Mengembangkan strategi dan program harga
• Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yg digunakan prsh utk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya dipasar sasaran
• Empat P: product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi)
• Empat C: customer solution (solusi pelanggan), customer cost (biaya atau harga pelanggan), convenience (kenyamanan), communication (komunikasi)
• Masing2 alat pemasaran harus dirancang supaya dpt memberikan manfaat bagi pelanggan
PRODUK (PRODUCT)
• Produk : segala sesuatu yg dpt ditawarkan kpd pelanggan dlm rangka memuaskan kebutuhan dan keinginannya
• Produk dpt berbentuk : barang,jasa,pengalaman,acara2, orang,tempat,properti,organisasi,gagasan
• Siklus hidup produk: perkenalan,pertumbuhan,kematangan/kedewasaan, penurunan
• Pengembangan produk:pemunculan gagasan,penyaringan gagasan,pengujian konsep,analisis bisnis,pengembangan produk,komersialisasi
HARGA (PRICE)
• Harga adalah salah satu unsur bauran pemasaran yg menghasilkan pendapatan,unsur-unsur lainnya menghasilkan biaya.suatu perusahaan harus menetapkan harga untuk pertama kalinya ketika mengembangkan produk baru,ketika memperkenalkan produk regulernya ke saluran distribusi atau daerah geografis yg baru
• Perusahaan harus menetapkan harganya sesuai dengan nilai yg diberikan dan dipahami pelanggan
Menentukan kebijakan penetapan harga:
• Memilih tujuan penetapan harga
• Menentukan permintaan
• Memperkirakan biaya
• Menganalisis biaya,harga dan tawaran pesaing
• Memilih metode penetapan harga
• Memilih harga akhir
Tujuan penetapan harga yg dibuat oleh perusahaan yaitu:
• Untuk menjamin kelangsungan hidup:bagi prsh yg terancam,laba akan diabaikan yg terpenting adalah bagaimana cara mempertahankan perusahaannya agar dpt berlangsung hidup (tdk terancam)
• Untuk memperoleh laba maksimum:ditetapkan oleh perusahaan dimana produk tsb mengalami permintaan yg tinggi dipasar.jika permintaan dipasar tinggi maka kita akan dpt menentukan laba maksimal
• Untuk perluasan pasar: kita menginginkan lebih banyak orang yg membeli.pada setiap pertumbuhan tujuan perusahaan yaitu perluasan pasar
• Untuk kepemimpinan teknologi: kita ingin mencitrakan kepada pasar bahwa produk kita memakai teknologi yg tinggi dengan harga yg rendah
DISTRIBUSI (SALURAN PEMASARAN)
• Distribusi memegang peranan sangat penting,karena saluran pemasaran menentukan terhadap permintaan konsumen
• Macam distribusi
-Perusahaan – konsumen = nol saluran
-Perusahaan – pengecer – konsumen = satu saluran
-Perusahaan – ped.besar– pengecer– konsumen = dua saluran
-perusahaan – grosir – ped.besar – pengecer – konsumen = tiga saluran
PROMOSI (PROMOTION)
Jenis promosi:
• Iklan: dpt berupa iklan dikoran,pamplet,papan billboard,brosur,tv
istilah-istilah dalam iklan:
- man (orang): pihak yg menyampaikan/mengkreasi iklan misal biro iklan
- Message (pesan): pesan yg disampaikan pada iklan tersebut (menginformasikan,membujuk,mengingatkan)
- Media: apa media yg sampai ke target marketing harus dipertimbangkan
• Publikasi (humas)
• Promosi penjualan
• Penjualan langsung
• Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yg digunakan prsh utk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya dipasar sasaran
• Empat P: product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi)
• Empat C: customer solution (solusi pelanggan), customer cost (biaya atau harga pelanggan), convenience (kenyamanan), communication (komunikasi)
• Masing2 alat pemasaran harus dirancang supaya dpt memberikan manfaat bagi pelanggan
PRODUK (PRODUCT)
• Produk : segala sesuatu yg dpt ditawarkan kpd pelanggan dlm rangka memuaskan kebutuhan dan keinginannya
• Produk dpt berbentuk : barang,jasa,pengalaman,acara2, orang,tempat,properti,organisasi,gagasan
• Siklus hidup produk: perkenalan,pertumbuhan,kematangan/kedewasaan, penurunan
• Pengembangan produk:pemunculan gagasan,penyaringan gagasan,pengujian konsep,analisis bisnis,pengembangan produk,komersialisasi
HARGA (PRICE)
• Harga adalah salah satu unsur bauran pemasaran yg menghasilkan pendapatan,unsur-unsur lainnya menghasilkan biaya.suatu perusahaan harus menetapkan harga untuk pertama kalinya ketika mengembangkan produk baru,ketika memperkenalkan produk regulernya ke saluran distribusi atau daerah geografis yg baru
• Perusahaan harus menetapkan harganya sesuai dengan nilai yg diberikan dan dipahami pelanggan
Menentukan kebijakan penetapan harga:
• Memilih tujuan penetapan harga
• Menentukan permintaan
• Memperkirakan biaya
• Menganalisis biaya,harga dan tawaran pesaing
• Memilih metode penetapan harga
• Memilih harga akhir
Tujuan penetapan harga yg dibuat oleh perusahaan yaitu:
• Untuk menjamin kelangsungan hidup:bagi prsh yg terancam,laba akan diabaikan yg terpenting adalah bagaimana cara mempertahankan perusahaannya agar dpt berlangsung hidup (tdk terancam)
• Untuk memperoleh laba maksimum:ditetapkan oleh perusahaan dimana produk tsb mengalami permintaan yg tinggi dipasar.jika permintaan dipasar tinggi maka kita akan dpt menentukan laba maksimal
• Untuk perluasan pasar: kita menginginkan lebih banyak orang yg membeli.pada setiap pertumbuhan tujuan perusahaan yaitu perluasan pasar
• Untuk kepemimpinan teknologi: kita ingin mencitrakan kepada pasar bahwa produk kita memakai teknologi yg tinggi dengan harga yg rendah
DISTRIBUSI (SALURAN PEMASARAN)
• Distribusi memegang peranan sangat penting,karena saluran pemasaran menentukan terhadap permintaan konsumen
• Macam distribusi
-Perusahaan – konsumen = nol saluran
-Perusahaan – pengecer – konsumen = satu saluran
-Perusahaan – ped.besar– pengecer– konsumen = dua saluran
-perusahaan – grosir – ped.besar – pengecer – konsumen = tiga saluran
PROMOSI (PROMOTION)
Jenis promosi:
• Iklan: dpt berupa iklan dikoran,pamplet,papan billboard,brosur,tv
istilah-istilah dalam iklan:
- man (orang): pihak yg menyampaikan/mengkreasi iklan misal biro iklan
- Message (pesan): pesan yg disampaikan pada iklan tersebut (menginformasikan,membujuk,mengingatkan)
- Media: apa media yg sampai ke target marketing harus dipertimbangkan
• Publikasi (humas)
• Promosi penjualan
• Penjualan langsung
0 komentar:
Posting Komentar