Jumat, 14 Februari 2014

Download Materi Bahasa Inggris Informatika I (General English)



SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE-1

Fakultas                                      : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Prodi                          : Ilmu Komputer/Teknik Informatika
Matakuliah                                                : Bahasa Inggris I
Kode Matakuliah                    : U0010010
SKS                                               : 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI        
Mahasiswa mampu dan menguasai General English dan aplikasinya dalam komputer/internet, General Computer/Internet Terms, mampu membaca dan memaknai Manual of komputer/ internet, Conversation in the Computer/Internet scope, speaking dan listening tentang komputer/internet, mempresentasikan Computer Program in English, Reading dan Translating dari buku-buku komputer, serta dapat memanfaatkan bahasa Inggris dalam lingkup kegiatan ilmiah yang lain, sepertiseminar bidang komputer.

KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa dapat mengetahui materi perkuliahan dalam satu semester yang meliputi: Lecturing Contract, Lecturing Goals, Methods, Tasks, and Learning Achievement that expected.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
  1. Mengetahui tentang Lecturing Contract.
  2. Mengetahui tentang Lecturing Goals.
  3. Mengetahui tentang Lecturing Methods and Tasks.
  4. Mengetahui tentang Learning Achievement that expected.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi dan tanya jawab, mahasiswa dapat:
  1. mengetahui tentang Lecturing Contract,
  2. mengetahui tentang Lecturing Goals,
  3. mengetahui tentang Lecturing Methods and Tasks, dan
  4. mengetahui tentang Learning Achievement that expected.

MATERI POKOK
Lecturing Contract, Lecturing Goals, Methods, Tasks, and Learning Achievement that expected.

METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah.
  2. Tanya jawab.
  3. Diskusi.


LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.
Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok mendiskusikan tentang isi: Lecturing Contract, Lecturing Goals, Methods, Tasks, and Learning Achievement that expected yang ada dalam Silabus Perkuliahan dan SAP.
  2. Sebagai kegiatan elaborasi dan konfirmasi, dilakukan tanya jawab.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi perkuliahan.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa tentang: Review General Mathematical Terms and their simple application.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa.


ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat                        : ---
Sumber                : Silabus, SAP, dan buku 1) s.d 7) dari:

1)      Edwin J. Purcell dan Dale Vanberg. 1989. Calculus with Analitic Geometry. California: Prentice-Hill. Inc.
2)      Elmasri, Ramez and Navathe, Shamkant B. 2003. Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition. Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
3)      Frank Ayres Jr. 1981. Calculus – Differential and Integral Calculus in SI Metric Units. Singapore: Schaum’s Outline Series.
4)      Goldberg, D.E. 1989. Genetic Algorithms in Search, Optimization and Machine Learning.  Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
5)      Kardimin, Akh. 2008. Completed Structure for TOEFL.Jakarta: Pustaka Widyatama.
6)      Lillesand, T. M. dan Kiefer, R. W. 2000. Remote sensing and image interpretation 4th Ed. New York: John Wiley & Sons Inc.
7)      Michalewicz, Z.. 1996. Genetic Algorithms + Data Structure = Evolution Program, Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
8)      Pamela J. Sharpe. 1998. How to Prepare for The TOEFL. New York: Barron’s.
9)      Pamela J. Sharpe. 2007. TOEFL iBT. New York: Barron’s.



PENILAIAN
  1. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
  2. Hasil tanya-jawab dengan mahasiswa.
DosenPengampu,




Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom
NIP. 197401071999032001





SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE-2 dan 3

Fakultas                                      : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Prodi                          : Ilmu Komputer/Teknik Informatika
Matakuliah                                                : Bahasa Inggris I
Kode Matakuliah                    : U0010010
SKS                                               : 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI          
Mahasiswa mampu dan menguasai General English dan aplikasinya dalam komputer/internet, General Computer/Internet Terms, mampu membaca dan memaknai Manual of komputer/ internet, Conversation in the Computer/Internet scope, speaking dan listening tentang komputer/internet, mempresentasikan Computer Program in English, Reading dan Translating dari buku-buku komputer, serta dapat memanfaatkan bahasa Inggris dalam lingkup kegiatan ilmiah yang lain, sepertiseminar bidang komputer.

KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa dapat menguasai materi tentang: Review General General Computer/Internet Terms and their simple application (Operations in mathematics, numbers, mathematical symbols, reading a number, terms in MS Word, Excel, Operations in Pascal, Blogs, data base, reading a computer program, terms in PPT, Photoshop, etc).

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Know about Review General General Computer/Internet Terms and their simple application (Operations in mathematics, numbers, mathematical symbols, reading a number, terms in MS Word, Excel, Operations in Pascal, Blogs, data base, reading a computer program, terms in PPT, Photoshop, etc).

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi, mahasiswa dapat menjelaskan tentang: Review General General Computer/Internet Terms and their simple application (Operations in mathematics, numbers, mathematical symbols, reading a number, terms in MS Word, Excel, Operations in Pascal, Blogs, data base, reading a computer program, terms in PPT, Photoshop, etc).

MATERI POKOK
Review General General Computer/Internet Terms and their simple application (Operations in mathematics, numbers, mathematical symbols, reading a number, terms in MS Word, Excel, Operations in Pascal, Blogs, data base, reading a computer program, terms in PPT, Photoshop, etc).


METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah.
  2. Penugasan Kelompok.
  3. Presentasi.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-2
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.
Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok mendiskusikan tentang: Review General General Computer/Internet Terms and their simple application (Operations in mathematics, numbers, mathematical symbols, reading a number, terms in MS Word, Excel, etc).
  2. Sebagai kegiatan elaborasi mahasiswa diminta untuk mengembangkan lagi tentang: Review General General Computer/Internet Terms and their simple application.
  3. Sebagai kegiatan konfirmasi, dilakukan tanya jawab berbasis Problem Posing tentang Review General General Computer/Internet Terms and their simple application.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi perkuliahan.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa tentang: Review General General Computer/Internet Terms and their simple application lanjutan.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa.

Pertemuan ke-3
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.
Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok mendiskusikan tentang: Review General General Computer/Internet Terms and their simple application (Operations in Pascal, Blogs, data base, reading a computer program, terms in PPT, Photoshop, etc).
  2. Sebagai kegiatan elaborasi mahasiswa diminta untuk mengembangkan lagi tentang: Review General General Computer/Internet Terms and their simple application.
  3. Sebagai kegiatan konfirmasi, dilakukan tanya jawab berbasis Problem Posing tentang Review General General Computer/Internet Terms and their simple application.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi perkuliahan.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa tentang: Review General General Computer/Internet Terms and their simple application.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat                        : ---
Sumber                :

1)      Edwin J. Purcell dan Dale Vanberg. 1989. Calculus with Analitic Geometry. California: Prentice-Hill. Inc.
2)      Elmasri, Ramez and Navathe, Shamkant B. 2003. Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition. Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
3)      Frank Ayres Jr. 1981. Calculus – Differential and Integral Calculus in SI Metric Units. Singapore: Schaum’s Outline Series.
4)      Goldberg, D.E. 1989. Genetic Algorithms in Search, Optimization and Machine Learning.  Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
5)      Kardimin, Akh. 2008. Completed Structure for TOEFL.Jakarta: Pustaka Widyatama.
6)      Lillesand, T. M. dan Kiefer, R. W. 2000. Remote sensing and image interpretation 4th Ed. New York: John Wiley & Sons Inc.
7)      Michalewicz, Z.. 1996. Genetic Algorithms + Data Structure = Evolution Program, Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
8)      Pamela J. Sharpe. 1998. How to Prepare for The TOEFL. New York: Barron’s.
9)      Pamela J. Sharpe. 2007. TOEFL iBT. New York: Barron’s.

PENILAIAN
  1. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
  2. Hasil tugas mahasiswa.



DosenPengampu,




Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom
NIP. 197401071999032001








SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE-4, dan 5

Fakultas                                      : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Prodi                          : Ilmu Komputer/Teknik Informatika
Matakuliah                                                : Bahasa Inggris I
Kode Matakuliah                    : U0010010
SKS                                               : 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI        
Mahasiswa mampu dan menguasai General English dan aplikasinya dalam komputer/internet, General Computer/Internet Terms, mampu membaca dan memaknai Manual of komputer/ internet, Conversation in the Computer/Internet scope, speaking dan listening tentang komputer/internet, mempresentasikan Computer Program in English, Reading dan Translating dari buku-buku komputer, serta dapat memanfaatkan bahasa Inggris dalam lingkup kegiatan ilmiah yang lain, sepertiseminar bidang komputer.

KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa dapat menguasai materi tentang: General English.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
  1. Know about General English I, especially: Tenses and Passive Voice Review, and their application in the Computer/Internet sentence.
  2. To practice about General English I, especially: Tenses and Passive Voice Review, and their application in the Computer/Internet sentence.
  3. Know about General English II, especially: Article, Adjective, Abverb, Noun, and their application in the Computer/Internet sentence.
  4. To practice about General English II, especially: Article, Adjective, Abverb, Noun, and their application in the Computer/Internet sentence.

TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang: General English I, especially: Tenses and Passive Voice Review, and their application in the Computer/Internet sentence.
  2. Mahasiswa dapat mempraktikkan tentang: General English I, especially: Tenses and Passive Voice Review, and their application in the Computer/Internet sentence.
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang: General English II, especially: Article, Adjective, Abverb, Noun, and their application in the Computer/Internet sentence.
  4. Mahasiswa dapat mempraktikkan tentang: General English II, especially: Article, Adjective, Abverb, Noun, and their application in the Computer/Internet sentence.

MATERI POKOK
  1. Tenses Review and their application in the Computer/Internet sentence.
  2. Passive Voice Review, and their application in the Computer/Internet sentence.
  3. Article, Adjective, Abverb, Noun, and their application in the Computer/Internet sentence.

METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah.
  2. Penugasan Kelompok.
  3. Presentasi.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-4
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.
Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok: (1) mencari sendiri percakapan sehari-hari terkait dengan lingkup komputer/internet sesuai dengan tensesnya, (2) diminta men-translate sendiri percakapan sehari-hari terkait dengan lingkup komputer/internet dalam tenses yang benar, (3) tiap kelompok mempresentasikan temuannya, dosen pengampu bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber jika diperlukan.
  2. Sebagai bentuk kegiatan Elaborasi, setiap kelompok diminta untuk mengembangkan sendiri percakapan sehari-hari terkait dengan lingkup komputer/internet dalam tenses yang benar dan disajikan dalam bahasa Inggris.
  3. Sebagai bentuk kegiatan Konfirmasi, secara acak tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh aplikasi lain dari percakapan terkait dengan lingkup komputer/internet dalam tenses yang benar dan harus disajikan dalam bahasa Inggris.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi pembelajaran.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugasnya dalam membuat kalimat terkait dengan lingkup komputer/internet dalam bahasa Inggris dengan tenses yang benar.

Pertemuan ke-5
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.
Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok: (1) mencari sendiri percakapan sehari-hari terkait dengan lingkup komputer/internet dengan memperhatikan Article, Adjective, Abverb, dan Noun, (2) tiap kelompok mempresentasikan temuannya, dosen pengampu bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber jika diperlukan.
  2. Sebagai bentuk kegiatan Elaborasi, setiap kelompok diminta untuk mengembangkan sendiri percakapan sehari-hari terkait dengan lingkup komputer/internet, dengan memperhatikan Article, Adjective, Abverb, dan Noun yang benar dan disajikan dalam bahasa Inggris.
  3. Sebagai bentuk kegiatan Konfirmasi, secara acak tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh aplikasi lain dari percakapan terkait dengan lingkup komputer/internet, dengan memperhatikan Article, Adjective, Abverb, dan Noun yang benar dan harus disajikan dalam bahasa Inggris.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi pembelajaran.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugasnya dalam membuat kalimat terkait dengan lingkup komputer/internet dalam bahasa Inggris yang benar.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat                        : ---
Sumber                : Buku 5), 8), dan 9) dari:
1)      Edwin J. Purcell dan Dale Vanberg. 1989. Calculus with Analitic Geometry. California: Prentice-Hill. Inc.
2)      Elmasri, Ramez and Navathe, Shamkant B. 2003. Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition. Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
3)      Frank Ayres Jr. 1981. Calculus – Differential and Integral Calculus in SI Metric Units. Singapore: Schaum’s Outline Series.
4)      Goldberg, D.E. 1989. Genetic Algorithms in Search, Optimization and Machine Learning.  Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
5)      Kardimin, Akh. 2008. Completed Structure for TOEFL.Jakarta: Pustaka Widyatama.
6)      Lillesand, T. M. dan Kiefer, R. W. 2000. Remote sensing and image interpretation 4th Ed. New York: John Wiley & Sons Inc.
7)      Michalewicz, Z.. 1996. Genetic Algorithms + Data Structure = Evolution Program, Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
8)      Pamela J. Sharpe. 1998. How to Prepare for The TOEFL. New York: Barron’s.
9)      Pamela J. Sharpe. 2007. TOEFL iBT. New York: Barron’s.

PENILAIAN
  1. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
  2. Hasil tugas mahasiswa.
  3. Hasil presentasi dari tugas mahasiswa.

DosenPengampu,




Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom
NIP. 197401071999032001
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE-6, dan 7

Fakultas                                      : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Prodi                          : Ilmu Komputer/Teknik Informatika
Matakuliah                                                : Bahasa Inggris I
Kode Matakuliah                    : U0010010
SKS                                               : 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI        
Mahasiswa mampu dan menguasai General English dan aplikasinya dalam komputer/internet, General Computer/Internet Terms, mampu membaca dan memaknai Manual of komputer/ internet, Conversation in the Computer/Internet scope, speaking dan listening tentang komputer/internet, mempresentasikan Computer Program in English, Reading dan Translating dari buku-buku komputer, serta dapat memanfaatkan bahasa Inggris dalam lingkup kegiatan ilmiah yang lain, sepertiseminar bidang komputer.

KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa dapat menguasai materi tentang: Translating from Manual of Computer/Internet Program.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
  1. Know about Translating from Manual of Computer/Internet Program I.
  2. To present of Translating from Manual of Computer/Internet Program I.
  3. Know about Translating from Manual of Computer/Internet Program II.
  4. To present of Translating from Manual of Computer/Internet Program II.

TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang hasil dari kegiatan: Translating from Manual of Computer/Internet Program I.
  2. Mahasiswa dapat mempresentasikan hasil dari kegiatan: Translating from Manual of Computer/Internet Program I
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang hasil dari kegiatan: Translating from Manual of Computer/Internet Program II.
  4. Mahasiswa dapat mempresentasikan hasil dari kegiatan: Translating from Manual of Computer/Internet Program II.

MATERI POKOK
Translating and presenting onManual of Computer/Internet Program.

METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah.
  2. Penugasan Kelompok.
  3. Presentasi.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-6
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.
Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok: (1) mencari sendiri Manual Program dan melakukan kegiatan Translating from Manual of Computer/Internet Program I, (2) tiap kelompok mempresentasikan temuannya, dosen pengampu bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber jika diperlukan.
  2. Sebagai bentuk kegiatan Elaborasi, setiap kelompok diminta untuk mengembangkan sendiri kegiatan mencari sendiri Manual Program dan melakukan kegiatan Translating from Manual of Computer/Internet Program I.
  3. Sebagai bentuk kegiatan Konfirmasi, secara acak tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh lagi Manual Program dan melakukan kegiatan Translating from Manual of Computer/Internet Program.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi pembelajaran.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugasnya dalam Translating from Manual of Computer/Internet Program.

Pertemuan ke-7
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.
Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok: (1) mencari sendiri Manual Program dan melakukan kegiatan Translating from Manual of Computer/Internet Program II, (2) tiap kelompok mempresentasikan temuannya, dosen pengampu bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber jika diperlukan.
  2. Sebagai bentuk kegiatan Elaborasi, setiap kelompok diminta untuk mengembangkan sendiri kegiatan mencari sendiri Manual Program dan melakukan kegiatan Translating from Manual of Computer/Internet Program II.
  3. Sebagai bentuk kegiatan Konfirmasi, secara acak tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh lagi Manual Program dan melakukan kegiatan Translating from Manual of Computer/Internet Program.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi pembelajaran.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugasnya dalam Translating from Manual of Computer/Internet Program.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat                        : ---
Sumber                :
1)      Edwin J. Purcell dan Dale Vanberg. 1989. Calculus with Analitic Geometry. California: Prentice-Hill. Inc.
2)      Elmasri, Ramez and Navathe, Shamkant B. 2003. Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition. Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
3)      Frank Ayres Jr. 1981. Calculus – Differential and Integral Calculus in SI Metric Units. Singapore: Schaum’s Outline Series.
4)      Goldberg, D.E. 1989. Genetic Algorithms in Search, Optimization and Machine Learning.  Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
5)      Kardimin, Akh. 2008. Completed Structure for TOEFL.Jakarta: Pustaka Widyatama.
6)      Lillesand, T. M. dan Kiefer, R. W. 2000. Remote sensing and image interpretation 4th Ed. New York: John Wiley & Sons Inc.
7)      Michalewicz, Z.. 1996. Genetic Algorithms + Data Structure = Evolution Program, Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
8)      Pamela J. Sharpe. 1998. How to Prepare for The TOEFL. New York: Barron’s.
9)      Pamela J. Sharpe. 2007. TOEFL iBT. New York: Barron’s.

PENILAIAN
  1. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
  2. Hasil tugas mahasiswa.
  3. Hasil presentasi dari tugas mahasiswa.






DosenPengampu,




Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom
NIP. 197401071999032001







SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE-8

Fakultas                                      : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Prodi                          : Ilmu Komputer/Teknik Informatika
Matakuliah                                                : Bahasa Inggris I
Kode Matakuliah                    : U0010010
SKS                                               : 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI        
Mahasiswa mampu dan menguasai General English dan aplikasinya dalam komputer/internet, General Computer/Internet Terms, mampu membaca dan memaknai Manual of komputer/ internet, Conversation in the Computer/Internet scope, speaking dan listening tentang komputer/internet, mempresentasikan Computer Program in English, Reading dan Translating dari buku-buku komputer, serta dapat memanfaatkan bahasa Inggris dalam lingkup kegiatan ilmiah yang lain, sepertiseminar bidang komputer.

KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan Listening dan menerjemahkannya secara benar.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Dapat melaksanakan kegiatan Listening dan menerjemahkannya secara benar dengan rata-rata skor > 70.

METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah.
  2. Penugasan Kelompok.
  3. Presentasi.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-8
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.
Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok: (1) Listening dan menerjemahkannya secara benar, (2) tiap kelompok mempresentasikan temuannya, dosen pengampu bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber jika diperlukan.
  2. Sebagai bentuk kegiatan Elaborasi, setiap kelompok diminta untuk mengembangkan sendiri kegiatan Listening dan menerjemahkannya secara benar.
  3. Sebagai bentuk kegiatan Konfirmasi, secara acak tiap kelompok diminta untuk melaksanakan contoh lain lagi dari kegiatan Listening dan menerjemahkannya secara benar.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi pembelajaran.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugasnya dalam Listening dan menerjemahkannya secara benar.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat                        : media player dan sound system.
Sumber                :
1)      Pamela J. Sharpe. 1998. How to Prepare for The TOEFL. New York: Barron’s.
2)      Pamela J. Sharpe. 2007. TOEFL iBT. New York: Barron’s.

PENILAIAN
  1. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
  2. Hasil tugas mahasiswa.
  3. Hasil presentasi dari tugas mahasiswa.







DosenPengampu,




Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom
NIP. 197401071999032001




SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE-9

Fakultas                                      : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Prodi                          : Ilmu Komputer/Teknik Informatika
Matakuliah                                                : Bahasa Inggris I
Kode Matakuliah                    : U0010010
SKS                                               : 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI        
Mahasiswa mampu dan menguasai General English dan aplikasinya dalam komputer/internet, General Computer/Internet Terms, mampu membaca dan memaknai Manual of komputer/ internet, Conversation in the Computer/Internet scope, speaking dan listening tentang komputer/internet, mempresentasikan Computer Program in English, Reading dan Translating dari buku-buku komputer, serta dapat memanfaatkan bahasa Inggris dalam lingkup kegiatan ilmiah yang lain, sepertiseminar bidang komputer.

KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa dapat menguasai materi tentang: Conversation in the Computer/Internet field.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
  1. Know about Conversation in the Computer/Internet field.
  2. Practicing Conversation in the Computer/Internet field.
TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang: Conversation in the Computer/Internet field.
  2. Mahasiswa dapat pempraktikkan tentang: Conversation in the Computer/Internet field.

MATERI POKOK
Conversation in the Computer/Internet field.

METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah.
  2. Penugasan Kelompok.
  3. Tanya jawab
  4. Presentasi.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.


Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok: (1) mencari sendiri percakapan sehari-hari terkait dalam Computer/Internet, (2) tiap kelompok mempresentasikan temuannya, dosen pengampu bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber jika diperlukan.
  2. Sebagai bentuk kegiatan Elaborasi, setiap kelompok diminta untuk mengembangkan sendiri percakapan sehari-hari terkait dalam Computer/Internet, yang harus disajikan dalam bahasa Inggris.
  3. Sebagai bentuk kegiatan Konfirmasi, secara acak tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh aplikasi lain dari percakapan sehari-hari terkait dalam Computer/Internet dan harus disajikan dalam bahasa Inggris.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi pembelajaran.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugasnya terkait dalam Computer/Internet Learning berbahasa Inggris.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat                        : ---
Sumber                :
1)      Edwin J. Purcell dan Dale Vanberg. 1989. Calculus with Analitic Geometry. California: Prentice-Hill. Inc.
2)      Elmasri, Ramez and Navathe, Shamkant B. 2003. Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition. Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
3)      Frank Ayres Jr. 1981. Calculus – Differential and Integral Calculus in SI Metric Units. Singapore: Schaum’s Outline Series.
4)      Goldberg, D.E. 1989. Genetic Algorithms in Search, Optimization and Machine Learning.  Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
5)      Kardimin, Akh. 2008. Completed Structure for TOEFL.Jakarta: Pustaka Widyatama.
6)      Lillesand, T. M. dan Kiefer, R. W. 2000. Remote sensing and image interpretation 4th Ed. New York: John Wiley & Sons Inc.
7)      Michalewicz, Z.. 1996. Genetic Algorithms + Data Structure = Evolution Program, Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
8)      Pamela J. Sharpe. 1998. How to Prepare for The TOEFL. New York: Barron’s.
9)      Pamela J. Sharpe. 2007. TOEFL iBT. New York: Barron’s.


PENILAIAN
  1. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
  2. Hasil tugas mahasiswa.
  3. Hasil presentasi dari tugas mahasiswa.
DosenPengampu,





Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom
NIP. 197401071999032001


SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE-10

Fakultas                                      : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Prodi                          : Ilmu Komputer/Teknik Informatika
Matakuliah                                                : Bahasa Inggris I
Kode Matakuliah                    : U0010010
SKS                                               : 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI        
Mahasiswa mampu dan menguasai General English dan aplikasinya dalam komputer/internet, General Computer/Internet Terms, mampu membaca dan memaknai Manual of komputer/ internet, Conversation in the Computer/Internet scope, speaking dan listening tentang komputer/internet, mempresentasikan Computer Program in English, Reading dan Translating dari buku-buku komputer, serta dapat memanfaatkan bahasa Inggris dalam lingkup kegiatan ilmiah yang lain, sepertiseminar bidang komputer.

KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa dapat menguasai materi tentang: Speaking (Conversation) in the group.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
  1. Know about Speaking (Conversation) in the group.
  2. Practicing to Speaking (Conversation) in the group.
TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang: Speaking (Conversation) in the group.
  2. Mahasiswa dapat pempraktikkan tentang: Speaking (Conversation) in the group.

MATERI POKOK
Speaking (Conversation) in the group.

METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah.
  2. Penugasan Kelompok.
  3. Tanya jawab
  4. Presentasi.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.


Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok: (1) mencari sendiri percakapan sehari-hari terkait dengan Speaking (Conversation) in the group, (2) tiap kelompok mempresentasikan temuannya, dosen pengampu bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber jika diperlukan.
  2. Sebagai bentuk kegiatan Elaborasi, setiap kelompok diminta untuk mengembangkan sendiri percakapan sehari-hari terkait dalam Speaking (Conversation) in the group, yang harus disajikan dalam bahasa Inggris.
  3. Sebagai bentuk kegiatan Konfirmasi, secara acak tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh aplikasi lain dari percakapan sehari-hari terkait dengan Speaking (Conversation) in the group dan harus disajikan dalam bahasa Inggris.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi pembelajaran.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugasnya terkait dengan Speaking (Conversation) in the group berbahasa Inggris.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat                        : ---
Sumber                :
1)      Edwin J. Purcell dan Dale Vanberg. 1989. Calculus with Analitic Geometry. California: Prentice-Hill. Inc.
2)      Elmasri, Ramez and Navathe, Shamkant B. 2003. Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition. Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
3)      Frank Ayres Jr. 1981. Calculus – Differential and Integral Calculus in SI Metric Units. Singapore: Schaum’s Outline Series.
4)      Goldberg, D.E. 1989. Genetic Algorithms in Search, Optimization and Machine Learning.  Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
5)      Kardimin, Akh. 2008. Completed Structure for TOEFL.Jakarta: Pustaka Widyatama.
6)      Lillesand, T. M. dan Kiefer, R. W. 2000. Remote sensing and image interpretation 4th Ed. New York: John Wiley & Sons Inc.
7)      Michalewicz, Z.. 1996. Genetic Algorithms + Data Structure = Evolution Program, Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
8)      Pamela J. Sharpe. 1998. How to Prepare for The TOEFL. New York: Barron’s.
9)      Pamela J. Sharpe. 2007. TOEFL iBT. New York: Barron’s.


PENILAIAN
  1. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
  2. Hasil tugas mahasiswa.
  3. Hasil presentasi dari tugas mahasiswa.
DosenPengampu,





Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom
NIP. 197401071999032001



SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE-11 dan 12

Fakultas                                      : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Prodi                          : Ilmu Komputer/Teknik Informatika
Matakuliah                                                : Bahasa Inggris I
Kode Matakuliah                    : U0010010
SKS                                               : 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI        
Mahasiswa mampu dan menguasai General English dan aplikasinya dalam komputer/internet, General Computer/Internet Terms, mampu membaca dan memaknai Manual of komputer/ internet, Conversation in the Computer/Internet scope, speaking dan listening tentang komputer/internet, mempresentasikan Computer Program in English, Reading dan Translating dari buku-buku komputer, serta dapat memanfaatkan bahasa Inggris dalam lingkup kegiatan ilmiah yang lain, sepertiseminar bidang komputer.

KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa dapat melakukan: Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
      Dapat melaksanakan Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa dapat melaksanakan Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material.

MATERI POKOK
Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material.

METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah.
  2. Penugasan Kelompok.
  3. Presentasi.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-11
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.



Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok: (1) mencari sendiri terkait dengan lingkup Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material, (2) diminta men-translate sendiri terkait dengan lingkup Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material, (3) tiap kelompok mempresentasikan temuannya, dosen pengampu bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber jika diperlukan.
  2. Sebagai bentuk kegiatan Elaborasi, setiap kelompok diminta untuk mengembangkan sendiri terkait dengan lingkup Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material dan disajikan dalam bahasa Inggris.
  3. Sebagai bentuk kegiatan Konfirmasi, secara acak tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh aplikasi lain terkait dengan lingkup Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material dan harus disajikan dalam bahasa Inggris.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi pembelajaran.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugasnya terkait dengan lingkup Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material dalam bahasa Inggris.

Pertemuan ke-12
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.
Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta kembali untuk secara kelompok: (1) mencari sendiri terkait dengan lingkup Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material lanjut, (2) diminta men-translate sendiri terkait dengan lingkup Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material lanjut, (3) tiap kelompok mempresentasikan temuannya, dosen pengampu bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber jika diperlukan.
  2. Sebagai bentuk kegiatan Elaborasi, setiap kelompok diminta untuk mengembangkan sendiri terkait dengan lingkup Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material lanjut  dan disajikan dalam bahasa Inggris.
  3. Sebagai bentuk kegiatan Konfirmasi, secara acak tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh aplikasi lain terkait dengan lingkup Presentation (Explaining) of Computer Program Subject Material lanjut  dan harus disajikan dalam bahasa Inggris.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi pembelajaran.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugasnya dalam membuat kalimat terkait dengan lingkup komputer/internet lanjut dalam bahasa Inggris yang benar.


ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat                        : ---
Sumber                : Buku 4), 6), dan 7) dari:
1)      Edwin J. Purcell dan Dale Vanberg. 1989. Calculus with Analitic Geometry. California: Prentice-Hill. Inc.
2)      Elmasri, Ramez and Navathe, Shamkant B. 2003. Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition. Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
3)      Frank Ayres Jr. 1981. Calculus – Differential and Integral Calculus in SI Metric Units. Singapore: Schaum’s Outline Series.
4)      Goldberg, D.E. 1989. Genetic Algorithms in Search, Optimization and Machine Learning.  Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
5)      Kardimin, Akh. 2008. Completed Structure for TOEFL.Jakarta: Pustaka Widyatama.
6)      Lillesand, T. M. dan Kiefer, R. W. 2000. Remote sensing and image interpretation 4th Ed. New York: John Wiley & Sons Inc.
7)      Michalewicz, Z.. 1996. Genetic Algorithms + Data Structure = Evolution Program, Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
8)      Pamela J. Sharpe. 1998. How to Prepare for The TOEFL. New York: Barron’s.
9)      Pamela J. Sharpe. 2007. TOEFL iBT. New York: Barron’s.

PENILAIAN
  1. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
  2. Hasil tugas mahasiswa.
  3. Hasil presentasi dari tugas mahasiswa.







Dosen Pengampu,




Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom
NIP. 197401071999032001




SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE-13

Fakultas                                      : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Prodi                          : Ilmu Komputer/Teknik Informatika
Matakuliah                                                : Bahasa Inggris
Kode Matakuliah                    : U0010010
SKS                                               : 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI        
Mahasiswa mampu dan menguasai General English dan aplikasinya dalam komputer/internet, General Computer/Internet Terms, mampu membaca dan memaknai Manual of komputer/internet, Conversation in the Computer/Internet scope, speaking dan listening tentang komputer/internet, mempresentasikan Computer Program in English, Reading dan Translating dari buku-buku komputer, serta dapat memanfaatkan bahasa Inggris dalam lingkup kegiatan ilmiah yang lain, misalnya seminar.

KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa dapat menguasai materi tentang: Reading and Translating from the Computer Book.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Memahami dan dapat menterjemahkan teks-teks dari buku-buku teks komputer.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa dapat emahami dan dapat menterjemahkan teks-teks dari buku-buku teks komputer.
                                                       
MATERI POKOK
Reading and Translating from the Computer Book.

METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah.
  2. Penugasan Kelompok.
  3. Presentasi.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-13
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.



Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok: (1) mencari sendiri bacaan dari buku-buku teks Ilmu Komputer, (2) tiap kelompok mempresentasikan bacaan temuannya, dosen pengampu bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber jika diperlukan.
  2. Sebagai bentuk kegiatan Elaborasi, setiap kelompok diminta untuk mengembangkan sendiri bacaan yang lain untuk kegiatan Reading and Translating from the Computer Book.
  3. Sebagai bentuk kegiatan Konfirmasi, secara acak tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh bacaan yang lain lagi untuk kegiatan Reading and Translating from the Computer Book lanjutan.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi pembelajaran.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugasnya dan memberikan contoh bacaan yang lain lagi untuk kegiatan Reading and Translating from the Computer Book lanjutan.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat                        : ---
Sumber                :
1)      Edwin J. Purcell dan Dale Vanberg. 1989. Calculus with Analitic Geometry. California: Prentice-Hill. Inc.
2)      Elmasri, Ramez and Navathe, Shamkant B. 2003. Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition. Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
3)      Frank Ayres Jr. 1981. Calculus – Differential and Integral Calculus in SI Metric Units. Singapore: Schaum’s Outline Series.
4)      Goldberg, D.E. 1989. Genetic Algorithms in Search, Optimization and Machine Learning.  Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
5)      Kardimin, Akh. 2008. Completed Structure for TOEFL.Jakarta: Pustaka Widyatama.
6)      Lillesand, T. M. dan Kiefer, R. W. 2000. Remote sensing and image interpretation 4th Ed. New York: John Wiley & Sons Inc.
7)      Michalewicz, Z.. 1996. Genetic Algorithms + Data Structure = Evolution Program, Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
8)      Pamela J. Sharpe. 1998. How to Prepare for The TOEFL. New York: Barron’s.
9)      Pamela J. Sharpe. 2007. TOEFL iBT. New York: Barron’s.



PENILAIAN
  1. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
  2. Hasil tugas mahasiswa.
  3. Hasil presentasi dari tugas mahasiswa.

Dosen Pengampu,




Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom
NIP. 197401071999032001






SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PERTEMUAN KE-14

Fakultas                                      : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/Prodi                          : Ilmu Komputer/Teknik Informatika
Matakuliah                                                : Bahasa Inggris
Kode Matakuliah                    : U0010010
SKS                                               : 2 (dua)


STANDAR KOMPETENSI        
Mahasiswa mampu dan menguasai General English dan aplikasinya dalam komputer/internet, General Computer/Internet Terms, mampu membaca dan memaknai Manual of komputer/internet, Conversation in the Computer/Internet scope, speaking dan listening tentang komputer/internet, mempresentasikan Computer Program in English, Reading dan Translating dari buku-buku komputer, serta dapat memanfaatkan bahasa Inggris dalam lingkup kegiatan ilmiah yang lain, misalnya seminar.

KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa dapat menguasai materi tentang: General of English Knowledge in Scientific Activity or Seminar.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Memahami dan dapat mempraktikkan general of English knowledge in scientific activity or seminar.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Students know about general of English knowledge in scientific activity or seminar.

MATERI POKOK
General of English knowledge in scientific activity or seminar.

METODE PEMBELAJARAN
  1. Ceramah.
  2. Penugasan Kelompok.
  3. Presentasi.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-14
Kegiatan awal
  1. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
  2. Memberikan apersepsi materi.
  3. Mengkondisikan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan bekerja dalam kelompok.


Kegiatan inti
  1. Sebagai bentuk kegiatan Ekspolorasi, mahasiswa diminta untuk secara kelompok: (1) mencari sendiri bacaan untuk kegiatan General of English knowledge in scientific activity or seminar, (2) tiap kelompok mempresentasikan bacaan temuannya, dosen pengampu bertindak sebagai fasilitator dan nara sumber jika diperlukan.
  2. Sebagai bentuk kegiatan Elaborasi, setiap kelompok diminta untuk mengembangkan sendiri bacaan yang lain untuk kegiatan General of English knowledge in scientific activity or seminar.
  3. Sebagai bentuk kegiatan Konfirmasi, secara acak tiap kelompok diminta untuk memberikan contoh bacaan yang lain lagi untuk kegiatan General of English knowledge in scientific activity or seminar lanjutan.
Kegiatan akhir
  1. Mahasiswa dengan dipandu dosen menyimpulkan isi pembelajaran.
  2. Menginformasikan kegiatan pertemuan pada minggu berikutnya dan tugas yang harus dibuat mahasiswa.
  3. Memberikan motivasi belajar dan tugas kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugasnya dalam memberikan contoh bacaan yang lain lagi untuk kegiatan General of English knowledge in mathematics activity or seminar lanjutan.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat                        : ---
Sumber                :
1)      Edwin J. Purcell dan Dale Vanberg. 1989. Calculus with Analitic Geometry. California: Prentice-Hill. Inc.
2)      Elmasri, Ramez and Navathe, Shamkant B. 2003. Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition. Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
3)      Frank Ayres Jr. 1981. Calculus – Differential and Integral Calculus in SI Metric Units. Singapore: Schaum’s Outline Series.
4)      Goldberg, D.E. 1989. Genetic Algorithms in Search, Optimization and Machine Learning.  Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
5)      Kardimin, Akh. 2008. Completed Structure for TOEFL.Jakarta: Pustaka Widyatama.
6)      Lillesand, T. M. dan Kiefer, R. W. 2000. Remote sensing and image interpretation 4th Ed. New York: John Wiley & Sons Inc.
7)      Michalewicz, Z.. 1996. Genetic Algorithms + Data Structure = Evolution Program, Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
8)      Pamela J. Sharpe. 1998. How to Prepare for The TOEFL. New York: Barron’s.
9)      Pamela J. Sharpe. 2007. TOEFL iBT. New York: Barron’s.



PENILAIAN
  1. Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
  2. Hasil tugas mahasiswa.
  3. Hasil presentasi dari tugas mahasiswa.

Dosen Pengampu,




Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom
NIP. 197401071999032001









0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami