— HAND OUT KEWIRAUSAHAAN
Oleh : Naniek Ratni jAR
Oleh : Naniek Ratni jAR
— TIU: MAHASISWA MAMPU MEMBUAT IDE WIRAUSAHA ,MENGEMBANGKAN SEMANGAT WIRAUSAHA DAN MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA YANG BERHUBUNGAN DENGAN BIDANG PRODUK DAN JASA
— DAFTAR ISI
• Mengembangkan semangat wirausaha/menumbuhkan minat
• Enterpreuner
• Menganalisis peluang usaha
• Perbankan
• Marketing plan
• Bisnis Plan
• Bentuk usaha
• Mempersiapkan pendirian usaha
• Menyusun proposal usaha
• Meningkatkan produktivitas usaha melalui motivasi
• Meningkatkan pertumbuhan usaha
— BAB I
MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA
MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA
— SEMUA ORANG DILAHIRKAN SAMA
— MEMPUNYAI PELUANG SAMA
— PANDAI DAN KAYA
— SETELAH LULUS KEMANA ?????
— APA YANG AKAN SAYA KERJAKAN???
— THE FUTURE “ I WILL BE AN ENTERPREUNEUR.
— MEMPERSIAPKAN MENTAL PADA SETIAP ADA PERUBAHAN.
— DUNIA SEKOLAH---------DUNIA KERJA
— PENDIDIKAN FINANSIAL
— UANG ADALAH SEBUAH IDE
— TULIS SEBUAH DAFTAR 10 HAL YANG BISA ANDA LAKUKAN SECARA LEGAL DAN FORMAL SEHINGGA ANDA DAPAT MEMBELI YANG ANDA INGINKAN TANPA MEMINTA PADA ORANG TUA
— BAGAIMANA SDR BISA MEMPUNYAI UANG UNTUK SESUATU YANG ANDA INGINKAN
— SEMAKIN MAJU SUATU NEGARA SEMAKIN BANYAK ORANG TERDIDIK, DAN BANYAK PULA ORANG YANG MENGANGGUR…PENTING BERWIRAUSAHA
— OKI… WIRAUSH MRP POTENSI PEMBANGUNAN BAIK DALAM JUMLAH MAUPUN MUTU WIRAUSAHA ITU SENDIRI
— SISI LAIN BELAJAR
PIRAMIDA
PIRAMIDA
MENTAL
— NILAI PENDIDIKAN DI SEKOLAH ----A
NILAI DI KEHIDUPAN NYATA----F
NILAI DI KEHIDUPAN NYATA----F
— CARA UNTUK MENILAI KUALITAS PENDIDIKAN---ALAT UKUR PRESTASI FINANSIAL
— 16 AGUSTUS 2000 USA TODAY (DANNY SHERIDAN)
MEMPERHITUNGKAN KEMUNGKINAN DAPAT $ I JUTA
MEMPERHITUNGKAN KEMUNGKINAN DAPAT $ I JUTA
— MEMILIKI BISNIS KECIL 1000 : 1
— BEKERJA UNTUK PRSH DOT.COM 10.000 : 1
— MENABUBG $ 800/BLN SELAMA 30 TH 1.500.000 : 1
— MEMENANGKAN KUIS 4.000.000 : 1
— JUDI KASINO 6.000.000 : 1
— MENANG LOTRE 12.000.000 : 1
— WARISAN $ 1 JUTA 12.000.000 : 1
— DARMA BAKTI PEJUANG EKONOMI
— SIKAP NEGATIF MASYARAKAT
— PBB –SUATU NEGARA MAMPU MEMBANGUN APABILA MEMILIKI 2 % WIRAUSAHA
INDONESIA 200 JUTA
2 % -----à 4 JUTA
DI JAPAN- KUNCI SUKSES PEMBANGUNAN JIKA 2 % WIR SEDANG
20 % WIR KECIL
DI INDONESIA --- 3 JUTA WIRUSH BESAR & SEDANG
HARUS MENCETAK 30 JUTA WIRUSH KECIL
— BISAKAH KEWIRAUSAHAAN DIAJARKAN ???
— BEBERAPA PULUH TAHUN YANG LALU TIDAK BISA
— SEKARANG BISA…. DGN ADANYA TRANSFORMASI KEWIRUSH YANG TELAH BERKEMBANG…. PENANAMAN SIKAP DAN PERILAKU U. MEMBUKA BISNIS KMD AKAN MEMBUAT MHS MENJADI SEOR WIRAUSAHA BERBAKAT
— BEBERAPA FAKTOR KRITIS U MEMULAI USAHA BARU
— PERSONAL, YI ASPEK KEPRI : MOTIVASI, KEADAAN EKONOMI, KEADAAN LAPANGAN KERJA
— SOSIOLOGICAL, YI HUB DG ORANG :
— TANGGUNG JAWAB THD KEL.
— ENVIRONMENTAL, YI. HUB. DG LINGKUNGAN : SPIRIT, ENERGI DAN OPTIMIS
— KELEMAHAN BERWIRUSH
— PENDAPATAN TDK PASTI & RISK
— BEKERJA KERAS & WKT/JAM KERJA PANJANG
— KUALITAS HIDUP MSH RENDAH S/D USAHANYA BERHASIL---SBB HRS BERHEMAT
— TANGGUNG JAWAB SANGAT BESAR, BANYAK KEPUTUSAN YANG HARUS DIBUAT WALAU KURANG MENGUASAI PERSOALAN
— KEUNTUNGAN BERWIR
— PELUANG U MENCAPAI TUJUAN YANG DIKEHENDAKI
— PELUANG U MENDEMONSTRASIKAN POTENSI SESEORANG SECARA PENUH
— PELUANG U MEMPEROLEH MANFAAT & KEUNT. SECR. MAKSIMAL
— PELUANG U MEMBANTU MASY DG USAHA KONKRIT
— MANFAAT
— MENAMBAH DAYA TAMPUNG TENAGA KERJA
— GENERATOR PEMBANGUNAN
— MENJADI CONTOH KPD ANGGOTA MASYARAKAT LAIN
— MENGHORMATI HUKUM DAN PER UU
— MENDIDIK KARY U. MANDIRI
— MENJADI CONTOH BAGAIMANA BEKERJA KERAS
— HIDUP SECARA EFISIEN
— DLL
— SIKAP NEGATIF MASYARAKAT THD WIRAUSAHA
— AGRESIF
— EKSPANSIF
— BERSAING
— EGOIS
— TIDAK JUJUR
— KIKIR
— PENGHASILAN TIDAK STABIL
— KURANG TERHORMAT
— PEKERJAAN RENDAH
— PANDANGANSEBAGIAN BESAR MASYARAKAT
— MENGINGINKAN ANAKNYA SEKOLAH TINGGI
— SETELAH LULUS PT AKAN BEKERJA MENJADI PNS
— UNTUK APA SEKOLAH TINGGI2 JIKA HANYA MAU MENJADI PEDAGANG
— RATA-RATA LUPA BAHWA SEBAGIAN MASYARAKAT INDONESIA BERAGAMA ISLAM DAN AJARAN NABI MUHAMMAD SAW, BAHWA PEKERJAAN YANG BAIK ADALAH JUAL BELI (BERDAGANG)
— PENGERTIAN WIRASWASTA
— WIRA : PRAWIRA
— SWA : ATAS KEKUATAN SENDIRI
— STA : KEMAMPUAN UNTUK BERDIRI
— SEORANG WIRASWASTA ADALAH SEORANG USAHAWAN YG MAMPU BERUSAHA DALAM BIDANG EKONOMI DAN NIAGA
— 3 TIPE UTAMA DARI WIRAUSAHA
— WIRAUSAHA AHLI
— THE PROMOTER
— GENERAL MANAGER
— PENGERTIAN WIRAUSAHA (ENTERPREUNEUR)
— PROSES MENCIPTAKAN SESUATU YANG BERBEDA DENGAN MENGABDIKAN SELURUH WAKTU DAN TENAGANYA DISERTAI DENGAN MENANGGUNG RESIKO KEUANGAN , KEJIWAAN, SOSIAL DAN MENERIMA BALAS JASA DALAM BENTUK UANG DAN KEPUASAN PRIBADINYA.
— BAGAIMANA MENJADI WIRAUSAHA SUKSES ?
— WANITA WIRAUSAHA
— WANITA WIR. BERTUMBUH PESAT DIAMERIKA. WANITA MEMBUKA BISNIS 2 KALI DARI PRIA. MEMILIKI 1/3 DARI JUMLAH BISNIS. DIHARAPKAN 50% WANITA PENGUSAHA.
— MACAM TIPE WIRAUSAHA
— WIRAUSAHA YANG MEMILIKI INISIATIF
— WIRAUSAHA YANG MENGORGANISIR MEKANISME SOSIAL DAN EKONOMI UTK MENGHASILKAN SESUATU
— WIRAUSAHA YANG MENERIMA RESIKO KEGAGALAN
— MACAM PROFIL WIRAUSAHA
— WOMAN ENTERPREUNER
— MINORITY ENTERPREUNER
— IMMIGRASI ENTERPREUNER
— PART TIME ENTERPREUNER
— HOME BASED ENTERPREUNER
— FAMILY OWNED BUSSINESS
— COPREUNERS
— YANG PERLU UTK WIRAUSAHA
MODAL
PENCARIAN???
— HUTANG/PINJAM BANK
— MENABUNG
MEMAHAMI POLA ARUS KEUANGAN
— YAITU ASET DAN LIABILITAS
— BAGAIMANA DG RUMAH ANDA???DIAGUNKAN?DISEWA
KAN?
— MOBIL ANDA ???
— ASET DAN LIABILITAS
— DARI SISI BANK
— DARI SISI ANDA
— BANK
— BAGAIMANA DENGAN MENABUNG???
— ANDA
— BANK
— COBA DIBACA/DIARTIKAN
— LAPORAN KEU. BANK
— LAPORAN KEU. ANDA
—
CASH FLOW QUADRANT
MEMAPARKAN BAGAIMANA CARA MEMPEROLEH PENGHASILAN
CASH FLOW QUADRANT
MEMAPARKAN BAGAIMANA CARA MEMPEROLEH PENGHASILAN
E (EMPLOYE) B (BISNIS OWNER)
S (SELF EMPLOYE) I (INVESTOR)
— KETERANGAN
— E : PEGAWAI
— S : PEKERJA LEPAS
— B :PEMILIK USAHA
— I :PENANAM MODAL
— ANDA INGIN BERADA DI KUADRAN YANG MANA????
— PENJELASAN
— E : MEMPUNYAI PEKERJAAN & BEKERJA UNTUK ORANG LAIN
— S MENDAPAT PENGHSLN DG BEKERJA U DIRI SENDIRI
— SEORANG B : MEMILIKI USAHA YANG MENGHSLKAN UANG
— I : MENDAPAT PENGHASILAN DARI BERBAGAI INVESTASI
— ANDA BISA MEMPEROLEH PENGHASILAN DI 4 KUADRAN
— CONTOH :SEORANG DOKTER
— SEBAGAI : STAF RS, DOKTER MILITER, SALON KECANTIKAN
— BUKA PRAKTEK PRIBADI , MENDIRIKAN KANTOR, MENYEWA PEGAWAI
— MEMILIKI SEBUAH KLINIK/ LAB.
— INVESTOR DALAM BISNIS ORANG LAIN, SPT , BURSA SAHAM, BURSA OBLIGASI, REAL ESTATE
— 3 cara mempercepat sdr berada diquadrant B
— 1. cari seorang pembimbing
Pembimbing : orang yang sudah melakukan apa yang ingin anda lakukan & berhasil dalam melakukannya
2. Usaha waralaba
Dengan membeli anda membeli sebuah sistim yang sudah berjalan dan sudah terbukti keampuhannya
Bukan membuat sistim anda sendiri memusatkan pada upaya mengembangkan orang2
3. Pemasaran jaringan
Yaitu sistim distribusi langsung
— Catatan untuk berhasil
— Menaklukkan rasa takut ditolak
Berhenti mencemaskan apa yang dikatakan orang lain
Belajar memimpin orang
Bekerja dg bertbagai jenis orang yang berbeda --- sulit dlm bisnis
Cari organisasi yang mempunyai komitmen mengembangkan orang sebagai manusia ---bukan seorang wiraniaga
— ciri2nya
— Mempunyai catatan prestasi
— Mempunyai peluang bisnis
— Mempunyai program pendidikan kajang u. PD
— Memp program bimbingan yang kuat
— Memp orang2 yang anda hormati dan sukai
—
SIFAT YANG PERLU DIMILIKI WIRAUSAHA
SIFAT YANG PERLU DIMILIKI WIRAUSAHA
— KEPRIBADIAN YANG PRODUKTIF YI KEGIATAN YANG MENIMBULKAN ATAU MENINGKATKAN KEGUNAAN
— TEMPERAMEN
MENURUT HIPOCRATES : CHOLERIC : PANAS
SANGUINE : TERLALU OPTIMISTIS
MELANCHOLIC : PENDIAM
PHLEGMATIC : TOO SLOW
(TEMPERAMEN INI TIDAK BOLEH DIKATAKAN INI JELEK, ITU JELEK SBB TEMPERAMEN ITU BISA DIIMBANGI DENGAN WATAK).
PRIBADI YANG MENYENANGKAN,SETIAP KATA DAN KALIMATNYA HARUS MEYAKINKAN, SETIAP KEBERATAN HARUS DIJAWAB DENGAN TEPAT DAN MEMUASKAN.MEMBERI PERTIMBANGAN-PERTIMBANGAN KEARAH PROSES LANCARNYA PEMBICARAAN.
— Percaya diri
— Berorientasi tugas dan hasil
— Pengambil resiko
— Kepemimpinan
— Keorisinilan
— Berorientasi ke masa depan
— Menurut Fadel Muhammad, 1992
— Kepemimpinan
— Inovasi
— Pengambilan keputusan
— Sikap tanggap thd perubahan
— Bekerja ekonomis dan efisien
— Visi masa depan
— Sikap thd resiko
— Konsep 10 D Bygrave
— Dream
— Desiveness
— Doers
— Determination
— Dedication
— Devotion
— Details
— Destiny
— Dollars and distribute
— BAB 3
PELUANG-PELUANG USAHA
PELUANG-PELUANG USAHA
— BANYAK PERUSAHAAN MENAWARKAN PRODUK YANG BAIK. NAMUN PRODUK TADI HANYA SEDIKIT YANG TERJUAL. FAKTOR YANG ADA KAITANNYA DENGAN MENILAI PELUANG PASAR MELIPUTI RISET PASAR, PENGUMPULAN DATA DAN MEMILIH LOKASI BISNIS
— RISET PASAR
— AKAN MENEMUKAN PASAR BARU YANG DAPAT MEMBANTU DIMASUKI DENGAN PERTANYAAN SBB :
— APAKAH YANG MERUPAKAN KEBUTUHAN SEKARANG DAN POTENSIAL DARI PELANGGAN ANDA ?
— PASAR TAMBAHAN MANA YANG DAPAT DIJELAJAHI ?
— BAGAIMANA CIRI2 KHUSUS PELANGGAN ANDA ?
— APAKAH KEISTIMEWAAN PRODUK ATAU JASA ANDA DARI YANG DIPUNYAI PARA PESAING ANDA ?
— SAMPAI DIMANA KEFEKTIFAN KEGIATAN PROMOSI ANDA ?
— COBA BUAT PERTANYAAN UNTUK RISET PASAR
— BIDANG TEKNIK LINGKUNGAN YANG BERKAITAN DENGAN PENGOLAHAN LIMBAH
— - PENYEDIAAN PERENCANA
— - PENYEDIAAN ALAT
— - PENYEDIAAN BAHAN
— - KEPADA SIAPA?
— - TRANSPORTASI
— BANTUAN DARI DATA SEKUNDER YAITU DATA SENSUS
— STATISTIK PEREKONOMIAN NEGARA
— STATISTIK TENTANG PERUMAHAN : BERARTI MENGANDUNG STATISTIK TENTANG PERALATAN RUMAH , AC, KULKAS, PERABOTAN MEBEL DLL
— STATISTIK MENCERMINKAN GAYA HIDUP
— LOKASI USAHA
— LOKASI PENTING BAGI BISNIS TERTENTU USAHA PAKAIAN, BAHAN MAKANAN, TETAPI TIDAK BAGI USAHA BARANG ANTIK, BENGKEL MOBIL.
— YANG PENTING : KEDEKATAN PASAR, HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN,TERSEDIANYA STAF YANG MAMPU, TERSEDIANYA BAHAN-BAHAN MENTAH.
— CONTOH FORMULIR ANALISIS BIAYA
— BAB 6 PROFIL USAHA
— PENGEMBANGAN WAWASAN JENIS BIDANG USAHA
— MANA YANG DIPILIH : TGT ------MINAT : INDUSTRI, KERAJINAN, PERDAGANGAN/ JASA
--- MODAL
--- RELASI
— RINTISAN USAHA BARU
— DEPNAKER BEKERJA SAMA DENGAN LSM DAN KOPERASI KONSULTASI BISNIS JAWA BARAT TELAH MENGADAKAN PELATIHAN UNTUK MEMBENTUK WIRAUSAHA BARU.
— GROSIR
— GROSIR BARANG UMUM : DAPAT MEMENUHI PERDAGANGAN ECERAN KARENA MEMPUNYAI BERMACAM MACAM PRODUK DAN MENGAMBIL KEUNTUNGAN DARI ORDER YANG CUKUP BESAR
— GROSIR BARANG KHUSUS : MENGKHUSUSKAN BIDANG TTT, MISAL ; BAHAN PANGAN, OBAT2AN, PAKAIAN JADI DLL.
— PERDAGANGAN ECERAN
— PERDAGANGAN ECERAN ADALAH KEGIATAN MENJUAL BARANG DAN JASA KEPADA KONSUMEN AKHIR.
— ECERAN BESAR
— SPECIALITY STORE
— DEPARTEMEN STORE
— SUPERMARKET
— HYPERMARKET
— GENERAL STORE
— CHAIN STORE
— ECERAN KECIL
— KIOS
— DEPOT
— KAKI LIMA
— PASAR SORE
— RODA DORONG
— PEDATI
— WARMOB
— TUKANG CATUT
— 7. PROSEDUR DAN TIPE USAHA
— MODAL USAHA
— KETERANGAN DOMISILI
— NAMA PERUS. DINOTARISKAN
— PILIH BENTUK KEPEMILIKAN USAHA (CV, PT, UD)
— DIDAFTARKAN KEPADA DINAS PERINDAG DAN PENANAMAN MODAL
— DAFTARKAN KE ASOSIASI
— MENJALANKAN USAHA
— BAB 8. BISNIS PLAN
— TUJUAN DAN SASARAN PERUSAHAAN DAPAT DITETAPKAN MELALUI PERENCANAAN. DG BERTUMBUHNYA PERSH ANDA SEMAKIN BERTAMBAH BESAR AKAN KEBUTUHAN PERENCANAAN
— BP ADALAH DOKUMEN YANG MENYATAKAN DAYA TARIK DAN HARAPAN SEBUAH BISNIS.
— SEBUAH BISNIS PLAN YANG AKAN MENGOPERASIKAN SEBUAH PABRIK TTT YANG MENCANTUMKAN SECARA JELAS : LOKASI , PROSES, MASALAH BAHAN BAKU, MESIN DAN PERLENGKAPAN, KARYAWAN YANG TERLATIH, MASALAH TEMPAT, TANAH, RUANGAN YG TERSEDIA.
— KERANGKA RENCANA USAHA
— NAMA PERUSAHAAN ;
— - SHORT
— -SIMPEL
— - EASY TO SPELL
— - EASY TO REMEMBER
— - ENAK DIBACA
— -TAK ADA NADA SUMBANG
— - TAK KETINGGALAN ZAMAN
— - ADA HUB. DG BARANG DAGANGAN
— - TIDAK MENYINGGUNG KLP.ORANG/ TIDAK NEGATIF
— LOKASI PABRIK/INDUSTRI
— DEKAT DG SUMBER MATERIAL
— DEKAT DG PASAR
— MUDAH MENDAPAT TNG KEREJA
— MUDAH FASILITAS TRASPORTASI
— MUDAH MEMPEROLEH BAHAN BAKAR
— MUDAH MEMPEROLEH AIR
— SIKAP PEMDA SETEMPAT DAN MASYARAKATNYA
— KOMODITI YANG AKAN DIUSAHAKAN
— MEMBANJIRNYA PERMINTAAN MASYARAKAT THD JENIS HASIL TTT.
— TERIDENTIFIKASINYA KEBUTUHAN TERSEMBUNYI MASYARAKAT AKAN BARANG DAN JASA
— KURANGNYA SAINGAN
— ADANYA KEMAMPUAN BERSAING.
— KONSUMEN YANG DITUJU
— Permintaan permanen
— Dg memperhatikan waktu-waktu luang/masa libur
— Pasar yang akan dimasuki
— Market leader
— Penantang pasar
— Pengikut pasar
— Partner yang diajak kerjasama
— Senior partnership
— Yunior partnership
— BISNIS PLAN
MENGAPA PERLU DISUSUN BISNIS PLAN?
— TO SELL YOUR SELF ON THE BUSSINES
— TO OBTAIN BANK FINANCING
— TO OBTAIN INVESMENT FUNDS
— TO OBTAIN LARGE CONTRACT
— BUSINESS PLAN
— SUATU DOKUMEN YG MENYATAKAN KEYAKINAN ATAU KEMAMPUAN SEBUAH BISNIS UNTUK MENJUAL BARANG ATAU JASA DG MENGHASILKAN KEUNTUNGAN YNG MENARIK.
— SEBUAH SELLING DOKUMEN YANG BERISI DAYA TARIK DAN HARAPAN SEBUAH BISNIS.
— BENTUK FORMAL BISNIS PLAN
— HALAMAN DEPAN
— DAFTAR ISI
— RANGKUMAN EKSEKUTIF
— PENJELASAN TENTANG PERUSAHAAN
— PEMASARAN
— BARANG DAN JASA YANG DIHASILKAN
— USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN
— PERMODALAN
— LAMPIRAN
— ISI
— 1. PENDAHULUAN
NAMA DAN ALAMAT PERUSAHAAN
NAMA DAN ALAMAT PEMILIK
NAMA DAN ALAMAT PENANGGUNG JAWAB YG BS DIHUBUNGI SEWAKTU-WAKTU
INFORMASI BISNIS YANG DILAKSANAKAN.
2. RANGKUMAN EKSEKUTIF YANG BS MENJELASKAN SECARA KOMPLIT ISI DARI BISNIS PLAN
• ANALISIS INDUSTRI
PERSPEKTIF MASA DEPAN
ANALISIS PERSAINGAN
SEGMENTASI PASAR YANG AKAN DIMASUKI
RAMALAN TENTANG PRODUK YANG DIHASILKAN
— RENCANA U. MEMULAI BISNIS
— PUTUSKAN U. MENDIRIKAN BISNIS
— ANALISIS KEKUATAN & KELEMAHAN ANDA
— PILIHLAH SEBUAH PRODUK ATAU JASA
— LAKSANAKAN RISET PASAR
— TAKSIR BAGIAN PASAR ANDA YANG POTENSIAL
— PILIHLAH LOKASI PERUSAHAAN ANDA
— SIAPKAN RENCANA KEUANGAN
— SIAPKAN RENCANA PRODUKSI
— SIAPKAN RENCANA MANAJEMEN
— SIAPKAN RENCANA PEMASARAN
— PINJAM DANA UNTUK MEMULAI
— MENGAMBIL RESIKO
— POTENSI KETIDAK PASTIAN
- KEGAGALAN
- SUKSES
MISAL :
ANDA PUNYA PEKERJAAN AMAN GAJI Rp 10.000.000/th dg promosi setiap th -à dapat diramalkan
MEMBELI /MENDIRIKAN PERSH YANG GAJI PEMILIKNYA Rp 20.000.000,-/th
Mungkin -à prs jalan terus/ gagal
-------à ambil resiko
— PERTUMBUHAN USAHA
DG Menetapkan prioritas
DG Menetapkan prioritas
mis: biaya --à efisiensi biaya
— Upaya2 : 1. biaya langsung
karyawan
bahan u produk
2. biaya tdk langsung
bahan bantu
bahan umum
penerangan, bahan bakar
3. Biaya administrasi
4. Biaya penjualan
periklanan
Gaji dr staf penjualan
Promosi penjualan
— Menggunakan waktu sec. efektif
— Identifikasi tujuan khusus harian menurut penting, tetapkan kerutinan kantor,shg dpt berjalan tanpa anda
— Motovasi dari dalam
— Tetapkan batas waktu
— Manfaatkan telp
— Buatlah catatan : isi rapat, diskusi dg staf, pikiran diri sendiri, nama2, no. telp,perjanjian
— Jangan melakukan segalanya
- pusatkan perhatian pd yang penting
- selektif
- belajar mengatakan tidak kpd kegiatan yang memakan waktu
. Tetapkan waktu
. Ajukan pertanyaan sebelum memulai pekerjaan
. Orientasi pada tindakan
. Rencanakan hari esok secara terinci
. Berguru pada pengalaman
. Tanyakan penggunaan waktu anda
— BAHAN PENASEHAT PERSH
KONSULTAN AKUNTAN
PENSHT TEKNIS P.FINANSIAL
ANDA WIRAUSH
BANK PENGACARA
PENASIHAT P. HKM
INVESTASI
— UNTUK KESTABILAN BISNIS
— PENASIHAT HRS PUNYA WAKTU UNTUK PERSH
— JANGAN MEMBIARKAN KEPUTUSAN DR BADAN PENASIHAT BERTENTANGAN DG NASIHAT PARA PROFESIONAL
— BERSEDIALAH MEMBAYAR ANGGOTA BP YG PRODUKTIF
— SETAHUN SEKALI EVALUASI KEGIATAN BP
— SISTIM INFORMASI
1. PENTINGNYA FAKTA/ANGKA
- FAKTA PENJUALAN
- PENGELUARAN2
- PENGUMPULAN PEMBAYARAN (MENJUAL BANYAK TTP PEMBAYARAN KECIL)
- PENJUALAN KREDIT SHG MEMBEBANI PERSH
- INF. ATAS ORANG SPT GAJI & .PRODUKTIVITAS ORANG
2. LAPORAN MANAJEMEN ANDA
LAPORAN HARIAN
LAPORAN /BULAN
LAPORAN TRIWULAN
3. SISTEM.
— MENGGUNAKAN SUMBER DAYA
• MEMPEROLEH SD YANG LANGKA
MENEMPATKAN PERSONALIA
ADAKAN PELATIHAN
PENSUPLAI
TEKNOLOGI BARU
SD KEUANGAN
2. MENILAI PELUANG PASAR
— PROMOSI
— ADVERTISING
— PERSONAL SELLING
— SALES PROMOTION
— PUBLIC RELATION
— BENTUKBENTUK ADVERTISING
— PAPAN REKLAME
— POSTER
— KATALOG
— FOLDER
— SPANDUK
— SLIDE
— IKLAN
— PAPAN NAMA PEURSH
— PERMEN, BALLPOIN, NOTE BOOK
— PROMOSI SEDERHANA
— MEMASANG PAPAN NAMA PERUSH
— MEMASANG SPANDUK “ SUDAH DIBUKA…………”DAN KEUNGGULAN PRODUKNYA
— MENYEBARKAN BROSUR2
— MEMBERITAHU KAWAN
— MENYEBAR KARTU NAMA
— STRATEGI PROMOSI
ORANG MEMBELI KARENA
MRK MEMP. KEBUTUHAN DASAR
MRK MENGINGINKAN STATUS(PAKAIAN MENURUT MODE TERAKHIR)
MRK INGIN BARANG MEWAH ATAU YANG TDK MENDASAR(TV, KOSMETIK)
MRK INGIN MENGGUNAKAN PRODUK U. TUJUAN BISNIS (MESIN TULIS, MEJA TULIS, PENGANGKUT DLL.)
— JENIS, SEJAUH MANA KEG. PROMOSI PENJUALAN ANDA, DITENTUKAN JAWABAN ATAS PERTANYAAN BERIKUT
— APA KEBIJAKAN PEMASARAN ANDA
— DIMANAKAH PASAR POTENSIAL ANDA
— SIAPA KLP TARGET PENJUALAN
— MEDIA IKLAN APA SEBAIKNYA
— APK TERSEDIA CUKUP UANG U. PROMOSI
— KAPAN PROMOSI DIMULAI
— BGMN MENGEVALUASI PROMOSI
— BGMN PROMOSI YG BERBEDA DR YG RUTIN
— APK PROMOSI JG MENJUAL PRODUK SAMPING
— BGMN MENGUKUR EFEKTIFITAS PROMOSI
— BAB 9 MARKETING PLAN
— PRODUCT
— PRICE
— PLACE
— PROMOTION
— SEBEL UM MENYUSUN MARKETING PLAN WIRUSH HRS MENGETAHUI
— SELUK BELUK KONSEP PEMASARAN. UJNTUK MENYUSUN MARKETING PLAN HRS BISA MENJAWAB : WHERE HAVE WE BEEN
WHERE DO WE WANT TO GO ?
HOW DO WE GET THERE
DARI MANA KT BRK?
KEMANA ARAH YANG DITUJU?
BAGAIMANA MENCAPAI SASARAN ITU?
— MARKETING PLAN MEMUAT
— ANALISA SITUASI
— TUJUAN PEMASARAN
— STRATEGI INTI
— JADWAL PELAKSANAAN
— ANGGARAN PEMASARAN
— KONTROL
— MARKETING
— PROFESI MARKETING
— SENI : KEPANDAIAN DALAM MENJUAL
— MENGUASAI PRODUK
— KEADAAN PEMBELI
— METODE MENJUAL : TELEMARKETING, MLM, DIRECT POS
— PERIKLANAN
— IKLAN MENARIK PELANGGAN
— TUJUAN IKLAN : PELANGGAN BARU
— PELANGGAN LAMA
— IKLAN CETAK CIRI2NYA
— HRS UNIK & PUNYA CIRI KHAS
— HRS SEDERHANA & MUDAH DIMENGERTI
— MENGANDUNG INFORMASI FAKTUAL, YG MENYOROT SATU CIRI UTAMA
— HARUS MENCERMINKAN CITRA YANG SANGAT POSITIF DR PRSH
— TUGAS : BAG. PERSONALIA BANG. IDE.MENYIAPKAN TEKS IKLAN
— KPD SURAT KABAR LOKAL
— RADIO
— BUKU TELP (YELLOW PAGE)
MENGEVALUASI IKLAN
RISET
PENINGKATAN PENJUALAN
BANTUAN PERIKLANAN
BIRO IKLAN
— HAK GUNA PATEN
— MRP SUATU SISTEM MENDISTRIBUSIKAN PRODUK ATAU JASA MEL. SALURAN YANG DIMILIKI OLEH SESEORANG YANG MEMILIKI HAK GUNA PATEN
— MRP KEGIATAN BISNIS YANG PALING CEPAT BERTUMBUH
— CARA MENGEMBANGKAN BISNIS
— MENJUAL HAK PATEN DG MENAWARKAN KEPADA PEMBELI.
PEMILIHAN & PEMBELIAN LOKASI
PENDIRIAN GEDUNGNYA
AKSES PD KEUANGAN
PROSEDUR STANDAR U. SEMUA ASPEK OPERASIONAL SPT MANAJEMEN, IKLAN & PROSEDUR
— PERTIMBANGAN ATAS PRODUK
— BGMN PASAR SKR
— PROYEKSI PRODUK
— SIAPA PESAINGNYA
— BGM PRODUKNYA DIBDG DG PRODUK LAIN
— APK PRODUK TGT PERMINTAAN
— KONTRAK HGP
— APK KONTRAK BERSIFAT ADIL
— APK KONTRAK LENGKAP MLPT BBRP ASPEK
— APK SYARAT2 KONTRAK HGP PANTAS
— APK SYARAT2 SBB PANTAS
PEMBAYARAN TETAP
PERJANJIAN PEMBELIAN BRG
KUOTA PENJUALAN
HAK EKSKLUSIF ATAS WILAYAH
PENGAKHIRAN HGP
BIAYA HGP
SYARAT2 PEMBELIAN KEMBALI
— BANTUAN BAGI P. HGP
— PELATIHAN MACAM APK YG DISEDIAKAN BAGI MANAJEMEN DAN PEGAWAI
— PROSEDUR KHUSUS APK YANG TERSEDIA UNTUK PENGENDALIAN SEDIAAN
— SURVEI PASAR MANA YANG TELAH DILAKSANAKAN
— BAGAIMANA SYARAT BAGI PERIKLANAN DAN PROMOSI PENJUALAN
— BANTUAN KEUANGAN MANA YANG TERSEDIA
— DAERAH PASAR
— BERAPA BESAR DAERAH HGP
— BAGAIMANA PENGALAMAN LABA DR PEMEGANG PATEN LAIN DI DAERAH LAIN
— APK LAPORAN KEUANGAN MENUNJUKKAN BAHWA PEMEGANG PATEN BERHASIL
— APK TDP LAPORAN TTG PROYEKSI PENJUALAN, BIAYA OPERASIONAL DAN PENDAPATAN BERSIH
— EKSPOR DAN IMPOR
— MENGEKSPOR DAPAT MEMBERIKAN PASAR BARU BAGI USAHA
— KENDALA : PP
BAHASA
JARAK FISIK ANARA ANDA DAN PELANGGAN
. PERSAINGAN BERLANGSU NG DIANTARA BISNIS2 YG MENJUAL PRODUK YANG MIRIP DAN BERSAINGAN U PELANGGAN YANG SAMA
— FAKTOR LUAR (OPERASI BISNIS DIPENGARUHI)
— DISTRIBUSI PELANGGAN PERKEMBANGAN
— UU BISNIS TEKNOLOGI
— KONDISI PERUSH KECENDERUNGAN
— KEUANGAN PASAR
— PENSUPLAI KOMPETISI PERATURAN
— MENGGUNAKAN D.D. LUAR
— MENGAPA? DAPAT MENGUMPULKAN BEBERAPA IDE DAN PENDAPAT DORMASIG ORG LAIN
— ALASAN-ALASAN :
INFORMASI DAN DAPAT DATANG DR PELBAGAI SUMBER YANG BERBEDA
MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANDA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN
DAPAT MENOLONG
DPT MENINGKATKAN EFEKTIFITAS
— BANTUAN GRATIS ATAU DG FEE
—
BAB 10 MENINGKATKAN
PRODUKTIVITAS MELALUI MOTIVASI
BAB 10 MENINGKATKAN
PRODUKTIVITAS MELALUI MOTIVASI
— MOTIVASI ADALAH KEMAUAN UNTUK BERBUAT SESUATU , SEDANGKAN MOTIV ADALAH KEBUTUHAN , KEINGINAN, DORONGAN. MOTIV DG KEKUATAN BESARLAH YG AKAN MENENTUKAN PERILAKU SESEORANG.
— TEORI MOTIVASI HIRARKHI KEBUTUHAN MASLOW
BAHWA KEBUTUHAN MANUSIA DAPAT DIPAKAI UNTUK MELUKISKAN ATAU MERAMALKAN MOTIVASINYA. TEORINYA TTG MOTIVASI DIDASARKAN 2 ASUMSI. PERTAMA KEBUTUHAN SESEORANG TGT APA YANG DIPUNYAINYA.KE 2 KEBUTUHAN MERUPAKAN HIRARKI DILIHAT DARI PENTINGNYA. MENURUT MASLOW ADA LIMA KATEGORI KEBUTUHAN MANUSIA YAITU : PHISIOLOGICAL NEEDS,
SAFETY,
SOCIAL,
ESTEEM(PENGHARGAAN)
DAN SELF ACTUALIZATION(PERWUJUDAN DIRI.
PERWUJUDAN DIRI
PENGHARGAAN
AFILIASI(SOSIAL)
KEAMANAN
FISIOLOGIS
— TEORI X DAN Y
TEORI X
PEKERJAAN PADA HAKEKATNYA TIDAK DISENANGI ORANG BANYAK
KEBANYAKAN ORANG RENDAH TANGGUNG JAWABNYA
KEBANYAKAN ORANG KURANG KREATIF
ORG LEBIH SUKA MEMIKIRKAN KEBUTUHAN FISIK,ASAL SDH TERPENUHI SELESAI PERSOALANNYA.
KEBANYAKAN ORANG HRS DIKONTROL SECARA KETAT DAN SERING HARUS DIPAKSA BEKERJA.
— TEORI Y
PEKERJAAN ITU SBTLNYA SAMA DG BERMAIN, CUKUP MENARIK DAN MENGASYIKKAN.
ORANG MEMPUNYAI KEMAMPUAN KREATIVITAS
SETIAP ORANG MEMP. KEMAMPUAN MENGAWASI SENDIRI GUNA MENCAPAI TUJUAN.
ORANG TIDAK HANYA MEMILIKI KEBUTUHAN FISIK SAJA TETAPI KEBUTUHAN AKAN RASA AMAN, INGIN BERGAUL, INGIN DIHARGAI, DAN INGIN MENONJOLKAN DIRINYA.
ORANG HARUS DIBERI MOTIVASI AGAR DAPAT MEMBANGKITKAN DAYA INISIATIF DAN KREATIVITASNYA.
KEDUA TEORI INI JANGAN DISIMPULKAN BHW TEORI X JELEK, TEORI Y BAIK. MEMBERIKAN KIRA-KIRA ARAH ATAU KECENDERUNGAN ORANG.
— Menganalisis Rencana
Rencana Bisnis dianalisis untuk mengenali kelemahan2 yg dapat mengakibatkan kesulitan2 keuangan dimasa datang, untuk mentest strategi alternatif utk penjualan bauran produk, pengendalian biaya , investasi, pengembangan staf, pembiayaan dst.
— apakah perusahaan anda memelihara tingkat efisiensi keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan ?
Analisis ; Ratio2 untuk
Margin bersih : laba bersih x 100 %
penjualan
Margin kotor : laba kotor x 100 %
penjualan
Margin Pengeluaran : Pengeluaran x 100 %
penjualan
— Apakah kita telah mengurangi risiko kerugian dagang dalam rencana2 kita ?
— Analisis : dua ratio dapat dipakai untuk mengukur risiko dagang.
• Titik impas (Break Event Point) untuk penjualan yang akan menutup pengeluaran bisnis yakni laba sama dengan nol.
• BEP = Pengeluaran Bisnis
Margin Kotor (%)
Umpamanya, jika pengeluaran anda untuk tahun itu sebesar Rp 102.000.000 dan marjin kotor 27 %, maka titik impas bisnis anda :
Rp.102.000.000 = Rp 337.800.000
27 %
Mengapa ? Karena jika penjualan anda mencapai Rp 337.800.000,
marjin kotor anda akan berjumlah total : 27 % x Rp 377.800.000 = Rp 102.000.000.
Jadi pas untuk menutup biaya pengeluaran.
— Jika diterapkan mingguan
— Jika pengeluaran mingguan Rp 2.000.000
(gaji,sewa, biaya gedung, dst).maka titik impas anda untuk seminggu akan berupa penjualan sebesar = Rp 2.000.000 =
27 %
= Rp 7.400.000
Jadi titik impas bisa digunakan untuk menghitung beberapa titik impas misal : stitik impas sebelum dipotong gaji, divisi produk, menurut lokasi penjualan, atau kelompok penjualan.
— Margin of Safety (M/K) Adalah persentase penurunan dalam penjualan di bawah penjualan yang anda rencanakan, sebelum perusahaan anda mencapai titik impas (tingkat laba nol)
— M/K = Rencana Penjualan – Penjualan titik impas x 100 %
— Rencana Penjualan
— Umpama jika rencana bisnis anda menghendaki penjualan sebesar Rp 600.000.000 dan tingkat pengeluaran dan margin kotor menghendaki penjualan titik impas sebesar Rp 377.800.000 maka M/K bisnis anda
— Rp. 600.000.000 – Rp 377.800.000 x 100 % = 37 %
— Rp 600.000.000
— Dengan kata lain , jika penjualan jatuh 37% dibawah rencana anda , anda akan berada pada titik impas anda, yakni titik laba nol.
— Apakah keuangan bisnis anda mantap ?Apakah kita telah mengurangi resiko keuangan ?
— Analisis : pelbagai ukuran telah dijadikan untuk memeriksa kemantapan keuangan?
— Sebuah ukuran likuiditas umum untuk memeriksa kemantapann keuangan jangka pendek adalah rasio kas :
— Uang kas (atau ekivalen dengan uang kas ) = …………. Kali
Hutang lancar (atau ekivalen)
Umpamanya jika posisi keuangan anda menunjukkan bahwa kas, saldo, bank, piutang (yang akan segera ditagih), investasi jangka pendek dan inventaris (juga mudah diuangkan), berjumlah Rp. 60.000.000
dan jika hutang yang harus dibayar bulan depan berjumlah Rp 50.000.000,- maka ratio likuiditas menjadi :
Rp. 60.000.000,- = 1,20 kali
Rp. 50.000.000,-
— Jadi untuk setiap Rp 1.000,-yang terhutang dalam hutang jangka pendek, kita mempunyai uang tunai/harta yang ekuivalen dg kas sebesar Rp 1.200,-. Suatu posisis yang cukup stabil . Ratio kurang dari 1,00 menunjukkan posisi keuangan yang tidak stabil.
— MENJADI ENTREPREUNER BERBASIS TEKNOLOGI
(TECHNOPREUNER)
(TECHNOPREUNER)
— Pendahuluan
— Perguruan Tinggi/Universitas senantiasa mengembangkan dalam hal Academic Excellence untuk pendidikan yang intinya adalah :
— Menyediakan kesempatan seluas-luasnya pada civitas academica untuk menjadi individu yang berintegritas, terpercaya, memiliki kemampuan berusaha, berkomunikasi, bekerjasama, dan berkompetensi dengan baik.
— Menghasilkan para lulusan yang dapat menjadi professional yang handal dan dipercaya, pemimpin yang adil, pengusaha yang jujur dan bermartabat, atau pendidik yang cendekia dan mumpuni dalam ilmunya.
— Dari pengembangan kebijakan tersebut dapat disimpulkan bahwa keberhasilan seorang lulusan dalam karirnya tidak hanya ditentukan oleh keberhasilan dalam bidang akademik selama masa studi, tetapi juga sangat ditunjang oleh kemampuan non-akademiknya. Dalam rangka meningkatkan mutu lulusan professional, pengusaha yang jujur dan bermartabat tersebut maka dapat dilakukan program Student Enterpreneurship dengan tujuan sebagai berikut :
— Pemberian kesempatan kepada mahasiswa sebagai bagian dari civitas academia untuk dapat membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan praktek kewirausahaan.
— Mengupayakan lulusan yang dapat menjadi pengusaha yang jujur dan bermartabat.
— Usaha-usaha yang akan ditempuh antara lain melibatkan mahasiswa secara langsung sebagai subjek kegiatan, dan juga menggalang kerjasama dengan pemerintah dan industri, terutama dengan industri kecil dan menengah.
— Dalam makalah ini diharapkan dapat memberikan tidak hanya berupa wawasan pada mahasiswa, tetapi lebih dari itu dapat memberikan motivasi yang cukup untuk memahami
— jiwa kewirausahaan, dan bahkan lebih jauh mempunyai keinginan sungguh-sungguh untuk berwirausaha setelah lulus nanti.
— Student Enterpreneurship (Kewirausahaan Mahasiswa)
— Berwirausaha tidak hanya akan bermanfaat bagi pelakunya tapi juga bermanfaat untuk dapat membantu lulusan baru bekerja dan juga pengembangan ekonomi Negara secara makro, terutama melaui kegiatan Usaha Kecil dan Menengah yang justru pada saat ini di Indonesia masih tertinggal. Salah satu akibatnya adalah kekuatan dan daya tahan perekonomian Negara kita menjadi lemah, pemerataan pendapatan masyarakat sulit tercapai.
— Peran Perguruan Tinggi dalam hal menjebatani kegiatan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa masih terlalu kecil dan lemah. Dengan kewirausahaan mahasiswa, lulusan UPN diharapkan mampu menciptakan lapangan usaha dan pekerjaan baru baik yang berbasis teknologi maupun kemampuan berwirausaha yang bersifat umum.
— Pelaksanaan kewirausahaan untuk mahasiswa diharapkan diselenggarakan dengan prinsip:
— Pendidikan menuju profesionalisme
— Kompetisi secara bebas
— Pendidikan menuju profesionalisme dilaksanakan dengan penekanan pada praktek wirausaha. Sedangkan prinsip Kompetisi adalah pemberian kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh mahasiswa agar berpartisipasi, kemudian dilakukan seleksi.
— Berdasarkan prinsip-prinsip tersebut, kewirausahaan untuk mahasiswa memiliki tahapan :
— Penyadaran
— Pembekalan
— Pelaksanaan (Berwirausaha)
— Penyadaran diperlukan karena sebagian besar mahasiswa belum tahu apa pentingnya kewirausahaan. Konsep-konsep utama dilakukan secara meluas kepada seluruh mahasiswa. Pembekalan bertujuan memberikan struktur pengetahuan dan pengalaman yang akan dapat digunakan untuk jangka panjang dan untuk kepentingan yang luas.
— Pelaksanaan (Berwirausaha) diharapkan agar menghasilkan wirausahawan-wirausahawan baru yang mampu terjun ke masyarakat bisnis.
— Tahapan kegiatan yang dimaksud di atas dan peserta mahasiswa yang terlibat di skemakan sebagai berikut :
— MAHASISWAPENYADARAN
— (Mhs yang tertarik)PEMBEKALAN
— (Mhs yang serius)PELAKSANAAN
— (Mhs yang berbakat)Bentuk Usaha
—
Penyandang Dana
Penyandang Dana
— Investor
— TAHAP PENYADARAN
— Pada tahap Penyadaran diharapkan 10-20% dari seluruh mahasiswa dapat turut serta berpartisipasi secara aktif sampai kegiatan selesai. Bentuk kegiatan adalah kuliah umum yang diberikan oleh wirausahawan-wirausahawan yang sukses ditingkat nasional. Topic bahasan meliputi pemberian motivasi dengan contoh-contoh pengalaman, baik mengenai hal-hal mendasar yang seharusnya dimiliki seorang entrepreneur, maupun praktek wirausaha di berbagai bidang yang relevan dengan disiplin yang ada di Perguruan Tinggi.
— TAHAP PEMBEKALAN
— Tahap pembekalan diberikan kepada mahasiswa yang telah sadar dan termotivasi akan pentingnya kewirausahaan. Diharapkan mereka secara serius akan mengikuti pembekalan kewirausahaan dengan garis besar terdiri atas :
— Mengembangkan Rencana Bisnis dan Pengetahuan Aspek Hukum
— Pembuatan proposal Studi Kelayakan Usaha (SKU)
— Analisis Kegiatan Bisnis Perusahaan
— Bentuk kegiatan adalah pelatihan dengan instruktur sebagian besar UNIV atau dari luar. Penyelenggaraan kegiatan berbeda dengan perkuliahan yang dilakukan di bidang akademik. Sifat kegiatan mendorong mahasiswa untuk belajar secara mandiri dan aplikasi, namun teori yang diberikan tidak seluas dan sedalam di perkuliahan akademik. Pembekalan mengenai manajemen bisnis, pengetahuan aspek hukum dan SKU tetap perlu diberikan untuk memberikan struktur pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk berkembang dikemudian hari. Di dalam analisis Kegiatan Bisnis Perusahaan, mahasiswa melakukan penelusuran laporan tahunan suatu perusahaan ataupun harga saham untuk memberikan evaluasi kebijakan seolah-olah sebagai manajer perusahaan tersebut.
— TAHAP PELAKSANAAN (BERWIRAUSAHA)
— Ciri khas pada tahap ini adalah kompetisi atau proses seleksi pada mahasiswa yang sudah memahami bekal tentang organisasi kewirausahawan dan telah membuat proposal untuk
— berwirausaha (SKU). Penilaian layak tidaknya suatu SKU dilakukan dengan melibatkan investor-investor. Diharapkan dapat diperoleh 10 bentuk usaha sebagai target tahun pertama pelaksanaan Kewirausahaan Mahasiswa.
— Produk-produk yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi umumnya di keluarkan oleh hasil reset yang dilakukan oleh para Dosen. Konsekuensi dari hal ini adalah Perguruan Tinggi menyediakan Sarana prasarana seperti Laboratorium yang handal, karena tanpa laboratorium tidak akan menghasilkan produk yang diinginkan. Dengan demikian nama Perguruan Tinggi akan terangkat disamping hasil produk tersebut dapat membiayai sebagian operasional Pendidikan Tinggi.
— Konsep Kewirausahaan Mahasiswa harus dilaksanakan sejalan dengan kewirausahaan Perguruan Tinggi/UNIV. Misalnya, adanya kesempatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam Badan Usaha Universitas (BUU), dan bekerja di beberapa unit seperti kantin, Koperasi Mahasiswa (KOPMA), dan lain-lain yang diperlukan dalam kerangka membina jiwa wirausaha. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Proses Pembekalan, karena belum sepenuhnya merupakan usaha mandiri.
— Bagi mahasiswa yang memang sudah siap untuk berwirausaha, juga diberikan kesempatan untuk dapat langsung mengikuti kompetisi berwirausaha.
— PERAN PERGURUAN TINGGI MENUJU KE ENTREPREUNER UNIVERSITY
— Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara Pendidikan Tinggi membekali mahasiswanya agar mempunyai jiwa entrepreuner dengan cara-cara seperti yang telah diuraikan di atas. Namun Perguruan Tinggi juga memiliki peerangkat lunak berupa Dosen yang merupakan asset untuk menjadikan produk-2 dari Perguruan Tinggi.
— Produk-produk yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi umumnya di keluarkan oleh hasil riset yang dilakukan oleh para Dosen. Konsekuensi dari hal ini adalah Perguruan Tinggi menyediakan Sarana prasarana seperti Laboratorium yang handal, karena tanpa laboratorium tidak akan menghasilkan produk yang diinginkan. Dengan demikian nama Perguruan Tinggi akan terangkat disamping hasil produk tersebut dapat membiayai sebagian operasional Pendidikan Tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar