Rabu, 19 Februari 2014

Download Materi Lembaga Keuangan



n  UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN
(IPS – SMP)

Oleh
Drs. Supriyanto, MM.

PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU
(PLGP) PRODI PENDIDIKAN IPS GELOMBANG 5
P4TK MATEMATIKA, 13 – 22 AGUST. 2010
RAYON 11 - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
n  LITERATUR
1.          Manajemen Lembaga Keuangan
             Dahlan Siamat, Th 1995
2.          Bank dan Lembaga Keuangan lainnya
             Kasmir, Th 2003
3.          Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya
             Subagyo dkk, Th 2002
4.          Manajemen Perbankan
             Kasmir, Th 2000
                             Pengantar Ekonomi Moneter, Jilid 1 dan 2
  Nopirin, Th 1990
                             Strategi Manajemen Bank
             Muchdarsyah Sinungan, Th 1994
                             Undang-undang RI No. 10 Tahun 1998, tentang Perubahan Atas Undang-undang no 7 tahun ttg Perbankan
n MATERI
1. PENDAHULUAN
2. UANG
3. BANK SENTRAL
4. BANK UMUM
5. SUMBER-SUMBER DANA BANK
6. SUKU BUNGA
7. KREDIT
8. JASA-JASA BANK LAINNYA
9. BANK PERKREDITAN RAKYAT
      
10.BANK SYARIAH
11.PEGADAIAN
12.PERUSAHAAN ASURANSI
13.DANA PENSIUN
14.SEWA GUNA USAHA/LEASING
15.LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIONAL
16.PASAR VALAS
17.PASAR MODAL
      
n  PENDAHULUAN
Pengertian Lembaga Keuangan:
             Adalah setiap perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, menghimpun dana, menyalurkandan atau kedua-duanya
Lembaga Keuangan dibagi 2:
     Lembaga Keuangan Bank
     Lembaga Keuangan lainnya
n  LEMBAGA KEUANGAN
 UU RI NO.10 Tahun 1998:
 Bank à Badan usaha yg menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak


n  PERAN LEMBAGA KEUANGAN
     Pengalihan Aset/ Asset Transmutation

2.          Likuiditas/ Liquidity

3.          Alokasi Pendapatan/ Income Allocation

4.          Transaksi/ Transaction


Lembaga Keuangan
                                  

  Lembaga Keuangan Bank:     Lembaga Keu Lain:
                  
       > Bank Sentral                    > Pasar Modal
                                                > Ps Uang &
       > Bank Umum                        Valas        
                                                > Pegadaian
       > BPR                                > Leasing
                                                > Asuransi
       > Bank Syariah                             > Dana Pensiun
                                                > Koperasi
                                                > Modal Ventura
                                                > Anjak Piutang dll
n  PERKEMBANGAN LEMBAGA KEUANGAN DI INDONESIA
1.        Repelita I, tanggal 1 April 1969
           Fungsi Lembaga Keuangan pada waktu itu:
           Mendorong mobilisasi tabungan, penggunaan secara efektif & produktif.
2.        Repelita II
           Perkembangan LK Asuransi Jiwa, Asuransi Sosial, asuransi kredit, asuransi kerugian,Tabungan Hari Tua, Dana Pensiun, Pasar Uang, Pasar Modal
3.        Repelita III
           Pembentukan Bapepam, PT Danareksa
4.        Repelita IV & V
           Peningkatan peranan LK bank & Bukan Bank
5.        Repelita VI
           Pembentukan PT Permodalan Nasional Madani ( PNM Persero )
                                                          Lanjutan
6.Pasca Krisis Ekonomi th 1997à LK mengalami kemunduran, karena berkurangnya kepercayaan masyarakat Indonesia & luar negeri thd perbankan Indonesia  banyak bank di yg dibekukan (BB Operasi), BTO dibawah BPPN, karena kredit bermasalah.
7.Pasca Kerusuhan Mei 1998  LK Bukan Bank: Asuransi, Pegadaian banyak dibutuhkan masyarakat
8.Tahun 2003
       Kebijakan BI  untuk menggairahkan sektor usaha terutama UKM Kredit tanpa jaminan 

n  PERKEMBANGAN PERBANKAN DI INDONESIA
Ada beberapa periode:

1.          Sebelum deregulasi

2.          Sesudah deregulasi

3.          Saat krisis ekonomi akhir tahun 1997

4.          Tahun 2003

n           I. KONDISI PERBANKAN SEBELUM DEREGULASI (sebelum 1988)

             Sangat kuat dipengaruhi oleh kepentingan ekonomi & politik dari penguasa à pemerintah


n  KEADAAN BANK SEBELUM DEREGULASI
     Tidak adanya peraturan perundangan yang mengatur secara jelas tentang perubahan di Indonesia.
     Kredit Likuiditas Bank Indonesia (KLBI) pada bank-bank tertentu.
     Bank banyak menanggung program-program pemerintah.
     Instrumen pasar uang terbatas.
     Jumlah bank swasta yang relatif sedikit.


                                                                       Lanjutan
6.          Kesulitan muncul bank baru.
7.          Persaingan antar bank yang tidak ketat.
     Posisi tawar menawar bank relatif kuat daripada nasabah
     Prosedur berhubungan dengan bank yang rumit
     Bank bukan merupakan alternatif utama bagi masyarakat  untuk menyimpan dan meminjam uang

n  II. KONDISI PERBANKAN SESUDAH DEREGULASI
KEBIJAKAN DEREGULASI
Ø   Paket Oktober, 27, 1988, yang berisi:
Pengerahan dana masyarakat, yg meliputi
1. Kemudahan pendirian kantor Bank
2. Kejelasan aturan pendirian Bank swasta:
          Modal à Bank Umum  min Rp 10 M
                     à BPR                min Rp 50 juta
3.Bank & LKBB bisa menerbitkan sertifikat deposito
4.Semua  bank  bisa  menyelenggarakan  Tabanas & Tabungan lain


                                                                lanjutan
Ø  Pengendalian Kebijakan moneter
  Likuiditas wajib minimum bank & LKBB diturunkan dari 15 % menjadi 2%
  Batas maksimum pinjaman antar bank ditiadakan
>     Pengembangan pasar Modal

Paket 20 Desember 1988, yang berisi:
      Aturan penyelenggaraan Bursa Efek oleh swasta
      Alternatif sumber pembiayaan berupa:
             > Sewa Guna Usaha/ leasing
             > Modal Venture/ joint venture
             > Pasar Modal
             > Kartu Kredit
      Bank & LKBB dpt melakukan kegiatan perdagangan surat berharga, kartu kredit dll

Paket 29 Januari 1990, yang berisi:
             Penyempurnaan program perkreditan kepada UKM agar dilakukan secara luas oleh semua bank

n  KONDISI SAAT KRISIS AKHIR TAHUN 1997
n  Tingkat kepercayaan masyarakat & luar negeri terhadap perbankan Indonesia menurun drastis
n  Sebagian besar Bank dalam keadaan tidak sehat
n  Adanya negatif spread
n  Banyak bank yang dilikuidasi

n  PAKET KEBIJAKAN 25 JANUARI 2005
Pokok-pokok Kebijakan Perbankan:
n   Bank wajib membatasi posisi saldo harian pinjaman luar negeri jangka pendek paling tinggi 30% dari modal Bank
n   Kualitas kredit ditetapkan berdasarkan faktor penilaian prospek usaha, kinerja debitor dan kemampuan membayar.
n   Bank dilarang memiliki aktiva produktif dalam bentuk saham atau surat berharga yang dihubungkan atau dijamin dengan aset tertentu yang mendasari                   (underlying reference asset) berbentuk saham
n   Penyediaan dana kepada satu kelompok peminjam yang bukan




nUANG
Pengertian:
Adalah segala sesuatu yang dapat diterima oleh masyarakat umum sebagai alat tukar menukar dalam lalu lintas perekonomian  
Adalah segala sesuatu yang dapat dipakai atau digunakan untuk melakukan pembayaran, baik barang , jasa maupun hutang, sekarang maupun di kemudian hari

n  PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN
     Perekonomian Sederhana à Barter
     Perekonomian Uang àTransaksi langsung
     Perekonomian Kredit

*  E - Money
n  FUNGSI UANG
     Alat Penukar

     Alat Satuan Hitung/Pengukur Nilai

     Alat Pembayar Utang/Kewajiban

     Alat Penimbun/Penyimpan Kekayaan

     Alat Pemindah Kekayaan
     Alat Pembentuk Modal/Investasi


n  CIRI-CIRI UANG
     Diterima Umum
     Stabil Nilainya
     Mudah Dibawa
     Tahan Lama
     Tidak Mudah Ditiru
     Dapat Dibagi ke Dalam Unit Yang Kecil
     Ada Jaminan
     Tidak Mudah Rusak
     Supply harus Elastis

n  JENIS UANG
1. Berdasarkan Bahan :
             a)  Uang Logam à Rp 25,-, --- Rp 1.000,-
             b)  Uang Kertas à Rp 100,- -- Rp 100.000,-
2. Berdasarkan Nilai :
             a)  Bernilai Penuh -à uang emas
             b)  Bernilai Tidak Penuh à uang dari kertas
3. Berdasarkan Lembaga :
             a)  Uang Kartal à uang logam & uang kertas  Bank Ind
             b)  Uang Giral à Cek, Bilyet Giro  Bank-bank Umum
4. Berdasarkan Kawasan :
             a)  Uang Lokal à Rupiah di Indonesia
             b)  Uang Regional à Euro, mata uang Eropa
             c) Uang Internasional à US Dollar, menjadi standar pembayaran Internasional

n  NILAI UANG
      Nilai Intrinsik:
             Menekankan pada sisi bahan dasar pembuatan uang atau nilai dari benda yang digunakan untuk membuat mata uang
2.          Nilai Nominal:
             Nilai uang yang besarnya tertulis atau tertera pada  mata uang yang bersangkutan
3.          Nilai Riil:
             Didasarkan pada kemampuan daya beli uang tersebut untuk dipertukarkan dengan barang atau jasa
n PENGERTIAN BANK
 UU RI NO.10 Tahun 1998:
 Bank à Badan usaha yg menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak

Dari definisi di atas terdapat 3 tugas bank:
      Menghimpun Dana Masyarakat
      Menyalurkan Dana kepada Masyarakat
      Memberikan Jasa Lalulintas Pembayaran dan Peredaran Uang


n JENIS-JENIS BANK
UU RI NO.10 Tahun 1998:
     Bank Sentral
     Bank Umum
     Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

n BANK SENTRAL
Pengertian:
n   Bank Sentral adalah bank yang bertugas memelihara agar sistem moneter berjalan atau bekerja secara efisien sehingga dapat menjamin tercapainya tingkat pertumbuhan kredit/ uang yang beredar sesuai dengan yang diperlukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tanpa mengakibatkan inflasi
n  BI SEBAGAI BANK SENTRAL INDONESIA
BERTUGAS:
     Menetapkan dan melaksanakan Kebijakan Moneter
     Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
     Mengatur dan mengawasi Bank Umum dan BPR
     Hubungan dengan Pemerintah dan Internasional
     Akuntabilitas dan Anggaran
n   KEBIJAKAN MONETER
       Adalah tindakan yang dilakukan oleh penguasa moneter (BI) untuk mempengaruhi jumlah uang beredar dan kredit à mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat
n  INSTRUMEN KEBIJAKAN MONETER
1.          KUANTITATIF:
     Open Market Operation/ Operasi Pasar Terbuka
     Discount Rate Policy/ Kebijakan Suku Bunga
     Reserves Requirement/ Nisbah Cadangan
2.          KUALITATIF:
             Pembatasan-pembatasan kredit Ekspansif dan himbauan moral

n  PENGERTIAN BANK UMUM
>Adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syari’ah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
Ø  Dari definisi di atas, maka bank umum dapat dibedakan menjadi:
       (1) Bank Umum Konvensional dengan                 falsafah bunga/interest,
       (2) Bank Umum Syari’ah dengan falsafah bagi     hasil.


n  BANK UMUM KONVENSIONAL
>Lembaga Keuangan à tujuan mencari keuntungan
Ø  Keuntungan diperoleh dari selisih biaya dan pendapatan
Ø  Sumber pendapatan utama diperoleh dari “spread


n  JENIS-JENIS BANK UMUM
1.          Bank-bank Pemerintah:
             > Pemerintah Pusat
             > Pemerintah Daerah
2.          Bank-bank Swasta:
             > Swasta Nasional
             > Swasta Asing
n  JENIS BANK DARI SEGI MENENTUKAN HARGA

      Berdasarkan Prinsip Konvensional:
             Menetapkan bunga sebagai harga baik simpanan maupun pinjaman à spread
      Berdasarkan Prinsip Syariah
             Penentuan harga produknya berdasarkan hukum Islam :
             1. Bagi hasil/ mudharabah
             2. Penyertaan modal/ musyarakah
             3. Keuntungan jual beli/ murabahah
             4. Sewa murni/ ijarab
             5. Pemindahaan kepemilikan sewa/ ijarah
                    wa iqtina




nFUNGSI BANK UMUM (1)
      Menghimpun dana & menyalurkan dana kpd masyarakat dlm bentuk pinjaman
      Menyediakan mekanisme & alat pembayaran yg efisien dlm kegiatan ekonomi
      Menciptakan uang melalui pembayaran kredit & investasi
      Menyediakan jasa pengelolaan dana & trust  atau wali amanat bagi individu & perusahaan
      Menyediakan fasilitas untuk perdagangan internasional
      Memberikan pelayanan penyimpanan untuk barang-barang berharga
      Menawarkan jasa-jasa keuangan lain berupa: kartu kredit, cek perjalanan, ATM, transfer dana dll
nFUNGSI BANK UMUM (2)
     AGENT OT TRUST
             > Percaya dari masyarakat kepada Bank
             > Percaya dari Bank kepada masyarakat
     AGENT OF DEVELOPMENT
             Memperlancar kegiatan pembangunan
3.  AGENT OF SERVICE
             Memberikan penawaran jasa-jasa perbankan kepada masyarakat
n  JASA BANK YG PERLU DIKELOLA SECARA PROFESIONAL
n   FUNDING à menghimpun dana :
       Tabungan, Deposito, Giro
n   LENDING à menyalurkan dana :
       Kredit Investasi, Kredit Modal Kerja, Kredit Konsumtif, Kredit Profesi dll
n   SERVICE à Jasa-jasa bank :
       Transfer, Kartu Kredit,ATM, Safe Deposit Box, Pembayaran Telepon, Air, dll

n  PENILAIAN KESEHATAN BANK
                           ASPEK PERMODALAN
             Yang dinilai à permodalan yang ada didasarkan pada kewajiban penyediaan modal minimum bank. CAR     (Capital Adequacy Ratio)  rasio modal terhadap Aktiva Tertimbang Menurut Resiko =ATMR) min    8 %
                           ASPEK KUALITAS ASET
             Menilai jenis-jenis aset yg dimiliki oleh bank. Penilaian harus sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia dengan memperbandingkan antara akiva produktif yg diklasifikasikan dengan aktiva produktif.

                                                                          lanjutan
3.    ASPEK KUALITAS MANAJEMEN
             >    Kualitas manusia dalam bekerja
             >    Pendidikan serta pengalaman         karyawan dalam menangani kasus
             >    Yang dinilai :manajemen permodalan,     manajemen aktiva, manajemen umum,     manajemen rentabilitas dan manajemen           likuiditas
                           ASPEK LIKUIDITAS
             a.   Rasio kewajiban bersih Call Money          terhadap    Aktiva
             b.Rasio kredit terhadap dana yang diterima oleh   bank seperti:  tabungan, deposito,           giro

                                                                lanjutan
5. ASPEK RENTABILITAS
       Kemampuan bank dalam meningkatkan laba à penilaian dilakukan dengan :
       a.         Rasio laba terhadap Total Aset ( ROA )
       b.         Perbandingan biaya operasi dengan         pendapatan operasi ( BOPO )
ASPEK PENILAIAN KESEHATAN BANK INI:
        dikenal dengan Analisis  CAMEL                            (Capital, Aset,   Management, Earning,                     dan Liquidity)
       Nilai Kategori/penggolongannya:
          81 - 100      à Sehat
          66 - < 81    à Cukup Sehat
          51 - < 66     Kurang Sehat
          0   - < 51     Tidak Sehat

n  PENGGABUNGAN USAHA BANK
                           MERGER
             Penggabungan dari dua bank atau lebih dengan cara tetap mempertahankan berdirinya salah satu dari bank dan membubarkan bank-bank tanpa melikuidasi terlebih dulu
                           KONSOLIDASI
             Penggabungan dari dua bank atau lebih dengan cara mendirikan bank baru dan membubarkan bank-bank tersebut tanpa melikuidasi terlebih dulu
                           AKUISISI
             Pengambil alihan kepemilikan suatu bank yang berakibat beralihnya pengendalian terhadap bank. à yg berubah adalah kepemilikannya

n  SUMBER-SUMBER DANA BANK
Adalah usaha bank dalam menghimpun dana untuk membiayai operasinya
Sumber-sumber dana:
                             Dana dari bank itu sendiri
             > Setoran modal dari pemegang saham.
             > Cadangan-cadangan bank à cadangan                laba tahun  lalu
             > Laba yang belum dibagi
                             Dana dari masyarakat
             > Simpanan Giro
             > Simpanan Tabungan
             > Simpanan Deposito

                                                                                                                                             lanjutan
3. Dana dari lembaga lainnya
        a. Kredit likuiditas dari Bank Indonesia
        b. Pinjaman antar bank (interbank call     money)
        c. Pinjaman dari bank-bank luar negeri
        d. Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)

n  CEK ( CHEQUE)
Jenis-jenis cek:
     Cek Atas Nama
     Cek Atas Unjuk
     Cek Mundur
     Cek Kosong

n  BILYET GIRO (BG)
Merupakan surat perintah dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro nasabah tersebut untuk memindah bukukan sejumlah uang dari rekening yang bersangkutan kepada pihak penerima yg disebutkan namanya pada bank yg sama atau bank lainnya

n   PERBEDAAN CEK DENGAN BILYET GIRO
                              Cek                                Giro
Identitas       - Atas nama            -Atas nama
                   - Atas unjuk           
Sifat   - tunai & non tunai  - Non tunai
Tanggal        - Hanya ada 1 tgl    - Ada 2 tgl

n  SUKU BUNGA
Merupakan balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya
Ada 2 macam bunga:
     Bunga simpanan
     Bunga pinjaman

n  FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SUKU BUNGA
      Kebutuhan dana
      Persaingan
      Kebijakan pemerintah
      Target laba yang diinginkan
      Jangka waktu
      Kualitas jaminan
      Reputasi perusahaan
      Produk yang kompetitif
      Hubungan baik
      Jaminan pihak ketiga

n   KOMPONEN-KOMPONEN DALAM MENENTUKAN BUNGA KREDIT
     Total Biaya Dana (Cost of Fund)
     Biaya Operasi
     Cadangan Resiko Kredit Macet
     Laba Yang Diinginkan
     Pajak

n  KEGIATAN PENGALOKASIAN DANA
Pengalokasian dana à menyalurkan kembali dana yang telah dihimpun kepada masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk pinjaman  KREDIT (prinsip konvensional), PEMBIAYAAN (prinsip Syariah)

n  KREDIT
UU Perbankan No.10 tahun 1998:
Kredit àpenyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dgn itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dg pihak lain yg mewajibkan pihak peminjam melunasi utangnya setelah jangka waktu ttt dg pemberian bunga.
Pembiayaan  penyediaan uang atau tagihan yg dpt dipersamakan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dg pihak lain yg mewajibkan pihak yg dibiayai utk mengembalikan uang atau tagihan tsb setelah jangka waktu ttt dg imbalan atu bagi hasil

n  UNSUR-UNSUR KREDIT
      Kepercayaan
             Suatu keyakinan bahwa kreidt yg diberikan akan benar-benar akan diterima kembali dimasa yg akan datang
      Kesepakatan
             Dituangkan dalam surat perjanjian dimana masing-masing pihak menandatangani hak dan kewjibannya masing-masing
      Jangka waktu
             jangka pendek, menengah atau panjang
      Resiko
             Resiko yg disengaja atau resiko yang tidak disengaja
      Balas jasa
             Konvensional à bunga
             Syariah           bagi hasil

n  TUJUAN KREDIT
      Mencari keuntungan
             Dalam bentuk bunga dan biaya administrasi kredit
      Membantu usaha nasabah
             Untuk memperluas usahanya
      Membantu pemerintah
             Penerimaan pajak,membuka kesempatan kerja, meningkatkan jumlah barang dan jasa yg beredar di masyarakat, menghemat devisa negara (produk-produk yg sebelumnya diimpor, shg bisa memproduksi sendiri), menambah devisa (produk dari kredit yg dibiayai untuk keperluan ekspor)

n  FUNGSI KREDIT
n   Meningkatkan daya guna uang
n   Meningkatkan peredaran dan lalu lintas uang
n   Meningkatkan daya guna barang
n   Meningkatkan peredaran barang
n   Sebagai alat stabilitas ekonomi
n   Meningkatkan kegairahan berusaha
n   Meningkatkan pemerataan pendapatan
n   Meningkatkan hubungan internasional

n  JENIS-JENIS KREDIT
      Dilihat dari segi jaminan
             a. Kredit Investasi
             b. Kredit Modal Kerja
2. Dilihat dari segi tujuan kredit
             a. Kredit Produktif
             b. Kredit Konsumtif
             c. Kredit Perdagangan
3. Dilihat dari segi jangka waktu
             a. Kredit Jangka Pendek
             b. Kredit Jangka Menengah
             c. Kredit Jangka Panjang


n  JAMINAN KREDIT
      Dengan Jaminan
             > Jaminan benda berujud :
                   a. Tanah
                   b. Bangunan
                   c. Kendaraan bermotor
             > Jaminan benda tak berujud :
                   a. Sertifikat Tanah
                   b. Bilyet Deposito
             > Jaminan orang
      Tanpa Jaminan
             Diberikan untuk perusahaan yg benar-benar bonafit dan profesional, shg kemungkinan kredit tsb macet sangat kecil

n  PRINSIP-PRINSIP PEMBERIAN KREDIT
Prinsip 5 C:
     Character  à  sifat atau watak
     Capacity  à kemampuan mengembalikan                               kredit
     Capital           à likuiditas, solvabilitas,                                              rentabilitas
     Collateral à  jaminan
     Condition à  kondisi ekonomi, politik saat                         ini

n  TEKNIK PENYELESAIAN KREDIT MACET
      Rescheduling:
             a. Memperpanjang jangka waktu kredit
             b. Memperpanjang jangka waktu                    angsuran
2.  Reconditioning:
             Merubah berbagai persyaratan:
             a. Kapitalisasi bunga, yaitu bunga dijadikan hutang pokok
             b. Penundaan pembayaran bunga s/d   waktu ttt
             c. Penurunan suku bunga
             d. Pembebasan bunga

                                                                   lanjutan
3.  Restructuring
             a. Menambah jumlah kredit
             b. Menambah equity:
                    > Menyetor uang tunai
                    > Tambahan dari pemilik
      Kombinasi
             Kombinasi dari ketiga jenis
      Penyitaan jaminan

            
                  

n  JASA-JASA BANK LAINNYA
Tujuan pemberian jasa-jasa bank è mendukung dan memperlancar kegiatan menghimpun dana dan menyalurkan dana
Semakin lengkap jasa bank yang diberikan, semakin baik
Lengkap tidaknya jasa bank  yang diberikan tergantung dari kemampuan bank tersebut, baik dari segi modal, perlengkapan fasilitas sampai personil yang mengoperasikan

n  KEUNTUNGAN JASA-JASA BANK
                            Spread è Selisih bunga simpanan dengan bunga pinjaman
                            Fee based  keuntungan dari transaksi dalam jasa-jasa bank
             > Biaya Administrasi     
             > Biaya Kirim
             > biaya Tagih
             > biaya Provisi dan Komisi

n  JENIS-JENIS JASA BANK LAINNYA
     Kiriman uang (transfer)
             Merupakan jasa pengiriman uang lewat bank baik dalam kota, luar kota atau luar negeri
             Sarana yang biasa digunakan:
                   > Surat
                   > Telex
                   > Faximile
                   > On Line Komputer
                  

2. Kliring (clearing)
       Merupakan jasa penyelesaian hutang piutang antar bank dengan cara saling menyerahkan warkat-warkat yang akan dikliringkan di lembaga kliring. Lembaga kliring ini dibentuk dan dikoordinir oleh BI setiap hari
Tujuan kliring:
       a. Untuk memajukan dan memperlancar lalu        lintas pembayaran giral
       b. Agar perhitungan penyelesaian utang    piutang         dapat dilaksanakan lebih    mudah,   aman dan     efisien


Warkat-warkat yang diselesaikan di lembaga kliring:
n   Cek
n   Bilyet Giro
n   Wesel Bank
n   Surat Bukti Penerimaan Transfer dari luar kota
n   Lalu Lintas Giral
Proses penyelesaian kliring:
   Kliring Keluar, membawa warkat-warkat kliring ke lembaga kliring dan menyerahkan kepada yang berhak
   Kliring masuk, menerima warkat di lembaga kliring dan diproses di bank yang bersangkutan
   Pengembalian kliring (clearing return)

Proses kliring berjalan setiap hari, pada sore harinya masing-masing bank membuat perhitungan kliring hari ini
       > Menang kliring è jumlah tagihan         warkat          kliringnya melebihi pembayaran warkat   kliringnya,    sehingga terdapat saldo    kemenangan dan sebaliknya
       Jika kalah kliring  harus menutup hari ini, jika tidak bisa  Call Money è pinjaman antar bank dengan jangka waktu pendek

3. INKASO (Collection)
       Merupakan jasa bank untuk menagihkan warkat-warkat dari luar kota atau luar negeri
       Warkat-warkat yang dapat diinkasokan atau ditagihkan:
       # Cek
       # Bilyet Giro
       # Kuitansi
       # Deviden
      
      

4.SAFE DEPOSIT BOX
n   Merupakan jasa-jasa bank yang diberikan kepada nasabahnya
n   Berbentuk kotak dengan ukuran tertentu dan disewakan kepada nasabah yang berkepentingan untuk menyimpan barang berharga
n   Pembukaan dilakukan dengan 2 anak kunci, satu untuk nasabah satu untuk bank
Yang di simpan antara lain:
n   Saham
n   Obligasi
n   Emas
n   Berlian
n   Permata
n   Dll



5. BANK CARD
       Merupakan kartu plastik yang dikeluarkan oleh bank yang diberikan kepada nasabahnya untuk dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran di tempat-tempat tertentu
6. BANK NOTES
       Merupakan uang kartal asing yang dikeluarkan dan diterbitkan oleh bank di luar negeri è sering disebut “devisa tunai” yang mempunyai sifat-sifat seperti uang tunai
       Contoh:
       Bank Note kuat: USD, Yen, Deutsche Mark, dll
       Bank Note lemah: Thai Baht, dll

7. TRAVELLERS CHEQUE
       Sering disebut Cek Wisata atau cek perjalanan yang biasa digunakan oleh mereka yang hendak bepergian atau sering dibawa oleh turis
Keuntungan penggunaan travellers cheque:
n   Memberikan kemudahan berbelanja
n   Mengurangi resiko kehilangan uang
n   Memberikan rasa percaya diri
n   Dapat dijadikan cindera mata atau hadiah


8. LETTER OF CREDIT
n   Merupakan salah satu jasa bank yang diberikan kepada masyarakat untuk memperlancar arus barang (ekspor-impor) termasuk barang dalam negeri (antar pulau)
n   Suatu pernyataan dari bank atas permintaan nasabah (importir) untuk menyediakan dan membayar sejumlah uang tertentu untuk kepentingan pihak ketiga (penerima L/C atau ekspor) è sering disebut kredit berdokumen atau dokumentary credit
       Kegunaan L/C:
       Untuk menampung dan menyelesaikan kesulitan-kesulitan dari pihak pembeli (importir) maupun penjual (eksportir) dalam transaksi dagangannya

JENIS-JENIS L/C
a.     Revocable L/C
       L/c yang setiap saat dapat dibatalkan atau dirubah sepihak oleh bank pembuka tanpa pemberitahuan dulu kepada pihak yg terkait
b.    Irrevocable L/C
       L/C yang tidak dapat dibatalkan atau diubah tanpa persetujuan dari semua pihak yg terkait
c.     Sight L/C
       L/C yang syarat pembayarannya langsung pada saat dokumen diajukan oleh eksportir kepada advisebank


                                                          lanjutan
d.    Usance L/C
       L/C yang pembayarannya baru dilakukan dengan tenggang waktu tertentu, misal 1 bulan dari pengapalan atau 1 bulan setelah penunjukan dokumen
e.     Restricted L/C
       L/C yang pembayarannya atau penerusan L/C hanya dibatasi kepada bank-bank tertentu saja yang namanya tercantum dalam L/C

f.     Unrestricted L/C
       L/C yang membebaskan negosiasi dokumen di bank manapun
g.    Red clause L/C
       L/C dimana bank pembuka L/C memberi kuasa kepada bank pembayar untuk membayar muka kepada benefeciary sebelum menyerahkan uang dokumen
h.    Transferable L/C
       L/C yang memberikan kepada benefeciary untuk memindahkan sebagian atau seluruh nilai L/C kepda satu pihak atau beberapa pihak lainnya
i.     Revolving L/C
       L/C yang penggunaannya dapat dilakukan secara berulang-ulang

9. BANK GARANSI DAN REFERENSI BANK
n   Merupakan jaminan yang diberikan oleh bank kepada suatu pihak, baik perorangan, perusahaan atau badan lainnya dalam bentuk surat jaminan
n   Pemberian jaminan dengan maksud bank menjamin akan memenuhi kewajiban-kewajiban dari pihak yang dijaminkan kepada pihak yang menerima jaminan, apabila yang dijamin kemudian hari  ternyata tidak memenuhi kewajiban kepada pihak lain sesuai dengan yang diperjanjikan atau cedera janji


Pihak yang terlibat dalam pemberian garansi :
                         Pihak penjamin (bank)
                         Pihak terjamin (nasabah)
                         Pihak penerima jaminan (pihak ke tiga)

10. PEMBERIAN JASA-JASA DI PASAR    MODAL
n  Penjamin emisi (underwriter)
n  Penjamin (guarantor)
n  Wali amanat (trustee)
n  Pialang (broker)
n  Pedagang efek (dealer)
n  Perusahaan pengelola investment (investment company)



11. MENERIMA SETORAN-SETORAN
n   Pembayaran listrik
n   Pembayaran telepon
n   Pembayaran pajak
n   Pembayaran uang kuliah
n   Pembayaran rekening air
n   Setoran ONH
12. MELAKUKAN PEMBAYARAN
n   Gaji
n   Pensiun
n   Bonus
n   Deviden



0 komentar:

Posting Komentar

Posting Kami