saat ini di Indonesia masih tertinggal. Salah satu akibatnya adalah kekuatan dan daya tahan perekonomian Negara kita menjadi lemah, pemerataan pendapatan masyarakat sulit tercapai.
Peran Perguruan Tinggi dalam hal menjebatani kegiatan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa masih terlalu kecil dan lemah. Dengan kewirausahaan mahasiswa, lulusan UPN diharapkan mampu menciptakan lapangan usaha dan pekerjaan baru baik yang berbasis teknologi maupun kemampuan berwirausaha yang bersifat umum.
Pelaksanaan kewirausahaan untuk mahasiswa diharapkan diselenggarakan dengan prinsip:
Pendidikan menuju profesionalisme
Kompetisi secara bebas
Pendidikan menuju profesionalisme dilaksanakan dengan penekanan pada praktek wirausaha. Sedangkan prinsip Kompetisi adalah pemberian kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh mahasiswa agar berpartisipasi, kemudian dilakukan seleksi.
Berdasarkan prinsip-prinsip tersebut, kewirausahaan untuk mahasiswa memiliki tahapan :
Penyadaran
Pembekalan
Pelaksanaan (Berwirausaha)
Penyadaran diperlukan karena sebagian besar mahasiswa belum tahu apa pentingnya kewirausahaan. Konsep-konsep utama dilakukan secara meluas kepada seluruh mahasiswa. Pembekalan bertujuan memberikan struktur pengetahuan dan pengalaman yang akan dapat digunakan untuk jangka panjang dan untuk kepentingan yang luas.
Pelaksanaan (Berwirausaha) diharapkan agar menghasilkan wirausahawan-wirausahawan baru yang mampu terjun ke masyarakat bisnis.
Tahapan kegiatan yang dimaksud di atas dan peserta mahasiswa yang terlibat di skemakan sebagai berikut :
MAHASISWAPENYADARAN
(Mhs yang tertarik)PEMBEKALAN
(Mhs yang serius)PELAKSANAAN
(Mhs yang berbakat)Bentuk Usaha
Penyandang Dana
Penyandang Dana
Investor
TAHAP PENYADARAN
Pada tahap Penyadaran diharapkan 10-20% dari seluruh mahasiswa dapat turut serta berpartisipasi secara aktif sampai kegiatan selesai. Bentuk kegiatan adalah kuliah umum yang diberikan oleh wirausahawan-wirausahawan yang sukses ditingkat nasional. Topic bahasan meliputi pemberian motivasi dengan contoh-contoh pengalaman, baik mengenai hal-hal mendasar yang seharusnya dimiliki seorang entrepreneur, maupun praktek wirausaha di berbagai bidang yang relevan dengan disiplin yang ada di Perguruan Tinggi.
TAHAP PEMBEKALAN
Tahap pembekalan diberikan kepada mahasiswa yang telah sadar dan termotivasi akan pentingnya kewirausahaan. Diharapkan mereka secara serius akan mengikuti pembekalan kewirausahaan dengan garis besar terdiri atas :
Mengembangkan Rencana Bisnis dan Pengetahuan Aspek Hukum
Pembuatan proposal Studi Kelayakan Usaha (SKU)
Analisis Kegiatan Bisnis Perusahaan
Bentuk kegiatan adalah pelatihan dengan instruktur sebagian besar UNIV atau dari luar. Penyelenggaraan kegiatan berbeda dengan perkuliahan yang dilakukan di bidang akademik. Sifat kegiatan mendorong mahasiswa untuk belajar secara mandiri dan aplikasi, namun teori yang diberikan tidak seluas dan sedalam di perkuliahan akademik. Pembekalan mengenai manajemen bisnis, pengetahuan aspek hukum dan SKU tetap perlu diberikan untuk memberikan struktur pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk berkembang dikemudian hari. Di dalam analisis Kegiatan Bisnis Perusahaan, mahasiswa melakukan penelusuran laporan tahunan suatu perusahaan ataupun harga saham untuk memberikan evaluasi kebijakan seolah-olah sebagai manajer perusahaan tersebut.
TAHAP PELAKSANAAN (BERWIRAUSAHA)
Ciri khas pada tahap ini adalah kompetisi atau proses seleksi pada mahasiswa yang sudah memahami bekal tentang organisasi kewirausahawan dan telah membuat proposal untuk
berwirausaha (SKU). Penilaian layak tidaknya suatu SKU dilakukan dengan melibatkan investor-investor. Diharapkan dapat diperoleh 10 bentuk usaha sebagai target tahun pertama pelaksanaan Kewirausahaan Mahasiswa.
Produk-produk yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi umumnya di keluarkan oleh hasil reset yang dilakukan oleh para Dosen. Konsekuensi dari hal ini adalah Perguruan Tinggi menyediakan Sarana prasarana seperti Laboratorium yang handal, karena tanpa laboratorium tidak akan menghasilkan produk yang diinginkan. Dengan demikian nama Perguruan Tinggi akan terangkat disamping hasil produk tersebut dapat membiayai sebagian operasional Pendidikan Tinggi.
Konsep Kewirausahaan Mahasiswa harus dilaksanakan sejalan dengan kewirausahaan Perguruan Tinggi/UNIV. Misalnya, adanya kesempatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam Badan Usaha Universitas (BUU), dan bekerja di beberapa unit seperti kantin, Koperasi Mahasiswa (KOPMA), dan lain-lain yang diperlukan dalam kerangka membina jiwa wirausaha. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Proses Pembekalan, karena belum sepenuhnya merupakan usaha mandiri.
Bagi mahasiswa yang memang sudah siap untuk berwirausaha, juga diberikan kesempatan untuk dapat langsung mengikuti kompetisi berwirausaha.
PERAN PERGURUAN TINGGI MENUJU KE ENTREPREUNER UNIVERSITY
Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara Pendidikan Tinggi membekali mahasiswanya agar mempunyai jiwa entrepreuner dengan cara-cara seperti yang telah diuraikan di atas. Namun Perguruan Tinggi juga memiliki peerangkat lunak berupa Dosen yang merupakan asset untuk menjadikan produk-2 dari Perguruan Tinggi.
Produk-produk yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi umumnya di keluarkan oleh hasil riset yang dilakukan oleh para Dosen. Konsekuensi dari hal ini adalah Perguruan Tinggi menyediakan Sarana prasarana seperti Laboratorium yang handal, karena tanpa laboratorium tidak akan menghasilkan produk yang diinginkan. Dengan demikian nama Perguruan Tinggi akan terangkat disamping hasil produk tersebut dapat membiayai sebagian operasional Pendidikan Tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar