MENGIDENTIFIKASI SEGMEN PASAR DAN MEMILIH PASAR SASARAN
Perusahaan tidak dapat melayani seluruh pelanggan dipasar yg sangat luas seperti pasar komputer atau minuman ringan.pelanggan terlalu banyak dan tuntutan pembelian mereka berbeda –beda.perusahaan perlu mengidentifikasi segmen pasar yg dapat dilayaninya dengan sangat efektif
• Segmentasi adalah upaya memilah-milah pasar/konsumen kedalam kelompok-kelompok yang homogen
• Dilakukan segmentasi karena:
- konsumen memiliki volume yang besar
- keinginan konsumen bermacam-macam
- kemampuan perusahaan yang terbatas
• Perusahaan melakukan pengelompokan juga agar dpt mengidentifikasi dengan mudah apa harapan/keinginan kelompok tersebut dan agar kita dapat membuat produk dan memberikan pelayanan yg sesuai
Dasar segmentasi pasar:
• Geografis : negara, lingkungan, desa
• Demografis : jenis kelamin, penghasilan, agama, pekerjaan, ras, generasi
• Psikografis : gaya hidup, kepribadian
• Perilaku : sikap, pemakaian, tanggapan atas produk
• Targeting : menetapkan satu atau beberapa segmen untuk dilayani.menetapkan target market sasaran perusahaan
• Positioning : upaya memposisikan/mendudukan produk/merek perusahaan kita di benak konsumen dan hati pasar sasaran
• Differensiasi : upaya membuat seperangkat perbedaan yang bermakna dari perusahaan pesaing
• Brand : penanaman/pemerekkan.nama,istilah,tanda,simbol,untuk mengidentifikasi suatu produk yg ditawarkan kepada pelanggan
Level segmentasi pasar
• Pemasaran segmen:segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yg memiliki seperangkat keinginan yg sama.pemasar tdk menciptakan segmen,tugas pemasar adalah mengidentifikasi segmen dan memutuskan yg mana yg dibidik
• Pemasaran relung:relung adalah kelompok yg didefinisikan secara lebih sempit,lebih pas lagi,relung adalah pasar kecil yg kebutuhannya tdk dilayani dengan baik
• Pemasarn lokal
• Pemasaran pelanggan individual
Pola segmentasi pasar:
• Preferensi homogen
• Preferensi tersebar
• Preferensi terkelompok
Segmentasi yang efektif:
• Dapat diukur
• Besar
• Dapat diakses
• Dapat dibedakan
• Dapat dilaksanakan
Membidik pasar sasaran
• Mengevaluasi dan memilih segmen pasar
- konsentrasi segmen tunggal
- spesialisasi selektif
- spesialisasi produk
- spesialisasi pasar
- cakupan ke seluruh pasar
• Pertimbangan tambahan
- pilihan etika atas pasar sasaran
- hubungan antar segmen dan segmen super
- rencana serangan segmen-demi-segmen
- kerjasama antar segmen
Perusahaan tidak dapat melayani seluruh pelanggan dipasar yg sangat luas seperti pasar komputer atau minuman ringan.pelanggan terlalu banyak dan tuntutan pembelian mereka berbeda –beda.perusahaan perlu mengidentifikasi segmen pasar yg dapat dilayaninya dengan sangat efektif
• Segmentasi adalah upaya memilah-milah pasar/konsumen kedalam kelompok-kelompok yang homogen
• Dilakukan segmentasi karena:
- konsumen memiliki volume yang besar
- keinginan konsumen bermacam-macam
- kemampuan perusahaan yang terbatas
• Perusahaan melakukan pengelompokan juga agar dpt mengidentifikasi dengan mudah apa harapan/keinginan kelompok tersebut dan agar kita dapat membuat produk dan memberikan pelayanan yg sesuai
Dasar segmentasi pasar:
• Geografis : negara, lingkungan, desa
• Demografis : jenis kelamin, penghasilan, agama, pekerjaan, ras, generasi
• Psikografis : gaya hidup, kepribadian
• Perilaku : sikap, pemakaian, tanggapan atas produk
• Targeting : menetapkan satu atau beberapa segmen untuk dilayani.menetapkan target market sasaran perusahaan
• Positioning : upaya memposisikan/mendudukan produk/merek perusahaan kita di benak konsumen dan hati pasar sasaran
• Differensiasi : upaya membuat seperangkat perbedaan yang bermakna dari perusahaan pesaing
• Brand : penanaman/pemerekkan.nama,istilah,tanda,simbol,untuk mengidentifikasi suatu produk yg ditawarkan kepada pelanggan
Level segmentasi pasar
• Pemasaran segmen:segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yg memiliki seperangkat keinginan yg sama.pemasar tdk menciptakan segmen,tugas pemasar adalah mengidentifikasi segmen dan memutuskan yg mana yg dibidik
• Pemasaran relung:relung adalah kelompok yg didefinisikan secara lebih sempit,lebih pas lagi,relung adalah pasar kecil yg kebutuhannya tdk dilayani dengan baik
• Pemasarn lokal
• Pemasaran pelanggan individual
Pola segmentasi pasar:
• Preferensi homogen
• Preferensi tersebar
• Preferensi terkelompok
Segmentasi yang efektif:
• Dapat diukur
• Besar
• Dapat diakses
• Dapat dibedakan
• Dapat dilaksanakan
Membidik pasar sasaran
• Mengevaluasi dan memilih segmen pasar
- konsentrasi segmen tunggal
- spesialisasi selektif
- spesialisasi produk
- spesialisasi pasar
- cakupan ke seluruh pasar
• Pertimbangan tambahan
- pilihan etika atas pasar sasaran
- hubungan antar segmen dan segmen super
- rencana serangan segmen-demi-segmen
- kerjasama antar segmen
0 komentar:
Posting Komentar