wChapter 2 : Organisasi Modern dalam Ekonomi Digital
w 2.1 Bisnis dalam Ekonomi Digital
w 2.2 Tekanan Bisnis, Respon Organisasi dan Dukungan IT
w 2.3 Competitive Advantage and Strategic Information Systems
w 2.4 Mengapa Kita Perlu Mempelajari Tentang Teknologi Informasi
w Tujuan Pembelajaran
w Menjelaskan karakteristik dari digital ekonomi dan e-business.
w Hubungan antara tekanan bisnis, respon organisasi dan sistem informasi
w Menjelaskan Sistem Informasi Strategis (SISs) dan manfaatnya
w Menjelaskan model kompetitif Porter dan bagaimana teknologi informasi dapat menolong perushaan untuk meningkatan posisi persaingan
w Menjelaskan lima strategi perusahaan agar dapat mencapai competitive advantage dalam industri mereka
w2.1 Bisnis dalam Ekonomi Digital
w Ekonomi digital adalah ekonomi yang berdasarkan pada teknologi digital termasuk jaringan komunikasi ( (the Internet, intranets, and extranets), komputer, software, dan teknologi yang berhubungan dengannya.
w Disebut juga dengan : The internet economy, the new economy, atau the Web economy .
w Infrastruktur digital menyediakan global platform sehingga setiap orang dan organisasi dapat saling berkomunikasi, berkolaborasi dan mencari informasi
wThe Global Platform of the New Economy
w Banyak produk yang dibuat digital; yaitu produk-produk dengan format digital. Pada umumnya adalah : buku, film, majalah, program TV dan radio, game elektronik, CD musik dan perangkat lunak komputer
w Transaksi anatar konsumen dan perusahaan dilakukan secara digital
w Peralatan fisik seperti seperti peralatan rumah tangga dan mobil dikombinasikan dengan chip komputer dan ditingkatkan konektifitasnya.
w Electronic Business
w Bisnis terus mengembangkan fungsi dasarnya yaitu : pembelian dan penjualan barang dan servis, servis ke pelanggan, dan kolaborasi dengan partner bisnis secara elektronik
w Proses ini dikenal dengan nama electronic business (E-business) or electronic commerce (E-commerce).
wNew Economy vs. Old Economy
wNew Economy vs. Old Economy
w Example #1: Registering for Classes
w Old Economy: Kita harus pergi ke kantor registrasi di kampus dengan mengisi kertas dokumen registrasi
w New Economy: Kita dapat mengakses web site kampus, login ke site registrasi dan secara elektronik melakukan registrasi untuk sebuah kelas / KRS dari manapun
wNew Economy vs. Old Economy
w Example #2: Buying and Selling Textbooks
w Old Economy: Kita harus ke toko buku sendiri untuk membeli dan menjual buku-buku yang digunakan
w New Economy: Kita dapat secara online akses ke Web site penerbit atau servis berbasis web seperti Amazon.com untuk membeli dan menjual buku.
wNew Economy vs. Old Economy
w Example #3: Fotografi
w Old Economy: Menggunakan kamera dengan film, dimana harus dibeli dan harus dicuci dan dicetak untuk mendapatkan gambarnya.
w New Economy: Dapat menscan foto, membuat copy dan mengemailnya. Kamera digital tidak perlu menggunakan film dan mencucinya. Foto digital dan video terintegrasi dalam handphone yg dpt segera dilihat hasilnya.
wNew Economy vs. Old Economy
w Example #4: Pembayaran BBM
w Old Economy: Kita mengisi BBM dan masuk ke dalam ruangan untuk membayar dengan cash atau credit.
w New Economy: Masukan kartu kredit pada pump, menerima otorisasi, menerima bbm, menerima bukti dan bisa langsung pergi. Teknologi lain yang terbaru adalah teknologi Speedpass
wNew Economy vs. Old Economy
w Example #5: Pembayaran transportasi di Kota New York
w Old Economy: Menggunakan karcis untuk transportasi bis dan subway
w New Economy: Pemakai Bus and subway menggunakan MetroCards. Sudah ada yang menggunakan contactless cards yang memiliki sebuah radio transmitter yang kecil yang akan mengirimkan informasi account ke readernya
wNew Economy vs. Old Economy
w Example #6: Paying for Goods, Checkout
w Old-old Economy: Pelanggan memilih barang, menunggu di depan kasir untuk menghitung jumlahnya dan kemudian membayar secara cash
w Old Economy: Petugas akan melewatkan setiap barang ke barcode dan customer membayar secara cash, credit, debit. Information yang discan dapat segera dianalisis yang diketahui dengan source-data automation.
wNew Economy vs. Old Economy (Ex. #6 Continued)
w Old Economy: Shoppers membawa item ke self-service kiosk and swipe barcode.
w New Economy: Teknologi wireless ditambahkan ke setiap item yang dipilih melalui scanner yang dpt membaca signal wireless, membuat bill dan secara otomatis mendebit account yang sesuai untuk pembayaran dan kita dapat pergi
w2.2 Tekanan Bisnis, Respon Organisasi dan Dukungan IT
w Tekanan Bisnis – Lingkungan bisnis merupakan kombinasi dari faktor sosial, legal, ekonomi, dan politik yang dapat memberi efek ke aktifitas bisnis
w Perubahan signifikan dari faktor-faktor tersebut akan membuat tekanan bisnis dalam organisasi
w 3 tipe tekanan bisnis yaitu: tekanan market, teknologi dan sosial.
wDukungan IT untuk membuat respon dari organisasi terhadap tekanan bisnis
w 3 Jenis Tekanan Bisnis
w Tekanan Market / Pasar terjadi karena:
n Adanya ekonomi global dan kuatnya persaingan.
-> Euro, Internet.
-> Perbedaan biaya tenaga kerja.: industri di tempat yg biayanya murah.
n Perubahan secara alami dari tenaga kerja
-> Tenaga kerja tidak lagi terbatas.
-> Pertumbuhan jumlah wanita, single parent, minoritas dan orang yg memiliki kemampuan menyebabkan sekarang dpt bekerja di berbagai posisi.
IT dengan mudah mengintegrasikan employee dan memungkinkan org untuk bekerja dari rumah
n Kekuatan Customers
-> Customer lebih berpengalaman dalam menilai suatu produk dan servis. Customer dpt menggunakan Internet untuk mendapatkan infromasi tentang product dan service, membandingkan harga, dan membeli barang.
-> Customer yg penting bagi perusahaan akan melakukan tekanan.
wTekanan Bisnis (lanj..)
w Tekanan dlm hal teknologi:
n Inovasi dan kekunoan teknologi
l Teknologi baru cepat berkembang.
n Informasi yang Overload
l Ketersediaan informasi semakin banyak.
w Tekanan Sosial :
n Tanggung jawab sosial
n Regulasi dan deregulasi pemerintah.
n Proteksi terhadap serangan teroris
n Isu etika
w Respon Organisasi
w Strategic Systems menyediakan keuntungan agar organsisasi dapat meningkatkan pasar dan/atau keuntungan, untuk dapat bernegosiasi dengan supplier atau untuk mencegah kompetitor masuk ke dalam pasar.
w Customer Focus. Organisasi menyediakan servis yang baik kepada customer akan membuat perbedaan dalam menarik dan memelihara customer dan kompetitor akan kehilangan customer.
w Make-to-Order merupakan strategi untuk menghasilkan produk dan servis yang sesuai permintaan.
w Mass Customization adalah memproduksi item dalam jumlah yang banyak, tetapi disesuai dengan permintaan customer
w E-business and E-commerce adalah strategi yang dikerjakan oleh bisnis secara elektronik.
w 2.3 Keunggulan Persaingan (Competitive Advantage) and Sistem Informasi Strategic (Strategic Information Systems
w Competitive Advantage: Keuntungan dibandingkan kompetitor yg dpt diukur seperti biaya, kualitas dan kecepatan, memimpin dan mengontrol market dan memiliki provit yang lebih besar dari provit rata-rata
w Strategic Information Systems (SIS) menyediaan sebuah competitive advantage dengan membantu organisasi untuk menerapkan tujuan strategiknya dan untuk meningkatkan produktifitas dan unjuk kerjanya
wPorter’s Competitive Forces Model
w Framework yang terbaik untuk mengukur persaingan adalah dengan menggunakan Michael Porter’s competitive forces model (Porter, 1985).
w Model digunakan untuk mengembangkan strategi untuk meningkatkan kompetisinya.
w Mendemonstrasikan bagaimana IT dapat membuat suatu perusahaan lebih kompetitif
w Ada 5 kekuatan (lihat hal 40):
wPorter’s Competitive Forces Model
wStrategies for Competitive Advantage
w Cost Leadership. Menghasilkan produk dan /atau servis dgn biaya yang lebih murah
w Differentiation. Menawarkan produk, servis atau kemampuan produk yang berbeda
w Innovation. Memperkenalkan produk dan servis yang baru, menambah kemapuan baru terhadap produk dan servis yang sudah ada dan mengembangkan cara untuk memproduksinya
w Operational Effectiveness. Meningkatkan internal proses bisnis yang lebih efektif sehingga perusahaan dgn aktifitas yang sama dengan pesaing menjadi lebih baik
w Customer-orientation. Berkonsentrasi bagiamana membuat pelanggan bahagia
w2.4 Why Should You Learn about Information Technology (IT)?
w IT sangat penting untuk kerja dalam organisasi
w IT akan mengurangi jumlah middle managers.
w IT akan mengubah pekerjaan manager
w IT mempengaruhi karyawan dalam bekerja
w IT mempengaruhi keselamatan dan kesehatan karyawan
w IT digunakan oleh seluruh departement
w IT menyediakan kesempatan untuk orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik.
w IT meningkatkan kualitas hidup
w Peningkatan perhatian dalam bidang kesehatan
w Crime fighting and other benefits
0 komentar:
Posting Komentar